Arti Emoticon WhatsApp

By Mochamad Alif Prayogo -

Kalian tentu tidak asing dengan emoticon yang biasa digunakan orang-orang saat chatingan, siapa sih yang tidak suka menggunakan emoticon ketika mengetik? Tentunya setiap orang di sini sudah pernah menggunakan emoticon, ada yang sering dan ada juga yang jarang.

Dengan menggunakan emoticon ini obrolan di media sosial seperti WhatsApp menjadi lebih menarik dan terasa lebih mengeluarkan ekspresi dari kata-kata yang kita ketik, dengan begitu suasana dalam obrolan menjadi lebih enak dan nyaman.

Dulu emoticon sangat terbatas tidak seperti sekarang ini, hanya ada beberapa emoticon saja yang bisa digunakan. Namun beda halnya dengan sekarang, di era smartphone dan sosial media yang semakin canggih fitur-fiturnya.

Menggunakan emoticon ini sebenarnya bebas-bebas saja, namun saking banyaknya emoticon yang bisa kita gunakan, pernahkah kalian kepikiran arti dari emoticon yang kalian pakai tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini mastekno akan membahas tentang emoticon-emoticon yang sering digunakan di WhatsApp. Langsung saja berikut ini adalah pembahasannya.

Arti Emoticon WhatsApp

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa ada banyak sekali variasi emoticon sekarang ini. Namun ada beberapa emoticon yang populer dan sering digunakan, nah kami akan membahas emoticon-emoticon yang paling sering digunakan tersebut.

Emoticon Happy

emoticon senang

Emoticon yang pertama adalah emoticon senang atau happy, ciri dari emoticon ini adalah tersenyum dengan mata lebar. Dalam bahasa Inggris disebut grinning yang artinya tersenyum lebar, dan big eyes yang artinya adalah mata besar.

Emoticon yang satu ini sering digunakan dari dulu sampai dengan sekarang, karena kesannya sama seperti 😀 yang merupakan emoticon senyum. Emoticon happy ini menggambarkan kebahagiaan, kesenangan, dan perasaan sejenis. Selain itu juga menunjukkan keramahan, kurang lebih seperti itu.

Emoticon Laughing

emoticon senyum

Emoticon yang selanjutnya memiliki ciri khas mulut dan mata yang terkesan tertawa dengan lebar. Emoticon ini biasanya digunakan untuk menunjukkan ekspresi ketika melihat sesuatu yang lucu.

Jika dalam bahasa Inggris, emoticon ini disebut dengan big grin yang artinya tersenyum lebar, emoticon ini memiliki kesan lebih dari grining. Banyak orang yang menggunakan emoticon in karena terkesan ramah selain itu juga bisa digunakan kepada siapapun.

Emoticon Smiling

emoticon tertawa

Emoticon yang selanjutnya memiliki ciri khas yaitu emoticon dengan mata yang tertutup namun mulutnya menunjukkan senyum yang manis, terlebih lagi ditambah dengan pipinya yang memerah. Emoticon ini digunakan untuk menggambarkan perasaan senang dan perasaan tersentuh.

Misalnya, orang tua yang melihat pertumbuhan anak mereka dan lain sebagainya yang membuat perasaan senang sekaligus tersentuh. Mereka biasanya menggunakan emoticon seperti ini, khususnya untuk orang-orang yang mempunyai hubungan yang dekat.

Emoticon smiling ini juga dapat memberikan kesan ramah, selain itu juga banyak digunakan di WhatsApp untuk keperluan obrolan / chat formal. Contohnya dalam pekerjaan seperti seorang Customer Services sebuah toko online.

Emoticon Savoring Food

emoticon iseng

Emoticon yang selanjutnya adalah savoring food atau yang artinya menikmati makanan. Emoticon ini sebenarnya digunakan untuk menggambarkan sebuah ekspresi ketika kalian ingin atau sudah menghabiskan makanan yang enak.

Namun dalam penggunaannya di Indonesia, emoticon ini lebih sering digunakan untuk menunjukkan ekspresi iseng saja. Mungkin karena ekspresi ini lebih menggambarkan hal tersebut menurut orang Indonesia. Hal ini tidak salah, karena sudut pandang orang beda-beda, jadi boleh-boleh saja.

Emoticon Laughing With Tears

emoticon tertawa menangis

Emoticon yang selanjutnya adalah laughing with tears yang artinya adalah tertawa sampai air matanya keluar. Maksud dari emoticon ini adalah untuk menggambarkan bahwa kita sedang tertawa karena suatu hal yang sangat lucu. Saking lucunya kita tertawa sampai mengeluarkan air mata.

Emoticon tertawa dengan air mata ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan. Karena memang emoticon ini sangat cocok dengan percakapan yang dilakukan sehari-hari. Biasanya emoticon ini digunakan oleh para remaja, yang kesehariannya sering bercanda dengan temannya.

Emoticon Wonder Face

emoticon terkejut

Emoticon yang selanjutnya adalah Wonder Face, emoticon ini bisa diartikan sebagai banyak hal. Bisa diartikan terkejut, atau bisa juga fokus, namun yang paling tepat adalah menggambarkan ekspresi heran, bertanya-tanya akan sesuatu, dan takjub akan suatu hal.

Contohnya teman kalian mengirimkan foto di WA, namun kalian tidak paham maksud dari foto yang dia kirimkan, nah pada saat itu kalian bisa mengirimkan emoticon ini. Namun ini hanya opini saja, mungkin menurut kalian emoticon ini memiliki arti yang berbeda? Silahkan komen.

Emoticon Nervous

emoticon grogi

Emoticon yang selanjutnya adalah emoticon nervous, emoticon ini menggambarkan ekspresi ketika gugup akan suatu hal tertentu. Baik itu karena akan menjalani ujian, wawancara pekerjaan, atau apapun yang membuat gugup

Jadi agak kurang tepat jika kalian mengartikan emoticon ini sebagai perasaan takut, meskipun gugup dan takut itu beda dikit. Emoticon ini jarang dimengerti orang, selain itu juga jarang digunakan. Emoticon ini lebih terlihat seperti ekspresi nyengir.

Emoticon Neutural

emoticon netral

Emoticon yang selanjutnya adalah emoticon netral atau biasa. Emoticon ini cocok kalian gunakan saat setelah kalian mendengar teman curhat, ngobrol, atau lain sebagainya namun kalian tidak tahu harus menunjukkan ekspresi seperti apa.

emoticon neutral ini juga bisa kalian gunakan ketika kalian tidak tertawa setelah mendengarkan jokes atau candaan teman yang tidak lucu. Selain itu juga bisa digunakan untuk menggambarkan bahwa kalian terganggu akan sesuatu.

Menurut sebagian orang mungkin emoticon ini mempunyai arti yang berbeda, karena memang setiap orang memiliki pandangan mereka sendiri, namun kurang lebih seperti itu.

Emotcion With Sunglasses

emoticon kacamata

Emoticon yang selanjutnya adalah with sunglasses, emoticon tidak digunakan karena melihat sesuatu yang silau ya (bukan karena memakai kacamata hitam). Emoticon ini digunakan untuk menggambarkan ekspresi keren, tenang, merasa kece, keren, dan sebagainya.

Penggambaran emoticon yang satu ini jika dilihat dari mulutnya ada yang berbeda-beda. Contoh di atas adalah yang bermulut tersenyum, ada juga tipe mulut lain yang juga menggunakan kacamata hitam seperti di atas, namun tetap saja kesannya sama.

Emoticon Angel

emoticon malaikat

Emoticon yang selanjutnya adalah emoticon senyum dengan lingkaran di atasnya yang menggambarkan kebaikan. Contohnya ketika memberikan sebuah nasihat, kata-kata mutiara, dan lain sebagainya seperti layaknya seorang malaikat maka bisa ditambah dengan emoticon ini.

Jadi apapun itu yang dapat membuat seseorang menjadi lebih semangat, tidak semua orang sering memakai emoticon yang satu ini. Namun jika kalian termasuk seseorang yang sering memakainya, maka kalian tentu sudah tahu arti dari emoticon ini.

Emoticon Smile With Sweat

emoticon tertawa keringat

Emoticon yang selanjutnya adalah smile with sweat, ada beberapa hal yang dapat digambarkan dari ekspresi pada emoticon ini. Contohnya adalah menangkap suatu hal yang lucu dengan heran, bingung dengan suatu hal, ragu ketika memilih sesuatu, dan lain sebagainya.

Bahkan ada juga yang menganggap ekspresi ini sebagai kelelahan karena baru melakukan aktivitas seperti olahraga contohnya.

Emoticon love

emoticon love

Emoticon yang selanjutnya adalah love, emoticon ini sebenarnya kurang tepat jika disebut dengan emoicon love saja karena ada gambar kepala yang memberikan ciuman.

Emoticon yang satu ini hanya digunakan untuk orang-orang terdekat saja, jangan gunakan emoticon ini ke sembarang orang, apalagi ke orang yang tidak kalian kenal.

Emoticon Reverse Smile

emoticon tersenyum terbalik

Emoticon yang selanjutnya adalah reverse smile, emoticon ini terbilang unik karena gambarnya tersenyum namun terbalik. Pada dasarnya emoticon ini bermakna sama seperti emoticon smile biasanya yang sudah kita bahas sebelumnya.

Yang membedakan hanya posisinya yang terbalik dan memberikan kesan lebih menggemaskan dibandingkan dengan emoticon senyum biasa. Jadi kalian bisa memakainya sesuka kalian, kalian bisa pakai emot senyum yang biasa atau yang ini.

Emoticon Winking Face With Smiling

emoticon tersenyum kedip

Ada banyak orang yang menggunakan emoticon ini, emoticon ini bermakna banyak hal seperti untuk menunukan bahwa kita dapat diandalkan, atau untuk mengatakan tenang saja, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan hal tersebut.

Itulah makna dari emoticon di atas secara garis besar. Namun meskipun begitu pastinya ada orang yang memiliki pandangan lain tentang arti dari emoticon ini. Kalau menurut kalian apakah arti dari emoticon ini? Silahkan komen di bawah.

Emoticon Smiling With Tongue

emoticon tersenyum iseng

Emoticon yang selanjutnya adalah smiling with tongue, emoticon ini berbeda dengan emoticon savoring food yang sebelumnya sudah dibahas. Smiling with tongue ini menggambarkan ekspresi iseng.

Emot ini sangat cocok untuk kalian yang suka bercanda dengan teman kalian, karena emot ini bisa menggambarkan ekspresi kalian secara langsung.

Selain itu, emot ini juga cocok untuk kalian yang ingin tertawa dengan lucu karena teman kalian mengirim sesuatu yang lucu di WhatsApp.

Emoticon Smiling With Glasses

emoticon tersenyum dengan kacamata

Emoticon yang selanjutnya adalah smiling with glasses, sebenarnya emot ini sama seperti smiling biasa, namun yang membedakannya ada tambahan kacamata pada emot ini.

Jika kalian merasa lucu, bahagia akan suatu hal, maka kalian bisa menggunakan emoticon smiling with glasses ini untuk mengekspresikan perasaan kalian saat sedang chatingan. Terlebih lagi jika kalian termasuk orang yang menggunakan kacamata.

Emoticon Whistling

Emoticon yang selanjutnya adalah whistling, emot ini mempunyai dua arti, salah satunya adalah bersiul. Namun bersiul di sini bukan benar-benar bersiul melainkan pura-pura tidak mengerti suatu hal, namun disini masih dalam konteks bercanda.

Emoticon ini sangat cocok untuk kalian yang suka bercanda dan iseng, kalian bisa menambahkan rasa humor yang lebih segar dengan memakai emot ini.

Namun untuk sebagian orang ada juga yang mengartikan emoticon ini sebagai emot kiss atau cium. Menurut saya kurang tepat karena ada emot lain yang digunakan untuk menunjukkan emoticon kiss. Namun kembali lagi ke persepsi setiap orang, jadi sah-sah saja jika kalian menganggapnya seperti itu.

Emoticon Disappointed

emoticon kecewa

Emoticon yang selanjutnya adalah disappointed, emoticon ini cocok untuk kalian yang ingin menunjukkan ekspresi saat sedang kecewa atau sedih akan suatu hal. Misalnya sedih dan kecewa karena gagal di ujian, memiliki masalah, dan sebagainya.

Emot ini kesannyaa kecewa, bukan menangis ya. Jika di WA, kadang ada pesan-pesan yang membuat kita merasa sedih, nah kalian bisa menambahkan emoticon ini supaya perasaan kalian lebih tersampaikan.

Emoticon Half Disappointed

emoticon bingung

Emoticon yang berikutnya adalah half disappointed yang digunakan untuk menunjukkan perasaan kecewa, namun tidak sampai kecewa sekali. Contohnya adalah saat ada urusan yang kalian kerjakan namun tidak berjalan dengan lancar.

Atau emot ini juga digunakan ketika kalian memiliki masalah yang membuat kalian jadi bad mood. Jika dijelaskan memang sedikit susah, jadi silahkan kalian coba bayangkan sendiri.

Baca juga: Cara Simpan Pesan Suara WA

Emoticon Crying

emoticon kecewa berat

Emoticon yang selanjutnya adalah crying atau menangis, emot ini digunakan untuk menunjukkan bahwa perasan kalian sedang sedih karena suatu hal. Kalian merasa benar-benar sedih sampai membuat air mata menjadi keluar atau menangis.

Emoticon ini banyak digunakan oleh orang-orang, biasanya penggambaran atau tampilan dari emot ini berbeda di setiap HP, khususnya untuk aplikasi WhatsApp. Salah satu contoh gambarnya adalah seperti yang kalian lihat di atas.

Emoticon Face With Rolling Eyes

emoticon melihat keatas

Emoticon yang selanjutnya adalah face with rolling eyes, emot ini biasanya digunakan untuk menunjukkan suatu hal yang membuat kalian tidak tertarik atau kalian merasa tidak peduli. Bisa kalian lihat bahwa emot ini memang terkesan seperti itiu

Ada juga orang yang mengartikan emot ini sebagai ekspresi bingung, tidak paham dengan chat yang dikirimkan, atau bertanya-tanya. Di WhatsApp emot ini sering digunakan untuk chat pribadi maupun di grup.

Emoticon Without Expression

emoticon kecewa mata setengah kedip

Emoticon yang berikutnya adalah without expression yang menggambarkan kesan tanpa ekspresi. Contohnya ketika teman kalian bercanda dan kalian merasa, “ada-ada saja deh”, nah seperti itulah maksud dari emot ini kurang lebihnya.

Namun sebenarnya emot ini juga bisa diartikan lain, contohnya saat kalian merasa malas, merasa sebal, merasa aneh ketika melihat suatu hal, dan lain sebagainya. Jadi kalian sesuaikan dengan situasi kalian saja.

Emoticon Dissapointed With Eyes

emoticon kecewa biasa

Emoticon yang selanjutnya adalah disappointed with eyes yang menunjukkan perasaan kecewa biasa akan suatu hal. Emot ini memiliki arti yang kurang lebih mirip seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya.

Yang beda adalah gambarnya saja, untuk emot yang satu ini matanya terbuka. Sedangkan untuk emot disappointed sebelumnya matanya tertutup. Selain itu emot ini juga dapat menunjukkan perasaan sedih, cemburu, namun belum sampai membuat kita menangis.

Emot Angry

emoticon angry

Emot yang terakhir adalah angry atau marah yang bisanya digunakan untuk menunjukkan perasaan marah atau kesal akan suatu hal. Kalian bisa lihat dari emotnya yang berwarna merah dengan penuh amarah, sudah pasti emot ini digunakan saat kalian merasa kesal atau amrah.

Emot ini memiliki banyak variasi, dan ini adalah salah satunya. Namun pada intinya emot tersebut sama-sama menggambarkan perasaan marah atau kesal meskipun sedikit berbeda-beda. Jadi silahkan kalian cek sendiri di daftar emot yang ada di HP  kalian.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, ada banyak sekali emoticon yang biasa digunakan di WhatsApp. Beberapa emoticon di atas adalah salah satunya beserta dengan maksud atau arti dari emoticon tersebut.

Banyak orang yang suka menggunakan emoticon namun banyak yang tidak tahu maksud atau arti dari emoticon tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Info WA Kosong

Nah itulah informasi tentang arti emoticon WhatsApp, gambar dan penjelasan. Sekarang kalian jadi tahu maksud atau arti dari emoticon-emoticon yang sering digunakan di WhatsApp setelah membaca artikel ini.

Demikianlah informasi yang dapat mastekno sampaikan, jika ada kesalahan harap dimaklumi. Dari semua emot di atas, manakah yang paling sering kalian gunakan? Silahkan komen di bawah, terima kasih.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Ketahuan
Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Ketahuan
Oleh Ayu Musfiroh
Cara Blokir Kontak WhatsApp
Cara Blokir Kontak WhatsApp
Oleh Shinta Marist
Cara Menghilangkan Centang Biru WhatsApp
Cara Menghilangkan Centang Biru WhatsApp
Oleh Ayu Musfiroh
Arti Centang Satu, Dua Abu-Abu, Dua Biru di WhatsApp
Arti Centang Satu, Dua Abu-Abu, Dua Biru di WhatsApp
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Copy Paste Pesan WhatsApp di Grup
Cara Copy Paste Pesan WhatsApp di Grup
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *