DNS Telkom Indihome Tercepat

By

dns indihome tercepat

Banyak sekali orang yang menggunakan DNS Telkom untuk mempercepat koneksi internet yang dimilikinya. DNS ini juga memiliki cukup banyak pilihan. Meskipun bisa mempercepat, namun jika salah dalam memilih dns yang digunakan maka bisa membuat internet mengalami gangguan.

Bahkan yang lebih parahnya lagi menjadi tidak bisa digunakan sama sekali. Oleh karena itu ketika memilih dns yang akan digunakan tidak boleh asal-asalan. Kalian harus tahu mana dns yang memang yang bagus. Namun sebelum itu, apakah kalian tahu apa itu DNS?.

Pengertian DNS

DNS (Domain Name Server) adalah sebuah sistem yang mengubah URL dari sebuah website kedalam bentuk IP Address. Tanpa adanya DNS ini, kalian harus mengetikkan IP Address dengan lengkap ketika ingin mengunjungi sebuah website.

Jadi setiap website sebenarnya mempunyai alamat IP sendiri yang bisa diakses, contohnya seperti 11.11.10.8.1

Nah, coba kalian bayangkan akan sangat merepotkan jika harus membuka website satu per satu dengan menggunakan alamat IP yang berbasis angka. Karena berbasis angka, website atau alamat IP tersebut menjadi susah diingat, diketiknya lama, dan juga ribet.

Nah, supaya mudah diingat dan mudah diketik serta lebih praktis, maka DNS inilah yang berperan sangat penting. DNS akan mengubah IP tersebut menjadi alamat situs yang berbasis nama. Contohnya 11.11.10.8.1 menjadi mastekno.com dan sebagainya.

Apa hubungannya dengan DNS Telkom, Indihome atau Speedy? Jika di Telkom, Indihome atau Speedy, pengaturan DNS yang tepat bisa meningkatkan efisiensi penerjemah IP-IP website yang berbasis teks seperti yang sudah dicontohkan sebelumnya. Jadi ketika browsing menjadi lebih cepat.

Baca Juga: Cara Konfigurasi STB Indihome.

DNS Telkom, Indihome, dan Speedy

Setiap provider internet sebenarnya memiliki alamat DNS yang bisa kita atur, termasuk salah satunya adalah Telkom yang memiliki basis Indihome atau Speedy.

Mereka memiliki beberapa rekomendasi DNS yang sesuai dengan standar dan bisa digunakan untuk mempercepat internet.

Nah berikut ini adalah beberapa DNS Telkom yang bisa kalian gunakan untuk mempercepat koneksi internet.

DNS Telkom Tercepat

DNS Telkom ini bisa digunakan secara nasional, yang artinya adalah bisa digunakan untuk kalian yang tinggal di semua wilayah Indonesia yang di wilayah tersebut tercakup jaringan Indihome.

DNS Telkom Nasional ini juga menjadi standar pengaturan yang direkomendasikan oleh para pengguna, baik itu Telkom, Indihome atau Speedy.

Penggunaan DNS ini bisa membantu meningkatkan kecepatan internet dan menjadi lebih stabil. Berikut DNS Telkom Nasional:

  • ns1.telkom.net.id            203.130.196.6
  • ns2.telkom.net.id            222.124.204.34
  • ns3.telkom.net.id            202.134.1.5
  • dns1.telkom.net.id         202.134.0.62
  • dns2.telkom.net.id         222.124.18.62

penggunaan DNS ini dapat disesuaikan, contohnya jika sudah menggunakan DNS 1 namun belum ada perubahan, silahkan kalian coba ganti menjadi DNS 2 dan seterusnya sampai koneksi internet kalian menjadi lebih baik.

Baca Juga: Cara Cek Nomor Indihome.

DNS Indihome Tercepat

Bagi kalian yang tinggal di kota-kota tertentu, terutama yang berada di kota-kota besar kalian bisa menggunakan DNS khusus untuk mempercepat koneksi internet kalian. DNS ini sudah dioptimasi untuk wilayah-wilayah tersebut supaya sesuai dengan kebutuhan para pengguna.

Berikut daftar kota dan DNS khususnya:

Kota Jakarta:

  • nsjkt1.telkom.net.id       202.134.0.155
  • nsjkt2.telkom.net.id       203.130.196.5
  • nsjkt3.telkom.net.id       203.130.196.155
  • nsjkt4.telkom.net.id       202.134.0.61
  • nsjkt1.telkom.net.id       125.160.2.226

Kota Bandung:

  • nsbdg1.telkom.net.id     202.134.2.5

Kota Makassar:

  • 125.160.2.162

Kota Semarang:

  • nssmg1.telkom.net.id    203.130.208.18

Kota Medan:

  • nsmdn1.telkom.net.id   203.130.206.250

Kota Surabaya:

  • nssby1.telkom.net.id     202.134.1.10
  • nssby2.telkom.net.id     125.160.4.82

Denpasar Bali:

  • nsdpr1.telkom.net.id     61.94.192.12
  • nsdpr1.telkom.net.id     125.160.2.34

Untuk penggunaan DNS ini sangat simpel, cukup kalian sesuaikan dengan tempat dimana kalian tinggal saja. Namun setiap kota tentu ada wilayahnya seperti kecamatan, kelurahan, desa dan sebagainya.

Jadi silahkan kalian sesuaikan dulu DNS tersebut sampai mendapat DNS dengan performa terbaik.

DNS Google

DNS yang selanjutnya adalah DNS Google, dns ini bisa kalian pakai untuk semua jenis koneksi termasuk Indihome. DNS ini sudah terkenal dengan stabilitasnya yang tinggi dan bisa membuat internet menjadi lebih cepat dan stabil.

Berikut DNSnya:

  • 8.8.8.8   Primary DNS
  • 8.8.4.4   Alternate DNS

Nah itulah beberapa rekomendasi DNS untuk Indihome, Telkom, dan Speedy. Setelah kalian mengetahui daftar dns tersebut, sudahkah kalian tahu bagaimana cara menggunakannya atau menerapkannya? Berikut akan saya bahas caranya.

Cara Menggunakan DNS Indihome Telkom

setting dns di windows

Cara penggunaan DNS ini bisa kalian lakukan untuk semuanya, jadi meskipun DNSnya berbeda, kalian bisa menggunakan cara penerapan yang sama seperti yang akan saya jelaskan berikut ini. Namun dengan catatan kalian juga memakai sistem operasi Windows seperti saya.

Berikut adalah cara menggunakan DNS Indihome di Windows 7, 8, dan 10, yaitu:

  • Di kolom search Windows, silahkan ketik Control Panel dan Buka Control Panel tersebut.
  • Kemudian klik menu Network and Internet > Pilih Network and Sharing Center > Silahkan klik Adapter Settings yang ada di bagian kiri.
  • Kemudian klik kanan pada Ethernet (atau pada jaringan Telkom aktif) > Klik Properties.
  • Kemudian pilih Properties pada pilihan Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
  • Silahkan ganti ke Use Following DNS Address dan isi dengan DNS Telkom, Indihome, Speedy yang sudah saya bagikan sebelumnya.

Jika sudah, silahkan klik OK. Setelah itu disconnect koneksi supaya jaringan refresh. Barulah kalian bisa rasakan perbedaannya.

Baca Juga: Cara Mempercepat Koneksi WiFi.

Cara Mengetahui DNS Telkom, Speedy, Indihome yang Aktif

cek dns yang sudah aktif

Bagaimanakah cara kita mengecek apakah DNS yang kita terapkan sebelumnya sudah aktif atau belum? Caranya sebenarnya sangat mudah, kalian bisa cek melalui Control Panel, cara ini tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya sudah saya jelaskan.

Berikut adalah cara cek DNS Telkom yang sudah aktif:

  • Ketik Control Panel di kolom search, kemudian buka Control Panel tersebut.
  • Masuk ke bagian Network and Internet > pilih Network and Sharing Center dan klik pada Adapter Settings.
  • Klik kanan di jaringan yang aktif dan pilih Properties.
  • Kemudian klik Details dan cek di kolom IPv4 DNS Servers.

Di kolom DNS Servers tersebut kita bisa tahu DNS yang sedang aktif. Sangat mudah kan? Jika masih bingung silahkan komen di bawah.

Cara Mengetes DNS yang Terhubung

cara mengecek dns indihome

Kadang ada juga beberapa DNS yang kurang stabil, jadi ketika disetting DNS tersebut bukannya tambah lancar malah menjadi tambah tidak lancar. Karena itulah kita harus mengeceknya terlebih dahulu. Caranya sangat mudah, yaitu dengan melakukan ping:

  • Ketikkan CMD di kolom search dan buka.
  • Ketik “ping google.com -t” (tanpa tanda kutip).
  • Lihat respon dari ping tersebut.

Jika ada informasi respon berarti koneksi internet normal dan DNS berfungsi dengan baik, namun jika ada pesan time out maka silahkan ganti dengan DNS lainnya.

Kesimpulan

Ada banyak dns indihome tercepat atau dns lain yang bisa dipakai, selain itu sebenarnya juga bisa diterapkan pada hp android atau iphone, dengan pengaturan dns khusus.

Sekian penjelasan yang dapat kami jelaskan untuk menggunakan dns indihome telkom tercepat, jika punya saran dan pertanyaan bisa kirimkan di komentar ya.


Mochamad Alif Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *