Cara Cek Kuota Indihome

By

cara cek kuota indihome

Dalam kehidupan sehari hari, tentu saja internet sudah menjadi salah satu hal yang mempunyai banyak sekali manfaat bagi kehidupan. Karena dengan adanya internet akan memudahkan kita dalam melakukan berbagai macam hal mulai dari berkomunikasi dengan orang lain secara jarak jauh.

Selain itu, di tengah pandemi ini penggunaan internet juga sangat membantu terlebih lagi untuk mereka yang melaksanakan work from home maupun study from home karena belum bisa bekerja dan belajar tatap muka secara langsung.

Supaya kita bisa menggunakan internet, maka kita perlu berlangganan paket internet ke provider penyedia layanan internet seperti Telkomsel, XL, Axis, 3, Indosat, Smartfren, dan lain sebagainya.

Namun jika kita membutuhkan layanan internet yang lebih cepat dan bisa di gunakan oleh banyak orang, maka salah satu pilihan yang telat yaitu berlangganan internet IndiHome.

Cara Cek Kuota Indihome + FUP Internet

Perlu kamu ketahui bahwa IndiHome menawarkan layanan internet unlimited. Akan tetapi pada umumnya setiap ISP yang menyediakan paket internet unlimited akan memberikan batasan kuota FUP yang harus kita pantau jika menggunakan paket internet tersebut.

Karena jika kita sudah menggunakan semua kuota FUP yang diberikan, maka jangan heran jika kecepatan internet yang kamu gunakan akan menjadi lemot. Namun jangan khawatir karena internet tetap masih bisa di gunakan, hanya kecepatannya saja yang dibatasi.

Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini mastekno akan menjelaskan bagaimana cara cek kuota dan juga FUP IndiHome dengan mudah. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja untuk lebih lengkapnya simak langkah – langkahnya berikut ini.

Baca Juga : Cara Cek Nomor Internet IndiHome.

1. Menggunakan Aplikasi myIndiHome

Menggunakan Aplikasi myIndiHome

myIndiHome merupakan sebuah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk cek kuota dan FUP  internet IndiHome yang kamu gunakan. Selain bisa digunakan untuk cek kuota internet.

MyIndiHome juga bisa kamu gunakan untuk registrasi IndiHome , membayar tagihan IndiHome, dan masih banyak lainnya. Penasaran bagaimana caranya? Simak langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Langkah pertama download dan instal aplikasi myIndiHome melalui Play Store.
  2. Selanjutnya, pastikan kamu mempunyai akun myIndiHome, jika belum punya silahkan daftar terlebih dahulu.
  3. Jika sudah, buka aplikasi myIndiHome dan login menggunakan akun kamu lalu masuk ke Profil akun kamu.
  4. Kemudian pada tampilan utama, akan menampilkan informasi mengenai kecepatan internet yang kamu gunakan dan juga layanan yang kamu gunakan.
  5. Untuk melihat penggunaan kuota internet yang telah kamu gunakan secara rinci, maka kamu bisa klik pada opsi Lihat Rincian pada bagian Internet.
  6. Maka nantinya akan muncul berapa banyak kuota internet yang kamu gunakan dan berapa FUP layanan internet yang kamu gunakan.

2. Menggunakan Situs IndiHome

Menggunakan Situs IndiHome

Untuk kamu yang tidak ingin repot – repot untuk mengunduh dan menginstall aplikasi myIndiHome untuk mengecek kuota maupun FUP internet kamu. Maka kamu bisa menggunakan situs resmi dari IndiHome. Untuk lebih lengkapnya, simak langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Langkah pertama buka browser dan kunjungi situs resmi IndiHome.
  2. Kemudian silahkan login menggunakan akun IndiHome kamu, jika belum memilikinya, silahkan kamu daftar terlebih dahulu.
  3. Jika sudah berhasil login, maka kamu bisa langsung nama akun pada pojok kanan atas, kemudian klik “Status Langganan”.
  4. Mengetahui pemakaian kuota yang telah kamu gunakan dan juga sisa kuota serta FUP jika kamu memilih internet unlimited.
  5. Selesai, tentu sangat mudah bukan karena kamu hanya perlu memanfaatkan situs resmi IndiHome tanpa repot untuk install aplikasi tambahan.

3. Menggunakan SMS

Menggunakan SMS

Cara terakhir ini bisa kamu gunakan tanpa membutuhkan kuota internet maupun aplikasi tambahan. Cara dengan menggunakan SMS merupakan cara yang paling sederhana, karena kamu hanya perlu mengirimkan SMS dengan format tertentu ke layanan IndiHome.

Meskipun mudah dan tidak membutuhkan kuota internet, namun jika kamu menggunakan cara ini kamu akan dikenai tarif sebesar Rp . 350 ,- per 1 kali sms. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Langkah pertama silahkan buka aplikasi Pesan dan buat pesan baru dengan format ketik ISP <spasi> IH <spasi> Kode area+nomor telepon rumah yang  terdaftar IndiHome.
  2. Misalnya ISP IH 0227555444.
  3. Kemudian kirim ke nomor 98108.
  4. Tunggulah beberapa saat hingga muncul SMS balasan yang berisi informasi mengenai kuota yang kamu miliki dan juga FUP internet IndiHome yang kamu gunakan.

Baca Juga : Cara Konfigurasi STB IndiHome.

Kesimpulan

Informasi terhadap penggunaan kuota internet IndiHome pada saat ini sangatlah penting. Hal tersebut disebabkan karena pada saat ini IndiHome memberikan FUP atau Fair Usage Policy yang akan menyebabkan kecepatan internet menurun jika FUP sudah terpenuhi.

Bagi anda yang ingin membatasi jumlah pengguna wifi yang tersambung, bisa mencoba cara membatasi pengguna wifi indihome.

Tanya Jawab

Berikut ini telah kamu rangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan oleh para pengguna dan mungkin pertanyaan yang ingin kamu tanyakan juga.

Apa itu FUP?

FUP atau Fair Usage Policy merupakan pembatasan kecepatan internet pada paket unlimited jika pengguna sudah melewati batas penggunaan kuota yang telah di tentukan. Dengan kata lain internet masih tetap bisa digunakan namun kecepatannya di kurangi.

Bagaimana cara cek kuota dan FUP IndiHome melalui hp?

Melalui aplikasi myIndiHome, situs IndiHome, dan SMS.

Bagaimana cara cek kuota dan FUP IndiHome melalui komputer / laptop?

Melalui situs resmi IndiHome

Demikianlah pembahasan ringkas dari mastekno mengenai cara cek kuota indihome dan FUP IndiHome baik melalui aplikasi, situs resmi, dan SMS. Semoga pembahasan di atas bermanfaat untuk kamu dalam melakukan pengecekan terhadap kuota dan juga FUP IndiHome yang kamu gunakan.


Adi Pamungkas Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *