Cara Upload File & Folder ke Google Drive

By

cara upload file dan folder ke google drive

Tahukah anda bahwa google drive adalah salah satu penyedia hosting untuk tempat penyimpanan file atau data yang dikelola oleh google.

Maka tak heran jika Google Drive merupakan hosting terbaik untuk penyimpanan data, jadi tak heran banyak pengguna internet termasuk saya sering menggunakan google drive sebagai media penyimpanan file.

Sebenarnya ada banyak file yang dapat kita upload, untuk batasan upload dari google drive itu mencapai 15GB per Satu Akun. Jadi ketika anda upload pastikan data yang anda upload tidak berlebihan.

Selain itu google drive sangat membantu anda bagi anda yang ingin berbagi data dengan orang lain, tahukah anda bahwa google drive tidak ada iklan yang muncul.

Baca Juga: Cara Download File di Google Drive.

Jadi orang lain yang ingin mendownload data anda tidak kebingungan, google drive solusi terbaik penyimpanan data.

Berbeda dengan penyedia penyimpanan file lainya, google drive lebih simple dan mudah untuk digunakan serta mudah untuk mendownload. Adapun file yang dapat diunggah itu bermacam-macam seperti :

  • Audio dan Video = 3gp, MP3, MP4, MKV, WebMV dan sebagainya.
  • Aplikasi = apk, exe dan lain-lain
  • File teks = PDF, exel, doc, dan file teks lainya

Cara Upload File ke Google Drive di Laptop PC

cara upload file ke google drive

Jadi sangat mudah kan sob menggunakan google drive upload dan download file di google drive. Nah berikut adalah tutorial cara upload file dan folder ke google drive

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi bahwa untuk dapat mengunggah atau upload data / file di google drive itu sangat mudah, nah bagi yang belum tau caranya bisa simak tutorial berikut ini.

1. Masuk ke Akun Google

Pastikan anda sudah memiliki akun google mail. Jika belum bisa membuat akun google, lalu mendaftar seperti biasa dan login.

2. Membuka Google Drive

Kemudian sobat masuk ke alaman http://drive.google.com

Perlu di ingat bahwa pastikan file tidak lebih dari 15GB, karena akun gmail bawaan hanya memiliki jatah ukuran 15GB Keseluruhan.

3. Pilih Upload File

Setelah itu anda menuju ke Tombol Baru > Unggah File / Upload File.

cara upload file google drive

4. Pilih File

Lalu anda dapat menentukan lokasi file yang ada di komputer anda, kemudian pilih OK.

cara upload google drive file

5. Bagikan File

Selanjutnya file akan muncul di drive, untuk membuatnya menjadi dapat di download oleh orang lain maka kita harus mengaturnya menjadi publik dan caranya berikut ini. Ikuti cara ini sesuai bahasa di google drive anda.

  • [Bahasa Indonesia] = klik kanan pada file yang baru saja muncul diupload drive > lalu Klik Bagikan > Lanjutkan > Ubah menjadi Aktif Publik di Web > Simpan > Selesai.
  • [Bahasa Inggris] = Klik kanan pada file > Klik Share > Next > Change > On Public on the web > Save > Done.
salin link upload google drive

6. Atur Hak Akses

Selanjutnya kamu dapat klik ubah. Untuk dapat mengubah siapa saja yang dapat membuka link tersebut.

panduan cara upload google drive

7. Memilih Hak Akses

Lankah terakhir, buat file tersebut publik atau siapa saja yang memiliki link.

cara upload file google drive di pc

Nah begitu aja sobat, lalu kamu dapat copy linknya untuk dibagikan ke orang lain.

Cara Upload File Google Drive di HP Android

Ada beberapa cara yang perlu kamu praktikan, dan pastikan sudah terinstall aplikasi google drive.

1. Upload File

Buka aplikasi google drive, klik icon plus (dipojok kanan bawah) dan klik upload, supaya dapat mengupload file yang ada di hp android teman-teman.

cara upload google drive di android

2. Mengatur Lokasi File

Selanjutnya kamu dapat memasukan file tersebut. Kalian bisa membuka di berkas, dan tentukan lokasi file yang ingin kalian upload.

cara upload google drive lewat android

3. Mengatur Hak Akses

Lankah berikutnya, kamu tinggal mengatur supaya dapat dibagikan.

cara share file google drive

4. Berbagi Tautan File

Lalu kalian tekan berbagi tautan, dan kamu dapat melanjutkanya dengan bagikan link. Atur ke siapa saja yang mendapatkan link,

cara share file google drive mudah

5. Berbagi Link

Untuk mengetahui link file yang ingin kalian bagikan, silahkan kalian tekan titik tiga file yang tadi kalian berikan akses publiknya, kemudian pilih Bagikan tautan, kemudian pilih Salin ke papan klip untuk mencopynya.

cara berbagi file dengan google drive

6. Mengecek Link Google Drive

Setelah itu silahkan kalian bagikan link tadi ke teman kalian, suruh mereka untuk membukanya, maka hasilnya akan seperti gambar berikut ini.

cara berbagi file dengan google drive

Bagaimana mudah banget kan untuk dapat upload file ke google drive lewat hp android, selain itu bisa lewat aplikasi yang bisa kalian download di playstore atau dapat melalui browser.

Cara Upload Folder ke Google Drive

Sebenarnya hampir sama seperti yang ada pada mengupload file, tinggal anda mengikuti cara yang pertama seperti yang satu ini. Berikut ini cara upload folder ke google drive lewat hp android dan laptop pc.

1. Masuk ke http://drive.google.com

2. Setelah itu menuju ke Baru > Upload Folder.

cara upload folder google drive

3. Selanjutnya anda tinggal menentukan folder yang ingin di upload, dan Klik OK jika sudah menentukan.

cara upload folder ke google drive

Untuk Cara Selanjutnya ikuti seperti cara upload file di google drive. untuk berbagi folder bisa melakukan seperti langkah ketika berbagi file.

Kesimpulan

Ketika ingin lebih banyak mengupload file ke folder, bisa upgrade layanan penyimpanan google berbayar.

Untuk google drive sendiri memiliki batasan sob untuk dapat menguploadnya, batasan yang diberikan google drive kepada penggunanya (per user) adalah 15GB.

Setelah user telah mencapai batasan maksimal maka tidak dapat menguplod lagi. Namun jangan khwatir, anda tetap dapat menggunakanya dengan login ke akun anda yang lainya.

Kelebihan Google Drive

Kita tidak perlu lagi membawa media penyimpanan seperti flashdisk dan harddisk. Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan Google Drive, apa saja itu.

1. Aman

Menyimpan data di google drive dijamin aman selama hanya kalian yang mengetahui kata sandi dari gmail kalian. Karena penyimpanan ini online tidak semua orang bisa mengaksesnya, teman-teman kalian yang usil pun tidak bisa lagi mengotak atik data kalian.

Dengan menyimpan data di google drive, kita juga tidak perlu khawatir lagi yang namanya kehilangan data karena laptop kita yang rusak ataupun flashdisk kita yang hilang. Karean kita menyimpannya secara online hal ini tidak berpengaruh, tapi kalian harus benar-benar ingat kata sandi darii akun gmail kalian.

2. Enkripsi  SSL

Google Drive didukung dengan enkripsi SSL (HTTPS) jadi sudah terjamin keamanannya. SSL adalah sebuah protocol keamanan untuk mengakses website secara otomatis dialihkan ke HTTPS. Hal ini sama seperti yang telah diterapkan pada Youtube, Gmail, Blogspoot, dan produk dari Google yang lainnya.

3. Hemat Memory

Hal ini tentu saja sangat bermanfaat. Dengan menyimpan data di google drive, kita bisa menghemat pemakaian ruang di harddisk kita ataupun ponsel kita, sehingga komputer atau ponsel yang kalian gunakan menjadi lebih cepat karean terdapat ruang kosong yang lebih banyak.

Format File yang Didukung

Nah ada beberapa file yang umumnya diupload oleh pengguna internet, seperti berikut :

  • Audio dan Video = 3gp, MP3, MP4, MKV, WebMV dan sebagainya.
  • Aplikasi = apk, exe dan lain-lain
  • File teks = PDF, exel, doc, dan file teks lainya.
  • File compressed : zip rar

Dan masih banyak lagi sob, jadi jangan ragu untuk menggunakan google drive dengan mudah.

Perhatian Khusus

Yang perlu anda ketahui, bahwa goolge drive grtis dan biasanya beberapa aplikasi kecil atau data kecil (dibawah 100mb) masih bisa terdeteksi apakah ada virusnya ataupun tidak.

Beberapa konten yang melanggar pedoman google, maka akan dihapus dan juga di google drive kita dapat melaporkan penggunaan yang melanggar.

Sebenarnya tutorial cara upload file dan folder di google drive dapat anda lakukan di hp android dan komputer laptop (pc).

Nah mudah sekali kan sob tutorial mengupload file dan folder ke google drive, jika sobat masih belum faham mengenai cara diatat tadi. Maka bisa tanyakan di kolom komentar jika cara upload file & folder ke drive google belum anda mengerti.


Hanif Pramono Mahasiswa Teknik Informatika yang gemar dalam dunia teknologi khususnya gadget, aplikasi dan internet.

   

  1. Avatar winoko berkata:

    anak saya ada tgs dr sekolah harus upload lewat link google drive sekolah, tetapi tidak bisa kirim file ke link sekolah tsb.tandw plus pelangi tidak muncul

    1. Hanif Pramono Hanif Pramono berkata:

      Pastikan menggunakan aplikasi google drive ya, atau bisa pakai versi website di laptop pc

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *