Cara Share Lokasi WhatsApp

By Mochamad Alif Prayogo -

Sekarang ini kegiatan mencari sebuah tempat atau lokasi tertentu bukan menjadi masalah yang rumit lagi. Pasalnya sekarang sudah ada teknologi GPS yang dapat membantu kita untuk menemukan lokasi yang kita ingin cari.

Dengan GPS ini kita bisa menghemat waktu kita, meskipun tingkat akurasi dari navigasi GPS ini tidak mencapai 100%, namun GPS tetap menjadi solusi terbaik dan tercepat untuk menentukan arah, lokasi, waktu dan kecepatan.

Jadi tidak heran apabila berbagai perusahaan dan aplikasi terkenal menggunakan sistem GPS ini dalam fitur mereka. Whatsapp sebagai aplikasi pesan cepat terbaik sekarang ini juga memanfaatkan fitur dari GPS ini.

Dan kabarn baiknya adalah Indonesia adalah salah satu negara yang termasuk beruntung karena lumayan cepat dengan pembaruan ini.

Sekarang ini Whatsapp sudah menambahkan fitur tambahan yaitu untuk share location atau untuk berbagi lokasi di Whatsapp. Fitur ini sangatlah membantu, terutama untuk kamu yang sedang berada di sebuah tempat dan ingin berkumpul bersama teman, nah kamu tinggal share lokasi whatsapp kamu saja.

Baca Juga: Cara Mengunci Whatsapp.

Fitur Share Lokasi

Namun, apakah kamu sudah tahu bagaimana caranya share lokasi di Whatsapp? Berikut ini akan mastekno jelaskan. Fitur share lokasi yang ada di whatsapp dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Share live location, yaitu membagikan lokasi kamu secara real-time. Fitur ini juga sering disebut sebagai fitur pelacak. Hal ini karena setiap pergerakan akan dikirim lewat sinyal melalui satelit. Whatsapp memberikan kebabasan juga terkait durasi saat share lokasi ini.
  • Send your current location, yaitu mengirimkan lokasi kamu saat ini. Fitur ini hanya mengirimkan lokasi kamu saja, jadi tidak seperti sebelumnya kamu hanya mengirim lokasi kamu pada saat itu. Jadi, ketika kamu berjalan dan berpindah tempat lokasi yang telah dikirim tidak akan ikut berpindah.

Cara Share Lokasi Whatsapp

Untuk cara share loct di whatsapp sangatlah mudah, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Aplikasi Whatsapp

Silahkan buka aplikasi Whatsapp kamu, kemudian buka obrolan atau kontak yang ingin kamu kirimi lokasi kamu.

2. Pilih Icon Lampiran

Setelah itu klik icon Lampiran (kayak jepit rambut), bisa liat gambar. Kemudian setelah itu pilih Jika belum menghidupkan GPS, silahkan hidupkan terlebih dahulu.

2 cara share lokasi di wa termudah dan berhasil 1

Baca Juga: Cara Download Status Whatsapp.

3. Pilih Bagikan Lokasi

Nah setelah itu akan ada dua pilihan dalam membagikan lokasi kamu di whatsapp. Jika kamu ingin membagikan lokasi secara realtime, silahkan pilih Share live location atau Bagikan lokasi terkini.

4. Menentukan Lokasi

Disini kamu bisa menentukan sendiri batas waktu kamu dalam membagikan lokasi secara real time, mulai dari 15 menit sampai dengan 8 jam pun bisa.

Silahkan Pilih waktu yang diinginkan > Kamu juga bisa menambahkan keterangan > kemudian pilih Kirim / Send.

2 cara share lokasi di wa termudah dan berhasil 2

5. Berhasil Share Lokasi

Sekarang kamu sudah berhasil membagikan lokasi kamu secara realtime. Ketika waktu ditentukan maka jika lewat ambang batas akan otomatis terhapus.

6. Mengirim Lokasi Terbaru

Pilihan share lokasi yang kedua adalah membagikan lokasi kamu saat ini saja. Pada tahapp Send location, jangan langsung pilih send yout current location, tunggu sampai akurasi lokasi kamu semakin kecil supaya lokasi yang kamu kirim bisa semakin tepat.

Jika akurasi sudah tepat, silahkan pilih Send your current location atau silahkan pilih lokasi yang ada sesuai dengan tempat kamu sekarang.

2 cara share lokasi di wa termudah dan berhasil 3

Kesimpulan

Nah, itulah tutorial singkat bagaimana cara mengirim lokasi kamu lewat Whatsapp. Semoga apa yang mastekno sampaikan bermanfaat dan bisa membantu kamu untuk membagikan lokasi kamu ke teman-teman kamu saat mau ketemuan di suatu tempat.

Baca Juga: Cara Melacak HP yang Hilang.

Untuk membagikan lokasi ini pastikan koneksi internet kamu lancar ya, terlebih lagi untuk share lokasi yang real time, koneksi internet harus selalu lancar.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Aplikasi Sadap WhatsApp
Aplikasi Sadap WhatsApp
Oleh Dimas Bimantoro
Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor
Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Membaca Pesan WhatsApp Orang Lain Tanpa Diketahui
Cara Membaca Pesan WhatsApp Orang Lain Tanpa Diketahui
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Menghapus Kontak WhatsApp
Cara Menghapus Kontak WhatsApp
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Membuka Blokir WhatsApp
Cara Membuka Blokir WhatsApp
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menghapus Pesan WhatsApp
Cara Menghapus Pesan WhatsApp
Oleh Danang Febriyandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *