Cara Setting IP Address di PC Laptop

By

setting ip address windows

Sekarang ini untuk mencari informasi dari seluruh dunia sangat mudah dengan adanya internet.

Kalian bisa mendapatkan berbagai informasi dalam hitungan detik lewat website yang ada di internet.

Namun tentu saja untuk bisa mengakses informasi tersebut kalian memerlukan sebuah perangkat berupa komputer, laptop, maupun smartphone.

Sebuah komputer bukan cuma bisa digunakan untuk mencari informasi di internet saja, komputer juga bisa digunakan untuk berkirim dan berbagi sumber daya dengan komputer lain yang ada dalam satu jaringan LAN.

Namun supaya komputer bisa saling terhubung, kalian harus terlebih dahulu mengatur IP Address pada komputer dan laptop kalian terlebih dahulu.

Nah, pertanyaannya bagaimanakah cara mengatur IP Address pada jaringan Lan tersebut supaya bisa saling komunikasi dan bertukar informasi?

Namun sebelum itu, apakah kalian sudah tahu apa yang dimaksud dengan IP Address ini? Sebelum ke tutorial caranya, alangkah lebih baik jika kalian memahami apa itu apa itu ip address terlebih dahulu. Berikut adalah ulasannya.

Pengertian IP Address

pengertian ip address

IP Address atau IP adalah sebuah nomor sejumlah 4 blok bilangan desimal dengan nilai yang dibatasi, mulai dari angka 0-255.

IP Address ini merupakan nomor unik dimana setiap komputer memiliki IP Address yang berbeda pada interface jaringan dalam komputer.

Jadi bukan  unit komputernya yang unik. Tiap komputer biasanya mempunyai dua buah interfaces jadi otomatis akan ada dua ip address dalam satu komputer.

Bentuk dari IP Address ini adalah bilangan desimal, namun sebenarnya bentuknya adalah bilangan biner sehingga mudah diingat.

Contohnya jika IP Address tertulis 192.168.1.0 maka sesungguhnya angka yang ada dalam ip address tersebut adalah angka 11000000.10101000.00000001.00000000.

Kebanyakan ip address yang digunakan sekarang ini menggunakan ip address versi 4, namun sebenarnya versi ip address sendiri sekarang sudah mencapai versi ke 6. Letak perbedaan tiap veri adalah jumlah bit nya.

Pada ip address versi 4 (IPv4) terdiri atas 32 bit biner, sedangkan pada ip address versi 6 (IPv6) terdiri atas 128 bit.

Adri sini bisa kita lihat bahwa IPv6 ini memiliki jumlah bit yang lebih banyak dari Ipv4, namun kelemahan dari jumlah yang besar ini adalah susah dihafal.

IPv4 ini bisa dibagi menjadi beberapa kelas berdasarkan jumlah Network dan Hostnya. Ada yang termasuk kelas A, B, dan C.

Kelas C adalah kelas yang paling sering digunakan pada jaringan loka karena jumlah hostnya yang sedikit dan tidak terlalu banyak sehingga mudah di hafal.

Dalam IP Address kelas C ini terdapat sekitar 254 host, yang nilainya adalah antara 192.0.0.0 – 223.225.225.225. pada jaringan lokal akan ada banya IP 192.168.00 – 192.168.255.255 yang termasuk dalam kelas C pada IP Address.

Network dan Host

network dan host

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mengatur IP Address pada jaringan lokal LAN, kalian harus memahami terlebih dahulu tentang network dan host karena kedua hal ini ada kaitannya dengan IP Address.

Network dan host ini adalah bagian dari IP Address dimana ini menunjukkan alamat komputer dalam sebuah jaringan. Ada beberapa aturan dalam penggunaan network dan host ini, yaitu:

  • Kesamaan pada semua alamat network jika ingin komputer saling terkoneksi tanpa adanya router.
  • Dalam sebuah jaringan tidak diperbolehkan adanya dua host yang nilainya sama.

Cara Mengatur IP Address Otomatis

Untuk bisa mendapatkan alamat IP secara otomatis, kalian harus terhubung dengan perangkat atau pc yang menerapkan layanan DHCP.

Dengan menggunakan cara ini kalian tidak perlu repot-repot untuk mengganti atau menyeting IP address secara manual pada laptop atau komputer kalian. Caranya adalah dengan memilih opsi obtain an IP address automatically.

Layanan DHCP ini sering kalian temui pada cafe yang menyediakan free WiFi atau bahkan di sekolah kalian ada layanan DHCP nya. Jadi kalian tidak perlu lagi melakukan setting IP address secara manual pada perangkat kalian agar bisa terhubung ke internet.

Cara Mengatur IP Address di Windows XP

Untuk Anda yang menggunakan Windows XP, silahkan ikuti tutorial berikut untuk mengganti alamat IP di Laptop PC Windows Anda:

  1. Klik pada tombol Start yang ada di sebelah kiri bawah, kemudian pilih Control Panel.
  2. Kemudian klik kanan dan klik 2x pada ikon Local Area Connection. Selanjutnya pada tab General klik 2x di di Local Area Properties dan klik 2x pada Internet Protocol TCP/IP.
  3. Selanjutnya klik Use the following IP address, kemudian isi kolom IP Address menggunakan range IP 192.168.2.2 – 192.168.2.254 (jika kaalian menggunakan router Edimax), untuk subnet, silahkan isi 255.255.255.0 dan pilih Use the following DNS server address, setelah itu klik OK.

Cara Mengatur IP Address di Windows Vista dan 7

Jika Anda menggunakan Windows Vista atau Windows 7, untuk mengganti mengubah / setting alamat ip tidak sulit. Berikut adalah langkah-langkah mengatur ip addresss di Windows 7 dan Vista:

1. Buka Network and Sharing Center

1. Pertama-tama silahkan kalian buka Network and sharing center, caranya adalah dengan klik kanan pada simbol jaringan yang ada di sebelah kanan bawah layar komputer kalian.

Kemudian setelah itu silahkan kalian pilih Open Network and sharing Center. Kalian juga bisa membuka nya dengan melalui Run, caranya adalah dengan menekan tombol Windows+R, kemudian ketikan control.exe /name Microsoft.NetworkAndSharinhmgCenter kemudian tekan enter.

cara mengganti alamat ip di windows 7 8 dan 10 dengan mudah 1

2. Change Adapter Settings

Setelah itu, silahkan kalian pilih Change adapter settings.

cara mengganti alamat ip di windows 7 8 dan 10 dengan mudah 2

3. Klik Propterties

Silahkan kalian pilih adapter yang ingin kalian ganti alamat IP nya. Contohnya disini kalian ingin mengganti alamat IP terus yang ada pada jaringan atau adapter WiFi kalian. Namun pada contoh kali ini saya akan mengubah alamat IP adapter LAN saya. Jadi silahkan kalian klik pada adapter LAN atau Ethernet, kemudian silakan kalian pilih Properties.

cara mengganti alamat ip di windows 7 8 dan 10 dengan mudah 3

4. Klik Internet Protocol Version 4

Kemudian setelah itu silahkan kalian double klik pada internet Protocol version 4 (TCP/IPv4).

cara mengganti alamat ip di windows 7 8 dan 10 dengan mudah 4

5. Pilih Use The Following IP Address

Silahkan kalian pilih use the following IP address, kemudian silahkan ketikan IP address yang kalian inginkan. Kalian bisa mengisi default Gateway dan DNS server Jika perlu, namun tidak diisi juga tidak apa-apa. Setelah itu silahkan kalian pilih OK untuk menyimpan pengaturan tersebut.

cara mengganti alamat ip di windows 7 8 dan 10 dengan mudah 5

Cara Mengatur IP Address di Windows 8 dan 10

Sedangkan untuk Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 8 atau Windows 10. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengganti IP Address di Laptop PC Anda:

1. Klik Icon Network / Jaringan

Klik icon network pada yang ada di sebelah kanan bawah. Jika kalian menggunakan wifi, maka gambarnya berupa sinyal atau wifi. Sedangkan jika kalian menggunakan LAN maka iconnya berupa gambar komputer.

cara setting ip address di windows 7 dan 8 1

2. Pilih Open Network and Sharing Center

Kemudian setelah itu pilih Open Network and Sharing Center.

3. Pilih Chage Adapter Settings

Selanjutnya silahkan klik atau masuk ke Change Adapter Settings untuk mengubah atau mengatur IP Address.

cara setting ip address di windows 7 dan 8 2

4. Klik Properties

Pada jaringan yang ingin kalian atur IP Addressnya, silahkan klik kanan dan pilih Properties.

cara setting ip address di windows 7 dan 8 3

5. Pilih Internet Protocol Version 4

Ada beberapa pilihan, silahkan kalian cari dan klik 2x pada Internet Protocol Version 4 (IPv4).

cara setting ip address di windows 7 dan 8 4

6. Atur Alamat IP

Nah disini silahkan kalian atur alamat ip yang kalian inginkan sesuai dengan jaringan yang kalian gunakan. Silahkan sesuaikan alamat ip tiap komputer, beri alamat ip yang satu kelas dengan komputer lain supaya bisa saling terhubung.

Jika sudah silahkan klik OK.

cara setting ip address di windows 7 dan 8 5

Kesimpulan

Untuk mengubah alamat IP pada Windows sebenarnya tidak sulit, hampir semua versi Windows memiliki cara yang sama untuk setting alamat IP di Laptop dan PC.

Yang membedakan cuma tampilannya saja yang sedikit berbeda. Jika Anda masih bingung, silahkan ikuti langkah-langkah yang sudah saya berikan di atas tadi.

Nah itulah beberapa cara untuk setting atau konfigurasi alamat ip di pc windows xp, vista, 7, 8, dan 10.

Setting alamat ip ini dilakukan supaya antar komputer yang berada dalam satu jaringan atau network yang sama bisa saling terhubung dan bisa saling berkomunikasi serta berbagi data / sumber daya satu sama lain.

Sekian apa yang bisa mastekno sampaikan kepada kalian, semoga informasi tadi bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan kalian serta bisa menyelesaikan permasalahan kalian.

Jika ada kesalahan kata dan informasi yang kurang tepat mohon dimaafkan dan silahkan komen di bawah. Terima kasih.


Mochamad Alif Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *