Cara Optimasi SEO WordPress

By Shinta Marist-

WordPress merupakan suatu layanan Content Management System yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis online seperti forum atau company profile, took online, blogging, portal berita dan hal lainnya. WordPress dipilih karena memiliki keunggulan yang lumayan baik dibanding cms lainnya.

Keunggulan wordpress antara lain adalah merupakan cms fantastis, open source dan juga gratis. Dengan gratisnya wordpress dan fitur nya yang bagus hal ini merupakan alasan mengapa wordpress dipilih oleh beberapa kalangan karena memang sangat cocok bagi kalian yang ingin berbisnis online menggunakan cms.

Terkhusus bagi kalian yang menekuni bidang blogging pasti sudah tidak asing dengan istilah wordpress. WordPress biasanya dipilih untuk ngeblog karena penggunannya yang gampang dan juga fitur nya yang lebih asik dibanding platform lain. Namun perlu anda ketahui tidak hanya cukup dengan posting artikel saja namun suksesnya ngeblog juga didukung oleh SEO yang bagus. Nah wordpress memang sudah dikenal dengan platform yang memiliki SEO yang bagus.

Cara Mengecek Kecepatan Blog dan Web

Nah untuk mengetahui kecepatan loading dari suatu web atau blog ini ada banyak sekali metode yang bisa kita gunakan untuk mengetahuinya, salah satu dari metode tersebut adalah dengan menggunakan situs atau tolls untuk mengecek kecepatan load website. Google sendiri menyediakan satu halaman yang bisa kita gunakan untuk melakukan hal tersebut yaitu Google Page Speed Insight.

Google Page Speed Insight

Kamu bisa membuka alamat https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/ atau klik disini, kemudian silakan kamu masukan URL dari halaman situs web atau blog milik kamu di kolom yang tersedia disana, setelah itu silakan kamu klik tombol Analisis, tunggu beberapa saat hingga proses analisa kecepatan website kamu selesai maka akan muncul angka dari rentang 1 sampai 100, semakin tinggi berarti semakin bagus juga kecepatan website milik kamu.

GTmetrix

Namun jika menggunakan Google Page Speed Insight terkadang tidak membaca sistem caching sehingga website yang menggunakan caching, kamu bisa menggunakan tolls lain yang menampilkan analisa lebih lengkap dan detail seperti misalnya adalah menggunakan situs GTmetrix. Untuk menggunakan situs tersebut kamu bisa buka link berikut https://gtmetrix.com/ atau klik disini, setelah itu silakan kamu masukan URL website atau blog yang ingin kamu uji kecepatannya, lalu tekan tombol Test Your Site, dan yang terakhir tunggu beberapa saat hingga hasil muncul. Di GTmetrix ini hasil yang ditampilkan sangat rinci dan detail sekali, mulai dari total ukuran web, skor kecepatan web, skor YSlow, dan sebagainya. Saya lebih menyarankan kamu menggunakan situs ini GTmetrix ini jika memang ingin mengetahui lebih detail kecepatan website kamu.

Pengaruh Kecepatan Website Untuk SEO Website atau Blog

Saat ini google menggunakan berbagai macam parameter untuk menempatkan dan membuat urutan website yang ada di SERP atau Search Engine Rank Position, dimana setiap website posisinya akan diurutkan berdasarkan SEO dan kualitas dari website tersebut. Google menentukan hal tersebut mulai dari struktur dasar website yang kamu kelola, struktur artikel yang kamu posting kedalam blog kamu, dan sebagainya.

Salah satu yang digunakan oleh google sebagai parameter penentu posisi website di mesin pencarian adalah dari kecepatan loading website yang kita miliki, google akan memprioritaskan untuk menempatkan website dengan kecepatan load page yang baik di SERP yang mereka miliki, dengan begitu maka secara otomatis juga website atau blog yang memiliki kecepatan load page buruk akan turun ke bawah posisi SERP. Tidak hanya google saja, namun sudah banyak mesin pencarian lainnya yang menentukan posisi website di hasil pencarian mesin mereka dengan didasarkan dengan kecepatan loading page suatu web atau blog.

Pengaruh Kecepatan Website Kepada Pengunjung

Seperti yang kita tau, pada saat sekarang ini kebanyakan dari masyarakat yang suka berselanjar di dunia internet pasti tidak merasa nyaman ketika mengunjungi suatu situs namun loading page halaman yang ingin mereka lihat terlalu lambat. Meskipun terlihat sepele dan tidak semua orang merasa seperti itu, namun hal tersebut bisa menyebabkan hilangnya pengunjung yang akan datang ke website kita, dikarenakan mereka tidak jadi mengunjungi website kita dan memilih website alternatif lainnya yang muncul di mesin pencarian.

Selain itu ini juga berpengaruh terhadap bounce rate suatu website, bounce rate adalah hitungan dalam persen yang mengukur seberapa banyak pengunjung yang pergi meninggalkan situs web atau blog kita setelah mereka mengunjungi satu halaman saja, sehingga tidak membuka halaman lain. Semakin kecil bounce rate di situs yang kamu miliki maka berarti semakin bagus juga kualitas situs web atau blog yang kamu miliki.

Penyebab dan Cara Mengatasi WordPress Lambat & Lemot

Untuk penyebab kenapa situs web menjadi lambat, ada banyak sekali faktor yang dapat berpengaruh terhadap hal tersebut. Sebenarnya ketika kamu menggunakan tolls untuk mengetahui kecepatan website seperti GTmetrix atau Google PageSpeed Insight, kamu bisa mengetahui bagian apa saja yang bisa kamu perbaiki untuk meningkatkan kecepatan website yang kamu miliki tersebut.

Berikut di bawah ini merupakan beberapa hal yang bisa berdampak pada lambatnya kinerja website yang kita miliki.

Salah Memilih Server Dan Hosting Untuk WordPress

Masalah paling mendasar dan sulit untuk diperbaiki selain menggantinya dengan yang baru penyebab website kamu menjadi lemot dan lamban adalah salah dalam memilih server dan hosting yang kamu gunakan untuk menampung website kamu. Website lemot dapat disebabkan karena server yang tidak cocok dan kualitas hosting yang lemah, untuk menemukan Web Server dan Hosting yang berkualitas kamu bisa mencoba mencari di Niagahoster yang merupakan salah satu penyedia layanan Web Server dan Hosting yang berkualitas.

hosting terbaik

Kamu bisa mencoba meminta bantuan dari tim support untuk berkonsultasi mengenai Web Server, Hosting, atau seputar hal tersebut yang cocok untuk website milik kamu tersebut. Apalagi Niagahoster merupakan salah satu layanan web hosting Indonesia sehingga kamu bisa dengan mudah berkomunikasi dengan support tim Niagahoster menggunakan bahasa Indonesia untuk menjelaskan masalah kamu kamu bisa klik tulisan di samping untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Server dan Hosting yang cocok untuk kamu (Web Hosting Indonesia).

Meskipun memiliki kualitas hosting yang sangat bagus dengan server yang sangat cepat, Niagahoster ini merupakan penyedia layanan hosting yang sangat cocok untuk semua kalangan mulai dari pemula hingga untuk profesional, pasalnya di Niagahoster ini disediakan web hosting mulai dari harga 10rb atau bulan kamu sudah bisa mendapatkan Hosting dengan Bandwith Unlimited, Gratis Keamanan SSL, Ditambah juga sudah gratis domain. Silakan kamu sesuaikan mana hosting dan server yang cocok untuk kebutuhan wordpress kamu di Niagahoster, konsultasikan juga dengan tim support Niagahoster yang selalu siap membantu kamu (Hosting Murah Indonesia).

Ukuran Website Yang Terlalu Besar

Hal ini bisa disebabkan karena website kamu memuat terlalu banyak data, seperti misalnya memuat gambar dengan ukuran besar, memuat video secara langsung di dalam halaman website, terlalu banyak style yang dimuat pada situs kamu. Kamu bisa mencoba untuk meminimalkan data yang kamu muat di halaman tanpa mengurangi konten yang ada di dalamnya, seperti untuk gambar misalnya kamu bisa menggunakan image compress

(baca : Cara Mengecilkan Ukuran Foto).

Terlalu Banyak Plugin WordPress

Bagi kamu pengguna website atau blog dengan berbasi CMS (Content Management System) WordPress tentu saja akan disuguhi banyak sekali plugin yang bisa kamu instal kepada website kamu mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar. Usahakan kamu hanya menggunakan dan menginstal plugin yang diperlukan saja, jangan terlalu berlebihan karena hal tersebut bisa berpengaruh kepada kecepatan website kamu sehingga akan berdampak pada SEO juga. Uninstal atau Hapus semua plugin yang kurang diperlukan dan tidak digunakan.

Tidak Menggunakan Sistem Caching di Website

Website yang tidak menggunakan sistem caching akan menyebabkan sering terjadinya pengulangan pemuatan data yang kurang atau tidak perlu, seperti misalnya memuat halaman yang sudah pernah dimuat sebelumnya, dengan menggunakan caching di website kita hal tersebut dapat terhindarkan.

Caching merupakan suatu cara yang bisa kita gunakan untuk mempercepat website milik kita, dimana halaman yang akan dibuka hanya akan dimuat sekali saja, bahkan dengan sekali memuat sebenarnya kita bisa langsung menyimpan seluruh data website berupa cache ke dalam browser yang kita gunakan sehingga ketika pengunjung membuka halaman lain mereka tidak akan menunggu load page lagi dan akan langsung ditampilkan.

Kamu bisa menggunakan berbagai macam cara untuk memasang caching di wordpress milik kamu, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan plugin caching seperti WP Fastest Cache, W3 Super Cache, W3 Total Cache, atau metode lain yang menurut kamu paling bagus.

Mengoptimalkan Tema WordPress Yang Digunakan

Lalu untuk yang kelima kamu bisa mencoba untuk mengoptimalkan tema yang kamu gunakan, seperti mengurangi widget tidak penting yang kamu tampilkan, mencoba mengurangi CSS yang tampil atau menggunakan minify CSS sehingga ukuran CSS yang di load akan lebih kecil dan lebih ringan, tidak terlalu banyak menggunakan plugin yang menempatkan kode dari luar di dalam script tema yang kamu gunakan.

Seperti misalnya menggunakan penghitung visitor dari situs lain sebut saja histats dan yang lainnya, karena hal tersebut akan menyebabkan situs kamu mengirim data pengunjung ke histats sehingga hal tersebut akan menyebabkan penundaan data dan menyebabkan halaman website kamu akan dimuat lebih lambat daripada tidak menggunakannya.

Cara SEO WordPress

Namun masih ada beberapa hal yang harus dilakukan lagi untuk lebih mengoptimalkan SEO pada blog kita. Berikut saya akan menjelaskan Cara SEO WordPress Yang Paling Mudah dan Ampuh serta sudah terbukti memang bisa berefek ke blog kita jika anda melakukannya dengan telaten. Berikut saya akan menjelaskan caranya simak caranya dibawah ini ya.

#1. Mengatur Permalink

Untuk mengatur URL terbilang cukup penting juga agar URL dapat dibaca dengan baik oleh mesin pencari ( Search Engin Firendly ) atau biasa disingkat dengan SEF. Caranya pun mudah hanya dengan mengatur nya di permalink settings dan menambahkan /%category%?%postname%/ pada custome structure tepatnya setelah link utama blog kita.

#2. Menginstall Plugin All in One SEO Pack untuk SEO

Sebelum menginstall plugin ini pasti judul halaman artikel anda dan postingannya menjadi default untuk judul tag html nya dan juga meta deskripsi serta keyword pasti belum ter setting. Sedangkan meta tag keyword dan deskripsi merupakan hal yang tergolong penting untuk diatur. Oleh karena itu dengan menginstall plugin ini kalian bisa menyesuaikan keyword dan deskripsi semaksimal mungkin.

#3. Memberi Nama Gambar Agar Seo

Suatu postingan tidak hanya harus dimaksimalkan artikelnya. Gambarnya pun harus diberikan nama yang cocok dan pas agar menjadi seo friendly dan juga bisa terdeteksi oleh mesin pencari dengan baik. Pada gambar ada beberapa attribute penting yang harus diisi. Pada gambar attribute yang harus diisi adalah title dan alt.

Alt diisi untuk perantara mesin pencari menemukan gambar kita sehingga sangat diwajibkan sekali untuk mengisinya. Untuk mengisi nya anda bisa dengan menggunakan plugin SEO Friendly Images.

#4. Memasukan URL Ping Otomatis

Fungsi URL ping adalah untuk mempercepat blog anda muncul di pencarian hal ini tentunya sangat menguntungkan jika kalian ingin blog maupun artikel yang kalian publish cepat di index mesin pencari. Jika kalian melakukan pembaruan ke artikel maupun blog otomatis jika kalian sudah memberi URL ping maka url tersebut juga otomatis akan bekerja memberitahukan kalau situs anda telah melakukan hal baru.

#5. Mengganti Nama Kategori yang Uncategorized

Jika anda memposting artikel di wordpress otomatis kategori yang muncul adalah uncategorized dan jika tidak diganti dampaknya bisa fatal dan berpengaruh ke mesin pencari sehingga artikel atau blog anda bisa tidak terdeteksi atau terdeteksi mesin pencari nya bisa lelet. Dan untuk menggantinya cukup mudah caranya adalah ke menu post lalu pilih categories kemudian klik quick edit atau bisa juga edit cepat jika dalam versi bahasa indonesianya dan rename sesuai dengan apa yang anda inginkan.

#6. Menginstall Plugin XML Sitemaps

Selain menggunakan ping memasang plugin untuk Google XML Sitemaps juga berpengaruh pada artikel kita agar cepat terdeteksi di mesin pencarian. Cara memasangnya pun sangat mudah. Jika anda sudah berhasil memasang sitemap di blog anda maka langsung saja masukan sitemap tersebut dan daftarkan ke webmaster tools milik bing dan google supaya cepat terdeteksi.

#7. Mengatur Privasi Situs

Fitur ini disediakan oleh wordpress untuk kalian yang masih dalam tahap pembangunan blognya. Jika kalian tidak ingin blog kalian yang masih dalam masa pembangunan di review oleh google maka aturlah pengaturan ini agar google tidak akan mengindeks situs kita sampai kita benar benar memberikan izin untuk bisa di indeks. Caranya adalah pada pengaturan Search Engine Visibility memberi tanda centang memberi tanda bahwa situs anda belum siap untuk di indeks google sedangkan menghilangkan tanda centang menandakan bahwa kalian siap jika blognya di pantau dan di indeks oleh google.

#8. Menggunakan Google Analytics

Google analytics digunakan untuk anda melihat traffic blog anda. Disini kalian bisa melihat berapa pengunjung yang mengunjungi situs kalian. Kata kunci apa saja yang sering dibuka oleh pengunjung dan lain sebagainya. Jadi bisa dikatakan google analytics digunakan untuk memantau traffic di blog kita dengan mudah.

Bagi yang menginginkan artikel seo, bisa memesan di saung writer tentang jasa penulisan artikel.

Demikian artikel mengenai Cara dan Tips Optimasi SEO WordPress Terbukti Ampuh jika kalian sudah melakukan semua cara diatas semoga berdampak bagus pada blog kalian dan bisa menjadikan blog kalian menjadi lebih baik di mesin pencarian. Semoga artikel ini bermanfaat selamat mencoba ya!

Shinta Marist
Shinta Marist
Penulis dan Penyunting di MasTekno, hobi menulis hal tentang komputer dan gadget serta media sosial.

Artikel Terkait

Manfaat Website untuk Bisnis
Manfaat Website untuk Bisnis
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Membuat Blog di WordPress
Cara Membuat Blog di WordPress
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Sound Effect Youtube
Sound Effect Youtube
Oleh Shinta Marist
Review Exabytes
Review Exabytes
Oleh Danang Febriyandra
Atur Employee Benefit Lebih Fleksibel Dengan Mekari Flex
Atur Employee Benefit Lebih Fleksibel Dengan Mekari Flex
Oleh Danang Febriyandra
Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop
Cara Memindahkan File iPhone ke Laptop
Oleh Danang Febriyandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *