Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

By

cara menyembunyikan aplikasi di hp android

Sebagai aplikasi yang menyimpan banyak data penting yang cukup privasi bagi pengguna Android tersebut, dibutuhkan adanya protect yang lebih untuk menjaga supaya aplikasi tersebut tidak dapat dijangkau oleh orang asing.

Apabila kita ceroboh bisa aja orang lain dapat membuka ponsel kita dengan mudah dan mendapatkan informasi serta data-data penting yang kita miliki yang seharusnya sudah menjadi privasi pribadi.

Baca Juga : Aplikasi Pengunci Aplikasi Android

Oleh karena itu salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengamankan aplikasi tersebut dari jangkauan orang asing adalah dengan menyembunyikan aplikasi terkait yang berisikan pada Android.

Dengan begitu maka orang lain yang tidak diizinkan dan tidak memiliki akses untuk membuka aplikasi pada Android kamu tidak bisa membukanya begitu saja. Nah, pada pembahasan kali ini kami akan memberikan cara menyembunyikan aplikasi di Android secara aman.

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android

Penyalahgunaan data-data penting pribadi yang ada di dalam Android dapat berbahaya dan dapat pula merugikan pemilik Android tersebut, selain itu pemilihan juga bisa saja tidak mengetahui bahwa data-data pribadinya sudah tersebar atau telah diketahui oleh orang lain.

Maka dari itu untuk mengatasi hal tersebut, kita perlu menjaga supaya kita tetap dalam lingkungan pribadi saja yang tahu dengan cara menyembunyikan aplikasi penting.

Apa saja cara yang dapat dilakukan untuk menyembunyikan aplikasi di Android dengan aman? Untuk penjelasan lebih lengkapnya simak uraian di bawah ini.

1. Cara Menyembunyikan Aplikasi Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama yang bisa kamu ikuti ulangannya adalah dengan menyembunyikan aplikasi pada android tanpa menggunakan aplikasi bantuan pihak ketiga.

Dengan kata lain kamu hanya perlu melakukan penyettingan terhadap aplikasi apa yang ingin kamu sembunyikan agar tidak diketahui oleh orang lain.

Cara menyembunyikan aplikasi tanpa bantuan aplikasi lain sangat efektif digunakan bagi kamu yang tidak ingin ribet apabila harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi bantuan tersebut.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan aplikasi di Android adalah dengan melakukan setting dengan cara disable aplikasi yang ingin disembunyikan.

Dengan menggunakan cara ini bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan bagi kamu yang tidak ingin repot-repot untuk harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi bantuan pihak ketiga.

Untuk mengetahui bagaimana cara menyembunyikan aplikasi Android dengan cara disable aplikasi, ikuti langkahnya di bawah ini.

  • Tahap pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuka Setting pada HP android kamu, dan selanjutnya kamu pilih Apps dan kemudian kamu pilih lagi Manage apps.
  • Pada pilihan manage Apps tersebut kamu akan diberi pilihan aplikasi manakah yang ingin kamu sembunyikan supaya tidak bisa lagi dilihat oleh sembarang orang. Pada tahap ini kamu hanya tinggal Pilih Aplikasi sesuai keinginan lalu klik.
  • Setelah itu, langkah selanjutnya adalah dengan memilih Disable untuk menyembunyikan agar aplikasi tidak terlihat oleh orang lain yang bisa saja mengetahui data pribadi kamu saat sedang memegang ponsel kamu. Nantinya setelah kamu memilih fitur disable tersebut, maka aplikasi yang kamu pilih menjadi tidak terlihat dari home screen.

Gambar Pengerjaan:

cara-menyembunyikan-aplikasi

Dengan menggunakan cara disable untuk menghilangkan aplikasi dari home screen agar tidak dapat dijangkau dan dilihat oleh orang lain karena data yang ada pada aplikasi tersebut akan terhapus.

Namun kamu bisa mengembalikan data tersebut agar muncul kembali yaitu dengan melakukan setting ulang Enable. Enable bisa dilakukan untuk membuat aplikasi tersebut bisa digunakan kembali.

2. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Di laptop / pc file bisa di hidden, di postingan ini saya akan membahas langkah – langkah hidden aplikasi di hp android. Adapun langkah – langkah nya adalah sebagai berikut.

  1. Buka pada tampilan menu, setelah itu klik titik tiga di pojok kanan atas yang sudah saya tandai.
  2. Setelah di klik pasti akan muncul beberapa opsi pilih opsi Sembunyikan Aplikasi.
  3. Setelah di klik silahkan anda pilih aplikasi yang akan di hidden dengan member tanda ceklis, seperti contoh saya akan menghidden aplikasi Instagram, Followers Insight, dan BBM jika sudah diberi tanda ceklis maka klik tulisan Selesai di pojok kanan atas.
  4. Setelah di klik maka aplikasi di hp anda sudah terhidden / tersembunyi.

3. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme

Selain dapat digunakan untuk mengunci aplikasi, ternyata pada hp Realme juga mempunyai fitur yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi. Namun pada dasarnya kedua fitur tersebut saling mempunyai keterkaitan.

Memang pihak Realme secara teknis tidak menyebutkan tentang fitur tersebut di hp mereka. Namun pihak mereka memberikan fitur tersebut untuk menyembunyikan aplikasi. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Langkah pertama buka Pengaturan pada hp Realme yang kamu gunakan.
  2. Kemudian masuk ke menu Privasi.
  3. Selanjutnya pilih opsi Kunci Apli dan masukkan sandi privasi.
  4. Berikutnya silahkan kamu pilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan dan Aktifkan Verifikasi Sandi.
  5. Setelah itu, kamu bisa pilih opsi Sembunyikan Ikon Layar Depan.
  6. Jika sudah, silahkan kamu pilih Tetapkan nomor akses.
  7. Terakhir, silahkan kamu buat nomor akses dengan menggunakan awalan dan akhiran tanda pagar (#). Misalnya saja #123#.

Baja Juga : Cara Mengunci Aplikasi Android

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Untuk dua cara tersebut, yang pertama adalah dengan menggunakan App Visible dan yang kedua dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti Hide App-Hide Aplication. Penasaran gimana cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi, Silahkan simak tutorial berikut ini.

1. Menggunakan App Invisible

Cara pertama ini adalah dengan menggunakan fitur yang memang sudah disediakan oleh xiaomi yaitu app visible. Untuk menggunakan fitur ini, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Silahkan masuk ke Pengaturan terlebih dahulu.
  2. Kemudian setelah itu silahkan cari di kolom pencarian pada pengaturan ”App Invisible”.
  3. Setelah itu silahkan kalian pilih App Invisible.
  4. Silahkan kalian pilih aplikasi mana saja yang ingin kalian sembunyikan dengan cara ceklis pada aplikasi tersebut.
  5. Jika sudah klik OK, yang ada di pojok kanan atas.
  6. Selesai, sekarang aplikasi yang kalian pilih tadi menjadi tidak terlihat.

2. Menggunakan Aplikasi Hide App-Hide Aplication

cara menyembunyikan aplikasi
  1. Silahkan kalian download terlebih dahulu aplikasinya di Google Play Store.
  2. Silahkan unduh dan install aplikasi tersebut, kemudian setelah itu jalankan aplikasinya.
  3. Kemudian tekan pada tombol “+” seperti pada gambar berikut.
  4. Setelah itu akan muncul sebuah halaman baru, disini kalian akan disuruh untuk memilih aplikasi apa saja yang akan disembunyikan. Silahkan beri tanda centang / ceklis pada samping aplikasi yang ingin disembunyikan. Jika sudah klik Hide.
  5. Kalian akan disuruh untuk memasukan pin, silahkan kalian pilih Sent it.
  6. Silahkan atur pin sesuai keinginan kalian sendiri, pin ini harus kalian ingat baik-baik. PIN ini bertujuan supaya kalian bisa menampilkan aplikasi yang tadinya disembunyikan.
2 cara menyembunyikan aplikasi di hp xiaomi 2

Selesai, sekarang aplikasi yang kalian pilih sebelumnya sudah tidak terlihat lagi.

Daftar Aplikasi Sembunyikan Aplikasi

Kemudian langkah berikut yang bisa kamu lakukan untuk menyembunyikan aplikasi di Android selain dengan melakukan disable pada setting aplikasi, juga bisa dilakukan dengan menggunakan cara lain jitu memanfaatkan aplikasi bantuan pihak ketiga.

Nah ini bisa kamu lakukan apabila kamu kamu masih memiliki banyak ruang memori serta apabila cara pertama kurang kamu pahami.

Banyak sekali aplikasi yang tersedia pada Google Play Store secara gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk membantu kamu mengatasi cara menyembunyikan aplikasi di Android.

Supaya kamu tidak bingung untuk memilih aplikasi mana yang akan kamu gunakan, berikut ini akan kamu paparkan penjelasan tentang pilihan aplikasi yang bisa kamu unduh untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang kamu miliki.

1. Menggunakan CM App Lock

Menggunakan CM App Lock

Referensi aplikasi pembantu untuk menyembunyikan aplikasi lain yang ada di HP android kamu salah satunya adalah aplikasi CM App Locker.

Aplikasi yang satu ini sudah dibekali dengan berbagai fitur yang canggih dan menarik yang dapat membantu bermasalah harimau topi mengamankan aplikasi lain di Android Dengan menggunakan kunci seperti pattern, password, ataupun pola.

Dengan mengamankan aplikasi tersebut menggunakan kunci tidak akan mudah dibuka oleh sembarang orang, sehingga aplikasi tersebut akan ama dasar lagi orang lain tidak tahu kunci cara membukanya.

Selain itu aplikasi CM App Loker juga bisa digunakan oleh kamu yang ingin sekaligus membuat lockscreen yang menarik pada HP android. Karena berbagai pilihan tema menarik telah tersedia pada aplikasi ini.

Tingkat keamanan dengan menggunakan aplikasi batuan ini juga sangat tinggi, salah satunya adalah aplikasi ini mampu untuk memfoto orang yang sedang berusaha membuka kunci secara sembarangan.

2. Menggunakan LOCKit

Menggunakan LOCKit

Aplikasi selanjutnya adalah aplikasi LOCKit yang bisa mengunci berbagai jenis aplikasi dan juga sekaligus dapat mengamankan HP lampu dari orang asing.

Aplikasi ini memberikan kebebasan bagi para penggunanya untuk memilih berbagai konsep menarik yang bisa kamu gunakan di setiap aplikasi yang ingin kamu amankan. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis dengan mengunduhnya pada Google Play Store.

3. Menggunakan Smart App Lock

Menggunakan Smart App Lock

Aplikasi Smart App Lock menjadi salah satu aplikasi yang sudah cukup populer sebagai aplikasi penguncian sekaligus juga bisa membantu kamu mengatasi masalah yang ingin mengetahui bagaimana menyembunyikan aplikasi di hp Android.

Aplikasi ini bisa digunakan sekaligus sebagai pengunci homescreen. Selain itu kebutuhan utama yang ingin kita miliki dalam aplikasi ini adalah mereka menyediakan berbagai tema serta cara untuk menyembunyikan aplikasi dengan cara menguncinya

Jika kamu tertarik dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengunduhnya secara gratis pada Google Play Store.

4. Menggunakan AppLocker

Menggunakan AppLocker

Pilihan aplikasi yang kamu punya untuk menyembunyikan aplikasi lain pada HP Android selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi bantuan pihak ketiga AppLocker.

Aplikasi ini tidak hanya menawarkan fitur canggih yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi serta data-data yang kamu miliki saja.

Namun aplikasi ini juga dapat membantu kamu untuk melakukan proteksi terhadap privasi milik pengguna pada android secara keseluruhan. Sehingga dengan menggunakan aplikasi ini kamu tidak perlu lagi khawatir ada sembarangan orang yang bisa mengetahui privasi HP kamu.

5. Menggunakan AppLock

Menggunakan AppLock - Pelindung Aplikasi

Pilihan aplikasi pembantu yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif untuk menyembunyikan aplikasi lain pada HP Android kamu adalah aplikasi AppLock – Pelindung Aplikasi.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa melakukan praktek terhadap semua jenis aplikasi yang ter-install pada Android kamu dengan menggunakan sistem pengunci dengan berbagai pilihan seperti pattern, PIN atau fingerprint.

Keamanan yang diberikan oleh aplikasi ini cukup tinggi. Bahkan uniknya lagi aplikasi ini mampu mendeteksi adiknya orang yang ingin mencoba membobol kucing yang disediakan dengan memberikan tanda seperti alarm dan juga akan memotret orang tersebut.

6. Menggunakan CM Security

Menggunakan CM Security

CM Security merupakan sebuah aplikasi besutan CM Security Inc yang memungkinkan para penggunanya untuk menyembunyikan aplikasi sesuai dengan keinginan pada smartphone Android yang mereka gunakan.

Aplikasi yang satu ini menjadi salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi pada hp Android kamu. Pasalnya CM Security sangatlah popular dan banyak sekali di gunakan untuk memberikan keamanan yang cukup baik.

Hal tersebut terbukti bahwa CM Security telah di unduh lebih dari 24 juta pengguna Android di Play Store. Selain itu, pada aplikasi CM Security ini juga memungkinkan para penggunanya untuk memilih konsep penguncian aplikasi sesuai dengan keinginan.

Mulai dari konsep penguncian menggunakan pola, menggunakan PIN, bahkan menggunakan fingerprint atau sidik jari. Selain itu, CM Security juga akan mengambil foto dari orang yang berusaha membuka hp kamu secara paksa.

Selain beberapa fitur yang telah kamu sebutkan di atas, CM Security juga di bekali dengan fitur Anti Virus, Junk Clean, Safe Connect VPN, dan juga Massage Security. Tentu saja fitur yang sangat lengkap buka. Penasaran ingin mencoba? Langsung saja download aplikasi CM Security di Play Store.

7. Menggunakan Pengunci Apl

Menggunakan Pengunci Apl

Aplikasi berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di Android yaitu menggunakan bantuan aplikasi Pengunci Apl. Pengunci Apl ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu andalkan.

Pada aplikasi Pengunci Apl ini mengklaim bahwa mereka mampu untuk mengamankan semua jenis aplikasi pada hp Android. Selain itu, Pengunci Apl juga hadir dengan membawa fitur lainnya mulai dari mengunci semua jenis aplikasi dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa memilih konsep penguncian aplikasi sesuai dengan keinginan kamu baik menggunakan pola maupun menggunakan PIN. Penasaran ingin mencoba? Langsung saja download aplikasi Pengunci Apl di Play Store.

8. Menggunakan AppLocker

Menggunakan AppLocker | Lock Apps

Menyembunyikan dan mengunci aplikasi, foto, dan file lainnya dan juga memilih tema untuk smartphone android pada saat ini sudah bisa kamu lakukan hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja yaitu AppLocker.

Karena AppLocker | Lock Apps yang merupakan aplikasi besutan dari developer aplikasi Burakgon ini memberikan keamanan privasi yang cukup bagus untuk para penggunanya. Sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi jika ada orang sembarangan yang membuka aplikasi pada hp Android kamu.

Seperti yang telah saya singgung sebelumnya dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menyembunyika folder foto dan juga video dari orang lain. Penasaran ingin mencoba? Langsung saja download aplikasi AppLocker | Lock Apps di Play Store.

9. Menggunakan AppLock

Menggunakan AppLock – Mengunci Aplikasi

AppLock – Mengunci Aplikasi juga tidak mau kalah dengan aplikasi – aplikasi lainnya dengan terus mengembangkan aplikasinya. Dengan menggunakan AppLock – Mengunci Aplikasi ini maka memungkinkan para penggunanya untuk menyembunyikan dan mengunci aplikasi dan file sesuai dengan kinginan.

Untuk metode pengunciannya, AppLock – Mengunci Aplikasi menawarkan tiga metode konsep penguncian, mulai dari menggunakan pola, menggunakan PIN, dan menggunakan fingerprint atau sidik jari.

Lebihnya lagi AppLock – Mengunci Aplikasi akan memberikan alarm jika terdapat seseorang berusaha untuk masuk dan membobol kode akses. Selain alarm, aplikasi yang satu ini juga akan memotret orang yang berusaha membobol hp kamu.

Dengan begitu maka kamu bisa mengetahui siapa saja yang berusaha masuk dan membobol ke aplikasi yang sudah di kunci. Meskipun dibekali dengan berbagai macam fitur yang menarik, namun aplikasi yang satu ini tergolong mempunyai ukuran yang kecil. Penasaran ingin mencoba? Langsung saja download aplikasi AppLock – Mengunci Aplikasi di Play Store.

10. Menggunakan Andrognito

Menggunakan Andrognito

Jika kamu mencari aplikasi untuk menyembunyikan dan mengunci aplikasi dengan desain yang cantik, segar dan menarik, maka Andrognito bisa menjadi salah satu pilihan aplikasi yang tepat. Di Karena di balik tampilannya yang menarik, Andrognito tetap menjaga hp Android kamu dari stalker.

Andrognito memberikan fitur yang hebat dengan tingkat keamanan yang tinggi mulai dari menyembunyikan aplikasi hingga melakukan enkripsi file dengan perlindungan yang tinggi. Aplikasi besutan developer CODEX ini cukup popular.

Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa aplikasi ini sudah banyak sekali di unduh di Play Store lebih dari 100 ribu kali oleh pengguna Android. Andrognito juga bisa kamu gunakan tanpa berbayar atau gratis. Penasaran ingin mencoba? Langsung saja download aplikasi Andrognito di Play Store.

11. CM Locker

Menggunakan-Aplikasi-CM-Locker

Referensi aplikasi pembantu untuk menyembunyikan aplikasi lain yang ada di HP android kamu salah satunya adalah aplikasi CM Locker. Aplikasi yang satu ini sudah dibekali dengan berbagai fitur yang canggih dan menarik yang dapat membantu bermasalah harimau topi mengamankan aplikasi lain di Android Dengan menggunakan kunci seperti pattern, password, ataupun pola.

Dengan mengamankan aplikasi tersebut menggunakan kunci tidak akan mudah dibuka oleh sembarang orang, sehingga aplikasi tersebut akan ama dasar lagi orang lain tidak tahu kunci cara membukanya.

Selain itu aplikasi CM Loker juga bisa digunakan oleh kamu yang ingin sekaligus membuat lockscreen yang menarik pada HP android. Karena berbagai pilihan tema menarik telah tersedia pada aplikasi ini.

Tingkat keamanan dengan menggunakan aplikasi batuan ini juga sangat tinggi, salah satunya adalah aplikasi ini mampu untuk memfoto orang yang sedang berusaha membuka kunci secara sembarangan.

12. Menggunakan Hyper Speed

Hyper-Speed

Pilihan aplikasi pembantu yang bisa kamu jadikan sebagai alternatif untuk menyembunyikan aplikasi lain pada HP Android kamu adalah aplikasi Hyper Speed.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa melakukan praktek terhadap semua jenis aplikasi yang ter-install pada Android kamu dengan menggunakan sistem pengunci dengan berbagai pilihan seperti pattern, PIN atau fingerprint.

Keamanan yang diberikan oleh aplikasi ini cukup tinggi. Bahkan uniknya lagi aplikasi ini mampu mendeteksi adiknya orang yang ingin mencoba membobol kucing yang disediakan dengan memberikan tanda seperti alarm dan juga akan memotret orang tersebut. Sangat menarik bukan?

Kesimpulan

Pada dasarnya menyembunyikan ataupun mengunci aplikasi baik tanpa menggunakan aplikasi tambahan maupun menggunakan aplikasi tambahan memang cukup penting untuk di lakukan.

Hal tersebut perlu dilakukan supaya privasi pada hp yang kita gunakan bisa terjaga dengan aman dan tidak bisa di ketahui oleh orang lain.

Tanya Jawab

Berikut ini telah kami rangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan oleh para pengguna dan mungkin yang ingin kamu tanyakan juga.

Kenapa kita perlu menyembunyikan atau mengunci aplikasi?

Supaya privasi atau data penting dalam aplikasi tersebut tidak di ketahui orang lain.

Terdapat berapa cara yang bisa di gunakan untuk menyembunyikan aplikasi?

Umumnya terdapat dua cara yaitu melalui menu pengaturan dan menggunakan aplikasi tambahan.

Lebih baik menyembunyikan atau mengunci melalui pengaturan apa aplikasi tambahan?

Menurut pendapat saya pribadi, lebih baik menggunakan aplikasi tambahan karena mempunyai fitur yang lebih banyak jika di bandingkan melalui menu pengaturan.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk mengatasi permasalahan kamu yang ingin menyembunyikan aplikasi pada hp Android agar tidak dapat diakses oleh orang lain.

Ingat apabila kamu ingin menggunakan dengan memanfaatkan aplikasi bantuan pihak ketiga, maka pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel kamu memiliki ruang memori yang cukup.

Karena apabila ruang memori terlalu penuh maka akan dapat mempengaruhi kinerja Android menjadi lebih lambat. Jadi pintar-pintar dalam menentukan suatu hal ya.


Adi Pamungkas Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *