Cara Scan Barcode

By Adi Catur Pamungkas -

Jika anda pengguna amdroid dan sering menggunakan aplikasi seperti WhatsApp, BBM, ataupun Line, tentunya anda sering menjumpai Code QR. Namun jika anda hanaya menyecan Code QR pada aplikasi yang telah saya sebutkan tadi hanya dapat menambah kontak atau teman saja dalam aplikasi tersebut.

Selain Code QR ternyata masih ada lagi code yang sejenis tapi berbeda yaitu Barcode, jika Code QR biasanya di jumpai pada aplikasi – aplikasi smartphone, lain halnya dengan Barcode.

Barcode biasanya di gunakan pada buku ataupun barang yang memiliki harga seperti Barcode pada produk – produk yang di jual di swalayan. Katanya jika kita menyecan Code QR maupun Barcode akan muncul sesuatu, tergantung pada si pembuat Barcode maupun Code QR tersebut.

Baca juga: Cara Scan Dokumen di Android

Namun jika anda ingin menyecan Code QR dan Barcode tersebut anda harus membutuhkan aplikasi khusus yaitu aplikasi QR Barcode Scanner Master. Dengan menggunakan aplikasi QR Barcode Scanner Master dapat membantu anda dalam menyecan berbagai macam Code QR maupun Barcode.

Menggunakan QR Barcode Scanner Master

Nah maka dari itu pada kesempatan kali ini mastekno akan memberiikan tutorial tentang Cara Scan Barcode dan Kode QR di HP Android. Caranya sangat mudah sekali. Penasaran bagaimana cara scan Barcode ataupun Code QR pada android? Yuk langsung saja kita simak artikel tutorial dari mastekno berikut ini.

cara scan barcode dan kode qr di hp android 1

1. Download QR Barcode Scanner Master

Pertama yang harus kalian lakukan adalah download terlebih dahulu aplikasi QR Barcode Scanner Master Google Playstore atau Appstore. Atau kalian juga bisa download lewat link berikut ini.

2. Buka Aplikasi dan Mulai Scan

Setelah kalian downloa dan install aplikasi QR Barcode Scanner Master di atas, selanjutnya silahkan buka aplikasi tersebut. Silahkan kalian gunakan aplikasi tersebut untuk scan barcode atau kode qr yang kalian inginkan.

3. Barcode Berhasil di Scan

Selesai, sekarang kalian sudah berhasil scan barcode atau kode qr yang kalian inginkan tadi. Informasi dalam barcode tersebut sudah berhasil di uraikan.

Cara diatas cukup efektif karena aplikasi tersebut selain mudah digunakan, itu aplikasi tanpa disertai iklan dan nama developernya MasTekno atau blog ini.

Menggunakan QR Scanner

Untuk langkah kedua bisa menggunakan aplikasi yang akan saya rekomendasikan yaitu aplikasi yang di developeri oleh developer dengan nama Green Apple Studio, aplikasinya bisa di download secara gratis.

cara scan qr dan barcode

1. Download QR Scanner

Seperti biasa, pertama-tama kalian harus download terlebih dahulu aplikasinya yang digunakan untuk scan barcode. Disini kita menggunakan aplikasi QR Scanner. Silahkan download aplikasi tersebut lewat link berikut ini.

2. Tentukan Objek Scan

Setelah kalian download dan install aplikasi QR Scanner, selanjutnya tentukan objek atau barcode / kode qr yang ingin kaliain scan. Maka setelah itu aplikais akan memproses menerjemahkan kode tersebut.

3. Barcode Berhasil di Scan

Selesai, kalian sudah berhasil scan barcode yang kalian inginkan tadi dengan baik dan barcode tersebut berhasil diterjemahkan.

Menggunakan Google Lens

cara scan barcode menggunakan google lens

Siapa yang belum tahu google lens? Google lens ini merupakan fitur bawaan Android yang bisa kalian gunakan untuk scan barcode atau kode QR dengan mudah.

Fitur ini bisa kalian temukan di dalam fitur milik Google Assistant di HP Android kalian. Sedangkan untuk cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke Google Assistent

Pertama kalian harus masuk terlebih dahulu ke Google Assistent untuk menggunakan fitur google lens ini. Caranya berbeda-beda, namun biasanya dengan cara menekan Tombol Home selama beberapa detik.

2. Pilih Google Lens

Selanjutnya silahkan pilih fitur google lens yang ada di situ.

3. Arahkan Kamera ke QR Code

Jika sudah terbuka google lens, arahkan kamera HP ke barcode atau kode QR yang kalian inginkan. Setelah itu akan muncul lingkaran kecil di kode qr tersebut.

Silahkan tap ikon lingkaran pada kode qr dan informasi dari barcode tersebut akan muncul.

Menggunakan QR Code Reader

cara scan barcode menggunakan qr code reader

Selain dua tiga aplikasi di atas, kalian juga bisa menggunakan QR Code Reader untuk scan barcode atau kode qr yang kalian inginkan. Adapun caranya tidak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, yaitu:

1. Download QR Code Reader

Langkah pertama kalian harus download terlebih dahulu aplikasi QR Code Reader ini. Kalian bisa instal lewat Play Store atau bisa juga lewat link download berikut ini:

2. Buka Aplikasi

Buka aplikasi yang sudah kalian instal tersebut setelah terpasang di HP Android kalian.

3. Arahkan Kamera ke Barcode

Kemudian, arahkan kamera HP kalian ke barcode atau kode qr setelah membuka aplikasi QR Code Reader tadi. Setelah itu akan muncul hasil dari scan kode qr tadi.

Cara Scan Barcode Tanpa Aplikasi

cara scan barcode menggunakan onlinebarcodereader

Cara terakhir yang akan saya share ini sedikit berbeda dengan cara-cara sebelumnya. Cara ini tidak memerlukan aplikasi tambahan, kalian hanya membutuhkan kamera HP saja.

Adapun langkah-langkah scan barcode tanpa aplikasi tambahan adalah:

1. Buka Browser

Langkah pertama, buka terlebih dahulu browser di HP kalian. Bisa menggunakan Chrome atau bisa juga browser lain seperti UC dan sebagainya.

2. Kunjungi Onlinebarcodereader.com

Selanjutnya, buka atau kunjungi situs untuk scan barcode online, yaitu onlinebarcodereader.com. Atau bisa langsung ke web tersebut dengan klik link berikut:

3. Upload File Gambar

Setelah membuka situs tersebut, tekan Upload kemudian pilih gambar kode qr atau barcode yang ingin kalian terjemahkan.

4. Tekan Tombol Start

Jika sudah upload file gambar barcode, selanjutnya tekan tombol Start untuk mulai memproses atau menerjemahkan gambar barcode tersebut. Tunggu sampai selesai.

Setelah itu kalian akan diarahkan ke laman hasil scan barcode tersebut.

Kesimpulan

Untuk scan barcode atau kode qr kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi. Namun ada juga Smartphone yang sudah memiliki fitur scan atau aplikasi bawaan untuk scan barcode.

Nah itulah artikel dari mastekno tentang Cara Scan Barcode dan Kode QR di HP Android. Dengan menggunakan aplikasi QR Barcode Scanner Master anda akan mendapatkan berbagai kemudahan dalam melakukan proses scan Barcode maupun Code QR.

Itulah sedikit tutorial yang dapat mastekno sampaikan pada artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda, selamat mencoba dan terima kasih.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Menstabilkan Sinyal 4G
Cara Menstabilkan Sinyal 4G
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop
Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengatasi USB HP Tidak Terbaca
Cara Mengatasi USB HP Tidak Terbaca
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengatasi HP Bootloop
Cara Mengatasi HP Bootloop
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Membatasi Pengguna Hotspot Android
Cara Membatasi Pengguna Hotspot Android
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mempercepat Download di Android
Cara Mempercepat Download di Android
Oleh Dimas Bimantoro
  1. Avatar ujang berkata:

    mas itu bisa buat scan codeqr line ga mas .maksut nya gw mau intip aktifitas line si doi gitu

    1. Hanif Pramono Hanif Pramono berkata:

      Tidak bisa, biasanya whatsapp, line dan lainya punya kode barcode unik dan tidak sembarang bisa di artikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *