Cara Reset HP Android ke Pengaturan Pabrik

By

Cara-Reset-Ulang-HP-Android-Semua-Merek

Dengan berbagai macam aplikasi dan fitur baru yang dapat digunakan dengan mudah, namun sayangnya dari berbagai fitur menarik juga ada sedikit masalah yang biasanya dialami oleh pengguna android biasanya seperti hp android lemot, hang, bootlop dan sebagainya.

Sebenarnya tidak sedikit orang yang mengalami kendala tersebut yang mungkin disebabkan karena saking banyaknya cache yang menumpuk. Biasanya juga bisa dikarenakan kalian sering menginstall berbagai macam aplikasi dan suka internetan tapi jarang membersihkan cache.

Maka untuk mengatasinya bisa melakukan membersihan cache android dengan menggunakan aplikasi pembersih cache diplay store, namun bisa juga menggunakan reset ulang hp android ke pengaturan awal. Tujuannya adalah untuk mengembalikan smartphone android seperti kondisi baru lagi.

Dengan melakukan reset android ke pengaturan pabrik, maka akan membuat smartphone anda terasa lebih ringan dan nyaman ketika digunakan. Cara ini bisa kalian praktekan pada semua smartphone android semua tipe.

Biasanya HP yang berOS android akan dibekali dengan sebuah fitur bernama Recovery Mode. Ia dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan dan error pada software atau sistem operasi android.

Fungsi Reset Android

Factory reset seringkali menjadi salah satu solusi paling ampuh bagi berbagai masalah di smartphone android. Ia dapat memperbaiki berbagai macam kesalahan pada sistem secara mudah dan cepat.

1. Mengatasi HP Android Bootloop

Bootloop adalah istilah untuk kondisi smartphone yang tidak bisa melakukan booting dan stuck di logo.

Masalah ini muncul bisa disebabkan oleh beberapa hal. Contohnya kesalahan saat mengupdate firmware, ganti ROM atau aplikasi yang tidak kompatible.

Baca Juga: Aplikasi Pembersih Sampah.

2. Lupa Pin atau Password

Pasti kalian pernah lupa dengan pin atau password keamanan pada smartphone android.

Alhasil kita tidak bisa membuka kuncinya dan ini bisa menjadi masalah besar. Salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah meresetnya ke pengaturan pabrik agar pin dan password tersebut hilang.

3. Kegagalan Update OS

Sebuah perangkat android biasanya akan mendapatkan pembaruan OS secara berkala untuk memberikan kinerja yang lebih baik.

Namun tak jarang juga terjadi kesalahan pada saat proses update yang menyebabkan sistem tidak berjalan sempurna.

4. Aplikasi Tidak Kompatible

Setiap HP androd pastilah dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi. Namun kita juga harus memperhatikan bahwa setiap app itu membutuhkan spesifikasi minimum yang berbeda-beda.

Apabila perangkat spec rendah dipaksa menginstall aplikasi berat maka bisa mengakibatkan crash dan error pada sistem.

Persiapan Sebelum Melakukan Factory Reset

Meskipun mampu memberikan solusi bagi berbagai macam masalah pada smartphone android.

Namun melakukan reset ulang merupakan suatu hal yang tak boleh dilakukan secara sembarangan. Apalagi jika kalian termasuk orang yang masih awam dalam hal ini.

Sangat disarankan untuk meminta bantuan teman terdekat yang lebih mengerti tentang cara factory reset android secara aman.

Selain itu, juga ada beberapa hal penting yang harus kalian perhatikan sebelum melakukannya, antara lain :

1. Backup Data Penting

Mereset perangkat akan mengembalikan kondisi smartphone ke kondisi pabrikan. Hal ini sama saja dengan menghapus file-file yang ada di dalamnya.

Maka dari itu, jika kalian memiliki banyak data penting yang tersimpan di dalam HP android, disarankan untuk mencadangkannya ke penyimpanan lain seperti memory atau flashdisk.

2. Pindahkan Kontak

Jangan lupa juga untuk membackup kontak-kontak penting yang tersimpan pada perangkat.

Kalian tentu tidak mau dong nomor teman, keluarga atau rekan kerja yang penting hilang tanpa bisa dikembalikan lagi? Maka dari itu, persiapan yang satu ini sangatlah penting.

3. Charge Smartphone

Apa hubungannya mencharge HP android dengan melakukan factory reset? Karena proses reset ulang ini sangat penting dan sensitif, maka ia tidak boleh terganggu.

Oleh karena itulah kita harus memastikan daya pada baterai cukup setidaknya sampai proses factory reset selesai.

Cara Reset HP Android Melalui Menu Setting

Pada setiap HP android pastilah dibekali dengan fitur factory reset yang bisa kita akses melalui menu setting/pengaturan. Bagi yang belum tahu bagaimana caranya, silahkan ikuti tutorial berikut ini :

1. Buka Pengaturan

Cara Reset Ulang HP Android

Pertama kita harus membuka menu setting pada smartphone masing-masing. Biasanya opsi factory reset akan terdapat pada menu Sistem. Silahkan scroll ke bawah untuk menemukannya.

2. Setel Ulang Perangkat

Cara Reset Ulang HP Android

Jika sudah menemukannya, kalian akan menemukan opsi Setel Ulang. Silahkan pilih pada menu tersebut untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Reset ke Pengaturan Pabrik

Cara Reset Ulang HP Android

Terakhir kta hanya perlu memilih opsi Reset ke Pengaturan Pabrik. Biasanya akan muncul konfirmasi untuk melanjutkan proses, silahkan tap pada OK.

4. Proses Reset Ulang

Tunggu proses peresetan pada smartphone hingga selesai. Setelah itu perangkat akan melakukan restart dan booting secara otomatis. Pada kondisi ini, ia sudah benar-benar kembali ke kondisi setelan pabrik lagi.

Catatan : Untuk beberapa tipe smartphone mungkin letak fitur factory resetnya akan sedikit berbeda. Kalian bisa menemukannya pada bagian sistem atau backup dan reset. Silahkan cari pada menu setting perangkat masing-masing.

Cara Reset Android dengan Recovery Mode

Bagi para opreker pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Recovery Mode. Ini merupakan fitur yang disematkan pada setiap smartphone android untuk melalukan maintenance terhadap sistem.

Disana ada berbagai macam opsi yang bisa digunakan untuk mengupdate firmware, mengganti ROM serta melakukan factory reset. Bagi yang belum tahu bagaimana cara masuk ke recovery mode android, berikut tutorialnya .

Kode Recovery HP

  • HP ASUS Tekan Tombol Power + Tombol Volume Up.
  • HP Samsung Tekan Tombol Power + Volume Up + Home.
  • HP Xiaomi Tekan Tombol Power + Volume Up.
  • HP OPPO Tekan Tombol Power + Volume Up.
  • HP Vivo tekan bersamaan dan tahan Tombol Volume Bawah dan Power.

1. Cara Masuk Recovery Mode Android

Umumnya, setiap smartphone android memiliki cara masuk recovery mode yang tidak jauh berbeda. Pertama matikan HP kalian terlebih dahulu. Kemudian tekan tombol power + home + volume up.

Namun ada juga yang menggunakan kombinasi tombol power + home + volume down. Silahkan coba satu per satu dan tahan hingga muncul logo kemudian lepas ketiga tombolnya.

2. Berhasil Masuk Recovery Mode

Apabila sudah berhasil, kalian akan menemukan beberapa menu. Disini touchscreen tidak akan berfungsi. Untuk navigasi naik turun bisa menggunakan tombol volume. Sedangkan untuk memilih bisa memakai tombol power atau home.

3. Wipe Data

Factory Reset Samsung Lewat Recovery Mode

Selanjutnya kalian arahkan ke opsi Wipe Data/Factory Reset yang berfungsi untuk menghapus semua data pada perangkat android. Pastikan kalian sudah yakin sebelum memilh opsi tersebut.

4. Konfirmasi Factory Reset

Factory Reset Samsung Lewat Recovery Mode

Sebelum proses penghapusan dimulai, kita akan diminta konfirmasi terlebih dahulu. Arahkan ke opsi Yes dan kemudian pilih dengan tombol power atau home.

5. Proses Reset Ulang

Factory Reset Samsung Lewat Recovery Mode

Segera, perangkat akan melakukan proses penghapusan terhadap semua data yang ada pada perangkat. Silahkan tunggu prosesnya tanpa menekan tombol apapun.

6. Restart Smartphone

Factory Reset Samsung Lewat Recovery Mode

Jika sudah selesai, kita hanya perlu merestart perangkat dengan memilih opsi Reboot System Now. Tunggu smartphone melakukan booting hingga masuk ke homescreen sepenuhnya.

Kode Rahasia Reset Ulang HP Android

Tahukah kalian bahwa pada setiap perangkat android memilik kode-kode rahasia yang sangat penting?.

Beberapa dial ini mungkin hanya diketahui oleh sedikit orang saja. Ada diantaranya yang digunakan untuk melakukan factory reset dan pengaturan pabrik.

1. Kode Rahasia Factory Reset

Untuk melakukan factory reset kalian bisa menggunakan kode *#*#7780#*#* ketikan pada dial pad perangkat masng-masing. Selanjutnya tinggal ikuti petunjuk yang muncul di layar. Kode ini akan membuat smartphone kalian kembali ke kondisi pabrik.

2. Kode Hard Reset Android

Apa perbedaan hard reset dan factory reset? Jika factory reset akan membuat semua pengaturan smartphone kembali ke default pabrikan.

Sedangkan hard reset akan menghapus semua data pada memory internal termasuk file dan aplikasi. Kode rahasia hard reset yang bisa kalian gunakan adalah *2767*3855#

Kesimpulan

Pastikan setiap langkah dilakukan dengan benar, supaya tidak terjadi kegagalan dalam booting. Setiap pastikan juga persiapan sudah matang, jika terjadi masalah bisa menghubungi service center hp kalian.

Cukup sekian dulu sobat penjelasan saya kali ini mengenai Cara reset ulang android. Semoga tutorial datas dapat membantu kalian dalam mengatasi berbagai masalah pada smartphone android.

Jika ada pertanyaan mengenai artikel kali ini, bisa langsung tulis pada kolom komentar di bawah.


Danang Febriyandra Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *