Cara Registrasi Kartu Tri 3

By Shinta Marist -

Semenjak ada aturan baru dari Kemenkominfo mengenai instruksi untuk melakukan pendaftaran kartu SIM, menyebabkan banyak orang yang langsung buru – buru untuk mendaftar kartu SIM nya.

Semua warga langsung buru – buru melakukan pendaftaran sebelum diberi ancaman pemblokiran oleh pemerintah.

Seluruh provider juga bersiap – siap dan berbenah berpesan ke penggunannya supaya mengisikan data diri sesuai perintah dari pemerintah.

Karena begitu pentingnya registrasi, hal ini menyebabkan banyak yang langsung bertanya – tanya tentang bagaimanakah caranya melakukan pendaftaran ( registrasi ) tersebut.

Nah pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara melakukan registrasi di kartu Tri ( 3 ) baik itu nomor baru atau nomor lama, simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Cara Cek Nomor 3 (Tri).

Cara melakukan registrasi atau pendaftaran dengan menggunakan kartu tri bisa dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu menggunakan website resmi dan sms. Berikut saya akan menjelaskan yang melalui website terlebih dahulu.

Syarat Registrasi Kartu 3 Tri

Untuk melakukan registrasi kartu 3 ini kalian harus menyiapkan beberapa hal untuk melengkapi proses registrasi tersebut. Apa saja yang dibutuhkan atau syarat apa saja dalam registrasi kartu tri? Berikut adalah syaratnya:

1. No. Kartu Keluarga

Pertama siapkan Nomor Kartu Keluarga kalian yang ada di lembar surat kartu keluarga. Nomor tersebut tertera di bagian atas Kartu Keluarga. Silahkan catat nomor tersebut.

2. NIK KTP

Kedua, siapkan juga nomor induk kewarganegaraan atau NIK yang ada di KTP kalian. Catat nomor NIK tersebut untuk melengkapi proses registrasi kartu 3 nantinya.

Cara Registrasi Kartu 3 Tri Online

Cara ini bisa kalian gunakan untuk melakukan registrasi di nomor 3 lama maupun baru, langsung saja caranya adalah sebagai berikut.

1. Buka Browser

Langkah yang pertama adalah siapkan browser yang ingin kalian gunakan, bisa google chrome, Mozilla firefox dan lain sebagainya. Setelah itu buka browser tersebut.

2. Buka Situs Resmi 3

Jika sudah kita akses ke situs website resmi milik 3. Ketikkan alamat situs resmi dari tri. [KLIK DISINI].

3. Klik Registrasi Kartu Prabayar

Setelah masuk ke situsnya kemudian pilih dan klik Registrasi Kartu Prabayar

cara registrasi kartu tri 1

Setelah itu pasti kalian akan diarahkan untuk masuk ke halaman registrasi untuk melakukan registrasi

4. Isi Form yang Ada

Jika kalian sudah berada di halaman registrasi, maka kalian akan menemukan form yang harus diisi seperti berikut

cara registrasi kartu tri 2
  • Isilah nomor Tri yang akan diregistrasi sesuai dengan nomor Tri yang kalian miliki
  • Isikan NIK ( Nomor Induk Kependudukan ) sesuai dengan NIK kalian
  • Dan yang terakhir isikan Nomor KK sesuai dengan nomor KK yang kalian miliki di kartu keluarga
  • Jika semua form sudah diisi jangan lupa untuk melakukan konfirmasi untuk memilih antara kode rahasia yang akan dikirim melalui SMS ke ICCD atau nomor Tri.

5. Konfirmasi Data

Jika sudah klik kirim. Setelah kalian klik kirim tadi, selanjutnya kalian akan diarahkan ke halaman untuk konfirmasi apakah data tadi benar sudah sesuai dengan data yang kalian kirim atau belum, jika sudah yakin silahkan pilih dan klik kirim

cara registrasi kartu tri 3

6. Tunggu Beberapa Saat

10. Jika sudah klik kirim maka langkah selanjutnya adalah menunggu sampai website menampilkan informasi yang berisi bahwa data kalian tadi sudah berhasil disimpan dan menandakan juga bahwa kalian sudah selesai dalam melakukan proses pendaftaran

Sebagai tambahan, di website resmi milik Tri kita juga bisa melakukan hal lainnya yaitu melakukan pengecekan sisa kuota dari internet dan melakukan unreg ( Un Registrasi ) Kartu.

Setelah kita mengetahui tentang cara registrasi melalui website, selanjutnya kita akan membahas tentang cara registrasi kartu Tri dengan menggunakan SMS. Cara registrasi ini untuk pengguna baru dan pengguna lama sedikit berbeda caranya. Berikut adalah penjelasannya.

Cara Registrasi Kartu Tri 3 Lewat SMS (Pengguna Lama)

Nah langsung saja bagi kalian yang sudah menggunakan kartu tri sejak lama dan dengan catatan belum pernah mendaftarkan kartunya dan ingin mendaftarkannya sekarang maka cara ini sangatlah cocok, caranya adalah sebagai berikut.

1. Masuk ke Aplikasi Pesan

Yang pertama harus dilakukan adalah kita pergi ke Pesan jika dalam bahasa Indonesia. Atau jika dalam bahasa inggris pesan berarti kita pergi ke Messages.

2. Buat Pesan baru

Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut, klik tanda + yang berada di pojok kanan atas untuk membuat pesan baru

cara registrasi kartu tri 4

3. Isikan Nomor Tujuan

Jika sudah isikan nomor yang dituju yaitu isi dengan 4444.

cara registrasi kartu tri 5

4. Ketikkan Pesan

Kemudian ketikkan pesan dengan format “ULANG#NIK#NO KK” ketikkan dengan tanpa tanda kutip, jika sudah kirimkan pesan tersebut.

cara registrasi ulang kartu tri 6

5. Tunggu Balasan

Setelah kalian mengirimkan pesan tadi, tunggu saja hingga ada balasan SMS yang menginformasikan bahwa nomor 3 kalian sudah berhasil di daftarkan atau sudah berhasil di registrasi, seperti pada gambar diatas.

Cara Registrasi Kartu Tri 3 Lewat SMS (Pengguna Baru)

Berbeda dengan cara yang sebelumnya, cara ini bisa digunakan bagi kalian yang baru saja membeli kartu Tri baru, langsung saja penjelasannya adalah sebagai berikut.

1. Buka Aplikasi Pesan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Pesan atau ke Messages seperti cara yang sebelumnya.

2. Buat Pesan Baru

Setelah itu klik tanda + yang berada di pojok kanan atas untuk mengirimkan pesan baru.

cara registrasi kartu tri 7

3. Jika sudah isikan ke nomor yang ingin dituju, isi dengan 4444

cara registrasi kartu tri 8

3. Ketikkan Pesan

Selanjutnya di body pesan, ketikkan pesan yang akan digunakan untuk melakukan pendaftaran registrasi, format pesannya adalah “NIK#NO KK” diketi tanpa menggunakan tanda kutip.

cara registrasi ulang kartu tri 9

Setelah diisi, silahkan kalian pilih dan klik untuk mengirimnya, yaitu klik Send atau Kirim.

4. Tunggu Balasan

Langkah yang terakhir adalah menunggu hingga beberapa saat sampai ada SMS yang masuk dan berisi informasi bahwa nomor 3 kalian sudah berhasil terdaftar dan sudah berhasil di registrasi, seperti pada gambar diatas.

Baca juga: Cara Cek Kuota 3 (Tri).

Cara Registrasi Kartu Tri Lewat Dial

Untuk registrasi kartu 3 kalian juga bisa melakukannya lewat dial atau telepon. Adapun langkah-langkahnya tidak sulit, berikut akan saya jelaskan secara singkat.

1. Buka Dial / Telepon

Buka aplikasi telepon atau dial yang ada di HP kalian masing-masing.

2. Ketikkan *4444#

Setelah membuka aplikasi dial, langkah selanjutnya ketikkan *4444# untuk mulai registrasi kartu 3 kalian.

3. Pilih Registrasi

Akan ada beberapa pilihan yang muncul yaitu registrasi, cek status registrasi, cek nomor terdaftar dan unreg. Silahkan kalian ketik angka 1 untuk melakukan proses registrasi.

4. Masukkan No. NIK & KK

Langkah selanjutnya adalah memasukkan nomor KTP / NIK kalian, pastikan nomor yang kalian masukkan tersebut sudah benar.

5. Kirim Data

Jika sudah, silahkan ketik nomor 1 untuk melanjutkan proses registrasi atau untuk mengirimkan data yang kalian input tadi.

Kesimpulan

Ketiga cara tadi memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing tetapi semuanya berhasil dilakukan, silahkan kalian memilih cara yang menurut kalian paling aman dan paling mudah untuk digunakan dan di praktekan sehingga kalian bisa terhindar dari pemblokiran.

Demikian artikel mengenai Cara Registrasi Kartu Tri 3 semoga artikel ini bisa membantu kalian untuk dapat menghindari pemblokiran dari pemerintah, apalagi jika nomor penting pasti akan menyedihkan sekali rasanya apabila sampai terkena pemblokiran.

Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga menambah wawasan kalian jika ada langkah atau ada hal yang ingin ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah disediakan di bawah ini ya. Selamat mencoba dan semoga berhasil

Shinta Marist
Shinta Marist
Penulis dan Penyunting di MasTekno, hobi menulis hal tentang komputer dan gadget serta media sosial.

Artikel Terkait

Paket Internet XL
Paket Internet XL
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Paket Internet Indosat
Paket Internet Indosat
Oleh Adi Catur Pamungkas
Paket Internet Telkomsel
Paket Internet Telkomsel
Oleh Adi Catur Pamungkas
Paket Internet Axis
Paket Internet Axis
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Paket Internet 3
Paket Internet 3
Oleh Adi Catur Pamungkas
Paket Internet Smartfren
Paket Internet Smartfren
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *