4+ Cara Mengganti Font / Huruf di HP Android

By

cara mengubah font huruf android

Font merupakan sebuah huruf yang bisa diubah style nya sesuai dengan keinginan penggunanya, namun font biasanya hanya bisa dirubah ketika ponsel sudah di root. Font yang dirubah bisa memiliki daya tarik sendiri dan tentunya bisa lebih menarik.

Font sendiri biasanya digunakan saat kita sedang mengirim pesan, chatting, bermain sosmed pokoknya semua hal yang berhubungan dengan tulisan font akan digunakan dalam hal itu. Banyak orang yang menginginkan merubah font pada ponsel mereka namun kebanyakan belum tau caranya, bahkan seperti yang sudah saya jelaskan diatas font bisa dirubah jika ponsel sudah mengalami root.

Sedangkan root sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan pc/laptop maupun tidak. Root juga tergolong pekerjaan yang ribet apalagi jika kalian root android menggunakan pc akan 2x kerja menurut saya, oleh karena itu gunakanlah bantuan aplikasi ketiga untuk merubah font android di ponsel kesayangan kalian. Dengan begitu kamu bisa mengganti font atau huruf di hp android tanpa root, sehingga tidak akan menghanguskan garansi produk dari android.

 

Cara Mengubah Font / Huruf di HP Android

Oleh karena itu pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara merubah font tanpa harus ponselnya di root. Cara nya sangat mudah apakah anda penasaran ? silahkan simak langkah-langkahnya berikut dibawah ini ya kamu bisa memilih salah satu langkah di bawah ini.

 

1. Cara Mengganti Font di Android dengan Aplikasi iFont

  • Yang pertama harus dilakukan adalah download dulu aplikasi yang digunakan utnuk mengganti font yakni Ifont
  • Jika sudah di download install dulu aplikasinya
  • Apabila proses instalasi sudah selesai maka langkah yang selanjutnya adalah membuka aplikasinya dan pastikan perangkat android kalian harus terhubung ke internet
  • Setelah itu pilih font yang diinginkan ( sesuai dengan selera kalian )
  • Jika sudah memilih font yang sesuai, selanjutnya kalian klik unduh atau download untuk mendownload font nya

cara merubah font di hp android 9

  • Apabila muncul pop up tentang superuser kalian bisa memilih untuk mengizinkan / allow

cara merubah font di hp android 10

  • Langkah selanjutnya adalah kalian klik Aplikasi yang ada dibawah
  • Maka hp android akan restart
  • Setelah restart, kalian bisa cek font sudah berubah

 

2.  Mengubah Font Android di Pengaturan

Cara yang kedua ini bisa kamu gunakan dengan mudah, caranya sangat mudah sobat mari kita ikuti langkah seperti berikut biasanya ada di hp android samsung, atau mungkin hp android lainya ada.

1. Langkah pertama sobat masuk ke pengaturan / setting yang ada di hp kalian

2. Kemudian kamu pilih Display. Pada display akan ada banyak aturan didalamnya salah satunya yaitu untuk mengubah gaya tulisan / font

cara merubah font di hp android 1

 

3. Selanjutnya akan banyak muncul pilihan setting font seperti dibawah ini, untuk bisa mengubah gaya tulisan font kalian bisa pilih font type

cara merubah font di hp android 2

 

4. Lalu akan muncul type font hp yang kalian gunakan. Defaul font adalah font default yang kalian gunakan dan apabila ingin mengubah ke gaya tulisan lainnya kalian bisa pilih 2 font dibawah ya

cara merubah font di hp android 3

 

5. Selesai

6. Dan kalian bisa lihat perubahan font yang ada di hp android kalian

 

3. Mengubah Font Android dengan Go Launcher

Cara terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Go Launcher. Aplikasi ini masuk ke dalam aplikasi untuk merubah font yang populer dan juga keren dari segi banyak hal, bukan hanya segi visual tetapi kalian bisa menggunakan aplikasi ini tanpa harus root android.

Untuk bisa mendownload dan menggunakan aplikasi Go Launcher kalian hanya tinggal mendownloadnya secara gratis di Google Play Store. Namun dengan adanya update, aplikasi yang gunanya untuk mengubah font sudah tidak ada lagi oleh karena itu saya mengupload nya ke google drive supaya kalian lebih mudah jika ingin mempraktikan cara ini.

Langsung saja simak penjelasannya berikut ini ya sobat.

1. Yang pertama harus dilakukan adalah dengan cara mendownload bahan aplikasinya terlebih dahulu [Klik Disini].

2. Setelah itu akan terdownload bahan aplikasi dengan format .rar kalian harus mengekstrak nya terlebih dahulu supaya bisa digunakan.

3. Kemudian Install seluruh aplikasinya, jika sudah pilih dan klik tombol home kemudian pilih Go Launcher untuk menjadi default launcher yang ada di hp android kalian

4. Menuju ke homepage di android, kalian tekan dan tahan layar hp android hingga muncul banyak pilihan seperti gambar dibawah ini. pilih pengaturan Go

cara merubah font di hp android 4

5. Selanjutnya pilih Font

cara merubah font di hp android 5

6. Setelah itu kalian tinggal memilih font mana yang ingin digunakan dengan cara klik Pilih Font

cara merubah font di hp android 6

7. Lalu klik pindai jenis huruf gunanya adalah untuk melakukan scan keseluruhan font yang ada di dalamnya

cara merubah font di hp android 7

8. Setelah proses scan selesai, kalian bisa memilih font yang diinginkan secara otomatis font akan berubah di launcher Go yang kalian miliki

cara merubah font di hp android 8

9. Selesai

Mudah kan ? cara diatas bisa dilakukan di hp android yang belum di root sekalipun sehingga sangat menunjang untuk semu pengguna hp android. Seperti yang kita tahu bahwa masih banyak pengguna yang belum melakukan root pada hp android nya sehingga menurut saya hal ini sangat menunjang untuk dilakukan.

 

Bagaimana mudah bukan sobat jika cara ini anda sudah bisa menerapkannya maka anda tidak perlu repot repot lagi untuk mengganti font android, tinggal download aplikasi nya pilih font yang disukai save lalu font pun sudah terganti dan lebih menarik.

Mungkin cukup sekian dulu sobat tutorial kali ini tentang cara mengganti huruf font di hp android. Jika tutorial diatas kurang jelas atau ada hal yang ingin ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah disediakan dibawah ya. Semoga artikel ini dapat membantu dan semoga bermanfaat dan selamat mencoba kak.


Shinta Marist Penulis dan Penyunting di MasTekno, hobi menulis hal tentang komputer dan gadget serta media sosial.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *