Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp

By

cara menonaktifkan panggilan wa

Selain digunakan sebagai media untuk chatting, WhatsApp juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan juga panggilan video. Sekarang ini kedua jenis panggilan WhatsApp ini sering dipakai karena hanya memerlukan koneksi internet saja untuk melakukannya.

Jadi pulsa yang ada menjadi lebih hemat karena tidak digunakan untuk telepon atau membeli paket yang lain. Berbicara tentang panggilan di WhatsApp, pernahkah kalian sesekali menonaktifkan fitur panggilan WhatsApp ini supaya tidak ada orang yang menelepon kalian?

Bagi kalian yang berpikiran seperti itu maka kalian tepat sekali datang ke sini. Karena kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya. Menonaktifkan panggilan di WA memang kadang dibutuhkan.

Contohnya jika kita dalam keadaan sibuk, seperti berada dalam rapat, bepergian, ingin menghabiskan waktu dengan keluarga tanpa mengeluarkan HP, dan lain sebagainya. Dalam kondisi seperti itu, tentu kita harus menonaktifkan panggilan WA tersebut supaya tidak menganggu.

Namun yang sangat disayangkan adalah fitur panggilan di WhatsApp ini sebenarnya tidak bisa benar-benar dimatikan. Seperti yang memang sudah tertulis dalam halaman WhatsApp berikut ini:

Memang dikatakan seperti itu, namun apakah benar-benar tidak ada cara untuk mematikan panggilan WhatsApp tersebut? Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian coba, namun seperti yang sudah saya katakan bahwa ini tidak benar-benar dimatikan.

Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp

Jika kalian mencarinya di internet, ada banyak website yang menyediakan cara alternatif supaya tidak ada panggilan yang masuk ke nomor akun WhatsApp kita. Namun cara tersebut memerlukan aplikasi tambahan yang mungkin bisa mengakibatkan efek tertentu.

Nah, di sini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk menonaktifkan sementara fitur panggilan WA tersebut. Setidaknya supaya tidak ada panggilan yang masuk ketika kalian sedang sibuk atau berada dalam kepentingan tertentu yang tidak boleh diganggu.

Baca Juga: Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Bunyi.

kalian juga tidak perlu khawatir karena semua tips dan cara berikut ini dapat dilakukan lewat aplikasi WhatsApp resmi yang kalian pakai. Langsung saja berikut adalah beberapa tips dan caranya:

Paksa Berhenti WhatsApp

paksa berhenti whatsapp

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan atau chatting yang berjalan di latar belakang. Jadi meskipun kita menutup aplikasi tersebut, WhatsApp tidak benar-benar berhenti. Karena itulah pesan WA bisa masuk saat kita sedang menjalankan atau membuka aplikasi atau game lain.

Nah, di HP android ada fitur yang namanya Force Stop, fungsi dari fitur ini adalah untuk memberhentikan secara paksa aplikasi, khususnya aplikasi yang biasanya berjalan di latar belakang seperti aplikasi WhatsApp, Line, Instagram, dan lain sebagainya.

Jadi dengan kata lain, Force Stope ini secara tidak langsung dapat digunakan untuk mematikan WhatsApp sementara, dengan begitu semua panggilan baik itu suara maupun video tidak akan bisa masuk. Cara force stop WhatsApp adalah:

  1. Buka Pengaturan / Setelan.
  2. Kemudian masuk ke menu Aplikasi.
  3. Cari aplikasi WhatsApp.
  4. Setelah itu silahkan kalian ketuk opsi Paksa Berhenti.

Dengan begitu, WhatsApp sementara menjadi tidak aktif sampai kalian membuka WhatsApp kembali. Jika kalian membukanya lagi, maka WhatsApp akan secara otomatis aktif kembali seperti sedia kalai.

Namun yang perlu kalian ingat, selain panggilan tidak bisa masuk, semua chat juga tidak ikut masuk sampai kalian kembali membuka aplikasi WhatsApp kembali, notifikasi WA juga akan hilang semuanya.

Alasannya karena force stop itu tadi sehingga aplikasi WhatsApp tidak bisa berjalan di latar belakang.

Baca Juga: Cara Terlihat Offline di Whatsapp.

Blokir Kontak Sementara

blokir kontak sementara

Kalian juga bisa menghindari menonaktifkan atau mematikan panggilan WA dengan cara memblokir kontak yang sering menghubungi atau menelepon kalian.  Cara ini bisa kalian gunakan sementara waktu saat kalian benar-benar memerlukannya.

Karena ketika nomor kita blokir, maka mereka tidak bisa mengirim pesan, panggilan, foto profil tidak akan sampai dan terlihat. Berikut adalah cara blokir kontak WA, yaitu:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Pilih kontak yang ingin diblokir.
  3. Di jendela chat, pilih menu titik tiga di sebelah kanan atas.
  4. Pilih opsi Lainnya.
  5. Dan silahkan pilih Blokir.

Nonaktifkan Nada Dering

nonaktifkan nada dering

Cara yang ketiga adalah dengan menonaktifkan nada dering di WhatsApp kalian. Dalam cara ini sebenarnya semua panggilan tetap masuk ke WhatsApp kalian, namun tidak akan ada nada dering atau suara panggilan. Jadi cara ini cocok digunakan jika kalian berada dalam kegiatan penting.

Cara ini bisa kalian gunakan jika tidak ingin ada yang mengganggu kalian, ada dua cara yang bisa kalian gunakan.

Cara pertama:

  1. Buka WhatsApp di HP kalian.
  2. Masuk ke menu Setelan, dengan cara ketuk titik tiga di sebelah kanan atas.
  3. Kemudian pilih menu Notifikasi, geser ke bawah dan kalian akan menemukan kolom Panggilan.
  4. Silahkan kalian pilih Nada Dering dan atur ke Silent.

Cara kedua:

Jika WhatsApp masih mengeluarkan bunyi, kalian bisa coba atur HP kalian ke mode silent. Caranya sangat mudah, yaitu buka menu HP di bagian atas (scrol down), kemudian pilih opsi Jangan Ganggu atau Waktu Tenang. Jika sudah maka semua panggilan baik itu video maupun suara tidak akan bisa didengar.

nonaktifkan nada dering 2

Matikan Notifikasi WhatsApp

Cara yang selanjutnya ini mempunyai cara kerja yang mirip dengan cara pertama dan ketiga, yaitu dengan mematikan notifikasi yang masuk ke WA kalian.

Di pengaturan WhatsApp, pengaturan ini memang tidak ada, namun kalian bisa mengaturnya langsung di Setelan Android. Caranya adalah:

  1. Buka Setelan / Pengaturan HP kalian.
  2. Masuk ke bagian Aplikasi.
  3. Pilih aplikasi WhatsApp.
  4. Dan pilih menu Notifikasi.
  5. Nah, silahkan nonaktifkan izin notifikasi WhatsApp tersebut.

Kalian juga harus menonaktifkan izin penggunaan telepon di aplikasi WhatsApp, caranya adalah:

Masih di jendela WhatsApp > pilih Izin Akses > dan geser pada bagian Telepon untuk menonaktifkannya.

Namun dengan catatan di beberapa versi WhatsApp dan tipe Android tertentu cara ini tidak berhasil digunakan. Jadi silahkan coba dulu cara ini, siapa tahu berhasil. Jika tidak berhasil kalian bisa mencoba cara yang lain yang sudah saya jelaskan.

Menggunakan Whatsapp Mod

Untuk langkah selanjutnya bisa kalian menggunakan whatsapp mod, hal ini terbukti berhasil bisa kalian simak berikut.

Sebelum ke langkahnya, kalian bisa download dan install gb whatsapp linknya diatas, ini merupakab versi whatsapp mod yang paling banyak di pakai.

whatsapp mod
  1. Langkah pertama bisa kalian download whatsapp mod diatas.
  2. Lalu buka daftarkan akun anda (pindah akun whatsapp).
  3. Selanjutnya bisa masuk seperti biasa, maka klik GBPengaturan.
  4. Kemudian masuk ke Privasi dan Keamanan > Siapa yang bisa memanggil saya > Pilih yang ada.

Penjelasan:

  • Everyone (Semua Orang bisa memanggil).
  • My Contact (Orang yang ada di kontak anda).
  • My Contact Except (Orang di kontak anda, kecuali. Mengecualikan orang tertentu).
  • Select Contact (Hanya memilih kontak yang bisa memanggil anda, dan mengecualikan semuanya yang tidak masuk daftar).
  • Nobody (Tidak Semuanya)

Nah itulah informasi yang bisa mastekno sampaikan kepada kalian cara menonaktifkan panggilan WhatsApp, baik itu panggilan suara maupun video. Namun sekali lagi saya ingatkan bahwa cara ini tidak benar-benar menonaktifkan panggilan WA, karena memang pada dasarnya tidak bisa.


Mochamad Alif Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *