×
Cara Mengoreksi Salah Ketik Secara Online dengan Typo Online
×

Cara Mengoreksi Salah Ketik Secara Online dengan Typo Online

Cara Mengoreksi Salah Ketik Secara Online dengan Typo Online
By : Mochamad Alif Prayogo 25/12/2017

Salah kita sedang mengerjakan tugas atau pun sedang membuat artikel seperti yang sedang saya lakukan ini, hehehe, kadang kita melakukan kesalahan dalam mengetik. Kesalahan dalam mengeti merupakan hal yang sering orang lain alami termasuk saya. Kesalahan dalam mengetik tidak membeda bedakan orang, baik orang yang masih awam atau pun orang yang sudah mahir, mereka pasti pernah melakukan kesalahan mengetikan.

Kesalahan mengetik biasanya disebabkan jari yang slip atau bisa juga karena kegagalan mekanis. Kesalahan menulis seperti ini sering disebut dengan istilah “typo”. Pasti kalian pernah atau sering mendengar orang atau teman kalian mengatakan istilah ini bukan? Yah, istilah typo memang sudah tidak asing lagi di telinga kita, namun apakah kalian tahu apa itu sebenarnya Typo? Pasti belum tahu kan?

Akan saya jelaskan sedikit, typo merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris dimana sebutan lengkapnya adalah Typograpy. Typo disini dapat diartikan sebagai kesalahan dalam proses melakukan pengetikan. Namun yang perlu kalian perhatikan bahwa typo bukalah sebuah kesalahan yang didasari ketidak tahuan penulis terhadap kata yang ditulis. Bisa disebut sebagai typo apabila kesalahan mengetik yang disebabkan slip tangan atau bisa juga unsur ketidak sengajaan, kesalahan penulisan karena kegagalan teknis juga bisa disebut sebagai typo.

cara mengoreksi salah ketik dengan typo online

Cara Mengoreksi Salah Ketik dengan Typo Online

Kita ambil contoh misalnya, kita mau mengetik sebuah kata yaitu “smartphone” dan kita sebenarnya tahu bahwa penulisan smartphone yang benar adalah seperti itu. Namun karena suatu hal mungkin karena terlalu cepat menulis tanpa memerhatikan katanya jadi kita menulisnya menjadi “smartpone”. Seperti itulah contoh dari typo, apabila kita menuliskan kata yang salah karena memang kita tidak tahu kata yang benar itu bagaimana, itu tidak bisa disebut sebagai typo.

Apabila kita setelah selesai menulis di Microsoft Word kemudian kita memastikan kembali apakah ada kaliamat yang salah ketik atau tidak di dalamnya, jadi kita membacanya lagi dari awal sampai akhir untuk memastikan. Apalagi pengetikan seperti ini sangatlah penting apabila digunakan untuk Skripsi yang biasanya dituntut untuk menggunakan bahas yang benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Apalagi bagi kalia seorang blogger yang pastinya harus bisa menulis sebuah aritikel yang berkualitas dan mudah dibaca, kita harus memerhatikan tulisan yang kita buat agar jauh dari typo.

Apabila kesalahan pengetikan yang ada cuma sedikit mungkin memperbaikinya tidak terlalu sulit, kta bisa memperbaikinya sendiri secara manual. Tapi, bagaimana jika yang harus kita cek dan kita perbaiki adalah sebuah laporan skripsi, laporan ilmiah, atau laporan tesis? Tentunya akan memakan banyak sekali waktu jika dicek secara manual, waktu senggang kita juga akan terbuang percuma.

Untungnya sekarang zamannya sudah canggih , sehingga sudah ada berbagai macam kemudahan yang bisa kita dapat dengan menggunakan internet. Salah satunya adalah untuk melakukan dan mengoreksi sebuah kesalahan pada pengetikan atau typo bisa kita lakukan dengan otomatis. Kita hanya perlu menyiapkan koneksi internet, kemudian kita bisa melakukan koreksi typo secara otomatis dan menghemat waktu kita.

 

Cara Mengoreksi Salah Ketik Secara Online

Karena teknologi sekarang sudah sangat maju, bukan tidak mungkin lagi yang namanya melakukan koreksi typo secara otomatis dengan cepat tanpa membuang-buang waktu. Jika kalian ingin mengoreksi salah ketik kalian dengan jummlah yang tidak sedikit, kaian bisa memanfaatkan situs Typo Online. Situs Typo Online merupakan situs yang dibuat sendiri oleh anak bangsa.

Dengan memanfaatkan sebuah situs yaitu situs Typo Online, sekarang kita bisa dengan mudah mengoreksi typo dengan mudah dan cepat. Kalian tidak perlu lagi melakukan pengecekan dan koreksi kesalahan ketik kalian secara manual lagi. Typo Online merupakan sebuah situs KKBI Online yang bisa mempermudah proses pengecekan kata yang tidak sama dengan yang ada dalam KBBI.

Atau Dalam situs Typo Online, terdapat tiga cara yang dapat kalian pilih untuk mengeck typo disini, yaitu mengeceknya dengan cara meng upload file, text, atau website. Berikut ini akan saya jelaskan mengenai tiga cara mengoreksi typo di Typo Online.

#1. Dengan Upload File

Cara yang perta untuk mengoreksi typo adalah dengan mengupload file yang berisi tulisan yang ingin kalian cek. Typo Online mendukung beberapa format file dokumen seperti .doc dan .docx. Format ini merupakan format yang dihasilkan oleh microsoft word, jadi apabila kalian belum menuliskannya di word, maka kalian harus menulisnya supaya bisa diupload. Cara kerja nya mudah dan cepat, kalian tinggal mengupload file tadi kemudian tunggu sebentar sampai hasilnya keluar. Setelah situs ini selesai melakukan pengecekan, maka kalia akan mengetahui kata mana saja yang tidak sesuai dengan yang ada di KBBI.

Apabila ada penulisan yang salah (typo), maka akan kata tersebut akan berubah menjadi berwarna merah, jadi silahkan kalian coba sendiri.

Setelah kalian mengecek, langkah selanjutnya adalah membenarkannya. Kalian tidak perlu susah-susah kerena disini kata yang salah (typo) akan dibetulkan secara otomatis.  Kalian tinggal menekan kata yang salah penulisannya atau yang berwarna merah, maka nanti akan muncul kata yang benar, silahkan kalian pilih kata yang benar. Gampang kan? Setelah selesai mengoreksi nya, silahkan kalian unduh hasilnya atau kalian juga bisa mengecek ulang dan menyimpannya.

 

#2. Menggunakan Fitur Text Checker

Berbeda dengan yang tadi, disini kalian bisa langsung mengecek kata yang salah secara langsung di dalam textarea yang sebelah kiri, dan kalian bisa melihat hasilnya pada sebelah kanan.

Supaya menghemat waktu dan tenaga kalian, kalian bisa mengcopy teks file yang ingin kalian cek apakah ada typonya atau tidak, kemudian pastekan pada textarea sebelah kiri. Hal bisa dilakukan karena fitur text checker bisa melakukan copy paste terhadap dokumen, blog, dsb. Untuk cara pembetulannya, pada fitur text checker ini menggunakan cara yang sama seperti cara yang pertama.

 

#3. Menggunakan Fitur Website Checker

Cara yang terakhir adalah menggunakan fitur website checker untuk mengoreksi typo pada panulisan kalian. Website Typo Online juga bisa cek typo dengan cara memanfaatkan fitur website checker.  Jadi kalian tinggal memasukan alamat atau URL website nya saja, mudah kan?

Jadi silahkan kalian ketikkan atau copy alamat website yang akan kalian cek benar atau tidak penulisannya. Apabila kalian ingin mengecek sebuah halaman tertentu pada sebuah website, maka kalian tinggal mempastekan alamat postingan yang kalian inginkan saja.

Gimana? Sekarang sudah tahu kan cara mengatasi salah ketik secara online? Tiga cara di atas sangat mudah dilakukan. Dengan memanfaatkan situs Typo Online, kalian bisa menghemat waktu kalian untuk mengoreksi kesalahan secara manual. Jadi kita tinggal menggunakan situs Typo Online untuk mengoreksi kesalah yang telah kita buat, tidak usah secara manual lagi.

Pada situs Typo Online, selain digunakan untuk mendeteksi dan mengoreksi kesalahan pengetikan atau typo. Typo Online juga mempunyai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) sehingga kalian juga bisa mencari kata-kata bahasa indonesia yang benar disini.

Mulai sekarang kalian tidak perlu lagi yang namanya buka kamus besar lagi. Kalian cukup membuka situs Typo Online untuk mencari kata bahasa indonesia yang benar. Jika menggunakan KKBI yang berbentuk hardcopy, kalian memerlukan waktu yang cukup lama hanya untuk mencari arti dari satu kata, berbeda dengan menggunakan KBBI yang ada di Typo Online. Disini kalian bisa mencari arti kata dengan muda.

Dengan melakukan atau mencari tahu arti dari suat kata di typo online, kita hanya memerlukan waktu yang singkat. Jadi silahkan kalian langsung  klik KBBI Online yang ada di situs Typo Online untuk membuktikan kebenarannya sendiri.

Sulahkan kalian ketikkan sebuah kata terserah kalian, silahkan kalian cari di KBBI pada situs Typo Oline dengan menekan tombol Cari. Tidak menunggu lama, akan muncul hasil yang kalian cari. Jadi kalian harus mencoba menggunakan situs yang satu ini, supaya tidak menyesal. Situs ini sangat direkomendasikan untuk mengatasi salah ketik secara online dan juga mengetahui arti kata yang benar pada KBBI.

 

Itulah bagaimana cara mengatasi salah ketik secara online dengan cepat dan mudah. Dengan ini kalian tidak pelu susah-susah lagi mengoreksi kata yang salah satu persatu yang menghabiskan banyak waktu. Kalian tinggal menggunakan situs Typo Online untuk mengoreksi typo kalian, caranya mudah dan cepat.



MasTekno

MasTekno adalah media informasi tips trik seputar teknologi, berbagai cara berkaitan dengan teknologi informasi.

Adding Knowledge Insights, To Mutual Success.


Support : CS@MasTekno.COM

MasTekno

MasTekno adalah media informasi tips trik seputar teknologi, berbagai cara berkaitan dengan teknologi informasi.

Adding Knowledge Insights, To Mutual Success.


Support : CS@MasTekno.COM

4 Cara Ampuh Mengatasi Tidak Bisa Video Call di Line Android

4 Cara Ampuh Mengatasi Tidak Bisa Video Call di Line Android
By : Mochamad Alif Prayogo 15/04/2018

Salah kita sedang mengerjakan tugas atau pun sedang membuat artikel seperti yang sedang saya lakukan ini, hehehe, kadang kita melakukan kesalahan dalam mengetik. Kesalahan dalam mengeti merupakan hal yang sering orang lain alami termasuk saya. Kesalahan dalam mengetik tidak membeda bedakan orang, baik orang yang masih awam atau pun orang yang sudah mahir, mereka pasti pernah melakukan kesalahan mengetikan.

Kesalahan mengetik biasanya disebabkan jari yang slip atau bisa juga karena kegagalan mekanis. Kesalahan menulis seperti ini sering disebut dengan istilah “typo”. Pasti kalian pernah atau sering mendengar orang atau teman kalian mengatakan istilah ini bukan? Yah, istilah typo memang sudah tidak asing lagi di telinga kita, namun apakah kalian tahu apa itu sebenarnya Typo? Pasti belum tahu kan?

Akan saya jelaskan sedikit, typo merupakan kata yang berasal dari bahasa inggris dimana sebutan lengkapnya adalah Typograpy. Typo disini dapat diartikan sebagai kesalahan dalam proses melakukan pengetikan. Namun yang perlu kalian perhatikan bahwa typo bukalah sebuah kesalahan yang didasari ketidak tahuan penulis terhadap kata yang ditulis. Bisa disebut sebagai typo apabila kesalahan mengetik yang disebabkan slip tangan atau bisa juga unsur ketidak sengajaan, kesalahan penulisan karena kegagalan teknis juga bisa disebut sebagai typo.

cara mengoreksi salah ketik dengan typo online

Cara Mengoreksi Salah Ketik dengan Typo Online

Kita ambil contoh misalnya, kita mau mengetik sebuah kata yaitu “smartphone” dan kita sebenarnya tahu bahwa penulisan smartphone yang benar adalah seperti itu. Namun karena suatu hal mungkin karena terlalu cepat menulis tanpa memerhatikan katanya jadi kita menulisnya menjadi “smartpone”. Seperti itulah contoh dari typo, apabila kita menuliskan kata yang salah karena memang kita tidak tahu kata yang benar itu bagaimana, itu tidak bisa disebut sebagai typo.

Apabila kita setelah selesai menulis di Microsoft Word kemudian kita memastikan kembali apakah ada kaliamat yang salah ketik atau tidak di dalamnya, jadi kita membacanya lagi dari awal sampai akhir untuk memastikan. Apalagi pengetikan seperti ini sangatlah penting apabila digunakan untuk Skripsi yang biasanya dituntut untuk menggunakan bahas yang benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD). Apalagi bagi kalia seorang blogger yang pastinya harus bisa menulis sebuah aritikel yang berkualitas dan mudah dibaca, kita harus memerhatikan tulisan yang kita buat agar jauh dari typo.

Apabila kesalahan pengetikan yang ada cuma sedikit mungkin memperbaikinya tidak terlalu sulit, kta bisa memperbaikinya sendiri secara manual. Tapi, bagaimana jika yang harus kita cek dan kita perbaiki adalah sebuah laporan skripsi, laporan ilmiah, atau laporan tesis? Tentunya akan memakan banyak sekali waktu jika dicek secara manual, waktu senggang kita juga akan terbuang percuma.

Untungnya sekarang zamannya sudah canggih , sehingga sudah ada berbagai macam kemudahan yang bisa kita dapat dengan menggunakan internet. Salah satunya adalah untuk melakukan dan mengoreksi sebuah kesalahan pada pengetikan atau typo bisa kita lakukan dengan otomatis. Kita hanya perlu menyiapkan koneksi internet, kemudian kita bisa melakukan koreksi typo secara otomatis dan menghemat waktu kita.

 

Cara Mengoreksi Salah Ketik Secara Online

Karena teknologi sekarang sudah sangat maju, bukan tidak mungkin lagi yang namanya melakukan koreksi typo secara otomatis dengan cepat tanpa membuang-buang waktu. Jika kalian ingin mengoreksi salah ketik kalian dengan jummlah yang tidak sedikit, kaian bisa memanfaatkan situs Typo Online. Situs Typo Online merupakan situs yang dibuat sendiri oleh anak bangsa.

Dengan memanfaatkan sebuah situs yaitu situs Typo Online, sekarang kita bisa dengan mudah mengoreksi typo dengan mudah dan cepat. Kalian tidak perlu lagi melakukan pengecekan dan koreksi kesalahan ketik kalian secara manual lagi. Typo Online merupakan sebuah situs KKBI Online yang bisa mempermudah proses pengecekan kata yang tidak sama dengan yang ada dalam KBBI.

Atau Dalam situs Typo Online, terdapat tiga cara yang dapat kalian pilih untuk mengeck typo disini, yaitu mengeceknya dengan cara meng upload file, text, atau website. Berikut ini akan saya jelaskan mengenai tiga cara mengoreksi typo di Typo Online.

#1. Dengan Upload File

Cara yang perta untuk mengoreksi typo adalah dengan mengupload file yang berisi tulisan yang ingin kalian cek. Typo Online mendukung beberapa format file dokumen seperti .doc dan .docx. Format ini merupakan format yang dihasilkan oleh microsoft word, jadi apabila kalian belum menuliskannya di word, maka kalian harus menulisnya supaya bisa diupload. Cara kerja nya mudah dan cepat, kalian tinggal mengupload file tadi kemudian tunggu sebentar sampai hasilnya keluar. Setelah situs ini selesai melakukan pengecekan, maka kalia akan mengetahui kata mana saja yang tidak sesuai dengan yang ada di KBBI.

Apabila ada penulisan yang salah (typo), maka akan kata tersebut akan berubah menjadi berwarna merah, jadi silahkan kalian coba sendiri.

Setelah kalian mengecek, langkah selanjutnya adalah membenarkannya. Kalian tidak perlu susah-susah kerena disini kata yang salah (typo) akan dibetulkan secara otomatis.  Kalian tinggal menekan kata yang salah penulisannya atau yang berwarna merah, maka nanti akan muncul kata yang benar, silahkan kalian pilih kata yang benar. Gampang kan? Setelah selesai mengoreksi nya, silahkan kalian unduh hasilnya atau kalian juga bisa mengecek ulang dan menyimpannya.

 

#2. Menggunakan Fitur Text Checker

Berbeda dengan yang tadi, disini kalian bisa langsung mengecek kata yang salah secara langsung di dalam textarea yang sebelah kiri, dan kalian bisa melihat hasilnya pada sebelah kanan.

Supaya menghemat waktu dan tenaga kalian, kalian bisa mengcopy teks file yang ingin kalian cek apakah ada typonya atau tidak, kemudian pastekan pada textarea sebelah kiri. Hal bisa dilakukan karena fitur text checker bisa melakukan copy paste terhadap dokumen, blog, dsb. Untuk cara pembetulannya, pada fitur text checker ini menggunakan cara yang sama seperti cara yang pertama.

 

#3. Menggunakan Fitur Website Checker

Cara yang terakhir adalah menggunakan fitur website checker untuk mengoreksi typo pada panulisan kalian. Website Typo Online juga bisa cek typo dengan cara memanfaatkan fitur website checker.  Jadi kalian tinggal memasukan alamat atau URL website nya saja, mudah kan?

Jadi silahkan kalian ketikkan atau copy alamat website yang akan kalian cek benar atau tidak penulisannya. Apabila kalian ingin mengecek sebuah halaman tertentu pada sebuah website, maka kalian tinggal mempastekan alamat postingan yang kalian inginkan saja.

Gimana? Sekarang sudah tahu kan cara mengatasi salah ketik secara online? Tiga cara di atas sangat mudah dilakukan. Dengan memanfaatkan situs Typo Online, kalian bisa menghemat waktu kalian untuk mengoreksi kesalahan secara manual. Jadi kita tinggal menggunakan situs Typo Online untuk mengoreksi kesalah yang telah kita buat, tidak usah secara manual lagi.

Pada situs Typo Online, selain digunakan untuk mendeteksi dan mengoreksi kesalahan pengetikan atau typo. Typo Online juga mempunyai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) sehingga kalian juga bisa mencari kata-kata bahasa indonesia yang benar disini.

Mulai sekarang kalian tidak perlu lagi yang namanya buka kamus besar lagi. Kalian cukup membuka situs Typo Online untuk mencari kata bahasa indonesia yang benar. Jika menggunakan KKBI yang berbentuk hardcopy, kalian memerlukan waktu yang cukup lama hanya untuk mencari arti dari satu kata, berbeda dengan menggunakan KBBI yang ada di Typo Online. Disini kalian bisa mencari arti kata dengan muda.

Dengan melakukan atau mencari tahu arti dari suat kata di typo online, kita hanya memerlukan waktu yang singkat. Jadi silahkan kalian langsung  klik KBBI Online yang ada di situs Typo Online untuk membuktikan kebenarannya sendiri.

Sulahkan kalian ketikkan sebuah kata terserah kalian, silahkan kalian cari di KBBI pada situs Typo Oline dengan menekan tombol Cari. Tidak menunggu lama, akan muncul hasil yang kalian cari. Jadi kalian harus mencoba menggunakan situs yang satu ini, supaya tidak menyesal. Situs ini sangat direkomendasikan untuk mengatasi salah ketik secara online dan juga mengetahui arti kata yang benar pada KBBI.

 

Itulah bagaimana cara mengatasi salah ketik secara online dengan cepat dan mudah. Dengan ini kalian tidak pelu susah-susah lagi mengoreksi kata yang salah satu persatu yang menghabiskan banyak waktu. Kalian tinggal menggunakan situs Typo Online untuk mengoreksi typo kalian, caranya mudah dan cepat.