Cara Menghilangkan Virus Iklan di HP Android

By Mochamad Alif Prayogo -

Munculnya iklan pada computer atau android kita memang sangat membuat kita kesal.

Apalagi jika iklan itu muncul berulang kali saat kita sedang melakukan sebuah kegiatan menggunakan computer atau android kita.

Misal kita sedang pusing-pusing membuat tugas, tiba-tiba iklan muncul, atau kita sedang asik-asing main game barang temen, eh tiba-tiba game yang kita mainkan tertutup oleh iklan, ini kan membuat kita sangat kesal.

Munculnya iklan pada sebuah aplikasi memang sudah menjadi hal wajar karena beberapa aplikasi memang memiliki addon iklan, dimana kita bisa melihat keterangan aplikasi tersebut pada play store berupa “berisi iklan”.

Banyak iklan yang muncul pada sebuah aplikasi tergantung dari pengembang aplikasi tersebut. Bisa saja hp android tiba-tiba muncul iklan berupa virus, maka kita bisa menghapus virus di android.

Ada yang menampilkan iklan dalam beberapa waktu tertentu, dan ada juga yang menampilkan banyak sekali iklan dalam rentang waktu yang singkat.

Tapi jika kalian mengalami kondisi dimana iklan berulang kali muncul, dan dibarengi dengan performa dari smartphone kalian yang melambat.

Serta baterai smartphone kalian yang semakin boros, ini bisa jadi bukan karena iklan pada sebuah aplikasi melainkan smartphone kalian sudah terkena malware berupa virus iklan.

Cara Menghilangkan Virus Iklan Android

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial cara menghilangkan virus iklan di  android. Berikut ini adalah tutorialnya.

1. Hapus Aplikasi Mencurigakan

Apabila kalian sadar bahwa iklan tersebut terus-terusan muncul setelah kalian menginstall sebuah aplikasi, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut adalah sumber dari munculnya iklan terus menerus tersebut.

Kalian bisa mengatasi masalah ini dengan meng-uninstall aplikasi tersebut dari smartphone kalian.

Kalian bisa menghapusnya dengan cara masuk ke Pengaturan > Aplikasi > Semua Aplikasi / Info Aplikasi.

cara menghilangkan virus iklan

Silahkan kalian cari kemudian hapus aplikasi tersebut beserta dengan aplikasi lain yang tidak kalian kenal atau yang menurut kalian itu mencurigakan.

Jika kalian tidak yakin dengan aplikasi mana saja yang harus kalian hapus, maka kalian bisa menghapus 3 sampai 5 aplikasi terakhir yang sudah kalian pasang yang terlihat mencurigakan.

Baca Juga: Cara Menghapus Malware HP Android.

2. Install Antivirus

Alangkah baiknya jika dari awal kalian membeli sebuah laptop atau android, kalian sudah memasang antivirus di dalamnya untuk meningkatkan keamanan pada smartphone dan laptop kalian.

Selain berguna untuk menghindari dari serangan virus, antivirus juga berguna untuk supaya smartphone kalian terhindar dari masukannya malware jahat yang bisa juga menyebabkan iklan muncul berulang kali di smartphone kalian.

Jika kalian ingin memasang sebuah antivirus, sebaiknya kalian memasang antivirus yang sudah banyak digunakan dan sudah memiliki nama yang terkenal seperti Malwarebytes, dan sebagainya supaya kalian terhindar dari kesalahan saat pemasangan.

Jangan sampai malah yang kalian pasang itu aplikasi antivirus yang berisi virus. Dan kalian harus memastikan bahwa aplikasi tersebut kalian download dari sumber terpercaya seperti Google Play Store.

3. Install Addon Detector

Addon merupakan sebuah fitur tambahan yang terdapat dalam sebuah aplikasi.

Sedangkan addon detector adalah aplikasi yang digunakan utnuk membantu kalian untuk mengidentifikasi dan menghapus sebuah addon dari aplikasi tertentu yang sudah terpasang pada smartphone kalian.

Seperti yang sudah kalian ketahui bahwa sebagian game, terutama game online dan aplikasi media online lainnya seringkalai menampilkan addon yang menayangkan berbagai macam iklan.

Dengan menggunakan addon detector ini kalian bisa menghapus addon uang iklan yang muncul pada sebuah aplikasi atau game yang kalian pasang pada smartphone kalian tanpa perlu mencopot aplikasi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang ada pada addon detector yang bisa kalian dapatan dan kalian gunakan untuk menghapus iklan yang muncul pada aplikasi dan game yang terpasang pada smartphone kalian.

Addon Push Notification

Digunakan untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan addon untuk menampilkan iklan meskipun aplikasi tersebut tidak aktif.

Caranya adalah silahkan kalian buka Addon Detector > Scan > Addon > Filter > Push Notification (Setelah itu akan muncul daftar aplikasi yang memiliki addon jenis ini.) > Klik Aplikasi > Manage App > Klik Hapus.

Notification Monitor

Fitur ini memiliki keefektifan tinggi jika digunakan untuk mengetahui aplikasi-aplikasi yang menampilkan iklan.

Karena fitur add push notification di atas kadang melewatkan beberapa aplikasi sehingga tidak semua aplikasi ter scan.

Cara menggunakannya adalah silahkan kalian buka Addon Detector > Notification Monitor > Hidupkan (On).

Setelah itu silahkan kalian tunggu sebuah notif iklan sampai muncul, setelah notif iklan muncul silahkan kalian buka Notification Monitor.

Setelah itu aplikasi yang menampilkan iklan akan muncul, setelah itu silahkan kalian hapus aplikasi tersebut.

Shortcut Monitor

Digunakan untuk menghapus shortcut yang muncul. Untuk cara penggunaannya silahkan kalian buka Addon Detector > Shortcut Monitor > Hidupkan (On).

Setelah itu silahkan kalian tunggu sebuah notif iklan sampai muncul, setelah notif iklan muncul silahkan kalian buka Notification Monitor.

Setelah itu aplikasi yang menampilkan iklan akan muncul, setelah itu silahkan kalian hapus aplikasi tersebut.

Baca Juga: Cara Menghapus Adware.

4. Anti Adware

Anti adware ini bisa kita gunakan untuk mengetahui sumber dari sebuah pop up iklan yang tampil pada smartphone android kita. Kalian bisa mengetahui sumber tersebut dengan melakukan scanning.

Setelah kalian melakukan scanning dan tahu aplikasi penyebabnya, kalian bisa menghapus aplikasi tersebut supaya iklan tidak muncul lagi.

5. Factory Reset

Cara ini merupakan cara terakhir dan cara paling ampuh yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan iklan yang secara terus menerus tampil di smartphone android kalian karena virus dan malware yang lain.

Dengan melakukan factory reset ini, maka semua aplikasi tambahan yang kalian install beserta data-datanya akan terhapus dan hilang dari smartphone kalian.

Smartphone kalian akan menjadi seperti semula saat pertama kalia dikeluarkan pabrik. Factory reset ini bisa kalian lakukan menggunakan dua cara yaitu soft reset dan hard reset.

Cara Soft Reset

  • Silahkan kalian backup terlebih dahulu semua data yang menurut kalian penting yang ada di smartphone kalian. Silahkan kalian pindahkan data tersebut ke penyimpanan lain seperti harddisk pada computer dan sebagainya.
  • Kemudia setelah memindahkan data penting, silahkan kalian masuk ke Pengeturan / Setting > Backup dan Reset > Factory dan Reset.
  • Silahkan kalian tekan Reset Phone untuk memulai proses factory reset.
  • Setelah itu ponsel kalian akan restart sendiri, silahkan kalian tunggu sampai proses pengapusan ini sampai selesai.
  • Kemudian setelah ponsel kembali menyala, ponsel kalian kembali seperti semula saat pertama kali beli baru.

Cara Hard Reset

  • Silahkan kalian backup terlebih dahulu semua data yang menurut kalian penting yang ada di smartphone kalian. Silahkan kalian pindahkan data tersebut ke penyimpanan lain seperti harddisk pada computer dan sebagainya.
  • Kemudian matikan auto sinkron pada akun google, caranya dalah masuk ke pengaturan > akun > google > klik (akun google kalian) > nonaktifkan sinkronisasi
  • Setelah itu silahkan kalia matikan smartphone kalian.
  • Kemudian tekan tombol Power + Volume Atas / Up secara bersamaan selama beberapa detikan sampai menyala.
  • Pilih bahasa yang ingin kalian gunakan, setelah itu tekan tombol powe ntuk melakukan konfirmasi dan melanjutkan.
  • Setelah itu akan muncul sebuah menu Recovery.
  • Disini silahkan kalian masuk ke opsi Wipe Cache / Factory Reset. Untuk mengarahkan kalian bisa menggunakan tombol volume up / down dan untuk konfirmasi / ok gunakan tombol power.
  • Silahkan kalian pilih Yes – delete all user data.
  • Kemudian silahkan kalian tunggu sampai proses penghapusan selesai.
  • Setelah itu silahkan kalian reboot smartphone kalian, untuk pertama kali reboot ini akan memakan waktu sedikit lama dari pada reboot biasanya, jadi kalian tidak perlu panik.

Kesimpulan

Memang dengan munculnya iklan secara terus menerus ini bisa membuat kita marah apalagi kalau kita sedang asik-asiknya melakaukan sesuatu.

Dengan menghilangkan iklan yang tampil kita bisa dengan leluasa bermain game tanpa digangu oleh iklan gak penting.

Kalian bisa menggunakan 3 cara di atas untuk menghilangkan iklan, silahkan kalian coba mulai dengan cara pertama, jika tidak berhasil silahkan lanjut dengan cara berikutnya.

Demikian tutorial tentang cara menghilangkan virus iklan android. Jika ada hal yang ingin ditanyakan bisa kirimkan di kolom komentar.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Cara Print Hitam Putih di Laptop PC
Cara Print Hitam Putih di Laptop PC
Oleh Shinta Marist
Cara Membaca Pesan Whatsapp Tanpa Diketahui
Cara Membaca Pesan Whatsapp Tanpa Diketahui
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengatasi HP Android Lag
Cara Mengatasi HP Android Lag
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Download Playlist Youtube Sekaligus
Cara Download Playlist Youtube Sekaligus
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Cek KTP Secara Online
Cara Cek KTP Secara Online
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Hapus Halaman Kosong Di Word
Cara Hapus Halaman Kosong Di Word
Oleh Shinta Marist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *