Cara Menghemat Kuota Internet

By Adi Catur Pamungkas-

Setiap perangkat yang di gunakan pada saat ini misalnya saja hp android, laptop, ataupun komputer tentu saja akan terasa sangat hampa dan membosankan tanpa adanya akses internet.

Karena dengan menggunakan koneksi internet, semua dapat melakukan banyak hal mulai dari browsing, mengakses media sosial, bermain game online, dan lain sebagainya.

Terlebih lagi pada saat ini sudah ada teknologi jaringan 4G dan bahkan di beberapa negara sudah menerapkan jaringan 5G. Teknologi tersebut memungkinkan para penggunanya dapat mengakses jaringan internet dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Namun perlu kamu ketahui bahwa semakin cepat kualitas jaringan internet, maka akan membuat kuota internet cepat habis. Solusinya perlu menerapkan cara menghemat kuota internet di hp android.

Memang untuk sebagian pengguna smartphone android kuota memang tidak menjadi sebuah perkara yang kritis.

Namun untuk para anak kos ataupun para pengguna yang mempunyai lebih banyak kebutuhan lain di bandingkan kuota, tentu saja penggunaan kuota internet harus di hemat.

Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android

Nah untuk kamu yang ingin menghemat kuota internet di android, simak beberapa tips berikut ini.

1. Gunakan Mode Offline

Tips pertama yang dapat kamu coba untuk menghemat kuota internet yaitu kamu dapat menggunakan mode offline untuk beberapa aplikasi tertentu.

Karena seiring dengan perkembangan teknologi, tentu saja untuk beberapa aplikasi dapat di akses secara offline. Misalnya saja aplikasi YouTube dan Google Maps yang dapat di gunakan secara offline.

Keuda aplikasi buatan google tersebut dapat kamu alihkan ke mode offline untuk mengurangi penggunaan data internet di smartphone kamu. Selain itu, jika kamu menggunakan aplikasi streaming musik.

Maka lebih baik kamu mendownload musik yang sedang kamu dengarkan menggunakan Wi-Fi. Sehingga pada saat kamu ingin mendengarkan musik, kamu dapat memutarnya secara offline.

2. Mematikan Koneksi Internet

Cara berikut ini merupakan cara yang dapat di katakan cukup efektif untuk menghemat kuota internet pada smartphone. Kamu dapat mematikan koneksi internet pada smartphone kamu jika sedang tidak di gunakan.

Misalnya saja ketika kamu ingin tidur, maka lebih baik kamu mematikan terlebih dahulu koneksi internet untuk menghindari pemakaian kuota internet dari aplikasi yang berjalan di background.

Selain itu, kamu juga dapat mematikan koneksi internet pada saat kamu terhubung dengan jaringan Wi-Fi. Dan kamu dapat menyalakan kebali jika kamu sudah tidak terhubung dengan jaringan Wi-Fi.

Memang untuk smartphone tertentu, akan otomatis terhubung dengan jaringan Wi-Fi jika terdapat koneksi Wi-Fi. Namun jika koneksi Wi-Fi sangat buruk, maka smartphone akan tetap menggunakan paket data sebagai koneksi internet.

3. Atur Notifikasi Penggunaan Data

Tips berikutnya yang dapat kamu gunakan untuk menghemat paket data internet pada smartphone kamu yaitu dengan memanfaatkan fitur notifikasi penggunaan data pada smartphone android kamu. Cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu dapat menyimak langkah – langkahnya berikut ini.

Pertama, masuk ke menu Settings > Network & Internet  > Data usage.

5 cara menghemat kuota internet

Kemudian klik pada menu Data warning & limit > aktifkan Set data warning dengan menggeser tombol > klik Data warning > atur berapa GB peringatan penggunaan data > klik Set.

5 cara menghemat kuota internet

Setelah kamu mengaktifkan dan mengatur fitur tersebut, nantinya jika penggunaan data kamu sudah mencapai batas maka akan muncul notifikasi peringatan penggunaan data.

4. Mematikan Fitur Auto Download

Selain membatasi penggunaan paket data internet, kamu juga dapat mematikan fitur auto update atau auto download pada aplikasi yang ada pada smartphone kamu.

Dengan aktifnya fitur auto download atau update ini, maka tentu saja akan membuat penggunaan internet kamu semakin banyak. Terlebih lagi belum tentu aplikasi yang kamu update tersebut sering kamu gunakan.

Selain itu kamu juga bisa melakukan update dengan menggunakan jaringan Wi-Fi, maka dari itu lebih baik kamu menggunakan jaringan Wi-Fi untuk mengupdate aplikasi pada smartphone kamu.

Untuk mematikan fitur auto update kamu dapat buka aplikasi Play Store kemudian buka menu Settings dan ubah Auto-update apps menjadi hanya menggunakan Over Wi-Fi only.

5 cara menghemat kuota internet

Selain mematikan fitur auto update pada Play Store, kamu juga harus mematikan fitur auto download pada aplikasi media sosial yang kamu gunakan.

Misalnya saja aplikasi WhatsApp yang memiliki fitur auto download pada gambar dan video yang kamu terima. Jika kamu tidak mematikan fitur tersebut, maka kuota kamu akan sangat boros, terlebih lagi gambar atau video yang kamu terima dapat bermanfaat atau tidak untuk kamu.

5. Membatasi Penggunaan Internet

Pada sebuah smartphone yang kamu gunakan tentu saja terdapat aplikasi yang menggunakan banyak sekali kuota internet dari paket data kamu.

Maka dari itu kamu perlu melakukan identifikasi terhadap aplikasi apa saja yang menyedot banyak kuota di smartphone kamu.

Selanjutnya kamu juga dapat menghentikan aplikasi yang berjalan walaupun sedang tidak di gunakan. Atau kamu juga dapat mencopot aplikasi tersebut jika jarang di gunakan.

6. Gunakan WiFi/Hotspot Jika Ada

Ini merupakan cara yang biasanya orang gunakan dalam menghemat biaya internet sekaligus agar kuota internet dapat irit tidak boros. Selain itu wifi biasanya sudah unlimited dan kecepatanya stabil, terlagi jika sinyal kartu sim sedang lemot alias tidak ada sinyal.

Maka Wifi dapat anda gunakan sebagai alternatif, biasanya di tempat umum yang menyediakan akses wifi gratis dapat anda manfaatkan dengan mudah.

Dengan begitu anda dapat menghemat uang anda, anda dapat mendownload sepuasnya ketika menggunakan wifi di tempat tertentu.

Sobat tidak perlu takut kuota habis, karena wifi sudah unlimited dan ketika anda terhubung dengan wifi maka otomatis akses internet sepenuhnya menggunakan wifi itu sendiri.

7. Matikan Update Otomatis

Beberapa kasus tentang update otomatis ada untung dan ruginya terutama yang biasanya sering terjadi di hp baik itu android ataupun tablet android.

Update otomatis akan membuat anda dapat memperbarui aplikasi yang terinstall di perangkat anda dengan mudah tanpa perlu mencari secara manual, akan tetapi jika update otomatis secara sering dalam jumlah aplikasi yang banyak.

Baca Juga: Cara Mematikan Update Otomatis.

Maka hal tersebut perlu anda perhatikan betul-betul, pasalnya dalam fitur update otomatis akan melakukan pebaruan dengan sendiri. Beberapa keluhan teman saya yang menggunakan internet di PC dan HP Android mengalami masalah ini, mereka tak menyangka dan kebingungan mengapa paket internet cepat habis.

Ternyata masalah tersebut disebabkan karena update otomatis, biasanya auto update atau update otomatis akan sering sekali menghabiskan kuota data di hp dan komputer sobat.

Coba anda bayangkan jika ada satu atau lebih aplikasi dengan update otomatis sebesar 40Mb atau lebih, bisa dibayangkan kan sob penggunaan yang dibutuhkan.

Terlebih jika aplikasi tersebut sering update dan dalam jumlah yang besar dalam melakukan update, tentu saja kuota interne tanda cepat habis.

Oleh sebab itu anda dapat mematifkan fitur update otomatis di hp android ataupun di pc (laptop dan komputer). Biasanya pada pengaturan untuk hp android dapat digunakan di settingan hp android, dan juga jika anda menggunakan pc maka bisa matikan update otomatis di settingan aplikasi yang sering minta update.

8. Hindari Streaming, Instagram,

Biasanya seseorang yang online akan merasakan hal yang sama ketika melakukan streaming ataupun main game online, mereka hanya dapat menikmati layanan pada saat online saja.

Kemudian pada kasus download, kita dapat membuka data yang didownload tanpa harus online. Akan tetapi pada streaming video, main game online dan download file akan sangat memboroskan kuota jika dilakukan secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu untuk mengatasi paket internet yang mahal dan menghemat kuota internet, maka hendaknya anda perlu memperhitungkan penggunaan dan fungsi internet.

Ini merupakan tips yang dapat mengatasi masalah tersebut, anda dapat mengunduh game ataupun file yang lain dalam ukuran yang lebih kecil.

Cara menghemat seperti ini cukup membantu anda agar kuota irit tidak mudah habis, untuk streaming video sebaiknya jangan dilakukan atau bisa dilakukan tetapi menggunakan kualitas grafis yang rendah. Ini bertujuan untuk menghemat kuota yang sudah anda beli tadi.

Saya merekomendasikan untuk download, streaming dan main game online sebaiknya menggunakan akses internet di wifi ataupun hotspot. Selain wifi koneksinya stabil, jika dibandingkan dengan biaya untuk membeli paket internet akan jauh lebih murah wifi.

9. Pemilihan Browser yang Tepat

Untuk dapat mengakses website dengan cepat maka kita butuhkan browser yang cepat dan ringan pula, tidak semua browser memiliki fitur untuk mengkompress data ketika mengakses web.

Padahal fitur tersebut cukup membantu dalam mengakses web, semakin besar kemampuan komres data maka semakin cepat untuk membuka sebuah web atau blog.

Baca Juga: Browser HP Android Terbaik.

Saya menyarangkah untuk menggunakan Browser Google Chrome dan Opera Mini untuk anda gunakan di smartphone atau pc sobat. Karena kedua browser tersebut sudah terbukti lebih cepat dalam membuka suatu website.

Saya sudah membuktikanya dan saya lebih suka dengan google chrome karena ringan dan fiturnya lebih lengkap. Namun berbeda dengan uc browser yang saya rasa uc browser lumayan berat dalam membuka web.

10. Jangan Download File Besar

Salah satu penyebab kuota internet boros yaitu sering download file besar, baik film, video, foto atau file lain. Pastikan untuk benar-benar di hindari, karena kuota internet akan cepat habis.

Demikianlah pembahasan ringkas dari kami mengenai cara menghemat kuota internet dengan mudah tanpa aplikasi. Semakin boros penggunaan kuota internet, tentu saja akan berimbas pada pengeluaran yang harus kamu keluarkan.

Maka dari itu aturlah penggunaan kuota internet dan aplikasi dengan bijak supaya kamu bisa lebih hemat dalam menggunakan kuota internet. Semoga bermanfaat.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Mengecilkan Ukuran PDF dengan Tools Online
Cara Mengecilkan Ukuran PDF dengan Tools Online
Oleh Hanif Pramono
Situs Download E-Book
Situs Download E-Book
Oleh Dimas Bimantoro
Cara Backup Foto ke Google Drive
Cara Backup Foto ke Google Drive
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Download File di Mega
Cara Download File di Mega
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Menghapus History Browser
Cara Menghapus History Browser
Oleh Hanif Pramono
Cara Bobol WiFi
Cara Bobol WiFi
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *