Cara Menghapus Virus Malware di HP Android

By

cara menghapus virus malware di hp android

Di HP Android kita dapat menjalankan program yang kita inginkan, ada banyak aplikasi & game yang bisa kita unduh atau gunakan.

Namun yang menjadi masalah ketika aplikasi yang ada sudah terjangkit virus, atau bahkan aplikasi tersebut merupakan virus yang menyamar menjadi program yang kita butuhkan.

Tentu hal itu sangat berbahaya, sebab sudah kita ketahui bahwa virus sangat berbahaya baik oleh android anda ataupun anda sendiri.

Umumnya virus bersifat merusak dan mencuri data, nah keduaya sangat merugikan pastinya. Ada banyak jenis virus yaitu malware, spyware, trojan dan lain lain.

Lantas Apa itu Malware? Malware adalah sebuah program yang sengaja diciptakan untuk merusak, menggandakan, mencuri, menghapus, menyembunyikan, mengubah data.

Tak hanya itu terkadang malware sering menghabiskan bandwith dan sumber daya lain (baterai). Sehingga malware mengakibatkan perangkat android sering bermasalah, hang, fitur tidak bisa diakses, dan sebagainya.

Yang lebih berbahaya, sebab malware merupakan program yang disisipkan pada program lain.

Sehingga program lain ikut terkena malware dan malware semakin menyebar sehingga potensi kerusakan pada smartphone android cukup tinggi. Kalau sudah begitu tentu kita melakukan tidakan untuk menghentikanya.

Adapun untuk mengatasi malware di android yang susah di hapus, tak hanya butuh antivirus saja. Selain itu juga bisa membersihkan virus di android sampai bersih.

Tetapi anda perlu melakukan beberapa cara wajib sobat lakukan ketika hendak membersihkan malware di android secara total dengan ampuh tanpa tersisa.

Cara Menghapus Virus Malware di HP Android

Memang sudah banyak antivirus baik itu berbyar ataupun gratis yang cukup handal, namun belum tentu akan menghapus secara optimal. Oleh sebab itu anda harus dibarengi dengan tindakan penting seperti berikut ini.

1. Menggunakan Antivirus Terbaik

Nah langkah utama yang perlu anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus yang handal, kebanyakan dari kita jarang menghiraukan fungsi dari antivirus.

Padahal perlu sobat ketahui ancaman virus sangat berbahaya, tak kenal waktu, tak kenal siapa yang akan dituju. Virus tetaplah virus yang membahayakan perangkat anda dan data-data anda.

Baca Juga: Aplikasi Antivirus Android.

Untuk menghapus virus yang berbahaya dan sulit di hilangkan, tentunya memerlukan sebuah antivirus yang handal dan juga memiliki database pengenalan virus kemudian akan menghapus virus (malware, trojan dan sebagainya).

Kalo saya sih merekomendasikan sobat untuk menggunakan Avast Antivirus Android, saya juga pakai dan lebi ringan juga ampuh mengatasi virus.

2. Masuk ke Safe Mode

cara mengaktifkan safe mode

Kemudian langkah ke dua yang perlu sobat lakukan adalah dengan masuk ke safe mode android, cara ini cukup efektif untuk menghapus malware yang menyebabkan hp android sobat terkena malware.

  • Tekan tombol “power” untuk reboot hp android anda.
  • Kemudian tekan dan tahan tulisan “Power Off”.
  • Maka akan muncul pilihan, sobat klik “reboot to safe mode”. selanjutnya Klik OK.

Baru kemudin sobat dapat cek file mana yang dicurigai dan juga aplikasi yang sudah terkena virus. Dengan begitu cukup ampuh untuk menghapus virus yang menjangkit android sobat.

Jika ingin mematikan safe mode, bisa mengikuti cara mematikan safe mode di hp android semua merk.

3. Factory Reset

Ketika beberapa langkah diatas masih belum efektif juga untuk menghapus virus malware di hp android, maka langkah terakhir yang kami rekomendasikan adalah dengan reset hp android ke pengaturan pabrik.

Atau kalian bisa flash hp android semua merk dengan mudah dan aman. Maka penting untuk di perhatikan hal berikut:

Pastikan sudah backup data penting, dan yakin ingin melakukan langkah ini. Karena semua data akan terhapus memori internal + sistem operasi ke bawaan pabrik.

cara reset hp android
  • Langkah pertama buka pengaturan hp android.
  • Kemudian pilih setelan tambahan > cadangkan dan setel ulang.
  • Lalu tap bagian kembalikan ke setelan pabrik, tunggu prosesnya sampai selesai.

4. Cara Terhindar dari Malware

Untuk terhindar dari malware, maka sebaiknya anda tidak sembarang menginstall aplikasi. Alangkah baiknya sobat mengecek beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum menginstall software di hp android.

  • Cek Pembuatnya / Developer Aplikasi tersebut.
  • Jangan sembarang download di situs lain (selain play store) kali web ini 100% aman.
  • Hindari mengizinkan aplikasi yang bersifat meminta akses penuh.

Nah sebagai langkah antisipasi terhadap serang virus maka ketiga aspek diatas perlu sekali untuk anda simak baik baik.

Mungkin cukup sekian dulu sobat tutorial saya kali ini tentang cara menghapus virus malware di android, Jika sobat memiliki pertanyaan silahkan berikan komentar anda di kolom komentar.

Semoga tutorial yang dapat saya bagikan dapat bermanfaat untuk menghilangkan malware di hp android.


Hanif Pramono Mahasiswa Teknik Informatika yang gemar dalam dunia teknologi khususnya gadget, aplikasi dan internet.

   

  1. Avatar hidayatimur berkata:

    apakah saya di ijinkan meng copy rewriting artikel ini di blog saya?

    1. Hanif Pramono Hanif Pramono berkata:

      Silahkan mas, jangan lupa cantumkan sumber ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *