5 Cara Menghilangkan Virus Iklan di Google Chrome (Popup, Adware & Lainya)

By

cara menghapus virus iklan di google chrome

Virus dan malware memang selalu menjadi salah satu ancaman terburuk bagi para pengguna PC dan komputer. Mereka bisa melakukan berbagai hal yang sanggup membuat kinerja perangkat menjadi terganggu atau bahkan rusak. Dan apakah kalian pernah mengalami ketika berselancar dengan Chrome namun tiba-tiba muncul iklan atau dialihkan ke suatu situs tertentu? Maka mungkin saja itu adalah perbuatan virus maupun malware yang sudah menginfeksi perangkat kalian.

Kasus seperti ini memang sudah sering terjadi pada banyak pengguna PC. Apa penyebabnya? Kemungkinan karena kalian menjelajah internet secara sembarangan. Akibatnya ketika masuk ke sebuah situs berbahaya, kalian terjangkit virus yang menginfeksi khususnya pada browser chrome yang digunakan. Ini akan cukup menjengkelkan karena biasanya akan memunculkan iklan secara terus-menerus.

Selain itu kadang kala chrome juga akan terbuka sendiri dan membawa kalian ke suatu situs tertentu. Jika sudah begini, tentu kita membutuhkan solusi ampuh untuk menghilangkan virus yang menjangkit komputer kita.

 

Cara Membersihkan Virus Iklan di Chrome kena Malware, Adware

Dan berikut ini Mastekno akan memberikan beberapa tips yang akan sangat berguna untuk mengatasi chrome terkena virus maupun malware.

 

#1. Download dan Install MalwareBytes

tips menghapus virus iklan di browser chrome

Mungkin kalian sudah pernah mendengar software yang satu ini. Malwarebytes memang merupakan salah satu aplikasi pembasmi virus dan malware paling populer dan ampuh. Ia akan menscan program-program berbahaya yang ada di PC kalian serta memusnahkannya tanpa tersisa sedikitpun. Jika kalian ingin mencobanya, silahkan download dan install [DISINI].

 

#2. Download dan Install AdwCleaner

tips menghapus virus iklan di browser chromeSelain Malwarebyte, ada juga software bernama AdwCleaner. Aplikasi yang satu ini juga sangat ampuh untuk membasmi virus terutama adware yang suka memunculkan iklan-iklan aneh. Kalian tentu akan terganggu jika tiba-tiba muncul iklan tidak jelas pada PC kalian. Nah AdwCleaner akan membantu kalian untuk membasmi semua virus yang suka memunculkan iklan tersebut. Tanpa berlama-lama, mari langsung saja kita lihat [DISINI].

 

#3. Download dan Install Microsoft Security Essential

tips menghapus virus iklan di browser chromeSebagai perusahaan raksasa dibidang teknologi, Microsoft juga ikut mengembangkan software antivirus yang ampuh. Mereka selalu melakukan update pada database virus mereka sehingga tidak akan ada program jahat yang lepas. Setiap sudut dari perangkat kalian akan dijelajahi untuk memastikan bahwa tidak ada virus yang tersisa. Agar kalian bisa melihat kehebatan MSE, silahkan download dan instal [DISINI].

 

#4. Masuk ke Safe Mode

tips menghapus virus iklan di browser chromeSafe mode merupakan sebuah mode yang mana akan membuat program-program pihak ketiga tidak akan bekerja. Dengan begitu hanya program bawaan pabrik saja yang akan dapat dijalankan. Akibatnya virus dan malware yang mungkin terdapat dalam perangkat kalian juga akan tidur untuk sejenak. Dengan begitu kalian akan lebih mudah untuk mendeteksi serta menghapusnya dari dalam PC. Untuk bisa masuk ke safe mode, silahkan tekan F8 ketika komputer sedang melakukan booting. Setelah itu lakukan scanning dengan antivirus untuk menemukan dan menghapus virus yang ada.

 

#5. Install Ulang Gogle Chrome

tips menghapus virus iklan di browser chromeJika dirasa virus yang menginfeksi sudah menghilang, ada baiknya jika kalian melakukan install ulang pada chrome. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada sisa malware yang mungkin masih bersemayam disana. Dengan begitu kita bisa yakin bahwa perangkat kita 100% terbesar dari serangan virus dan malware.

 

Demikian cara menghapus virus iklan di google chrome. Semoga dengan tips diatas kalian bisa menghapus virus maupun iklan yang sering muncul pada perangkat laptop kalian. Jika masalah seperti ini tidak cepat diatasi, tentu akan mengganggu kinerja dari komputer kita sendiri. Dan bagi yang punya saran atau pertanyaan seputar artikel diatas, silahkan berkomentar dibawah.


Danang Febriyandra Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *