Cara Menghapus Aplikasi Android

By

cara menghapus aplikasi android

Nah kali ini saya akan share tutorial bagaimana cara menghapus aplikasi android. Sudah kita ketahui bahwa hp android banyak digunakan oleh berbagai kalangan, termasuk anak muda yang suka bermain game.

Aplikasi android sendiri sangat mudah di dapatkan kemudian di install di perangkat android, namun tidak sedikit dari kita yang kebingungan tentang cara menghapus software di hp android.

Jadi kali ini saya memberikan cara yang sangat mudah untuk dapat menghapus atau mencopot atau bisa juga disebut menguninstall aplikasi android tanpa harus root.

Jenis Aplikasi

Ada dua tipe aplikasi yang dapat anda hapus yaitu aplikasi bawaan dan aplikasi tambahan.

  • Aplikasi bawaan sendiri biasanya perlu aksesroot dulu jika ingin menghapus.
  • Aplikasi tambahan dapat dihapus tanpa perlu root.

Jadi kita dapat menghapus atau uninstall aplikasi dan game android dengan mudah langsung di hp android.

Perlu anda ketahui bahwa menghapus aplikasi dan game yang tidak penting atau tidak digunakan maka akan meningkatkan kinerja android menjadi lebih baik.

Pasalnya ketika game / aplikasi terlalu banyak terinstall di hp android (memori internal) maka akan memberatkan kinerja android sehingga tidak optimal. Maka pelru upaya untuk cara mengatasi android lemot.

Maka anda perlu menghapus aplikasi atau memindahkanya ke memori eksternal. Jadi ketika anda telah melakukan cara tersebut hp android menjadi lebih baik kinerjanya.

Baca Juga : Cara Menambah RAM Android.

Nah jika sudah paham dengan tujuan serta fungsi menghapus aplikasi, maka kita bisa simak cara menghapus aplikasi android dengan mudah seperti berikut.

Cara Uninstall Aplikasi Lewat Pengaturan

Secara default, fitur untuk mencopot app yang terpasang pada smartphone android pastilah disediakan di menu setting. Bagi yang belum tahu dimana serta bagaimana caranya, silahkan ikuti tutorial berikut ini.

1. Buka Setting

cara uninstall aplikasi android

Pertama, silahkan buka pengaturan pada HP android kalian masing-masing. Selanjutnya cobalah cari menu aplikasi yang ada disana.

Pada beberapa tipe smartphone mungkin agak berbeda namun kalian pasti kalian bisa menemukannya.

2. Cari Aplikasi yang Ingin Dihapus

Cari Aplikasi yang Ingin Dihapus

Setelah ketemu, kalian akan melihat daftar app yang terinstall pada perangkat android tersebut. Silahkan cari mana yang sekiranya sudah tidak dibutuhkan dan ingin dicopot pemasangannya.

3. Uninstall Aplikasi

Uninstall Aplikasi

Selanjutnya, kalian akan menemukan opsi uninstall yang ada disana. Langsung saja tap pada tombol tersebut untuk memulai proses penghapusan aplikasi.

4. Lakukan Konfirmasi

Lakukan Konfirmasi

Perangkat akan meminta konfirmasi kalian sebelum melakukan eksekusi penguninstallan pada app tersebut. Hal ini untuk mencegah adanya aksi pencopotan yang tidak disengaja. Jika kalian sudah yakin, langsung saja klik OK.

5. Proses Penghapusan Aplikasi

Terakhir kita tinggal menunggu perangkat melakukan proses penghapusan terhadap aplikasi tersebut. Tunggu saja hingga selesai dan setelah itu lakukan pengecekan apakah aplikasi sudah berhasil diuninstall atau belum.

Cara Uninstall Aplikasi Lewat Playstore

Selain melalui pengaturan, kalian juga bisa mengunsintall app langsung dari playstore. Caranya juga sangat mudah dan tidak perlu tersambung ke jaringan internet, langsung saja ikuti panduan berikut ini :

1. Buka Playstore

cara menghapus aplikasi android

Kita mulai dengan membuka playstore yang ada pada perangkat android kalian masing-masing. Setelah itu, tap pada opsi menu dengan ikon garis tiga di bagian pojok kiri atas.

2. Buka Daftar Aplikasi

Buka Daftar Aplikasi

Pada bagian menu, kalian akan melihat opsi Aplikasi dan Game Saya. Tap pada opsi tersebut untuk melihat apa saja app yang ada di smartphone kalian.

3. Cari App yang Akan Dihapus

mencari aplikasi yang ingin dihapus

Selanjutnya, pada daftar aplikasi silahkan scroll untuk melihat-lihat mana yang sekiranya sudah tidak dibutuhkan lagi. Langsung saja tap pada nama app yang tidak terlalu penting.

4. Lakukan Uninstall

uninstall aplikasi android lewat playstore

Setelah diklik, kalian akan melihat tombol bertuliskan uninstall. Klaian bisa tap pada tombol tersebut jika yakin ingin menghapus aplikasinya.

5. Konfirmasi Pencopotan

konfirmasi uninstall aplikasi

Sebelum perangkat memulai proses uninstall, mereka akan meminta konfirmasi kepada kalian terlebih dahulu. Sebelum menekan tombol OK, pastikan kalian sudah yakin dengan langkah tersebut.

6. Proses Penghapusan App

Jika sudah dikonfirmasi, maka proses uninstall aplikasi akan segera dijalankan. Kita tinggal menunggu saja hingga selesai dan aplikasi terhapus sepenuhnya.

Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi di Laptop.

Cara Mencopot Aplikasi Melalui Menu

Cara yang ketiga ini mungkin tidak banyak diketahui oleh orang-orang. Namun cara ini jugalah yang terbilang lebih simple dan sederhana daripada yang sebelumnya. Ingin tahu bagaimana? Langsung saja cek tutorial di bawah ini.

1. Buka Menu Pada Android

cara uninstall aplikasi android lewat menu

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan membuka menu pada HP android masing-masing.

Kalian pasti sudah tahu caranya kan? Biasanya ada tombol menu khusus atau bisa juga dengan langsung swipe up.

2. Cari Aplikasi yang Akan Diuninstall

Setelah menu terbuka, kalian akan melihat aplikasi apa saja yang terpasang pada perangkat tersebut. Scroll untuk menemukan mana app yang ingin dihapus.

3. Uninstall Aplikasi

Uninstall Aplikasi

Apabila sudah ditentukan, silahkan tap pada ikon aplikasi tersebut dan tahan lalu sedikit geser hingga ikonnya berpindah. Biasanya akan muncul opsi uninstall atau hapus di bagian atas/bawah layar. Tetap tahan dan seret ikon aplikasi ke menu tersebut, kemudian lepaskan

4. Konfirmasi Penghapusan

Terakhir tinggal melakukan konfirmasi pencopotan aplikasi sebelum prosesnya dimulai. Silahkan klik OK untuk memulai prosesnya, dan tinggal tunggu hingga app diuninstall dari perangkat.

Cara Menghapus Aplikasi / Game Android

Kita dapat menghapus aplikasi yang ada dengan menggunakan settingan langsung dari hp android yang anda pakai, adapun caranya seperti yang satu ini.

1. Langkah pertama anda perlu masuk ke menu Setting.

cara menghapus aplikasi android

2. Kemudian masuk ke APL / Aplikasi.

3. Lalu pilih aplikasi mana yang mau di hapus.

cara uninstall aplikasi android

4. Maka akan ada menu pilihan menghapusan dan uninstall aplikasi, anda pilih Uninstall Perangkat.

5. Tunggu proses uninstall penghapusan aplikasi dan maka akan aplikasi akan terhapus dari ponsel anda.

Kesimpulan

Ada banyak aplikasi yang bisa terinstal di hp android, terkadang menginstall banyak aplikasi bisa membuat hp lemot. Maka perlu kalian coba aplikasi mempercepat android.

Salah satu bentuk upaya yaitu dengan menghapus aplikasi atau game yang sudah tidak dimainkan lagi. Cara ini terbukti ampuh untuk sedikit mengoptimalkan performa lagi.

Cukup mudah kan sob cara menghapus aplikasi android, jika masih kebingungan atau ada hal yang ingin anda tanyakan sob.

Maka bisa berikan komentar anda melalui kolom komentar dibawah, jangan lupa ikuti tutorial lainya untuk menambah pengetahuan seputar teknologi.


Hanif Pramono Mahasiswa Teknik Informatika yang gemar dalam dunia teknologi khususnya gadget, aplikasi dan internet.