Cara Menggunakan Whatsapp Web

By Hanif Pramono -

Bagi kalian yang mungkin sedang sibuk dengan pc kalian dan mungkin kalian membutuhkan chat whatsapp dengan teman kalian maka kalian bisa menggunakan whatsapp di pc kalian. Maka kalian bisa mendapatkan semua aktivitas kalian dengan mudah dalam satu pc.

Ada dua cara mengakses dan menggunakan whatsapp di pc yaitu dengan menggunakan aplikasi whatsapp di pc dan yang tidak menggunakan aplikasi (menggunakan situs website).

Kalian bisa memilih salah satunya, dan silahkan menikmati aktivitas kalian dengan nyaman di pc kalian tanpa harus bolak – balik membuka smartphone kalian untuk chat whatsapp dengan teman kalian.

Cara menggunakan whatsapp web bisa menjadi alternatif bagi kalian yang lebih suka mengetik menggunakan pc dari pada mengetik di smartphone. Di bawah ini saya akan menjelaskan hal yang harus kalian persiapkan dan langkah- langkah untuk mengakses ataupun cara menggunakan whatsapp web di pc.

Apa Itu WhatsApp Web

cara install whatsapp web

Whatsapp web adalah aplikasi turunan dari whatsapp yang memperbolehkan pengguna menggunakan whatsapp di perangkat komputer atau laptop dengan browser seperti Mozilla firefox, google chrome, dan masih banyak lagi lainnya.

Yang harus kalian tahu, bahwa whatsapp web bukan sebuah aplikasi ya melainkan hanya sebuah ekstensi dari aplikasi utama yang bisa digunakan di perangkat pc laptop dan tetap mendapat bantuan atau dukungan dari whatsapp yang terpasa di hp.

Ini berarti jika kita ingin menggunakan whatsapp web browser maka secara otomatis kita juga harus menghidupkan whatsapp yang ada di smartphone dan harus dilakukan bersama – sama.

Baca Juga: Cara Memindahkan Akun WhatsApp.

Syarat Menggunakan WA Web

Sebelum membahas langkah- langkahnya, saya akan menjelaskan tentang hal yang harus dipersiapkan sebelum menjalankan langkah- langkahnya. Hal tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Kalian memang sudah mempunyai akun whatsapp yang sudah terdaftar dan login di smartphone kalian masing- masing.
  2. Menggunakan aplikasi whatsapp terkini atau terbaru. Minimal dengan versi 2.11.500, maka bagi kalian yang menginginkan yang terbaik kalian harus menggunakan versi whatsapp terbaru.
  3. Kalian menggunakan Google Chrome dengan versi terbaru. Kenapa? karena hanya support di Browser Google Chrome kalian bisa mengaksesnya. Jika kalian menggunakan yang lain misalnya safari, firefox maupun browser bawaan windows internet explore maka kalian tidak bisa mengakses whatsapp di pc kalian.
  4. Kalian memiliki koneksi di smartphone dan pc kalian yang cukup mumpuni yang digunakan untuk mempercepat proses yang sedang berjalan. Dan juga direkomendasikan dengan menggunakan wifi agar kalian bisa menghemat mobile data kalian.
  5. Ini direkomendasikan agar kalian menggunakan laptop pribadi maupun komputer pribadi.

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Nah, sekarang kita bahas langkah- langkah mengakses dan menggunakan whatsapp di pc. Langkah- langkah yang harus kalian lakukan yaitu :

1. Buka Whatsapp Web

Silahkan kalian membuka situs website Whatsapp dan silahkan tunggu loading beberapa saat hingga situs website tersebut berubah tampilan QR CODE untuk kalian masuk ke akun whatsapp kalian. Di bawah ini adalah contoh QR CODE.

cara menginstall dan menggunakan whatsapp di pc 1

2. Buka Menu

Kemudian, silahkan kalian masuk ke halaman whatsapp kalian yang ada di hp. Lalu coba kalian pilih menu bertanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas dan kalian pilih whatsapp web.

3. Lakukan Scan

Lalu scan nya sangat mudah, kalian hanya cukup menggerakkan kamera smartphone kalian untuk membaca QR CODE yang ada di layar browser pc kalian. Setelah smartphone kalian bisa membaca code tersebut maka secara otomatis kalian akan masuk whatsapp kalian di pc kalian.

cara menginstall dan menggunakan whatsapp di pc 2

4. Berhasil Membuka di Browser

Terakhir, kalian sudah secara otomatis masuk whatsapp kalian di pc. Kalian bisa membalas chat, mengirim pesan suara, memperlihatkan lokasi kalian, mengirim gambar, mengirim video dan lainnya.

Whatsapp di pc juga sama seperti whatsapp di smartphone. Berikut ini contoh tampilan chat whatsapp di pc :

cara menginstall dan menggunakan whatsapp di pc 4

Syarat dan Ketentuan Aplikasi WA Web

Simak langkah- langkahnya dan hal yang harus kalian persiapkan dibawah ini :

  1. Kalian memang sudah mempunyai akun whatsapp yang telah terdaftar dan login di smartphone kalian. Jika belum maka kalian bisa menginstallnya dan mendaftarkan di aplikasi smartphone kalian.
  2. Kalian juga harus menggunakan aplikasi whatsapp yang terbaru dengan versi  minimal 2.11.500.
  3. Untuk masalah penggunaan windows yang harus kalian gunakan adalah windows 8, windows 8.1 atau windows 10.
  4. Bagi kalian yang menginginkan agar proses dan menghemat data kalian maka kami merekomendasikan kalian untuk menggunakan wifi jika memang ada karena kalian membutuhkan koneksi di smartphone dan pc yang mumpuni.
  5. Selain itu kami juga merekomendasikan agar kalian menggunakan pc pribadi kalian.

Baca Juga: Cara Backup WhatsApp.

Selanjutnya saya akan menjelaskan langkah-langkahnya, simak baik- baik ya agar kalian bisa mencobanya. Langkah- langkah cara menginstall whatsapp web di laptop pc :

Cara Menggunakan Whatsapp Web dengan Aplikasi

Cara yang di atas merupakan cara menggunakan dan mengakses whatsapp melalui web, sekarang saya akan menjelaskan cara lain dengan menggunakan aplikasi.

1. Update Whatsapp Web

Bagi kalian yang belum memiliki aplikasi atau masih menggunakan versi lama maka silahkan kalian menginstall atau mengupdate aplikasi whatsapp kalian ke versi terbaru melalui google play store yang ada di smartphone kalian.

Baca Juga: Cara Update WhatsApp.

2. Download dan Install Aplikasi

Selanjutnya, kalian juga perlu mendownload aplikasi whatsapp di pc kalian. Setelah selesai mendownload kalian langsung saja install aplikasi tersebut dan apabila muncul peringatan keamanan maka kalian pilih “run”.

Nah, setelah itu aplikasi whatsapp yang ada di pc kalian akan otomatis membuka setelah di install. Di bawah ini contoh gambar proses installnya :

3. Mulai Scan

Jika aplikasi whatsapp di pc kalian sudah terbuka dan secara otomatis akan muncul QR CODE untuk kalian scan di smartphone kalian seperti gambar di bawah ini :

cara menginstall dan menggunakan whatsapp di pc 6

4. Membuka Pemindai QR

Selanjutnya, kalian buka aplikasi whatsapp di hp android. Dan kalian pastinya sudah tidak asing dengan tombol titik tiga yang berada di pojok kanan atas bukan.

Nah, kalian klik tombol tersebut lalu kalian pilih whatsapp web. Secara otomatis kamera di smartphone kalian akan membaca QR CODE yang ada di layar pc kalian jika kalian mengarahkan kamera tersebut ke code yang ada di layar kalian.

cara menginstall dan menggunakan whatsapp di pc 3

5. Berhasil Menampilkan

Nah sekarang kalian sudah bisa menggunakan whatsapp di pc kalian. Kalian bisa chat dengan teman whatsapp kalian jika suatu saat kalian sedang melakukan aktivitas di pc kalian. Di bawah ini adalah salah satu contoh chat whatsapp di pc :

cara menginstall dan menggunakan whatsapp di pc 7

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan tentang cara menggunakan whatsapp web di pc laptop, saya sudah menjelaskan dua cara sederhana dengan menggunakan situs web dan aplikasi. Silahkan kalian coba dan pilih sesuka kalian.

Cara Menggunakan Whatsapp Web di HP

Selain menggunakan whatsapp web, kita juga bisa menggunakan wa web di hp androd. Jadi kita tidak perlu memerlukan laptop pc untuk membuka whatsapp web. Lebih jelasnya bisa langsung simak cara install whatsapp web di hp android untuk menggunakan wa web di hp.

1. Install Aplikasi

cara menggunakan whatsapp web

Langkah pertama yang perlu di lakukan adalah dengan download dan install aplikasi tambahan, disini saya merekomendasikan aplikasi CloneApp Messenger.

2. Buka Aplikasi

cara menggunakan wa web di hp android

Selanjutnya buka aplikasi cloneapp dan buka juga whatsapp yang anda pakai, lalu di aplikasi cloneapp akan muncul menu. Pilih CloneApp Messenger, maka akan muncul barcode.

3. Scan Barcode

Lalu scan barcode / qr code whatsapp web di hp android ke hp yang memakai whatsapp. Tunggu prosesnya sampai selesai, jika berhasil maka akan muncul seperti gambar diatas.

Cara Logout WhatsApp Web di Android

Pada kesempatan kali ini mastekno akan memberikan tutorial cara logout whatsapp web dari android supaya tidak disalah gunakan oleh orang lain. Langsung saja, silahkan simak tutorial berikut ini.

cara logout whatsapp web di android
  1. Pertama, silahkan buka aplikasi whatsapp di HP kamu. Kemudian silahkan klik tanda titik tiga yang ada di sebelah kanan atas. Kemudian pilih menu “WhatsApp Web”.
  2. Setelah itu kamu akan melihat daftar komputer yang kamu pakai untuk login ke whatsapp web dari akun whatsapp kamu. Untuk keluar atau logout dari whatsapp web tersebut, silahkan klik “Keluar dari semua perangkat”.
  3. Kemudian kamu klik tombol tersebut, maka otomatis semua whatsapp web dari perangkat baik itu laptop atau pc yang pernah kamu gunakan akan keluar atau logout. Sangat mudah kan.

Cara Logout WA Web di Komputer & Laptop

Untuk cara yang kedua bisa kamu coba apabila sedang menggunakan whatsapp web, untuk panduan cara logout wa web sebagai berikut.

cara keluar wa web
  1. Langkah pertama buka wa web
  2. Selanjutnya klik icon menu / titik tiga.
  3. Lalu klik logout

Nah, itulah tutorial singkat yang bisa mastekno sampaikan kepada kamu mengenai cara logout whatsapp web di hp android termudah dan berhasil.

Cara logout dari whatsapp sangatlah mudah dan simpel, tidak memerlukan waktu lama untuk melakukannya. Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara logout dari whatsapp web yang baik dan benar supaya tidak di sadap.

Fungsi WhatsApp Web

fungsi wa web

WhatsApp web adalah fitur Wa yang memungkinkan para pemakainya untuk bisa melakukan penyesuaian atau sinkronisasi antara HP dengan Laptop atau Komputer, lewat Browser seperti Chrome. Jadi kalian bisa mengakses obrolan WhatsApp di Laptop atau Komputer kalian.

Fitur ini sangatlah membantu para pengguna WhatsApp, terlebih lagi untuk mereka yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk menggunakan komputer atau laptop. Namun belum banyak orang yang tahu fungsi akan WA Web ini.

Alasan kenapa fitur WA Web ini masih jarang digunakan adalah karena banyak orang yang lebih memilih menggunakan HP dalam waktu yang lama dibandingkan menggunakan komputer atau Laptop, khususnya di negara Indonesia kita ini.

Namun untuk sebagian orang, WA Web ini sudah menjadi fitur yang sangat berguna untuk keperluan sehari-hari. Karena dengan fitur WA Web ini kita bisa membuat waktu kita jadi lebih efisien apabila kita lebih aktif dalam menggunakan komputer atau laptop.

Saya sendiri tiap harinya menggunakan fitur ini ketika membuka Laptop untuk bekerja, karena itulah fitur WA Web ini sangat berguna. Kita jadi tidak perlu membuka HP untuk membalas pesan WA yang masuk ke nomor kita.

Kelebihan WhatsApp Web

Fitur WhatsApp Web ini tentu mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan jika kita menggunakan aplikasi aslinya lewat HP, nah berikut ini adalah beberapa kelebihan WA Web dan penjelasan singkatnya, yaitu:

Hemat Waktu. Bagi kalian yang bekerja lebih banyak di depan komputer, contohnya seperti membuat dokumen, laporan, mengetik, dan sebagainya, WA Web ini sangat membantu aktivitas kalian dan menghemat waktu karena tidak perlu membuka HP lagi saat ingin kirim dokumen, dsb.

Mengetik Lebih Cepat. Mengetik dengan menggunakan keyboard di PC / Laptop lebih cepat dan mudah jika dibandingkan dengan ketika kita mengetik di HP yang sering salah ketik atau typo. Karena itulah mengetik pesan di WA Web lebih cepat dan menghemat waktu.

Penggunaan Ringan. WA Web merupakan aplikasi yang berbasis situs, jadi kita bisa membuka aplikasi tersebut lewat web browser yang biasa kita pakai, oleh karena itulah aplikasi ini ringan dan juga hemat kuota.

Mengirim File Langsung dari Komputer. WA Web ini bisa diakses lewat komputer atau laptop, jadi kalian bisa mengirimkan dokumen atau file tertentu langsung dari laptop kalian lewat WA Web tanpa harus memakai Email dan sejenisnya. Kalian bisa mengirim file gambar, video, audio, dan sebagainya.

Kekurangan WhatsApp Web

Selain mempunyai kelebihan, tentunya WhatsApp Web ini juga mempunyai kekurangan. Ada beberapa kekurangan yang dimiliki fitur WA Web ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bergantung dengan HP. Meski WA Web ini dibuka lewat laptop atau komputer, WA Web ini tidak bisa berjalan dengan sendirinya. Fitur ini akan terus terhubung dengan HP kalian, yang artinya jika WA Web memerlukan aplikasi WA dan koneksi internet di HP kalian.
  • Tetap Menguras Baterai HP. Karena WA Web ini membutuhkan HP, aplikasi WhatsApp yang ada di HP akan terus berjalan selama kalian mengakses WA Web tersebut. Jadi fitur ini akan terus memakan baterai HP kalian selama digunakan.
  • Jaringan Internet Harus Stabil. Ketika menggunakan fitur yang satu ini, kalian harus mempunyai koneksi internet yang stabil baik itu di PC atau di HP kalian. jika salah satu perangkat koneksinya tidak stabil maka akan gagal terhubung atau terkoneksi.
  • Tidak Bisa Melakukan Panggilan. Sampai saat ini WhatsApp Web masih belum memiliki fitur untuk melakukan panggilan, baik itu untuk panggilan suara ataupun panggilan video.

FAQ

Jadi intinya supaya WhatsApp PC ini bisa dijalankan di PC/Laptop Windows 7. Meskipun terlihat simple namun cara ini jarang sekali terpikirkan oleh orang-orang karena Laptop kita sudah menggunakan Windows 7.

Solusi Whatsapp Blank Putih?

Jika kalian sudah terlanjur menginstall aplikasi WhatsApp di PC/Laptop Windows 7 tanpa menggunakan cara di atas maka kalian tidak perlu khawatir. Ada dua cara yang bisa kalian gunakan, berikut adalah caranya.
1. Pertama adalah dengan cara uninstall dan install kembali aplikasi WhatsApp dengan menggunakan cara yang sama seperti di atas.
2. Kedua, jika kalian tidak ingin ribet maka kalian bisa melakukannya tanpa uninstall aplikasi. Jadi silahkan kalian buka file WhatsApp.exe yang sudah terpasang di PC/Laptop kalian.
3. Caranya masuk ke menu Start dan cari aplikasi WhatsApp kemudian klik kanan dan pilih Properties. Sama seperti langkah pada cara install sebelumnya, masuk ke menu Compability dan ubah menjadi Windows Vista. Setelah itu jalankan kembali aplikasi WhatsApp di PC/Laptop kalian.

Tiba-Tiba Jadi Blank Putih?

Ini adalah salah satu kekurangan dari menginstall WhatsApp di Windows 7, ketika ada update biasanya tidak akan bisa dilakukan karena versi yang terpasang di Windows berbeda (bukan yang terbaru). Karena itulah WhatsApp ini tidak bisa dibuka di PC dan hanya menampilkan kotak putih kosong.
Solusi: Download kembali WhatsApp dari situs resminya, kemudian uninstall aplikasi WhatsApp lawas yang ada di PC dan install kembali aplikasi WhatsApp yang baru dari situs resminya menggunakan cara yang sama seperti sebelumnya.

Permasalahan Lain yang Muncul dan Solusi

Jika kalian telah menggunakan semua cara di atas namun tetap tidak berhasil maka solusi terakhir yang bisa kalian gunakan adalah dengan menggunakan WhatsApp Web.

Kesimpulan

Menggunkan WhatsApp di komputer atau laptop cukup membantu bagi pengguna WhatsApp yang tidak ingin ribet saat sedang menggunakan laptop dan ingin chatting dengan orang lain.

Apalagi bagi anda yang melakukan bisnis lewat chatting grup. Hal tersebut akan jauh lebih mudah dan leluasa dengan menggunakan WhatsApp di laptop.

Bagaimana sob, mudah buka cara membuka WhatsApp di komputer atau laptop. Namun perlu anda ingat, walaupun bisa menggunakan aplikasi WhatApp di laptop atau komputer anda juga harus mempunyai akun yang ada di hp android.

Baca Juga: Cara Mengatasi WhatsApp Kadaluarsa.

Artinya, hal tersebut tidak dapat berjalan sendiri karena saling membutuhkan. Selain itu, fitur mention di WhatsApp web juga tidak berfungsi. Untuk kekurangan lainnya anda bisa cari tahu sendiri.

Semoga penjelasan saya kali ini tentang cara install dan menggunakan whatsapp web di laptop pc dan hp android bisa kalian ikuti, dan bagi kalian yang memerlukan penjelasan lebih lanjut kalian bisa bertanya kembali kepada kami.

Hanif Pramono
Hanif Pramono
Mahasiswa Teknik Informatika yang gemar dalam dunia teknologi khususnya gadget, aplikasi dan internet.

Artikel Terkait

Cara Membuat Fake Chat WhatsApp
Cara Membuat Fake Chat WhatsApp
Oleh Ayu Musfiroh
Cara Menyembunyikan Status WhatsApp
Cara Menyembunyikan Status WhatsApp
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menyadap WhatsApp Pacar
Cara Menyadap WhatsApp Pacar
Oleh Hanif Pramono
WhatsApp Tidak Bisa Video Call
WhatsApp Tidak Bisa Video Call
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Menghilangkan Notifikasi WhatsApp Web
Cara Menghilangkan Notifikasi WhatsApp Web
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Aplikasi Sadap WhatsApp
Aplikasi Sadap WhatsApp
Oleh Dimas Bimantoro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *