Cara Menggunakan Google Drive

By Adi Catur Pamungkas-

Google Drive merupakan salah satu penyedia layanan cloud storage atau penyimpanan berbasis online.

Dengan menggunakan layanan Google Drive makan kita dapat menyimpan data dalam bentuk digital seperti foto, video, audio, dokumen, dan lain sebagainya. Ruang penyimpanan yang diberikan oleh Google Drive juga cukup besar yaitu 15 GB secara gratis.

Selain itu kita juga dapat mengakses data yang kita simpan pada Google Drive dari mana saja dan kapan saja.

Kita juga dapat mengakses Google Drive menggunakan perangkat apa saja baik itu ponsel, komputer, laptop selagi perangkat tersebut terhubung dengan internet.

Supaya kamu dapat menggunakan layanan dari Google Drive , syarat utamanya yaitu memiliki akun Google Mail atau Gmail.

Cara Menggunakan Google Drive

Dengan memiliki akun Google Mail tersebut, maka kamu dapat menggunakan berbagai layanan yang di sediakan oleh google. Terdapat 2 cara yang dapat kamu gunakan untuk mengakses Google Drive dari PC atau laptop.

Yaitu kamu dapat menggunakan aplikasi penjelajah internet atau web browser dan menggunakan aplikasi Google Drive itu sendiri.

1. Cara Upload File Google Drive

Jika kamu menggunakan aplikasi penjelajah internet atau web browser Chrome, maka Google Drive sudah terintegrasi dengan browser tersebut.

Jika kamu sudah menggunakan browser Chrome, silahkan kamu klik ikon Google Apps yang terletak di bagian pojok kanan atas. Di dalam menu Google Apps tersebut terdapat banyak sekali aplikasi dari google, salah satunya yaitu Google Drive.

Namun jika kamu menggunakan browser lain selain Chrome, kamu dapat menuliskan alamat https://drive.google.com/drive/ pada address bar pada browser yang kamu gunakan.

Baca Juga: Cara Upload File di Google Drive.

Setelah itu kamu akan disuruh untuk masuk akun google yang kamu miliki supaya dapat menikmati layanan dari Google Drive ini.

2. Cara Upload Google Drive dengan Aplikasi

upload file ke google drive

Adanya aplikasi Google Drive ini bertujuan untuk mensingkronkan antara PC dengan penyimpanan di Google Drive. Kamu dapat mendapatkan aplikasi Google Drive di https://drive.google.com/drive/download/.

Jika kamu sudah menginstal aplikasi Google Drive pada PC atau laptop yang kamu gunakan, maka sekarang kamu tidak perlu lagi mengakses Google Drive melalui web browser.

Karena Google Drive akan secara otomatis muncul pada Windows Explorer atau tempat penyimpanan di komputer atau laptop yang kamu gunakan. Dengan begitu jika kamu ingin mengakses data yang tersimpan di Google Drive, maka cukup mengakses melalui Windows Explorer saja.

Namun untuk menjalankan aplikasi yang terdapat pada Google Apps tetap harus menggunakan web browser, karena aplikasi tersebut berbasis web browser dan tidak terinstall pada PC atau Laptop.

Jika kamu membuka halaman Google Drive pada web browser di PC atau laptop yang kamu gunakan, maka kamu akan melihat halaman yang berisikan berbagai menu yang terletak di bagian panel sebelah kiri seperti gambar berikut ini untuk cara menggunakan google drive mudah.

3. Cara Upload File & Folder di Google Drive

Sebelum mengupload file, alangkah lebih baiknya kamu membuat folder terlebih dahulu sesuai dengan jenis atau kategori file yang ingin kamu upload.

Hal tersebut agar file atau folder yang kamu upload tersebut tidak berserakan di halaman utama.

Namun jika tidak, file tersebut nantinya akan di upload ke dalam My Drive secara default dan nantinya kamu akan bingung ketika mencari file pada saat dibutuhkan.

1. Untuk membuat sebuah folder barut silahkan kamu klik + Baru> Folder.

2. Kemudian berilah nama pada folder yang kamu buat tersebut, klik folder tersebut untuk masuk ke halaman folder yang telah kamu buat.

3. Di dalam folder tersebut, klik + Baru atau klik Kanan >Upload File > Pilih File yang ingin kamu upload dari PC atau laptop kamu.

upload file di google drive

4. Namun jika kamu ingin mengupload folder, klik Baru atau klik Kanan > Upload Folder > pilih folder yang ingin kamu upload dari PC atau laptop kamu.

4. Cara Download File atau Folder Di Google Drive

Selain kita dapat mengupload file maupun folder ke Google Drive, kita juga dapat mendownload file maupun folder yang telah kita upload tersebut.

Caranya yaitu klik kanan pada file atau folder yang ingin kamu download, kemudian klik Download lokasinya di pojok kanan atas.

Cara Menyimpan Foto ke Google Drive

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, dan kita akan membahas secara lengkap untuk upload fot oke gogole drive sebagai berikut.

1. Upload Foto ke Google Drive

  1. Langkah pertama silahkan kalian buka Gallery dengan foto yang akan kalian simpan di google drive, disini Mas Tekno menggunakan galllery google foto.
  2. Lalu cari dan pilih foto mana yang akan di upload atau disimpan kedalam akun google drive sobat, sobat juga bisa menyimpannya tidak satu persatu tetapi langsung banyak foto, caranya adalah dengan memilih beberapa foto yang akan di upload ke google drive.
  3. Setelah ketemu dan sobat pilih, maka di dalam gallery kalian akan ada tombol untuk berbagi saat seperti akan mengirim foto, nah silahkan kalian klik tombol atau tulisan berbagi tersebut (setiap gallery bisa berbeda).
  4. Setelah itu maka akan muncuk banyak pilihan silahkan kalian cari Simpan ke Google Drive, biasanya ada di bagian bawah, silahkan geser ke bawah.
  5. Kemudian setelah kalian pilih Simpan ke Drive, maka akan muncul judul dokumen yang akan kita simpan ke dalam google drive, akun email yang di gunakan pada google drive, dan folder mana yang akan digunakan di dalam google drive untuk menyimpan foto kita.
  6. Isi data data tersebut sesuai dengan milik kalian sobat, gambar dibawah ini contoh ketika Mas Tekno akan menyimpan foto ke Google Drive secara manual.
cara manual simpan foto ke google drive

Klik Simpan, foto kalian berhasil di simpan di Google Drive, kalian bisa cek utnuk memastikan terlebih dahulu melalui akun google drive kalian apakah benar foto sudah terupload atau belum.

2. Cara Backup Foto ke Google Drive

Selanjutnya untuk langkah pertama cara simpan foto di google drive secara otomatis setau kami hanya baru bisa dilakukan dengan Gallery Google Photo (jika sobat mengetahui aplikasi lain bisa tambahkan di komentar ya sobat)

Jika kalian belum punya google photo kalian bisa mengunduhnya di Play Store. Setelah itu silahkan kalian buka aplikasi gallery google photo.

  1. Jika baru pertama kali membuka aplikasi gallery google photo maka akan muncul Slider backup dan sinkronasi ini lebih mudah tinggal kalian aktifkan saja dan pilih email mana yang akan digunakan, lalu klik selesai.
  2. Jika yang seperti ini cukup langkah selanjutnya tidak usah dibaca karena sudah selesai, untuk yang sudah sering membuka gallery google photo silahkan baca langkah selanjutnya ya sobat
  3. Lalu membuka foto dengan google photo, maka di halaman depan jika simpan foto otomatis ke google drive/backup foto otomatis ke google drive belum aktif maka akan ada logo awan dengan garis silang satu di pojok kanan atas, silahkan kalian klik logo tersebut. Lihat gambar dibawah ini.
cara simpan foto otomatis ke google drive

Langkah berikutnya setelah kalian mengaktifkan logo awan maka akan muncul tampilan slider seperti gambar dibawah ini, kalian klik saja selesai.

Baca Juga: Cara Backup Foto dan Video di Google Drive.

Aplikasi Google Office Di Google Drive

Selain menyediakan layanan penyimpanan berbasis cloud storage, Google Drive juga menyediakan aplikasi Google Office. Diantaranya yaitu Google Docs yang merupakan aplikasi pengolah kata atau word processing yang mirip dengan Microsoft Word.

Google Sheet yang merupakan aplikasi spreadsheet yang memiliki kemiripan seperti dengan Microsoft Excel. Dan Google Slide yang merupakan aplikasi untuk presentasi yang memiliki kemiripan dengan Microsoft PowerPoint.

Jadi jika kamu bisa menggunakan aplikasi dari Microsoft Office, tentunya kamu tidak akan mengalami kesulitan apabila menggunakan aplikasi dari Google Office ini.

Namun perlu kamu ingat bahwa hasil dokumen dari google office (Docs, Sheet, Slides) tidak dapat langsung terbaca oleh aplikasi Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint).

Untuk hal ini, maka kamu harus download terlebih dahulu dokumen dari Google Office ke PC atau laptop yang kamu gunakan dalam format Microsoft Office (convert / export). untuk cara export file dari Google Docs ke format Microsoft Office sangatlah mudah. Simak caranya berikut ini.

Export file Google Sheet ke bentuk Microsoft Office dengan cara masuk ke tab File > Download sebagai > Microsoft Word (.docx)

cara mengakses dan menggunakan google drive

Export file Google Sheet ke bentuk Microsoft Office dengan cara masuk ke tab File > Download sebagai > Microsoft Excel (.xlsx)

cara mengakses dan menggunakan google drive

Export file Google Sheet ke bentuk Microsoft Office dengan cara masuk ke tab File > Download sebagai > Microsoft PowerPoint (.pptx)

cara mengakses dan menggunakan google drive

Selain itu Google Drive juga menyediakan aplikasi lainnya seperti google forms yang sering digunakan untuk survey online.

Aplikasi Google Drawing yang dapat digunakan untuk menggambar seperti Microsoft Paint. Aplikasi Google My Maps untuk menampilkan peta. Dan Aplikasi Google Site untuk membuat website.

Aplikasi Pihak Ketiga Dari Google Drive

Selain aplikasi yang disediakan oleh Google Drive, pihak Google Drive juga menyediakan pilihan aplikasi dari pihak ketiga.

Terdapat banyak sekali aplikasi dari pihak ketiga ini. Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk bisnis, entertainment, bahkan untuk bermain game. Kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan cara berikut ini.

cara mengakses dan menggunakan google drive

1. Klik +Baru > Lainnya > + Hubungkan aplikasi lainnya

2. Kemudian pada daftar aplikasi, pilihlah aplikasi yang kamu inginkan, lalu klik + Hubungkan. Maka akan muncul pop up yang memberikan notifikasi bahwa aplikasi tersebut sudah terkoneksi dengan akun Google Drive kamu.

cara mengakses dan menggunakan google drive

3. Jika berhasil maka aplikasi tersebut akan masuk dalam daftar menu aplikasi Google Drive. Untuk menggunakannya kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik +Baru> Lainnya > klik aplikasi yang tadi kita pilih.
cara mengakses dan menggunakan google drive

Namun jika kamu ingin menghapus koleksi aplikasi tersebut dengan akun Google Drive yang kamu miliki kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Klik menu Setelan Google Drive yang terletak di bagian pojok kanan atas dengan ikon roda bergerigi.
  2. Kemudian klik Kelola Aplikasi yang terletak di panel sebelah kiri.
  3. Selanjutnya klik Opsi yang terletak di sebelah kanan aplikasi yang ingin kamu putus atau hapus dari Google Drive.
  4. Berikut yang klik Putuskan dari Drive
  5. Terakhir klik Selesai.
cara mengakses dan menggunakan google drive

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak lagi fitur-fitur yang dapat kamu gunakan pada Google Drive. Namun jika semuanya diulas pada artikel ini tentunya akan sangat panjang dan membosankan.

Jadi itulah artikel dari mastekno mengenai cara menggunakan google drive pada PC atau laptop dengan mudah. Sekian dari mastekno semoga dapat bermanfaat.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Mengecilkan Ukuran PDF dengan Tools Online
Cara Mengecilkan Ukuran PDF dengan Tools Online
Oleh Hanif Pramono
Situs Download E-Book
Situs Download E-Book
Oleh Dimas Bimantoro
Cara Backup Foto ke Google Drive
Cara Backup Foto ke Google Drive
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Download File di Mega
Cara Download File di Mega
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Menghapus History Browser
Cara Menghapus History Browser
Oleh Hanif Pramono
Cara Bobol WiFi
Cara Bobol WiFi
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *