Cara Menggabungkan Video Online

By Adi Catur Pamungkas -

Menggabungan video merupakan salah satu teknik dasar yang harus kalian kuasai dalam dunia editing. Karena teknik menggabungkan 2 video atau lebih sangat sering digunakan ketika mengedit video.

Meskipun menggabungkan video ini merupakan teknik dasar, namun di beberapa aplikasi editing yang digunakan orang-orang pro, kebanyakan memiliki tampilan yang rumit untuk digunakan para pemula.

Cara Menggabungkan Video Secara Online

Karena itulah kalian yang masih baru dalam dunia editing, bisa menggunakan situs atau website berikut ini untuk menggabungkan video secara online.

Cara menggabungkan video berikut ini tidak memerlukan aplikasi, hanya butuh browser dan koneksi internet.

Menggunakan Aconvert

Aconvert ini merupakan sebuah situs edit video online dengan fitur-fitur yang cukup lengkap. Di situs ini kalian bisa menggunakan berbagai fitur editing berbagai jenis file, contohnya seperti gambar, dokumen, PDF, audio, video, icon, dan lain sebagainya.

Nah untuk menggabungkan video dengan menggunakan situs Aconvert, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Situs Aconvert

Pertama silahkan kalian buka halaman merge dari situs Aconvert.com. Di halaman tersebut kalian bisa menggabungkan video yang kalian inginkan secara online.

2. Pilih Video Pertama

menggabungkan video menggunakan aconvert

Setelah itu silahkan kalian klik Browse dan pilih video yang pertama yang ingin kalian buat di awal mulai. Kemudian setelah itu silahkan klik Submit dan tunggu sampai prosesnya selesai dilakukan.

menggabungkan video menggunakan aconvert 2

3. Pilih Video Kedua

Jika video pertama sudah diupload, selanjutnya klik Browse sekali lagi dan pilih video yang kedua. Seperti biasa jika sudah klik Submit dan tunggu proses submit sampai selesai.

menggabungkan video menggunakan aconvert 3

Nah, jika kalian ingin menggabungkan lebih dari dua video, silahkan ulangi langkah ini sampai semua video selesai disubmit.

4. Save Video

menggabungkan video menggunakan aconvert 4

Langkah selanjutnya adalah menyimpan video yang sudah diconvert tersebut. Silahkan kalian klik Logo Save, setelah itu kalian akan diarahkan ke halaman URL Video tersebut untuk mendownload video.

5. Membuka Link Download

menggabungkan video menggunakan aconvert 5

Klik kolom URL untuk download video hasil convert tadi. Selesai, sekarang silahkan kalian coba putar hasil download video tersebut yang berhasil disatukan.

Menggunakan MergeVideo

Berbeda dengan situs sebelumnya yang dibuat untuk melakukan editing online berbagai jenis file, situs MergeVideo.onlien ini dibuat khusus untuk menggabungkan beberapa video menjadi satu video.

Kelebihan dari situs ini adalah memiliki tampilan yang menarik namun fungsi yang diberikan tetap powerfull. Berikut adalah cara menggunakannya:

1. Buka Situs MergeVideo

Langkah pertama silahkan buka terlebih dahulu situs convert videonya, di mergevideo.online. Situs inilah yang nantinya digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih video menjadi satu.

2. Pilih Video Pertama

menggabungkan video menggunakan mergevideo

Jika sudah buka halaman tersebut, klik Choose Files dan pilih video pertama yang ingin kalian gabungkan. Pilih video dari penyimpanan di Laptop / PC atau HP kalian.

3. Pilih Video Lainnya

menggabungkan video menggunakan mergevideo 2

Kemudian silahkan pilih video lain yang ingin digabungkan dengan video pertama dengan cara klik ADD MORE FILES. Silahkan tambahkan video yang kalian inginkan, bisa dua video atau lebih.

4. Gabungkan Video

menggabungkan video menggunakan mergevideo 3

Langkah selanjutnya jika semua video sudah ditambahkan adalah mengubah nama Video yang ingin kalian save sesuai keinginan kalian. Jika sudah, rubah juga formatnya menjadi format video .MP4. Terakhir klik Merge untuk menggabungkan video.

5. Download Video

menggabungkan video menggunakan mergevideo 4

Jika proses penggabungan sudah selesai, selanjutnya kalian bisa klik Download untuk download / simpan video yang kalian convert / gabungkan tadi.

Menggunakan Clideo

Meskipun sama – sama berbasis web, namun situs yang satu ini berbeda dengan situs yang sebelumnya. Karena website Clideo ini dibuat khusus untuk menggabungkan beberapa video menjadi satu video saja.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh situs yang satu ini yaitu mempunyai tampilan yang menarik dengan fungsi yang powerfull. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini merupakan cara menggunakannya.

1. Buka Situs Clideo

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu pastikan perangkat kamu terhubung ke internet kemudian buka aplikasi browser lalu buka website marge Clideo [DISINI].

Nantinya setelah halaman terbuka, maka kamu bisa memulai menggabungkan video yang kamu inginkan secara online.

2. Pilih Video Pertama

Pilih Video Pertama

Kemudian, klik Chose files untuk mencari video pertama yang ingin kamu gabungkan dan dijadikan sebagai awal video. Jika sudah, tunggulah beberapa saat hingga proses upload selesai.

3. Pilih Video Kedua

Pilih Video Kedua

Setelah video pertama berhasil di upload, maka kemudian kamu bisa memilih video kedua yang ingin kamu gabungkan dengan cara klik tombol Add More Files. Jika sudah, tunggulah sampai proses upload selesai.

Nah untuk kamu yang ingin menggabungkan video lebih dari dua video, maka kamu bisa mengulangi langkah ini hingga semua video yang ingin kamu gabungkan selesai di upload.

4. Gabungkan Video

Gabungkan Video

Langkah berikutnya jika semua video yang ingin kamu gabung sudah berhasil ditambahkan semua, maka kamu bisa klik Marge untuk menggabungkan video.

5. Simpan Video

Simpan Video

Langkah terakhir setelah penggabungan video telah selesai, kamu bisa menyimpan hasil video yang telah digabungkan dengan cara klik Download.

Menggunakan WoFox

Cara yang berikut ini juga cara yang cukup mudah apalagi untuk orang awam yang baru memahami dunia edit video. Karena situs WoFox mempunyai tampilan yang sederhana serta mudah untuk digunakan.

Dengan begitu kamu tidak akan merasakan kesulitan meskipun kamu baru pertama kali menggunakannya. Dalam situs ini kamu juga bisa menggabungkan dua atau lebih video menjadi sebuah video.

Kamu bisa menggunakan situs yang satu ini baik melalui komputer, laptop, maupun smartphone yang kamu gunakan. Untuk lebih lengkapnya, simak langkah – langkah menggabungkan video melalui situs WoFox berikut ini.

1. Buka Situs WoFox

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu pastikan perangkat kamu terhubung ke internet kemudian buka web browser lalu buka situs marge WoFox [DISINI].

Nantinya setelah halaman terbuka, maka kamu bisa memulai menggabungkan video yang kamu inginkan secara online.

2. Pilih Video Pertama

Pilih Video Pertama

Kemudian, klik Upload untuk mencari video pertama yang ingin kamu gabungkan dan dijadikan sebagai awal video. Jika sudah, tunggulah beberapa saat hingga proses upload selesai.

3. Pilih Video Kedua

Pilih Video Kedua

Setelah video pertama berhasil di upload, maka kemudian kamu bisa memilih video kedua yang ingin kamu gabungkan dengan cara klik tombol Add more. Jika sudah, tunggulah sampai proses upload selesai.

Nah untuk kamu yang ingin menggabungkan video lebih dari dua video, maka kamu bisa mengulangi langkah ini hingga semua video yang ingin kamu gabungkan selesai di upload.

4. Simpan Video

 Simpan Video

Langkah terakhir setelah penggabungan video telah selesai, kamu bisa menyimpan hasil video yang telah digabungkan dengan cara klik Download. Tunggulah penggabungan video selesai, maka nantinya secara otomatis hasil video akan terunduh.

Baca Juga : Aplikasi Edit Video di Laptop PC.

Menggunakan Online Converter

Tidak jauh berbeda dengan situs – situs sebelumnya, karena situs Online Converter ini merupakan situs yang sangat mudah untuk digunakan. Situs yang satu ini sangat cocok sekali untuk kamu yang ingin menggabungkan video dengan ukuran yang besar.

Pasalnya situs Online Converter ini mampu menggabungkan video dengan ukuran maksimal hingga 200 MB. Salah satu hal menarik lainnya dari situs ini yaitu mampu mendukung hampir semua format video yang jarang digunakan seperti .webm, .rm, .mts, .asf, dan lain sebagainya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini merupakan langkah – langkah yang dapat kamu ikuti untuk menggabungkan video di Online Converter.

1. Buka Situs Online Converter

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu pastikan perangkat kamu terhubung ke internet kemudian buka web browser lalu buka website marge Online Converter [DISINI].

Nantinya setelah halaman terbuka, maka kamu bisa memulai menggabungkan video yang kamu inginkan secara online.

2. Pilih Video Pertama

Pilih Video Pertama

Kemudian, klik Browse pada bagian File 1 untuk mencari video pertama yang ingin kamu gabungkan dan dijadikan sebagai awal video. Jika sudah, tunggulah beberapa saat hingga proses upload selesai.

3. Pilih Video Kedua

Pilih Video Kedua

Setelah video pertama berhasil di upload, maka kemudian kamu bisa memilih video kedua yang ingin kamu gabungkan dengan cara klik tombol Browse pada bagian File 2. Jika sudah, tunggulah sampai proses upload selesai.

Nah untuk kamu yang ingin menggabungkan video lebih dari dua video, maka kamu bisa mengulangi langkah ini hingga semua video yang ingin kamu gabungkan selesai di upload.

4. Gabungkan Video

Gabungkan Video

Langkah berikutnya jika semua video yang ingin kamu gabung sudah berhasil ditambahkan semua, maka kamu bisa menggabungkannya dengan cara klik tombol Marge. Tunggulah beberapa saat hingga proses penggabungan selesai

5. Simpan Video

Simpan Video

Langkah terakhir setelah penggabungan video telah selesai, kamu bisa menyimpan hasil video yang telah digabungkan dengan cara klik Download Now.

Menggunakan Apowersoft

Situs penggabung video secara online yang kelima atau yang terakhir yaitu Apowersoft. Dengan menggunakan situs yang satu ini, maka kamu bisa menggabungkan lima potongan video menjadi satu video sekaligus.

Selain itu, kamu juga tidak perlu ribet dalam mengatur urutan video secara manual, karena nantinya situs yang satu ini akan mengurutkan secara otomatis sesuai dengan urutan video yang kamu pilih atau upload.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini merupakan langkah – langkah yang dapat kamu ikuti untuk menggabungkan video di Apowersoft.

1. Buka Situs Apowersoft

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu pastikan perangkat kamu terhubung ke internet kemudian buka web browser lalu buka website marge Apowersoft [DISINI].

Nantinya setelah halaman terbuka, maka kamu bisa memulai menggabungkan video yang kamu inginkan secara online.

2. Pilih Video Pertama

Pilih Video Pertama

Kemudian, klik ikon + Click or drag video untuk mencari video pertama yang ingin kamu gabungkan dan dijadikan sebagai awal video. Jika sudah, tunggulah beberapa saat hingga proses upload selesai.

3. Pilih Video Kedua

Pilih Video Kedua

Setelah video pertama berhasil di upload, maka kemudian kamu bisa memilih video kedua yang ingin kamu gabungkan dengan cara klik tombol Add video. Jika sudah, tunggulah sampai proses upload selesai.

Nah untuk kamu yang ingin menggabungkan video lebih dari dua video, maka kamu bisa mengulangi langkah ini hingga semua video yang ingin kamu gabungkan selesai di upload.

4. Gabungkan Video

Gabungkan Video

Langkah berikutnya jika semua video yang ingin kamu gabung sudah berhasil ditambahkan semua, maka kamu bisa menggabungkannya dengan cara klik tombol Start merging. Tunggulah beberapa saat hingga proses penggabungan selesai.

5. Simpan Video

Simpan Video

Langkah terakhir setelah penggabungan video telah selesai, kamu bisa menyimpan hasil video yang telah digabungkan dengan cara klik Download.

Kesimpulan

Teknik edit video penggabungan video merupakan sebuah teknik dasar dalam dunia edit video, namun masih banyak orang yang belum mengetahui caranya karena mereka menggunakan software yang cukup rumit sehingga kebanyakan orang tidak bisa menggunakan software tersebut.

Demikianlah tutorial cara menggabungkan video secara online termudah untuk pemula. Dengan cara tersebut kalian bisa menggabungkan beberapa video yang kalian inginkan menjadi satu video dengan mudah tanpa ribet harus instal aplikasi tambahan.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Mengubah PDF ke ePUB
Cara Mengubah PDF ke ePUB
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Membuat Email Gmail
Cara Membuat Email Gmail
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mematikan Notifikasi Chrome
Cara Mematikan Notifikasi Chrome
Oleh Ayu Musfiroh
Cara Download Film di Iflix
Cara Download Film di Iflix
Oleh Hanif Pramono
Situs Download Film Gratis
Situs Download Film Gratis
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Cek Jadwal Film Bioskop
Cara Cek Jadwal Film Bioskop
Oleh Danang Febriyandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *