Cara Menggabungkan Lagu

By Hanif Pramono -

Lagu memiliki durasi yang berbeda beda, ada yang semenit ada juga yang lebih dari itu namun biasanya tidak semua bagian dari lagu itu kita sukai tetapi ada bagian tertentu saja yang kita suka, oleh karena itu ada yang ingin memotong bagian lagu tersebut saja untuk didengarkan.

Sebenarnya sudah ada aplikasi menggabungkan lagu mp3 musik di pc laptop namun seperti yang kita tahu android lebih familiar dan lebih mudah digunakan jadi walaupun aplikasi pengedit lagu dan penggabung lagu di pc laptop sudah ada walaupun ada yang menggunakannya tapi tidak banyak.

Kini aplikasi tersebut sudah tersedia di android, kita bisa menggunakannya secara mudah, aplikasi nya pun tersedia secara gratis di google playstore dan bisa kalian install di android kesayangan kalian.

Untuk ukuran aplikasi nya bermacam macam namun disini saya akan menggunakan aplikasi yang tergolong kecil yakni hanya berukuran sekitar 2mb saja dan tentunya fitur nya sudah bisa diandalkan ya.

Oke langsung saja cara menggunakan aplikasi nya adalah sebagai berikut silahkan ikuti langkahnya dan simak baik baik ya cara menggabungkan lagu mp3.

Cara Menggabungkan Lagu MP3

Lantas bagaimana cara untuk menggabungkan nya? Nah di pembahasan kali ini telah saya rekomendasikan cara yang bisa kamu gunakan untuk menggabungkan 2 lagu atau musik menjadi 1 di android.

yang pasti cara melakukannya pun sangat mudah loh sobat. Nah buat kamu yang sudah penasaran bagaimana caranya, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Pertama – tama, silahkan kamu download dan install aplikasi Editor Musikdi Google Play Store.

cara mudah menggabungkan 2 lagu atau musik menjadi 1 di android 1

2. Kemudian buka aplikasi yang sudah kamu install tersebut.

3. Selanjutnya tap menu “Bergabung Audio”untuk menggabungkan beberapa musik menjadi 1.

cara mudah menggabungkan 2 lagu atau musik menjadi 1 di android 2

4. Setelah itu, silahkan kamu pilih musik/lagu apapun yang ingin kamu satukan menjadi 1 berkas audio, lalu taptanda ceklis di pojok kanan bawah aplikasi.

cara mudah menggabungkan 2 lagu atau musik menjadi 1 di android 3

5. Lalu kamu dapat mengatur urutan penempatan musik sesuai keinginan kamu dengan cara menekan dan memindahkan musik ke urutan yang kamu inginkan. Setelah itu silahkan tap tanda disket di pojok kanan atas untuk menyimpan berkas audio tersebut.

cara mudah menggabungkan 2 lagu atau musik menjadi 1 di android 4

6. Terakhir, kamu akan diminta untuk memberikan nama berkas audio tersebut kemudian kamu tap “Baik”selanjutnya berkas audio akan segera disatukan oleh aplikasi.

cara mudah menggabungkan 2 lagu atau musik menjadi 1 di android 5

Catatan : Meskipun kamu dapat memasukkan lebih dari 10 musik, namun saya sarankan untuk memasukkan musik maksimal 10 terlebih dahulu supaya proses penggabungan nya tidak memakan waktu lama. Kemudian untuk ukuran berkas audio, apabila kamu sudah menyatukannya maka ukuran akan menjadi sedikit besar daripada jika kamu mengakumulasi semua berkas audio secara manual.

Cara Menggabungkan Lagu di HP Android

Untuk bisa menyatukan beberapa buah berkas audio kita membutuhkan sebuah aplikasi yang bernama MP3 Cutter and Joiner. Cara penggunaannya pun sangatlah mudah, kalian bisa mengikuti tutorial berikut ini.

1. Download dan Install MP3 Cutter and Joiner

Pertama, kita harus mengunduh APK nya terlebih dahulu, bisa melalui APKpure. Setelah itu, silahkan install aplikasinya pada smartphone kalian masing-masing.

2. Buka Aplikasinya

Cara Menggabungkan dan Menggabungkan Lagu

Setelah berhasil terpasang, langsung saja buka aplikasi MP3 Cutter and Joiner. Saat pertama kali, aplikasi akan meminta akses ke penyimpanan perangkat. Silahkan klik Izinkan agar ia bisa membaca berkas audio pada smartphone kita.

3. Mulai Gabungkan Lagu

Cara Menggabungkan dan Menggabungkan Lagu

Selanjutnya, kalian akan melihat beberapa menu di tampilan depan. Tap pada opsi MP3 + MP3 yang merupakan pilihan untuk menggabungkan beberapa file lagu menjadi satu.

Baca Juga: Cara Memotong Lagu.

4. Tambahkan Berkas MP3

Cara Menggabungkan dan Menggabungkan Lagu

Sebelum mulai menyatukan, kita harus memilih terlebih dahulu file yang akan digabungkan. Silahkan tap pada opsi ADD MP3 untuk mulai mencari.

5. Pilih File Lagu yang Digabung

Cara Menggabungkan dan Menggabungkan Lagu

Nah disini kalian bisa memilih file audio yang akan disatukan. Silahkan berikan checklist/centang pada file tersebut dengan jumlah maksimum 50 berkas dalam sekali proses. Apabila sudah selesai, bisa langsung tap pada opsi DONE>

6. Cek Daftar File MP3

Cara Menggabungkan dan Menggabungkan Lagu

Selanjutnya kita akan dibawa untuk melihat daftar lagu yang sudah dipilih sebelumnya. Pastikan semua yang kalian butuhkan sudah muncul disana. Apabila ada yang kurang bisa tap ADD MP3.

Dan apabila ada yang ingin dihapus tap pada tanda (x). Setelah semuanya siap, bisa langsung klik pada opsi Merge or Join MP3.

7. Berikan Nama File MP3 Gabungan

Cara Menggabungkan dan Menggabungkan Lagu

Disini kalian bisa memberikan nama kepada berkas mp3 hasil penggabungan lagu. Silahkan isi sesuai dengan kebutuhan dan kemudian klik OK.

8. Tunggu Proses Penggabungan

Terakhir, kita hanya perlu menunggu prosesnya dengan sabar. Durasi yang dibutuhkan juga tergantung berapa banyak file lagu yang kalian gabungkan. Apabila sudah selesai, silahkan cek hasilnya pada folder MP3 Cutter.

Cara Menggabungkan Lagu di Laptop

Bukan hanya bisa digunakan untuk memotong mp3 di pc, software yang satu ini juga bisa untuk menggabungkan lho. Jadi apabila kalian punya 2 file mp3 atau lebih yang ingin dijadikan satu, maka aplikasi ini bisa membantu. Penasaran? Yuk langsung saja simak cara penggunaannya di bawah ini.

1. Tambahkan File MP3

Cara Menggabungkan Lagu di Laptop

Seperti biasa, pertama kita harus memasukan lagu yang ingin digabungkan terlebih dahulu. Klik opsi Add dan pilih 2 file atau lebih yang ingin dijadikan satu.

2. Setting Output File

Cara Menggabungkan Lagu di Laptop

Nah selanjutnya kita juga bisa mengatur kualitas output yang dihasilkan. Tinggal klik opsi Setting, kemudian pada baigan Bit Rate atur ke 320 kbps agar hasil audionya bagus. Selanjutnya klik OK untuk menyimpan pengaturan.

3. Mulai Proses Penggabungan

Cara Menggabungkan Lagu di Laptop

Untuk folder output bisa kalian ubah di bagian bawah. Jika semuanya sudah siap, maka tinggal klik Start untuk memulai.

4. Tunggu Prosesnya

Cara Menggabungkan Lagu di Laptop

Terakhir, kita tinggal tunggu proses penggabungannya hingga selesai. Waktu yang dibutuhkan tergantung banyaknya file serta panjang durasi. Jika sudah selesai, hasilnya akan langsung terbuka.

Jika kalian ingin mencari cara menghubungkan video online, kita juga pernah membahasnya.

Cara Menggabungkan Lagu Online

Untuk menyatukan 2 file audio atau lebih menjadi 1 juga bisa dilakukan secara online lho. Cara ini bisa kalian gunakan baik di HP android maupun laptop. Prosesnya juga mudah dan cepat seperti berikut ini.

1. Pilih File MP3

Cara Menggabungkan Lagu di Online

Untuk websitenya, bisa kalian buka di Audio Joiner. Kemudian klik Tambahkan Trek untuk memilih file yang ingin digabungkan.

2. Gabungkan Audio

Cara Menggabungkan Lagu di Online

Setelah itu, jika nantinya kalian ingin menambahkan file lagi tinggal klik Tambahkan Trek. Pastikan juga format outputnya sudah disetting ke mp3. Klik Gabungkan untuk memulai prosesnya.

3. Tunggu Proses Penggabungan

Cara Menggabungkan Lagu di Online

Disini kita hanya perlu menunggu prosesnya hingga selesai. Semakin banyak lagu yang kalian gabungkan, maka prosesnya juga akan semakin lama.

4. Simpan Hasilnya

Cara Menggabungkan Lagu di Online

Apabila sudah selesai, maka tinggal klik Unduh untuk mendownload hasil penggabungannya ke laptop atau HP kalian. Size dari file outputnya tergantung dari panjangnya durasi lagu tersebut.

Cara Menggabungkan Lagu MP3 di HP Android

Menggabungkan lagu biasa di lakukan jika kita ingin menggabungkan musik atau lagu yang sudah kita potong tadi, biasanya lagu hasil remix juga menggunakan teknik ini, oke langsung saja caranya adalah sebagai berikut.

1. Hampir mirip seperti cara diatas bedanya kita pilih Mp3 Merger.

cara memotong dan menggabungkan lagu mp3 di android 6

2. Setelah di klik akan muncul seperti berikut, gunanya track adalah untuk memilih lagu apa yang ingin kalian gabung silahkan pilih dulu lagunya sesuai keinginan anda

cara memotong dan menggabungkan lagu mp3 di android 7

3. Jika semua sudah terisi maka isi juga audio hasil gabungan tadi ya, kalau semua sudah beres klik Start untuk memulai proses penggabungan dan tunggu prosesnya maka otomatis jika proses sudah selesai akan muncul ke memori penyimpanan

cara memotong dan menggabungkan lagu mp3 di android 8

4. Langkah terakhir adalah klik Open File untuk membuka lagu hasil penggabungan tersebut

cara memotong dan menggabungkan lagu mp3 di android 9

Kesimpulan

Sebenarnya untuk menggabungkan lagu menjadi satu sangatlah mudah, bisa menggunakan aplikasi tambahan dan menggunakan online. Ketika online berarti hanya mengandalkan browser, dan proses penggabungkan langsung dari browser.

Mungkin sekian cara menggabungkan lagu baik di hp android, online atau laptop pc. Semoga dapat bermanfaat, dan jika ada pertanyaan bisa sampaikan di kolom komentar.

Hanif Pramono
Hanif Pramono
Mahasiswa Teknik Informatika yang gemar dalam dunia teknologi khususnya gadget, aplikasi dan internet.

Artikel Terkait

Cara Membuat Foto Blur di Photoshop
Cara Membuat Foto Blur di Photoshop
Oleh Hanif Pramono
Cara Mengecilkan Ukuran Video
Cara Mengecilkan Ukuran Video
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengganti Background Foto
Cara Mengganti Background Foto
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Menghapus Watermark Foto
Cara Menghapus Watermark Foto
Oleh Danang Febriyandra
Cara Membuat Background Pas Foto
Cara Membuat Background Pas Foto
Oleh Shinta Marist
Cara Mengubah JPG ke PNG
Cara Mengubah JPG ke PNG
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *