Cara Mengetahui Jenis Font

By Mochamad Alif Prayogo-

Seorang designer sering kali terinspirasi dari karya milik orang lain, yang di dalam karya tersebut mengandung sebuah font tertentu. Apabila kita melihat sebuah font di website, maka kita bisa dengan mudah mengetahui nama font tersebut yaitu dengan cara melihat script website tersebut.

Atau jika kalian melihat sebuah design dalam bentuk softcopy maka akan lebih mudah lagi untuk mengetahui jenis font yang digunakan. Tapi, gimana kalau design yang kita lihat berupa sebuah gambar dengan format .jpg, .png, .gif, dan sebagainya? Ada caranya.

Dengan menggunakan website-website berikut ini kalian akan bisa melihat jenis font apa yang digunakan pada sebuah gambar. Jadi mari kita simak baik-baik.

Cek Jenis Font Otomatis dari Gambar

Ada banyak sekali website yang bisa kalian gunakan untuk mengetahui sebuah font pada sebuah gambar, namun disini saya hanya akan merekomendasikan 5 website saja.

website yang akan saya sebutkan berikut ini sudah terbukti kehandalannya dalam mendeteksi sebuah font dari gambar.

Bahkan diantara website berikut ini ada yang menyediakan link dari jenis font yang kita cari. Hal ini tentunya akan sangat membantu kita, selain menambah pengetahuan juga menambah koleksi font kita.

1.WhatTheFont

Situs untuk Mencari Jenis Font Otomatis dari Gambar 1

Yang pertama adalah situs WhatTheFont, kalian bisa mencari jenis font dari sebuah gambar melalui website WhatTheFont ini. Kalian bisa memanfaatkan fitu-fitur serta layanan yang tersedia dalam website ini.

Selain itu kalian juga bisa mencari font-font yang baru dari sebuah gambar yang sebelumya pernah kalian upload.

Aplikasi dari situs online ini tergolong sangat canggih karena bisa mengenali jenis font hanya dari sebuah gambar.

Tentunya website ini akan sangat berguna ketika kita tiba-tiba menemukan sebuah gambar yang di dalamnya terdapat sebuah font yang menarik perhatian kita, namun kita tidak tahu nama dari font yang digunakan dalam gambar tersebut.

Caranya mudah, kalian tinggal memotonya dan mengupload gambar font tersebut di website WhatTheFont. Apabila tidak ditemukan jenis font tersebut maka akan ditampilan font-font yang mirip dengan font tersebut. Langsung saja kunjungi websitenya.

2. IdentiFont

Situs untuk Mencari Jenis Font Otomatis dari Gambar 2

Situs berikutnya yang bisa kalian gunakan untuk mencari jenis font hanya dari sebuah gambar adalah IdentiFont.

Kalian bisa menggunakan situs pencari font ini secara gratis, situs online ini dapat mengidentifikasi sebuah font dari gambar dengan menjawab beberapa pertanyaan sederhana dari tampilan yang ada di situs tersebut.

Selain itu di situs Identifont ini kalian bisa memesan jenis font setelah situs ini selesai mengidentifikasi font yang kalian ajukan. Untuk mengetahui lebih dalam tentang fungsi dari situs ini, silahkan kalian kunjungi situsnya langsung.

3. FontMatcherator

Situs untuk Mencari Jenis Font Otomatis dari Gambar 3

Situs berikutnya tidak kalah keren dan tidak kalah menarik dengan dua situs sebelumnya, nama situs tersebut adalah FontMatcherator. Kita bisa dengan mudah mengetahui jenis font dari sebuah gambar yang kita upload di situs FontMatcherator ini.

Setelah kalian mengupload gambar yang ada font di dalamnya maka otomatis situs tersebut akan memberikan keterangan secara otomatis. Jika kalian tidak yakin, kalian bisa langsung mengunjungi situs FontMatcherator.

4. WhatFontls

Situs untuk Mencari Jenis Font Otomatis dari Gambar 4

Kalian pasti pernah melihat gambar yang di dalamnya terdapat font yang menurut kalian keren dan menarik dan mambaut kalian ingin mengetahui dan ingin memiliki font tersebut.

Apabila font tersebut ada dalam sebuah website maka cara mengetahuinya mudah, kalian cukup melihat script dari website yang menggunakan font tersebut.

Namun apabila font tersebut ada dalam gambar, maka caranya beda lagi, kalian memerlukan aplikasi untuk mencari jenis font yang ada pada gambar tersebut.

Atau apabila kalian tahu siapa pembuat font tersebut, kalian bisa menanyakan nama font tersebut pada si pembuat font. Jika kalian tidak tahu siapa yang membuatnya, maka kalian bisa menggunakan situs WhatFontls untuk mengetahui jenis font tersebut.

Setelah kalian mengupload font tersebut di situs WhatFontls maka otomatis situs tersebut akan mendeteksi nama font tersebut. Selain itu kita juga akan diberikan link download dari font yang kita cari tersebut. Silahkan kalian langsung saja kunjungi situs WhatFontls.

5. FontFaceNinja

Situs untuk Mencari Jenis Font Otomatis dari Gambar 5

Website terakhir yang saya sarankan adalah FontFaceNinja, situs ini bisa kalian gunakan untuk mecari font secara otomatis dari sebuah gambar. Terus apa itu FontFaceNinja ini?

FontFaceNinja adalah sebuah plugin atau extension dari sebuah browser yang bisa kalian gunakan untuk mengidentifikasi jenis font.

Yang mengagumkannya lagi adalah FontFaceNinja ini bisa kalian gunakan di hampir semua web browser seperti Chrome, Firefox, Safari, dan sebagainya.

Karena aplikasi yang satu ini bisa kalian pasang dalam web browser kalian, maka aplikasi ini berguna untuk mendeteksi jenis font dari sebuah website. Selain digunakan untuk mengetahui jenis font yang digunakan, kalian juga bisa melihat ukuran dari font tersebut.

Bukan cuma itu, kalian juga bisa mendownload font tersebut dengan gratis. Sehingga kalian dapat menambahkan koleksi font kalian.

FontFaceNinja ini merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh perusahaan studio kreatif Negara Paris. Untuk menggunakan plugin FontFaceNinja ini sangat mudah. Kalian cukup mengisntall plugin ini kemudian akan muncul icon FontFaceNinja di bagian kanan atas layar browser kalian.

Apabila kalian ingin menggunakannya, tinggal kalian klik saja icon FontFaceNinja ini. Untuk membuktikan apakah benar atau tidak, kalian bisa langsung mengunjungi situs FontFaceNinja.

6. WhatsFontIs

cara mengetahui nama jenis font tanpa aplikasi

Untuk yang satu ini berbentuk sebuah layanan website, kalian bisa mengupload foto atau gambar berisi font ke WhatsFontIs untuk menggunakannya. Selain dengan cara mengupload, kalian juga bisa mengcopy url dari gambar tersebut ke website WhatsFontIs.

7. Flickr Typeface Identification

Mungkin kalian sudah familiar dengan situs bernama Flickr ini. Kalian mungkin mengenali situs tersebut sebagai sebuah tempat untuk berbagi foto dan gambar. Namun ternyata ada sebuah “fitur” di Flickr yang bisa digunakan untuk membantu mengetahui nama dan jenis font.

Kalian bisa menanyakan nama dari sebuah font dalam forum yang dibuat khusus di Flickr. Silahkan masuk ke Flikr dan tanyakan jenis font yang ingin kalian ketahui disana.

Cara Mengetahui Jenis Font dengan Aplikasi

Ada beberapa buah aplikasi yang ternyata bisa kita manfaatkan untuk memecahkan masalah ini. Silahkan ikuti panduan yang telah kami susun berikut ini:

1. WhatTheFont – iPhone

cara mengetahui nama jenis font tanpa aplikasi

Bagi pengguna iPhone, ada sebuah aplikasi bernama WhatTheFont yang bisa kalian gunakan untuk mengetahui jenis dan nama dari sebuah font. Cara penggunaannya pun cukup mudah, kalian hanya perlu memfoto font yang kalian temukan tersebut.

Usahakan agar gambar fontnya terlihat jelas supaya hasilnya akurat. Setelah itu aplikasi ini akan mencocokan bentuk font tersebut dengan segala jenis font yang ada di dalam database mereka.

Untuk proses ini akan membutuhkan koneksi internet, jadi pastikan kalian sudah tersambung ke jaringan. Tanpa memerlukan waktu yang lama, hasil nama dari font tersebut pun akan muncul.

2. Photoshop

cara mengetahui nama jenis font tanpa aplikasi

Tidak disangka, ternyata aplikasi yang sudah cukup familiar ini juga punya fungsi untuk mengenali nama dan jenis font. Untuk penggunaannya pun tidak terlalu sulit, silahkan kalian buka foto yang berisi font tersebut ke dalam photoshop.

Kemudian pilih menu Type, lalu pilih opsi Match Font. Setelah itu kalian seleksi bagian gambar yang memperlihatkan font dengan jelas. Tunggu beberapa saat hingga proses identifikasi selesai dan hasilnya keluar.

3. Font Finder

Terakhir, kalian juga bisa menggunakan ekstensi google chrome yang bernama Font Finder. Font Finder ini bisa menganalisis font dan akan menunjukan informasi tentang nama font, jarak, ukuran, dan sebagainya.

Penggunaan dari ekstensi ini mirip dengan WhatFont, kalian tinggal memasang ekstensi Font Finder ini dan ekstensi siap digunakan. Kalian bisa download ektensi Font Finder lewat link berikut:

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, ada banyak website yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui jenis font yang digunakan dalam sebuah gambar. Anda bisa mencoba beberapa website yang saya rekomendasikan di atas.

Namun cara ini tidak 100% berhasil, kadang ada juga beberapa font dalam gambar yang tidak bisa dicari jenis fontnya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai situs mencari jenis font secara otomatis dari sebuah gambar. Situs-situs di atas tentunya akan sangat membantu kalian terlebih lagi para designer yang suka mengoleksi berbagai macam font yang kalian lihat dan ingin kalian miliki. Oleh karena itu website di atas sangat bermanfaat untuk designer.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Mahasiswa S1 Teknik Informatika di Universitas Amikom Purwokerto. Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Cara Melindungi Akun Gmail
Cara Melindungi Akun Gmail
Oleh Shinta Marist
Cara Download Lagu MP3
Cara Download Lagu MP3
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Mengatasi Google Drive Limit
Cara Mengatasi Google Drive Limit
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Terjemahkan Gambar, Dokumen, PDF
Cara Terjemahkan Gambar, Dokumen, PDF
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Download File di Scribd
Cara Download File di Scribd
Oleh Shinta Marist
Cara Download File di Google Classroom
Cara Download File di Google Classroom
Oleh Danang Febriyandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *