Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Konek Wifi

By

cara mengatasi hp tidak bisa konek wifi

Smartphone kamu sedang mengalami masalah tidak mau tersambung ke jaringan wifi? Di jaman yang super modern ini, kebutuhan akan internet memang tidak bisa dihindari lagi.

Dan sekarang ini sudah banyak yang mulai beralih ke jaringan wifi untuk bisa mengakses internet. Teknologi wifi memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan memanfaatkan layanan dari provider.

Apalagi sekarang juga sudah banyak sekali wifi yang tersedia di tempat umum yang bisa digunakan secara gratis. Pasti sulit jika hp android tidak konek internet, sehari saja sangat berasa.

Namun kadang kala kita juga bisa mengalami kesulitan saat ingin connect ke sebuah jaringan wifi. Masalah yang sering terjadi adalah ketika smartphone android kita tidak mau tersambung ke jaringan tersebut.

Mungkin kamu sendiri pernah atau sering mengalami hal ini dan pusing mencari penyebab serta cara mengatasi android tidak konek wifi.

Nah dalam kesempatan kali ini Mastekno akan membahas secara tuntas tentang masalah ini. So, silahkan simak sampai selesai ya.

Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Konek ke Wifi

hp tidak bisa konek ke wifi

Nah pasti kamu sudah penasaran bagaimana cara untuk memperbaiki HP yang tidak mau konek ke wifi.

Mungkin kamu juga sudah mencoba berbagai tips yang dibagikan di luar sana, namun belum ada yang berhasil.

Akan tetapi jangan khawatir, karena kami akan memberikan trik jitu untuk mengatasinya. Mau tahu? Langsung saja simak tutorial dari mastekno berikut ini.

Baca Juga: Cara Mengatasi Windows 10 Tidak Konek Wifi.

1. Pastikan Waktu dan Tanggal Sudah Benar

Mungkin ini terlihat sepele, tapi hal ini juga bisa menyebabkan berbagai hal serius pada smartphone.

Contohnya saja seperti sekarang ini, kadang kala pengaturan jam dan tanggal yang tidak tepat juga bisa menyebabkan smartphone gagal konek ke jaringan wifi.

Nah silahkan periksa pada pengaturan HP kalian dan lihat apakah semua sudah disetting dengan benar.

2. Forget Jaringan Wifi yang Tidak Terpakai

Jika kalian merupakan salah satu pemburu wifi, tentu sudah banyak jaringan yang telah kalian masuki.

Nah semua nama jaringan tersebut biasanya akan tersimpan di smartphone dan jika sudah banyak maka tentu akan menumpuk.

Hal ini kadang juga menyebabkan masalah, coba kalian masuk ke pengaturan kemudian pilih wifi, lihat berapa banyak jaringan yang tersimpan disana.

Jika sudah terlalu banyak, klik pada salah satu yang tidak digunakan kemudian pilih forget/lupakan. Hal ini akan mengurangi jumlah jaringan yang tersimpan di smartphone kalian.

3. Jaringan Wifi Dalam Keadaan Limited

Untuk yang satu ini saya yakin kalian sering mengalaminya, banyak orang gagal konek ke jaringan wifi karena ia bersifat limited.

Nah bagaimana solusinya? Coba kalian restart perangkat kalian biasanya bisa mengatasi hal ini. Kalau belum silahkan coba beberapa saat lagi, mungkin routernya baru saja dinyalakan sehingga statusnya masih limited.

4. Cek dan Matikan Layanan Antivirus Kalian

Aplikasi antivirus memang tergolong penting untuk melindungi kita dari serangan virus dan juga malware.

Namun kadang kala antivirus ini memprotect kita dengan terlalu ketat sehingga membatasi jaringan yang bisa dimasuki.

Akibatnya jaringan wifi yang mungkin baru dan tidak dikenal dicurigai berbahaya sehingga ia membloknya dan akhirnya tidak bisa konek.

Jika ini terjadi, matikan layanan proteksi antivirus kalian untuk sementara waktu agar bisa tersambung ke jaringan wifi kembali.

5. Router dan Jaringan Wifi Bermasalah

Untuk yang terakhir ini mungkin memang bukan perangkat kalian yang bermasalah, tapi memang sumbernya yang tidak berjalan dengan baik.

Pastikan jaringan wifi yang kalian coba koneksikan dapat berjalan dengan baik.

Jika kalian bisa tersambung ke jaringan namun tidak bisa digunakan untuk internet/browsing, mungkin wifi tersebut terlalu lambat. Cobalah untuk mengganti perangkat apakah ia juga mengalami hal yang sama.

6. Pasang Aplikasi Wifi Fixer Android

Anda dapat mengatasi wifi android yang tidak dapat melakukan aktivitas browsing atau menjelajah internet, maka anda dapat menggunakna aplikasi Wifi Fixer.

Aplikasi ini akan menganalisa jaringan lalu kaan memperbaiki koneksi wifi yang lemah dan agar menjadi lebih kuat.

Selain itu untuk mengunakan hotspot yang diguakan banyak orang, maka anda dapat mengunduh aplikasi wifi fixer Play store.

7. Bersihkan Cache Android

Pada solusi ke empat anda dapat membersihkan cache android yang mungkin sudah menumpuk, perlu anda ketahui bahwa untuk cache android jika dibiarkan terlalu banyak yang menumpuk maka akan menyebabkan android jadi terlalu berat dan akan menyebabkan lagg pada android.

Selain itu anda perlu membersihkan cache pada android untuk mengatasi masalah pada koneksi wifi anda yang tidakd apat mengakses internet, caranya cukup mudah untuk and alakukan.

Baca Juga: Aplikasi Pembersih Cache.

Pertama-tama anda terlebih dahulu install aplikasi Clean Master kemudian pilih menu bersihkan cache, jika sudah maka anda tinggal matikan hp android dan cabut baterai selama 30 detik. Kemudian nyalakan lagi smartphone android dan kemudian nyalakan jaringan wifi anda.

8. Lakukan Wipe Cache Partition

Ini merupakan masalah yang umun terjadi pada pengguna android, namun jika dibiarkan maka akan membuat marah sendiri lantaran sedang asik internetan kok putus.

Smartphone android lakukan wipe cache patition yang tidak akan menghapus data pribadi anda di dalam perangkat android tersebut, kemudian anda dapat melakukanya dengan sangat mudah.

Baca Juga: Cara Menghapus Cache Android.

Caranya anda terlebih dahulu harus masuk kedalam recovery mode sesuai dengan merk hp yang digunakan, setelah itu tinggal pilih “Wipe Cache partition” yang dapat menghapus cache. Tujuanya dapat membuat smartphone lebih ringan.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak penyebab hp tidak bisa konek ke wifi namun diatas tadi adalah pengalaman saya sendiri dan sudah terjamin.

Demikian pembahasan kali ini mengenai beberapa cara untuk mengatasi hp android yang tidak bisa konek ke jaringan wifi.

Semoga dengan beberapa tips diatas bisa menjadi solusi smartphone tidak mau tersambung ke wifi. Jika kamu punya saran atau pertanyaan terkait dengan artikel kali ini, silahkan mampir ke kolom komentar.


Danang Febriyandra Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

 

  1. Avatar astrid berkata:

    udh coba smua cara 1smpe 5 ttp aj gk bisa. wifinya trsimpan tpi gk konek

    1. Avatar Hanif Pramono berkata:

      Apakah wifinya udah di ganti password? coba lupakan password lalu konekan lagi,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *