Cara Mengatasi Touchscreen HP Error

By Adi Catur Pamungkas -

Smartphone dan Tablet akan sangat membantu menyelesaikan pekerjaan kita, dengan adanya smartphone kita dapat menjalankan berbagai fitur android, anda dapat bermain game dan membuka aplikasi langsung di ponsel android anda. Kebanyakan pada ponsel android dilengkapi dengan spesifikasi yang lumayan bagus, mengingat untuk harga smartphone android terbilang sangat bersahabat dikantong kita.

Selain itu spesifikasi yang ditawarkan berupa komponen hardware yang tergolong bagus, seperti pada bagian prosesor yang digunakan dan layar yang dipakai. Nah mengenai layar merupakan bagian yang sangat penting keberadaanya pada perangkat android, yang menjadi masalah ketika touch screen yang digunakan mengalami kerusakan atau error. Nah loh kalo sudah begini kan susah untuk menjalankan aplikasi dan fitur yang ada di android lagi.

Tak sedikit dari beberapa masalah yang kerap muncul ketika terjadi masalah pada layar terhadap tingkat respon touch screen android, misalnya tingkat sensitif respon yang terlalu lambat atau bisa juga mungkin karena terlalu cepat dan kadang juga masalah touch screen yang tidak merespon alias macet.

Sebenarnya banyak alasan mengapa toucscheen hp android anda rusak, diantaranya karena adanya aplikasi yang berjalan di background dengan penggunaan RAM yang besar, tentu saja ini akan membuat RAM macet dan akhirnya membuat layar tidak merespon. Kemudian karena perlindungan LCD yang tidak pas, nah berikut adalah cara memperbaiki layar sentuh smartphone android yang rusak.

Cara Memperbaiki Touchscreen Error Tidak Berfungsi

Untuk bisa memperbaiki layar sentuh tablet atau smartphone android maka ada cara mudahnya, ini merupakan cara dasar yang dimana diakibatkan oleh masalah kecil pada smartphone android, lantas bagaimana cara mengatasi layar sentuk android yang error sebagai berikut.

1. Touchscreen yang Terlalu Sensitif atau Kurang Sensitif

Masalah yang pertaman mungkin anda mengalami ketika layar sentuh mengalami terlalu sensitif atau bisa juga kurang peka terhadap sentuhan, kita dapat mengatasinya dengan mudah dengan melakukan perbaikan tingak kesensitifan seperti dibawah:

a. Langkah utama yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan kalibrasi pada smartphone android anda, bisa menggunakan aplikasi : Kalibrasi Layar.

aplikasi kalibrasi layar

c. Kemudian restart smartphone android terlebih dahulu, kemudian coba jalankan toucscreen pada smartphone android.

2. Lepas SIM Card, Baterai dan MicroSD

Lepaskan semua komponen diatas untuk menetralkan kondisi smartphone android, dengan melepaskan komponen tersebut beberapa menit. Dengan cara tersebut bisa untuk mengatasi layar sentuh yang terkadang tidak merespon.

Baca Juga: Cara Mengatasi Touchscreen Bergerak Sendiri.

3. Bersihkan Smartphone & Tablet Android

Untuk mengatasinya anda perlu melakukan perawatan rutin pada perangkat android, anda perlu membersihkan layar android namun sebelum itu matikan android terlebih dahulu. Kemudian anda dapat membersihkan hp android dengan menggunakan tisu yang dibasahi sedikit alkohol isopil.

4. Periksa Penggunaan RAM

Jika pada hp kamu mengalami masalah pada saat layar sentuh di sentuh terjadi lag, maka kamu bisa mencoba untuk mengecek penggunaan RAM pada hp kamu. Karena penggunaan RAM yang terlalu tinggi bisa menyebabkan lag pada saat layar hp di sentuh. Simak cara mengecek penggunaan RAM hp berikut ini.

  1. Sebelumnya untuk memunculkan menu Developer Options, buka Settings > About Phone kemudian klik sebanyak 7 kali pada bagian Build Number.
  2. Setelah itu, buka pengaturan atau Settings > Developer Options > Running Services.
  3. Kemudian pada menu tersebut, kamu bisa melihat penggunaan RAM pada hp kamu sesuai dengan semua aplikasi yang berjalan.
  4. Kamu bisa menggunakan cara lain dengan cara masuk ke Setelan > Penyimpanan & Memori.
  5. Maka akan muncul penggunaan RAM hp kamu, namun hanya saja cara ini tidak menampilkan informasi yang lebih lengkap jika di bandingkan dengan Developer Options.

5. Aktifkan GPU 2D Rendering

Penyebab lain yang menyebabkan layar sentuh hp yang bermasalah yaitu karena di sebabkan oleh transisi hp yang buruk. Hal tersebut bisa kamu atasi dengan cara menggunakan fitur GPU 2D Rendering. Untuk lebih lengkapnya, simak langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Sebelumnya untuk memunculkan menu Developer Options, buka Settings > About Phone kemudian klik sebanyak 7 kali pada bagian Build Number.
  2. Setelah itu, buka pengaturan atau Settings > Developer Options.
  3. Jika sudah berhasil masuk ke menu Developer Options, silahkan kamu pilih Force GPU Rendering untuk mengaktifkannya.

6. Gunakan Aplikasi MutiTouch Tester

Aplikasi MutiTouch Tester merupakan sebuah aplikasi yang sangat berguna khususnya untuk mengetahui apakah layar sentuh hp kamu dalam kondisi baik atau sudah rusak. Penasaran bagaimana cara menggunakan aplikasi yang satu ini? Langsung saja simak langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Langkah pertama download dan install aplikasi MutiTouch Tester di Play Store.
  2. Jika sudah, buka aplikasinya dan ikuti perintah selanjutnya.
  3. Nantinya kamu akan di suruh untuk melakukan pengecekan layar dengan cara menyentuh layar sesuai dengan urutan nomor yang sudah di tentukan.
  4. Jika semua perintah dapat dilaksanakan dengan baik dan layar dapat tersentuh dengan sempurna, maka kondisi layar hp kamu dalam keadaan normal. Begitupun sebaliknya.

7. Masuk Ke Safe Mode

Cara yang satu ini dapat dibilang salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengatasi layar sentuh yang bermasalah. Karena dengan menggunakan Safe Mode, maka hp hanya akan menjalankan aplikasi bawaan saja sehingga kinerja hp akan jauh lebih ringan.

Berikut ini merupakan langkah – langkah yang bisa kamu ikuti untuk masuk ke menu Safe Mode pada hp kamu secara cepat.

  1. Untuk Android versi 4.0 ke bawah, silahkan maikan hp kamu.
  2. Kemudian tekan dan tahan Tombol Power pada saat logo boot muncul pada layar.
  3. Selanjutnya, tekan dan tahan Tombol Volume Up dan Down secara bersamaan hingga proses booting selesai.
  4. Maka sekarang kamu sudah berhasil masuk ke Safe Mode.
  5. Untuk Android versi 4.0 ke atas, silahkan tekan dan tahan Tombol Power hingga muncul Pop up.
  6. Kemudian klik OK untuk reboot dan masuk ke menu Safe Mode.
  7. Untuk Android versi 5.0, silahkan aktifkan terlebih dahulu opsi pengembang atau Developer Options.
  8. Caranya untuk mengaktifkan opsi pengembang atau Developer Options yaitu, buka Settings > About Phone kemudian klik sebanyak 7 kali pada bagian Build Number.
  9. Selanjutnya, tekan dan tahan Tombol Power hingga muncul Pop up.
  10. Kemudian klik dan tahan lalu pilih Reboot, setelah itu pilih opsi OK.
  11. Maka sekarang kamu sudah berhasil masuk ke menu Safe Mode.

8. Lakukan Factory Reset (Tidak Disarankan)

Ketika benar-benar rusak fitur touchscreen pada android maka anda dapat melakukan reset android ke pengaturan pabrik, cara ini biasa disebut dengan factory reset. Namun factory reset tidak disarankan karena dapat menghilangkan data di memori internal dan akan menembalikan pengaturan pada android seperti awal.

Pastikan sebelum melakukan factory reset anda terlebih dahulu membackup data yang sekiranya dibutuhkan di flashdisk atau pc, adapun cara melakukan reset android ke pengaturan pabrik sebagai berikut.

  1. Matikan hp android anda terlebih dahulu.
  2. Setelah itu maka sobat tekan dan tahan tombol Volume Up + HOME + Power secara bersama-sama
  3. Lalu gunakan Volume Up untuk memilih menu Factory reset / Wipe data
  4. Jika sudah selanjutnya anda tekan tombol Home untuk memulai reset smartphone android.
  5. Ketika sudah dalam proses reset, anda hanya perlu menunggu hinga prose selesai.
  6. Jika sudah selesai, anda perlu pilih menu Reboot System Now

Melakukan reset android ke pengaturan awal untuk dapat mengatasi touchscreen ini tidak disarankan, pastikan anda mencoba point ke 1 hingga 3 terlebih dahulu.

Catatan : Factory Reset setiap hp berbeda-beda ya.

Baca Selengkapnya: Cara Reset Android ke Pengaturan Pabrik.

Jika masalah pada layar sentunh terjadi, maka saya merekomendasikan untuk memperbaiki ke service center atau konter dimana hp tersebut dibeli. Pastikan pilih service center yang sudah terpercaya untuk mengatasi masalah touchscreen android anda.

Kesimpulan

Banyak faktor yang bisa menyebabkan layar hp menjadi erorr, mulai dari penggunaan RAM yang terlalu berat sehingga layar hp menjadi lag hingga kerusakan terjadi pada touchscreen itu sendiri. Oleh karena itu, sesuaikan penggunaan hp dengan kebutuhan dan gunakan cara yang sesuai permasalahan yang hp kamu hadapi.

Tanya Jawab

Berikut ini telah kami rangkum beberapa pertanyaan yang sering kali di tanyakan oleh para pembaca dan mungkin yang ingin kamu tanyakan juga.

Penyebab utama layar hp error?

Penggunaan RAM yang terlalu berat sehingga layar hp menjadi lag hingga kerusakan terjadi pada touchscreen itu sendiri

Bagaimana cara mengatasi layar hp error?

Periksa Penggunaan RAM, Aktifkan GPU 2D Rendering, Masuk Ke Safe Mode. Jika terjadi kerusakan fisik pada layar, segera ganti layar hp secepatnya.

Tips menjaga layar hp agar tidak error?

Selalu pantau penggunaan RAM.

Itulah cara mengatasi layar sentuh android yang rusak, jika ada pertanyaan mengenai artikel ini maka anda dapat kirimkan pertanyaan tersebut di kolom komentar dan saya akan menjawab masalah anda.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Cek Pulsa XL
Cara Cek Pulsa XL
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Transfer Pulsa Axis
Cara Transfer Pulsa Axis
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Transfer Pulsa Telkomsel
Cara Transfer Pulsa Telkomsel
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Transfer Pulsa XL
Cara Transfer Pulsa XL
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Scan Barcode
Cara Scan Barcode
Oleh Adi Catur Pamungkas
Aplikasi Pemutar Video Android
Aplikasi Pemutar Video Android
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *