Cara Mengatasi Story WhatsApp Tidak Muncul

By

story whatsapp tidak muncul

Story WhatsApp merupakan salah satu fitur yang ada di WhatsApp dan merupakan fitur unggulan, fitur ini sangat menarik untuk digunakan karena itulah orang-orang betah menggunakan aplikasi ini meskipun cuma sekedar aplikasi chatting saja.

Dengan WhatsApp Story ini kalian bisa melakukan update status dengan berbagai macam pilihan. Mulai dari memposting pesan teks biasa, pesan dengan ditambah emoji, memposting gambar dan video juga bisa kalian posting di status atau story WhatsApp tersebut.

Meskipun fitu WA Story ini sangat menarik, namun ada juga sebagian pengguna yang mengalami masalah yaitu status WhatsAppnya tidak muncul. Mengingat fitur ini sangat menarik untuk kebanyakan pengguna, tentu harus segera diatasi.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi story WA yang tidak muncul. Namun sebelum itu, saya akan menjelaskan beberapa penyebab kenapa story  WA tidak muncul.

Penyebab Story WhatsApp Tidak Muncul

penyebab story wa tidak muncul

Ada beberapa orang yang mengalami masalah story WhatsApp tidak mau muncul, namun tahukah kalian apa penyebab hal tersebut bisa terjadi? Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • WhatsApp mengalami bug: Bug di sini maksudnya adalah kesalahan atau error. Ada banyak sekali jenis bug, dan mungkin salah satunya story WA yang tidak muncul.
  • Anda diblokir: Maksudnya adalah ketika kalian melihat story kontak kalian. Karena jika kalian diblokir oleh seseorang dalam kontak kalian, akun kalian tidak akan bisa melihat status dari akun yang memblokir kalian.
  • Kontak belum tersimpan: Supaya dapat 100% berkomunikasi dengan akun WhatsApp yang lain, maka harus saling menyimpan kontak. Jika belum saling menyimpan kontak, maka kalian tidak bisa melihat story atau story tidak muncul.
  • WhatsApp belum update: Jika kalian masih belum menggunakan WhatsApp terbaru, mungkin saja ada bug atau kesalahan yang belum diperbaiki sehingga kalian tidak bisa melihat story WhatsApp.
  • Memori internal penuh: Jika memori internal pada HP kalian penuh, bisa saja terjadi bug atau kesalahan. Karena jika memori internal penuh, WhatsApp aan berisiko mengalami gangguan tertentu seperti story WA tidak muncul misalnya.

Jika kalian termasuk sedang mengalami masalah story WA tidak muncul, tentunya kalian akan sangat terganggu karena tidak bisa melihat story yang teman-teman kalian buat. Untuk mengatasi masalah ini kalian harus menganalisis penyebabnya dulu, seperit yang saya katakan ada banyak penyebabnya.

Namun kalian tidak perlu khawatir, karena berikut ini akan mastekno jelaskan tips dan cara untuk mengatasi story WhatsApp tidak muncul. Langsung saja berikut pembahasannya.  

Cara Mengatasi Story WA Tidak Muncul

cara mengatasi story wa tidak muncul

Ada 6 cara yang bisa kalian gunakan untuk mengatas masalah story WA tidak muncul yang patut kalian coba. Langsung saja berikut adalah pembahasannya, silahkan kalian ikuti atau coba mulai dari cara yang pertama dan seterusnya jika tidak berhasil.

Update WhatsApp Terlebih Dahulu

Alasan kenapa story WhatsApp tidak muncul mungkin karena WhatsApp yang kalian pakai sudah kadaluwarsa atau versinya sudah sangat ketinggalan dengan versi sekarang. Hal ini karena dari waktu ke waktu WhatsApp selalu melakukan pembaruan atau update terhadap aplikasinya.

Entah itu mingguan atau bulanan, namun mereka selalu memperbaiki dan menambahkan fitur kedalam versi WhatsApp yang terbaru. Dalam update tersebut juga mereka memperbaiki bug yang ada di versi sebelumnya.

Baca Juga: Cara Update Whatsapp Terbaru.

Nah, perbaikan bug yang ada ini sangat penting. Karena banyak juga orang yang mengalami masalah error WA namun hanya dengan memperbarui aplikasi tersebut masalah langsung hilang dan WhatsApp bisa digunakan dengan normal.

Cara update WhatsApp adalah:

  1. Buka Google Playstore.
  2. Cari WhatsApp di kolom pencarian.
  3. Kemudian ketuk tombol Update.

Setelah kalian selesai update WhatsApp kalian, silahkan coba lagi apakah bug nya sudah diperbaiki atau belum. Jika sudah maka kalian bisa melihat story WA teman kalian yang sebelumnya hilang tadi, seharusnya kalian bisa melihatnya.

Cek Privasi Teman

Privasi di WhatsApp sebenarnya sudah bisa kita atur sendiri sedemikian rupa, kita bisa mengaturnya supaya orang-orang tertentu tidak dapat melihat status di WhatsApp kita.

Baca Juga: Cara Terlihat Offline.

Story WA yang dapat disembunyikan ke kontak tertentu membuat kontak tersebut tidak bisa melihat apa yang kita buat di story WA kita. Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah, berikut adalah tutorialnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Masuk ke Setelan > Akun > Privasi.
  3. Setelah itu cek di kolom Status.

Ada beberapa opsi yang bisa kalian pilih, yaitu:

  • Kontak Saya, artinya semua kontak bisa melihat status yang kalian buat.
  • Kontak Saya Kecuali, artinya semua kontak bisa melihat status kalian, kecuali orang-orang tertentu yang kalian pilih.
  • Hanya Bagikan Dengan, artinya semua kontak tidak dapat melihat status kalian, kecuali kontak-kontak tertentu yang kalian pilih.

Nah, silahkan kalian coba tanyakan ke kontak kalian yang status story nya tidak terlihat atau tidak muncul. Apakah dia mengatur supaya kita tidak bisa melihat storynya atau memang dia tidak pernah membuat story.  

Jika kalian merupakan salah satu kontak yang dipilih untuk tidak melihat storynya maka kalian bisa memintanya untuk membuka privasi tersebut supaya kalian bisa melihat kembali status story yang dibuatnya.

Cek List Kontak

Story WA adalah salah satu fitur yang bisa dinikmati antara pengguna WhatsApp yang sudah saling menyimpan kontak. Alasan kenapa story WA tidak muncul mungkin karena kalian belum menambahkan teman kalian tersebut ke kontak kalian.

Jadi teman WatsApp yang belum masuk kedalam kontak, mereka tidak akan bisa menggunakan atau mendapat update dari status yang dibuatnya. Untuk mengatasi hal ini, silahkan cek list kontak di HP kalian. Caranya:

  1. Buka Kontak di HP kalian.
  2. Masukkan nomor WA dari orang yang story nya tidak muncul di WA kalian.
  3. Pastikan nomor yang dimasukkan sudah benar.
  4. Buka WhatsApp kembali, silahkan tunggu beberapa saat sampai teman kalian membuat status story.

Kalian juga harus benar-benar memastikan dan mengecek bahwa nomor WA yang kalian masukkan itu sudah benar. Karena banyak juga orang yang salah atau bahkan tidak sadar bahwa nomor yang mereka masukkan tersebut salah sehingga nomor tidak terdaftar di akun WhatsApp.

Cek Apakah  Akun WA Kalian Diblokir

Ketika akun WhatsApp seseorang diblokir oleh salah satu teman atau kontaknya, maka bisa terjadi akan terjadi beberapa hal, seperti:

  • Pesan tidak terkirim: Pesan yang kalian kirimkan tidak akan sampai ke kontak yang memblokir kalian tersebut, entah sampai kapan pun itu.
  • Status dan profil tidak muncul: Ketika kalian diblokir, maka otomatis profil dari orang yang memblokir kalian tidak akan muncul atau blank / hilang. Termasuk juga status yang dia buat sudah tidak dapat kalian lihat lagi.

Terus bagaimana cara mengatasinya?

Meskipun ini sulit, namun bukan berarti tidak bisa diatasi. Cara yang dapat kalian lakukan adalah dengan menggunakan WA lain kemudian mengirimkan pesan ke orang tersebut untuk membuka blokir akun WA kalian.

Namun sebelum itu kalian juga harus meminta maaf atau apapun itu, karena tentu ada alasan kenapa orang tersebut memblokir akun WA kalian.

Note: Selain kalian diblokir, pastikan juga kalian tidak memblokir akun WhatsApp nya. Karena hal ini juga berpengaruh seperti saat dia memblokir kalian.

Pastikan Koneksi Internet Stabil

Ketika menggunakan WhatsApp, kalian harus memiliki koneksi internet yang lancar dan stabil. Aktivitas di WhatsApp seperti mengirim pesan, video, foto, sampai dengan membuat story membutuhkan koneksi internet yang stabil supaya tidak terganggu.

Begitu juga ketika kalian ingin melihat status yang dibuat oleh teman-teman kontak di WhatsApp kalian, aktivitas ini juga akan terganggu ketika koneksi internet tidak stabil atau lemot.

Ketika koneksi internet tidak stabil, atau bahkan mengalami gangguan, maka status WA teman-teman kalian tidak akan muncul, bahkan kadang kalian mendapat pesan “terjadi kesalahan”. Setelah status koneksi kembali normal barulah status mereka itu muncul.

Cara mengatasi:

  • Pastikan koneksi internet kalian lancar, silahkan coba gunakan internet untuk browsing. Jika bisa digunakan untuk browsing dengan lancar, maka internet kalian itu sedang normal.
  • Cek kuota internet, bisa jadi sudah habis atau sudah mencapai batas perhari sehingga membuat kalian tidak bisa mengakses internet, begitu pula melihat story WA.
  • Lakukan tes kecepatan internet, apakah bisa menggunakan aplikasi dan browsing di website tertentu. Silahkan kalian searching dengan kata kunci “speed test”.

Jika masih tidak berhasil, kalian bisa coba mengganti provider yang kalian pakai. Mungkin saat itu memang sedang ada gangguan dari providernya, entah itu dari sinyalnya atau bahkan dari koneksi internetnya.

Clear Data WhatsApp

Cara terakhir yang dapat kalian gunakan jika tetap tidak bisa melihat story WA atau story WA tidak muncul adalah dengan clear data WhatsApp kalian. Ini dilakukan supaya semua masalah yang ada di WA kalian bisa hilang.

Baca Juga: Aplikasi Pembersih Whatsapp.

Dengan melakukan clear data, maka otomatis WhatsApp kalian akan reset seperti semula. Ada dua opsi yang bisa kalian pilih, yaitu:

  • Clear Data, menghapus semua data WhatsApp di HP kalian.
  • Clear Cache, menghapus semua cachae WhatsApp di HP kalian.

Kedua cara ini memang terlihat mirip, namun sebenarnya sangat berbeda. Clear Data lebih efektif karena cara ini akan menghapus semua data termasuk cache WhatsApp kalian. Sedangkan untuk Clear Cache tidak menghapus data WhatsApp.

Caranya:

  1. Buka Setelan / Pengaturan di HP kalian.
  2. Masuk ke menu Aplikasi.
  3. Cari aplikasi WhatsApp.
  4. Pilih Hapus data.
  5. Setlah itu silahkan kalian buka WA kalian dan lakukan login ulang dengan akun WA sebelumnya.

WhatsApp Gangguan: Tunggu Normal Kembali

Jika sebelumnya story WA normal-normal saja namun tiba-tiba hilang atau tidak muncul maka bisa jadi aplikasi WA memang sedang mengalami gangguan. Ada dua macam gangguan ini, yaitu:

  • Gangguan dari WhatsApp di HP kalian.
  • Gangguan dari pihak WhatsApp langsung.

Jika masalahnya ada pada HP kalian, maka dengan menggunakan tips dan cara di atas bisa diatasi. Namun jika sudah melakukan semua langkah di atas dan tetap tidak berhasil maka bisa jadi aplikasi WhatsApp sedang ada gangguan dari pusatnya.

Cara mengatasinya adalah dengan menunggu sampai WhatsApp kembali normal, biasanya tidak membutuhkan waktu lama sampai seharian untuk WA kembali normal. Atau kalian bisa coba pakai VPN untuk berinternet dan mengakses WA.

Nah itulah tutorial dan tips yang bisa saya berikan tentang cara mengatasi story WA tidak muncul, penyebab dan cara atasinya. Jika kalian masih bingung dengan penjelasan di atas dan ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen di bawah.


Mochamad Alif Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *