Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh

By

cara mengatasi ram android cepat penuh

Nah buat sobat yang memiliki perangkat seperti smartphone atau pun laptop pasti sering mendengar ataupun membaca tentang istilah RAM bukan?

RAM ini berfungsi untuk menyimpan data sementara. Sama seperti Komputer.

SSmartphone dan Tablet Android pun juga memerlukan memori RAM untuk melakukan aktivitas Multitasking pada Layar seperti yang dilakukan oleh pengguna Android misalnya bermain game, Chatting, internetan,Video Call, atau pun streaming.

Membuka banyak aplikasi atau bermain game berat pastinya akan membutuhkan banyak memori.

Misalnya kamu membuka Aplikasi Messenger secara bersamaan, maka itu akan menyebabkan RAM Android kamu penuh.

Baca Juga: Cara Menambah RAM.

Mungkin jika android kamu mempunyai kapasitas RAM yang besar tidak terlalu masalah.

Tapi apabila android hanya mempunyai RAM berkapasitas kecil seperti 1GB atau 512MB maka yang akan terjadi yaitu smartphone kamu akan terasa berat dan lemot.

Cara Mengatasi RAM HP Android Penuh

Nah di kesempatan kali ini saya akan berbagi tips atau cara untuk mengatasi memori RAM yang sering penuh atau cepat habis.

Untuk mengatasi RAM Android yang sering penuh atau cepat habis tidaklah sulit loh sobat.

Buat kamu yang sudah penasaran bagaimana caranya,  silahkan langsung saja simak 5 cara mudah mengatasi RAM android yang sering penuh berikut ini.

1. Hentikan Aplikasi Secara Paksa

Sebaiknya hentikan saja aplikasi yang jarang kamu gunakan secara paksa. Karena pada umumnya aplikasi yang sering membuat RAM cepat penuh yaitu aplikasi chat.

Maka hentikan lah aplikasi chat yang berjalan di belakang layar tersebut misalnya BBM, Facebook Messenger, Instagram, atau yang lainnya secara paksa.

Silahkan kamu simak langkah – langkahnya berikut ini untuk bisa menghentikan aplikasi secara paksa.

Silahkan buka menu Pengaturan » Aplikasi » Manajer Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » selanjutnya tap “Paksa Berhenti” lalu “Hapus Data”.

Silahkan buka menu Pengaturan » Aplikasi » Manajer Aplikasi » Cari “Nama Aplikasi” » selanjutnya tap “Hapus Cache”.

hentikan aplikasi secara paksa

2. Gunakan Aplikasi Booster

gunakan aplikasi booster

Aplikasi Booster bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan performa Android secara signifikan dan untuk meningkatkan penggunaan RAM agar  lebih optimal dan tidak mudah lemot.

Ada banyak aplikasi Booster misalnya CM Booter, Clean Master, dan sebagainya.

Kamu dapat mengunduhnya dengan gratis dengan cara mencarinya sendiri di Google Play Store dengan kata kunci Aplikasi Booster.

3. Menggunakan Aplikasi Pembersih

gunakan aplikasi pembersih

Kemudian cara ketiga yang dapat kamu gunakan, adalah dengan memakai aplikasi pembersih yang dapat kamu install di playstore.

Aplikasi ini tentu sangat berguna, beberapa fitur yang dapat digunakan yaitu menghapus cache, menghapus cookies, menghapus junk file, menghapus file besar yang tidak digunakan atau dapat membuat ram tidak penuh.

Beberapa aplikasi berikut dapat kamu manfaatkan, berikut nama aplikasinya:

  • Clean Master
  • Super Cleaner
  • Virus Cleaner
  • Ram Booster

Baca Juga: Aplikasi Pembersih RAM Android.

4. Pindahkan Aplikasi ke MicroSD

Hal yang perlu anda perhatikan adalah dengan memidahkan aplikasi yang ada pada smartphone anda ke microsd, secara default aplikasi terinstall akan masuk ke memori internal.

Nah jika memori internal sudah terlalu sesak alias sudah penuh maka akan menyebabkan lambat pada hp anda, selain itu akan berdampak buruk yang berkelanjutan.

Akibat dari memori internal yang penuh adalah aplikasi tiba tiba akan tertutup sendiri atau bisa juga sering mengalami lag atau crash ketika memainkan dan menjalankan aplikasi tertentu.

Adapun cara menambah ruang pada ram android dengan memindahkan file dan aplikasi ke memori external (microSD) sebagai berikut:

  • Pertama-tama silahkan anda masuk pada setting -> SD Card & Phone Strorage
  • Kemudian pindahkan aplikasi yang memiliki kapasitas berat seperti facebook, instagram, dan game yang berat ke microSD.

Bagi anda yang memakai sistem operasi android froyo, gingerbread, kitKat dan lollipop 5.0 maka dapat dipindahkan secara langsung tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga, adapun cara memindahkan aplikasi atau game dengan mudah seperti yang satu ini:

  1. Pertama-tama silahkan masuk ke menu setting.
  2. Setelah itu klik applications.
  3. Kemudian anda tinggal pilih manage applications.
  4. Jika sudah maka sobat dapat pilih salah satu aplikasi yang mau dipindahkan ke SDcard atau MicroSD.
  5. Kemudian tinggal klik move to SD card supaya memindahkan aplikasi atau file dari memori internal ke dalam memori eksternal.

Silahkan buka menu Pengaturan » Aplikasi » kemudian tap Unduhan » cari nama aplikasi, selanjutnya tap “Pindahkan Ke Kartu SD”.

5. Hapus Atau Nonaktifkan Aplikasi Yang Jarang Kamu Pakai

Sebaiknya nonaktifkan aplikasi bawaan yang memang jarang kamu gunakan, atau jika mau, kamu juga dapat menghapus aplikasi bawaan yang tidak kamu gunakan tersebut.

Cara ini akan membuat RAM kamu lebih lega, dan memori Internal kamu juga akan mempunyai space ruang yang cukup banyak. Silahkan simak langkah – langkahnya berikut ini untuk menonaktifkan aplikasi bawaan yang jarang kamu gunakan.

Silahkan buka menu Pengaturan » pilih Aplikasi » kemudian tap Unduhan » cari nama aplikasi bawaan, selanjutnya tap “Nonaktifkan”.

6. Membersihkan Cache dari RAM

Selain menggunakan cara diatas tadi, ana juga dapat melakukan pembersihan cache dengan menghapus cache pada smartphone android anda.

Tahukah anda bahwa cache merupakan suatu tempat penyimpanan setiap aktivitas yang sudah anda lakukan pada smartphone android.

Tujuan adanya cache adalah supaya dapat melakukan aktifitas sebelumnya.

Contohnya saja ketika anda tidak pelru memasukan sandi lagi ke akun facebook anda dan ini berkat adanya cache yang dengan sendiri mengirim data login anda sehingga anda tidak perlu login kembali.

Selain itu cache juga memiliki dampak buruk yaitu jika dibiarkan akan menumpuk dan akan mempengaruhi kecepatan smartphone, jika cache terlalu penuh maka smartphone anda akan lambat.

Kemudian cache juga dapat menyebabkan ram pada android cepat sekali penuh, untuk mengatasinya bisa simak penjelasan berikut ini:

  • Langkah utama yang perlu anda lakukan adalah dengan masuk ke dalam menu setting
  • Lalu anda pilih storage data
  • Untuk membersihkan cache, maka anda tinggal tekan clear cache data
  • Selesai, cache yang ada sudah terhapus dan anda akan lebih nyaman.

Jika anda sudah melakukan cara mengatasi ram android penuh, maka sobat tidak perlu khawatir lagi dengan masalah yang sama.

Kesimpulan

Jika anda mengalami hal tersebut lagi maka cukup dengan melakukan cara diatas tadi secara berkala.

Keuntungan dari membersihkan storage adalah anda dapat memiliki cukup ruang penyimpanan dan ram yang lumayan besar, sehingga anda dapat menjalankan aplikasi lebih nyaman dan lancar.

Demikianlah penjelasan yang bisa saya rekomendasikan di kesempatan kali ini tentang Cara Mengatasi RAM Android Yang Sering Penuh.

Cara yang saya sampaikan diatas bisa kamu ikuti di semua merek perangkat Android misalnya Samsung Galaxy, Oppo, Lenovo, Acer, LG, Smartfreen Andromax, EverCross, dan sebagainya.

Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat, dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan sampaikan pertanyaan kamu di kolom komentar.


Ayu Musfiroh Mahasiswi jurusan hukum yang gemar menulis hal tentang gadget, komputer dan game.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *