×
Cara Mengatasi PC Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS Semua Jenis
×

Cara Mengatasi PC Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS Di Semua Jenis BIOS PC

Cara Mengatasi PC Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS Di Semua Jenis BIOS PC
By : Mochamad Alif Prayogo 17/12/2017

Ketika kita menggunakan komputer terkadang kita mendapatkan gangguan dan masalah tertentu yang bermacam-macam jenisnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang salah satu masalah yang timbul ketika kita menggunakan komputer atau laptop. Contoh masalah yang akan saya bahas kali ini adalah komputer tidak bisa masuk masuk BIOS atau bisa disebut juga dengan istilah gagal booting.

cara mengatasi laptop pc tidak bisa masuk bios

Cara Masuk BIOS Mengatasi PC Tidak Bisa Masuk BIOS

Ketika komputer kalian tidak dapat masuk BIOS, maka komputer kalian tidak akan bisa digunakan sama sekali, karena tidak bisa masuk ke halaman utama windows. Saat komputer tidak bisa masuk ke dalam menu BIOS, maka akan muncul tampilan biru pada layar beserta tulisan error, hal ini sering dinamakan denga isitilah Blue Screen. Blue Screen adalah saat dimana komputer kalian akan melakukan restart secara otomatis dan layar komputer kalian dipenuhi warna biru disertai tulisan.

 

Penyebab Komputer Tidak Bisa Masuk BIOS

Terdapat berbagai macam penyebab dan kondisi yang menyebabkan komputer kita mengalami blue screen dan tidak bisa memasuki BIOS.Kalian tidak perlu khawatir karena terlepas dari faktor-faktor yang menyebabkan komputer tidak bisa masuk BIOS, terdapat juga cara mengatasi  masalah ini. Dengan menggunakan cara-cara tertentu kalian bisa mengembalikan komputer kalian seperti semula.

 

#1. Adanya Maslah Pada BIOS

Faktor pertama yang menyebabkan komputer kalian tidak bisa memasuki BIOS adalah terdapat masalah pada BIOS komputer kalian. Masalah yang terjadi pada BIOS ini menyebabkan komputer kalian tidak dapat memasuki BIOS.

 

#2. Software tidak Kompatibel

Software yang kalian install tidak kompatibel juga dapat menebabkan masalah berupa pada komputer. Software yang tidak kompatibel dapat meyebabkan komputer tidak bisa memsuki BIOS. Kemungkinan software ini adalah software yang baru saja kalian instal, dan bisa juga software yang sudah lama kalian instal kemudian mengalami error.

 

#3. HDD tidak Terdeteksi

Selain BIOS, hardware yang tidak terdeteksi oleh komputer juga dapat menyebabkan komputer kalian tidak bisa memasuki BIOS. Harddisk merupakan bagian yang sangat penting yang memengaruhi komputer kalian. Harddisk juga memengaruhi booting pada komputer kita. Kalau memang yang menyebabkan kalian tidak bisa memasuki BIOS adalah Harddisk, maka saat dihidupkan akan muncul tulisan “Disk Boot Failure”.

 

#4. Masalah pada Memori dan VGA

Selain harddisk, memori dan VGA pada komputer yang bermasalah juga dapat menyebabkan komputer tidak bisa masuk BIOS dan gagal dihidupkan. Apabila memang benar masalahnya pada memori maka komputer akan berbunyi “beep” berulang kali saat dinyalakan. Dan jika VGA yang menyebabkan masalah ini, maka akan terlihat di layar komputer kalian yang tidak mau memunculkan tampilan.

 

#5. Penggunaan Komputer Berlebihan

Penggunaan komputer secara berlebiha dapat menyebabkan komputer kalian mengalami overheat. Overheat pada komputer ini dapat menyebabkan komputer error bahkan rusak. Tanda-tanda ketika komputer kalian rusak karena digunakan terus menerus adalah komputer kalian tidak bisa lagi masuk Windows atau bisa disebut juga gagal booting.

 

#6. Adanya Harddisk atau Sistem Windows yang Corupt

Apabila salah satu file sistem windows ada yang hilang, maka komputer kalian akan mengalami masalah dan tidak bisa booting dengan normal lagi. Selain file sistem windows yang rusak, harddisk yang mengalami kerusakan juga dapat memberikan dampak buruk bagi komputer kita, harddisk yang mulai rusa dapat menyebabkan komputer gagal booting.

 

#7. Komputer Terserang Virus

Terdapat berbagai macam jenis virus, ada juga virus yang menyebabkan komputer gagal booting. Komputer yang terserang virus akan mengalami kerusakan pada komputer. Virus akan menyebabkan komputer rusak tidak bisa masuk ke BIOS dengan normal. Hal ini yang menyebabkan komputer kita gagal booting dan tidak bisa masuk ke windows.

 

Cara Mengatasi Komputer PC Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS

#1. Menggunakan Cara Sederhana

Untuk mengatasi masalah yang pertama yang menyebabkan komputer tidak bisa masuk BIOS adalah dengan menggunakan cara manual atau cara sederhana. Dengan menggunakan cara ini, kalian bisa memperbaiki komputer kalian yang tidak bisa masuk ke BIOS.

 

#2. Mengatasi Booting Karena Masalah HDD

Harddisk yang tidak terbaca menyebabkan komputer tidak bisa masuk ke BIOS. Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa menggunakan beberapa cara berikut ini:

  • Pastikan kabel SATA atau IDE yang terdapat pada CPU terpasang dengan benar.
  • Pastikan settingan antar Slaver dan Mastern pada bagian Jumper tidak tertukar.
  • Pastikan harddisk sudah terdeteksi oleh BIOS.
  • Pastikan harrdisk berkerja dengan normal. Jika harddiks bekerja dengan normal, bagian akan terasa bergetar ketika disentuh.

 

#3. Mengatasi Booting Karena Masalah Software

  1. Masuk ke mode safe
  2. Ketkan komputer dihidupkan, tekan tombol
  3. Periksalah perangkat lunak (software) yang kalian kira menyebabkan komputer kalian gagal booting
  4. Hapuslah perangkat software yang menurut kalian berbahaya dan mencurigakan tersebut.
  5. Bukalah Control Panel pada komputer kalian.
  6. Uninstal program yang mencurigakan tersebut.
  7. Kemudian restart lah komputer kalian.

 

#4.Mengatasi karena Masalah Memori dan VGA

  1. Lepaskan terlebih dahulu kartu VGA dan memori yang terdapat pada komputer kalian.
  2. Bersihkan kartu VGA dan memori tersebut menggunakan kain yang bersih dan lembut.
  3. Setelah itu pasangkan kembali memori dan VGA tersebut.
  4. Jika cara diatas tidak berhasil, cobalah untuk memasangkan memori tersebut pada slot yang lain.
  5. Jika pada komputer kalian terdapat lebih dari satu memori, maka kalian harus melepasnya terlebih dahulu satu persatu kemudian memsangnya secara bergantian.
  6. Jika cara diatas masih tidak berhasil dan masih terdengar bunyi “beep” pada CPU, maka kalian ganti terlebih dahulu VGA dan memori tersebut dengan yang lainnya.
  7. Apabila kondisi CPU komputer kalian terlihat baik, dan sudah bekerja dengan baik, namun monitor tidak menampilkanya, maka kalian harus mengganti VGA pada monitor.

 

#5. Cara Mengatasi Karena Komputer Overheat

  1. Bukalah CPU, kemudian cek kondisi heatsink dan Fan processor pada CPU apakah berjalan dengan baik atau tidak.
  2. Apabila Fan masih berputar itu tandanya Fan processor masih berjalan dengan baik, ini berarti tidak ada masalah dengan Fan Processor tersebut.
  3. Apabila Fan tidak berputar, maka cobalah untuk membersihkan Fan Processor tersebut. Karena fan yang kotor dapat menyebabkan kerusakan lebih parah.

 

#6. Cara Meengatasi Karena  File Corupt

  1. Periksalah kondisi memori dengan melepaskan harddisk yang terpasang pada CPU.
  2. Setelah kalian mengecek kondisi harddisk tersebut, pasanglah kembali seperti posisi semula.
  3. Cobalah untuk masuk menu BIOS.
  4. Kemudian, gantilah firstboot menjadi ke DVD-ROM atau bisa juga ke Flashdisk,
  5. Selanjutnya restart komputer.
  6. Setelah kalian melakukan langkah-langkah diatas, jika yang kalian lakukan sudah benar maka akan muncul perintah “pres any key to boot…”. Kalian bisa menekan tombol apapun yang kalian inginkan.
  7. Kemudian klik “repair your computer.”
  8. Lanjutkan dengan proses repair tersebut, kemudian tunggu sampai proses tersebut sampai selesai.
  9. Jika setelah melakukan langkah diatas dan tidak berhasil, maka kalian harus menginstal ulang sistem operasi komputer kalian.

#7. Cara Mentatasi Karena Virus

  1. Masuklah ke windows dengan cara menggunakan mode safe (safe mode).
  2. Buka dan jalankan antivirus kalian.
  3. Kemudian scan lah komputer kalian menggunakan antivirus, tunggu sampai proses selsesai.
  4. Setelah itu, jika kalian menemukan virus berupa malware dan virus-virus lainnya kalian harus segera menghapus program atau file yang terkena virus tersebut.
  5. Setelah itu restartlah komputer kalian.

 

Mungkin cukup sampai disini saja apa yang saya tulis tentang penyebab dan cara mengatasi komputer tidak mau masuk BIOS. Selain ketujuh penyebab diatas mungkin masih terdapat penyebab-penyebab lain yang belum diketahui. Jika kalian penyebab selain diatas, silahkan tuliskan dikomentar.



MasTekno

MasTekno adalah media informasi tips trik seputar teknologi, berbagai cara berkaitan dengan teknologi informasi.

Menyajikan informasi dan cara terknini, terupdate dan terpercaya agar dapat menjadi media yang lebih dipercaya oleh para pembaca.

Berlangganan Artikel Via Email



Support : CS@MasTekno.COM

MasTekno

MasTekno adalah media informasi tips trik seputar teknologi, berbagai cara berkaitan dengan teknologi informasi.

Menyajikan informasi dan cara terknini, terupdate dan terpercaya agar dapat menjadi media yang lebih dipercaya oleh para pembaca.

Berlangganan Artikel Via Email



Support : CS@MasTekno.COM

Ciri Ciri Kerusakan Pada Motherboard yang Wajib Diketahui

Ciri Ciri Kerusakan Pada Motherboard yang Wajib Diketahui
By : Mochamad Alif Prayogo 22/12/2017

Ketika kita menggunakan komputer terkadang kita mendapatkan gangguan dan masalah tertentu yang bermacam-macam jenisnya. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang salah satu masalah yang timbul ketika kita menggunakan komputer atau laptop. Contoh masalah yang akan saya bahas kali ini adalah komputer tidak bisa masuk masuk BIOS atau bisa disebut juga dengan istilah gagal booting.

cara mengatasi laptop pc tidak bisa masuk bios

Cara Masuk BIOS Mengatasi PC Tidak Bisa Masuk BIOS

Ketika komputer kalian tidak dapat masuk BIOS, maka komputer kalian tidak akan bisa digunakan sama sekali, karena tidak bisa masuk ke halaman utama windows. Saat komputer tidak bisa masuk ke dalam menu BIOS, maka akan muncul tampilan biru pada layar beserta tulisan error, hal ini sering dinamakan denga isitilah Blue Screen. Blue Screen adalah saat dimana komputer kalian akan melakukan restart secara otomatis dan layar komputer kalian dipenuhi warna biru disertai tulisan.

 

Penyebab Komputer Tidak Bisa Masuk BIOS

Terdapat berbagai macam penyebab dan kondisi yang menyebabkan komputer kita mengalami blue screen dan tidak bisa memasuki BIOS.Kalian tidak perlu khawatir karena terlepas dari faktor-faktor yang menyebabkan komputer tidak bisa masuk BIOS, terdapat juga cara mengatasi  masalah ini. Dengan menggunakan cara-cara tertentu kalian bisa mengembalikan komputer kalian seperti semula.

 

#1. Adanya Maslah Pada BIOS

Faktor pertama yang menyebabkan komputer kalian tidak bisa memasuki BIOS adalah terdapat masalah pada BIOS komputer kalian. Masalah yang terjadi pada BIOS ini menyebabkan komputer kalian tidak dapat memasuki BIOS.

 

#2. Software tidak Kompatibel

Software yang kalian install tidak kompatibel juga dapat menebabkan masalah berupa pada komputer. Software yang tidak kompatibel dapat meyebabkan komputer tidak bisa memsuki BIOS. Kemungkinan software ini adalah software yang baru saja kalian instal, dan bisa juga software yang sudah lama kalian instal kemudian mengalami error.

 

#3. HDD tidak Terdeteksi

Selain BIOS, hardware yang tidak terdeteksi oleh komputer juga dapat menyebabkan komputer kalian tidak bisa memasuki BIOS. Harddisk merupakan bagian yang sangat penting yang memengaruhi komputer kalian. Harddisk juga memengaruhi booting pada komputer kita. Kalau memang yang menyebabkan kalian tidak bisa memasuki BIOS adalah Harddisk, maka saat dihidupkan akan muncul tulisan “Disk Boot Failure”.

 

#4. Masalah pada Memori dan VGA

Selain harddisk, memori dan VGA pada komputer yang bermasalah juga dapat menyebabkan komputer tidak bisa masuk BIOS dan gagal dihidupkan. Apabila memang benar masalahnya pada memori maka komputer akan berbunyi “beep” berulang kali saat dinyalakan. Dan jika VGA yang menyebabkan masalah ini, maka akan terlihat di layar komputer kalian yang tidak mau memunculkan tampilan.

 

#5. Penggunaan Komputer Berlebihan

Penggunaan komputer secara berlebiha dapat menyebabkan komputer kalian mengalami overheat. Overheat pada komputer ini dapat menyebabkan komputer error bahkan rusak. Tanda-tanda ketika komputer kalian rusak karena digunakan terus menerus adalah komputer kalian tidak bisa lagi masuk Windows atau bisa disebut juga gagal booting.

 

#6. Adanya Harddisk atau Sistem Windows yang Corupt

Apabila salah satu file sistem windows ada yang hilang, maka komputer kalian akan mengalami masalah dan tidak bisa booting dengan normal lagi. Selain file sistem windows yang rusak, harddisk yang mengalami kerusakan juga dapat memberikan dampak buruk bagi komputer kita, harddisk yang mulai rusa dapat menyebabkan komputer gagal booting.

 

#7. Komputer Terserang Virus

Terdapat berbagai macam jenis virus, ada juga virus yang menyebabkan komputer gagal booting. Komputer yang terserang virus akan mengalami kerusakan pada komputer. Virus akan menyebabkan komputer rusak tidak bisa masuk ke BIOS dengan normal. Hal ini yang menyebabkan komputer kita gagal booting dan tidak bisa masuk ke windows.

 

Cara Mengatasi Komputer PC Laptop Tidak Bisa Masuk BIOS

#1. Menggunakan Cara Sederhana

Untuk mengatasi masalah yang pertama yang menyebabkan komputer tidak bisa masuk BIOS adalah dengan menggunakan cara manual atau cara sederhana. Dengan menggunakan cara ini, kalian bisa memperbaiki komputer kalian yang tidak bisa masuk ke BIOS.

 

#2. Mengatasi Booting Karena Masalah HDD

Harddisk yang tidak terbaca menyebabkan komputer tidak bisa masuk ke BIOS. Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa menggunakan beberapa cara berikut ini:

  • Pastikan kabel SATA atau IDE yang terdapat pada CPU terpasang dengan benar.
  • Pastikan settingan antar Slaver dan Mastern pada bagian Jumper tidak tertukar.
  • Pastikan harddisk sudah terdeteksi oleh BIOS.
  • Pastikan harrdisk berkerja dengan normal. Jika harddiks bekerja dengan normal, bagian akan terasa bergetar ketika disentuh.

 

#3. Mengatasi Booting Karena Masalah Software

  1. Masuk ke mode safe
  2. Ketkan komputer dihidupkan, tekan tombol
  3. Periksalah perangkat lunak (software) yang kalian kira menyebabkan komputer kalian gagal booting
  4. Hapuslah perangkat software yang menurut kalian berbahaya dan mencurigakan tersebut.
  5. Bukalah Control Panel pada komputer kalian.
  6. Uninstal program yang mencurigakan tersebut.
  7. Kemudian restart lah komputer kalian.

 

#4.Mengatasi karena Masalah Memori dan VGA

  1. Lepaskan terlebih dahulu kartu VGA dan memori yang terdapat pada komputer kalian.
  2. Bersihkan kartu VGA dan memori tersebut menggunakan kain yang bersih dan lembut.
  3. Setelah itu pasangkan kembali memori dan VGA tersebut.
  4. Jika cara diatas tidak berhasil, cobalah untuk memasangkan memori tersebut pada slot yang lain.
  5. Jika pada komputer kalian terdapat lebih dari satu memori, maka kalian harus melepasnya terlebih dahulu satu persatu kemudian memsangnya secara bergantian.
  6. Jika cara diatas masih tidak berhasil dan masih terdengar bunyi “beep” pada CPU, maka kalian ganti terlebih dahulu VGA dan memori tersebut dengan yang lainnya.
  7. Apabila kondisi CPU komputer kalian terlihat baik, dan sudah bekerja dengan baik, namun monitor tidak menampilkanya, maka kalian harus mengganti VGA pada monitor.

 

#5. Cara Mengatasi Karena Komputer Overheat

  1. Bukalah CPU, kemudian cek kondisi heatsink dan Fan processor pada CPU apakah berjalan dengan baik atau tidak.
  2. Apabila Fan masih berputar itu tandanya Fan processor masih berjalan dengan baik, ini berarti tidak ada masalah dengan Fan Processor tersebut.
  3. Apabila Fan tidak berputar, maka cobalah untuk membersihkan Fan Processor tersebut. Karena fan yang kotor dapat menyebabkan kerusakan lebih parah.

 

#6. Cara Meengatasi Karena  File Corupt

  1. Periksalah kondisi memori dengan melepaskan harddisk yang terpasang pada CPU.
  2. Setelah kalian mengecek kondisi harddisk tersebut, pasanglah kembali seperti posisi semula.
  3. Cobalah untuk masuk menu BIOS.
  4. Kemudian, gantilah firstboot menjadi ke DVD-ROM atau bisa juga ke Flashdisk,
  5. Selanjutnya restart komputer.
  6. Setelah kalian melakukan langkah-langkah diatas, jika yang kalian lakukan sudah benar maka akan muncul perintah “pres any key to boot…”. Kalian bisa menekan tombol apapun yang kalian inginkan.
  7. Kemudian klik “repair your computer.”
  8. Lanjutkan dengan proses repair tersebut, kemudian tunggu sampai proses tersebut sampai selesai.
  9. Jika setelah melakukan langkah diatas dan tidak berhasil, maka kalian harus menginstal ulang sistem operasi komputer kalian.

#7. Cara Mentatasi Karena Virus

  1. Masuklah ke windows dengan cara menggunakan mode safe (safe mode).
  2. Buka dan jalankan antivirus kalian.
  3. Kemudian scan lah komputer kalian menggunakan antivirus, tunggu sampai proses selsesai.
  4. Setelah itu, jika kalian menemukan virus berupa malware dan virus-virus lainnya kalian harus segera menghapus program atau file yang terkena virus tersebut.
  5. Setelah itu restartlah komputer kalian.

 

Mungkin cukup sampai disini saja apa yang saya tulis tentang penyebab dan cara mengatasi komputer tidak mau masuk BIOS. Selain ketujuh penyebab diatas mungkin masih terdapat penyebab-penyebab lain yang belum diketahui. Jika kalian penyebab selain diatas, silahkan tuliskan dikomentar.