Cara Mengatasi Laptop Black Screen

By Adi Catur Pamungkas -

Pernahkah kalian mendengar istilah black screen? Mungkin daripada black screen kalian lebih familiar dengan istilah blue screen. Kedua hal tersebut adalah salah satu masalah atau penyakit yang sering menyerang perangkat laptop dan juga komputer.

Blue screen sendiri adalah keadaan dimana sebuah perangkat PC atau laptop menampilkan layar biru dengan beberapa teks pesan error. Jika perangkat telah mengalami blue screen maka ia tidak akan bisa dioperasikan sehingga membutuhkan penanganan terlebih dahulu.

Lalu apa arti dari black screen? Seperti namanya ini juga merupakan sebuah keadaan dimana layar perangkat tidak menampilkan apa-apa alias blank hitam. Black screen sendiri biasanya terjadi setelah laptop dinyalakan. Ketika sudah start up dan menampilkan welcome ternyata tampilan berubah menjadi layar hitam dan hanya ada kursor disana.

Tentu bagi yang masih awam akan cukup khawatir dengan hal ini. Akan tetapi kamu tidak perlu panik, sebenarnya bisa dibilang ‘cukup wajar’ ketika sebuah komputer atau laptop sekali dua kali mengalami black screen.

Nah apabila perangkat milik kalian mengalami error semacam ini maka kalian hanya perlu tahu cara untuk mengatasinya. Jangan gegabah untuk langsung membawanya ke tempat service karena biasanya blackscreen tidak selalu disebabkan oleh hal yang serius.

Akan lebih baik jika kalian tahu apa saja hal yang bisa menyebabkan terjadinya layar blank hitam di windows. Dengan mengetahui asal-usul serta penyebabnya tentu kita akan bisa mencari solusi yang tepat untuk error semacam ini.

Secara sederhana kita bisa membagi penyebab layar laptop gelap ini menjadi 2 macam, pertama masalah pada software dan kedua pada hardwarenya. Jika kalian bisa mengecek dengan teliti apa saja yang salah maka bukanlah hal sulit untuk memperbaiki perangkat yang mengalami black screen.

Baca Juga : Cara Mengatasi Laptop Macet Hang

Cara Mengatasi Error Black Screen

Bagi yang masih pemula, silahkan ikuti panduan serta beberapa tips yang mana bisa menjadi solusi dari layar laptop dan PC yang hanya menampilkan kursor saja, berikut cara mengatasi laptop black screen.

1. Lakukan Restart Pada Perangkat

Ketika sebuah perangkat mengalami masalah seperti ini janganlah langsung panik dan berpikir yang tidak-tidak. Pertama yang perlu kalian lakukan adalah tenang sehingga bisa berpikir dengan jernih untuk mencari solusinya.

Sebenarnya black screen tidak selalu berarti ada yang rusak parah. Kadang hal ini hanya disebabkan oleh kesalahan kecil oleh sistem sehingga ia tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Jika setelah melakukan booting komputer kalian menampilkan layar hitam, tips pertama yang bisa kalian coba adalah dengan merestartnya. Jika memang tidak ada kerusakan yang serius cara ini biasanya hal ini cukup ampuh untuk mengatasi black screen.

2. Masuk ke Safe Mode

Jika kalian sudah melakukan cara pertama diatas namun belum berhasil, maka kemungkinan masalah ada di tempat lain. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa layar yang tiba-tiba blank bisa disebabkan oleh faktor software dan hardware.

Pertama kita harus mengecek softwarenya apakah ada yang salah sehingga menyebabkan error pada sistem. Kadang bagi yang awam mereka akan secara sembarangan menginstall berbagai program ke dalam laptop.

Hal ini tentu perlu diperhatikan, tidak semua program ataupun aplikasi itu aman untuk dipasang. Kadang ada beberapa software yang mana bisa menjadi berbahaya dan merusak perangkat.

Selain itu setiap komputer atau laptop memiliki spesifikasinya sendiri sehingga kita juga harus memperhatikan hal tersebut sebelum menginstall sebuah software. Apabila secara sembarangan kita memasang aplikasi yang mana tidak cocok dengan hardware yang dipakai. Maka hal tersebut beresiko mengakibatkan error seperti black screen.

Jika perangkat kalian selalu blank hitam setelah melakukan booting, mungkin memang ada yang salah dengan software maupun systemnya. Kalian bisa mencoba untuk masuk ke safe mode yang mungkin bisa mengatasi black screen pada windows 7, 8 dan 10.

Untuk yang masih awam dan belum tahu cara untuk masuk ke safe mode, ikuti panduan berikut ini. Silahkan kalian nyalakan laptop atau komputer, saat ia sedang melakukan booting tekan tombol F8 hingga muncul pilihan. Kemudian silahkan pilih untuk masuk ke safe mode dan tunggu hingga ia aktif sepenuhnya.

Setelah berhasil mengaktifkan safe mode pada windows, silahkan cari software atau program yang kalian anggap mencurigakan kemudian uninstall. Selain itu kadang black screen juga bisa disebabkan oleh virus yang mengganggu sistem.

Jadi jangan lupa untuk melakukan scanning terhadap virus dan mengecek apakah perangkat kalian terinfeksi atau tidak. Jika semua pembersihan yang dilakukan dirasa sudah cukup, silahkan lakukan restart pada PC atau laptop dan tunggu proses bootingnya selesai hingga berhasil masuk windows.

3. Cek Kondisi Layar

Untuk beberapa kasus, masalah layar laptop menjadi hitam ini tidak serta merta menandakan bahwa terdapat kerusakan yang parah pada perangkat. Namun terkadang malah karena di sebabkan oleh kesalahan kecil dari sistem yang menyebabkan laptop tidak bisa bekerja dengan semestinya.

Oleh karena itu, cara paling sederhana untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan memastikan bahwa kondisi layar laptop kamu bisa berfungsi dengan baik. Untuk mengecek output display laptop, kamu bisa mencoba untuk menghubungkan laptop dengan monitor eksternal.

Apabila pada layar monitor eksternal bisa menampilkan tampilan yang normal, maka permasalahan tersebut di sebabkan karena terjadi kerusakan pada layar laptop atau pada kabel display laptop. Untuk mengatasinya, tentu saja kamu harus melakukan perbaikan ke tempat servis resmi supaya bisa di tangani oleh teknisi profesional.

4. Periksa Resolusi Layar

Mungkin tanpa di sadari, kamu atau orang lain menggunakan laptop kamu lalu mengubah resolusi layar pada laptop menjadi lebih tinggi dari kemampuan laptop sehingga bisa menyebabkan layar laptop menjadi hitam atau blank.

Hal ini sering terjadi pada laptop – laptop dengan layar beresolusi rendah. Kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan cara masuk ke Safe Mode lalu pada saat menyalakan laptop. Kemudian setelah laptop berhasil menyala, lakukan perbaikan pada layar dengan mengubah resolusi sesuai kemampuan layar laptop kamu.

5. Reset BIOS

Kesalahan dalam melakukan konfigurasi pada BIOS juga bisa menjadi salah satu penyebab layar laptop menjadi hitam karena laptop tidak bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Oleh karena itu, adapun hal yang harus kamu lakukan yaitu dengan masuk ke menu BIOS pada laptop kamu.

Baca Juga : Cara Masuk BIOS dan Setting BIOS

Hal tersebut dilakukan supaya kamu bisa memeriksa sistem pada laptop kamu. Setelah berhasil masuk BIOS, kamu bisa mengatur kebali konfigurasi BIOS ke konfigurasi default atau kamu bisa melakukannya dengan mencopot baterai CMOS pada motherboard dan memasangnya kembali.

6. Atasi Overheating

Selain memperhatikan beberapa hal di atas, kamu juga memperhatikan masalah overheating pada laptop kamu. Overheating atau masalah laptop yang terlalu panas mungkin sering di sepelekan oleh banyak pengguna.

Namun jika hal tersebut dibiarkan secara terus menerus, maka kemungkinan terburuk yang bisa terjadi yaitu VGA Card pada laptop kamu akan mudah terbakar. Jika VGA tersebut rusak, tentu saja akan mempengaruhi tampilan dari layar laptop yang kamu gunakan.

Tidak hanya itu saja, jika hal tersebut terjadi maka akan membutuhkan biaya yang besar baik untuk perbaikan maupun mempertimbangkan untuk mengganti laptop dengan yang baru. Oleh karena itu, maka pastikan bahwa kamu rutin membersihkan debu atau kotoran yang menghalangi aliran udara panas yang keluar dari laptop.

Selain itu, pastikan juga kamu memberikan waktu istirahat bagi laptop kamu selama beberapa jam hingga semua komponen pada laptop kamu menjadi dingin kembali dan bisa kamu operasikan kembali secara normal.

7. Uninstall Software Tidak Kompatibel

Memasang sebuah software tertentu memang bisa meringankan pekerjaan yang kita kerjakan. Namun di sisi lain, memasang software yang tidak kompatibel atau tidak di dukung oleh sistem justru bisa menyebabkan laptop menjadi blank.

Bahayanya lagi, untuk beberapa software atau aplikasi bisa menjadi salah satu ancaman untuk laptop kamu karena bisa saja merusak perangkat yang disebabkan oleh virus maupun malware. Kamu bisa mengatasi masalah tersebut dengan masuk ke Safe Mode.

Jika sudah masuk Safe Mode, kamu bisa melakukan uninstall atau mencopot pemasangan pada software atau aplikasi yang menjadi penyebab masalah black screen pada layar laptop kamu. Jika sudah di uninstall, restart laptop kamu dan periksa apakah masalah sudah teratasi atau belum.

8. Update Driver GPU

Salah satu penyebab terjadinya black screen pada laptop atau komputer yaitu karena perlunya melakukan pembaruan Driver GPU (Graphics Processing Unit). Namun penyebab yang satu ini memang sangat jarang sekali terjadi.

Oleh karena itu, maka kamu tidak perlu panik, karena cara mengatasinya sangat mudah yaitu kamu hanya perlu download Driver GPU dengan versi terbaru sesuai dengan merek laptop dan juga merek GPU yang kamu gunakan.

9. Periksa dan Ganti Hardware yang Rusak

Setelah tadi kita mengecek software maka sekarang waktunya untuk mengecek hardware. Adakalanya ketika kita ingin masuk ke safe mode, black screen pun tetap terjadi. Jika sudah seperti ini maka kemungkinan ada komponen perangkat keras yang bermasalah atau rusak.

Silahkan lakukan pengecekan terhadap hardware seperti RAM, VGA dll apakah semua dapat berfungsi dengan normal. Hal ini akan butuh sedikit keahlian khusus, jika kalian tidak tahu caranya silahkan berkonsultasi dengan orang yang ahli atau bawa ke tempat service.

Kesimpulan

Terdapat beberapa penyebab terjadinya black screen atau layar hitam secara tiba – tiba baik pada laptop ataupun komputer. Dengan begitu untuk mengatasi masalah tersebut, kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu kemudian memilih cara yang tepat untuk memperbaikinya sesuai dengan penyebabnya.

Tanya Jawab

Berikut ini telah kami rangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan dan mungkin ingin kamu tanyakan juga. Untuk lebih jelasnya simak beberapa pertanyaan yang sering di ajukan berikut ini.

Apa penyebab umum terjadinya black screen?

Konektor layar rusak, serangan virus / malware, overheating

Cara mengatasi layar black screen?

Periksa Konektor Layar, Periksa Resolusi Layar, Cek Kondisi Layar, Reset BIOS, Atasi Overheating, Uninstall Software Tidak Kompatible, Update Driver GPU.

Tips menjaga layar supaya tidak terjadi black screen?

Selalu menjaga kondisi layar dengan baik dengan memeriksanya secara rutin

Demikian cara dan tutorial untuk mengatasi black screen pada PC dan laptop windows 7, 8 dan 10. Semoga tips dan panduan diatas bisa menjadi solusi perangkat komputer yang layar blank hitam dan hanya menampilkan kursor saja. Jika kalian punya tips lain silahkan bagikan di kolom komentar yang ada di bawah.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Aktivasi Windows 7
Cara Aktivasi Windows 7
Oleh Mario Andris
Cara Mengubah MP4 ke MP3
Cara Mengubah MP4 ke MP3
Oleh Hanif Pramono
Cara Print Hitam Putih di Laptop PC
Cara Print Hitam Putih di Laptop PC
Oleh Shinta Marist
Cara Memotong Video di Laptop
Cara Memotong Video di Laptop
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Download File di Dropbox
Cara Download File di Dropbox
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Mengembalikan Layar Laptop yang Terbalik
Cara Mengembalikan Layar Laptop yang Terbalik
Oleh Ayu Musfiroh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *