Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop PC

By Danang Febriyandra -

Dulu ketika sebuah perangkat laptop atau komputer ingin terhubung ke jaringan internet, mereka harus menggunakan kabel atau modem. Namun cara tersebut nampaknya sudah mulai ditinggalkan sebab teknologi wireless yang berkembang dengan sangat pesat.

Saat ini kebanyakan PC atau laptop akan menggunakan jaringan wifi agar bisa terhubung ke jaringan dan berselancar di internet. Cara ini dianggap lebih praktis karena tidak membutuhkan banyak kabel maupun perangkat tambahan.

Ketika ingin tersambung ke internet melalui sebuah jaringan wifi, tentu kita harus berada dalam hotspot area yang tercover oleh jaringan wireless tersebut. Untuk sekarang ini nampaknya sudah ada sangat banyak area ataupun spot yang terdapat jaringan wifinya.

Tempat-tempat umum seperti café, restoran, taman ataupun yang lainnya kebanyakan sudah menyediakan tempat khusus yang memiliki wifi. Tentu hal tersebut akan memudahkan orang-orang untuk terhubung ke internet tanpa harus memikirkan kuota.

Namun sebelum kita bisa terhubung ke sebuah jaringan wireless tentu kita harus menyalakan fitur wifi di perangkat tersebut. Tanpa menyalakannya ia tidak akan bisa mendeteksi adanya jaringan wifi di suatu tempat. Bukan hal yang sulit sebenarnya untuk bisa mengaktifkan wifi pada perangkat PC dan laptop.

Namun tentu bagi yang masih awam dan belum terlalu mengenal komputer akan tetap kebingungan. Jika kalian termasuk salah satunya, silahkan ikuti panduan berikut ini untuk bisa mengetahui cara menghidupkan wifi pada laptop.

Cara Mengaktifkan Wifi Laptop dan Komputer

Ada banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur wifi yang ada pada sebuah perangkat laptop. Pada umumnya entah itu ia memakai OS Windows 7, 8 ataupun 10 caranya hampirlah sama.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa mengikuti panduan berikut cara menyambungkan wifi ke laptop dan komputer.

1. Nyalakan Dengan Tombol Wifi

tutorial menyalakan wifi pada pc dan laptop

Jika kalian perhatikan, tombol alphabet ada beberapa tombol lain yang bisa kalian temukan di pada keyboard. Dan pada beberapa jenis perangkat, telah disediakan sebuah tombol khusus yang mana gunanya untuk mengaktifkan wifi. Kalian hanya perlu untuk menekan tombol tersebut sehingga wifinya menjadi on maupun kembali off.

2. Kombinasi Tombol FN + Wifi

tutorial menyalakan wifi pada pc dan laptop

Mungkin kalian sudah mencari tombol wifi pada laptop namun tidak juga ketemu. Jangan khawatir, masih ada cara lain yang bisa dicoba. Perhatikan pada deratan tombol F1 – F12, cari sebuah tombol yang mana ada simbol wifinya.

Ketemu? Nah caranya sangatlah mudah, kalian tekan dan tahan tombol FN kemudian tekan juga tombol yang memiliki simbol wifi tersebut. Pada setiap laptop berbeda-beda namun biasanya ada pada F3, F10 atau F12, silahkan kalian cek perangkat masing-masing.

3. Cara Mengaktifkan Wifi di Windows 7

Kalian pernah coba untuk menyambungkan ke sebuah jaringan hotspot tapi tidak mau muncul? Mungkin layanan wifi kalian memang belum hidup, jadi kalian harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Pada windows 7 kita bisa menghidupkannya lewat Windows Mobility Center. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Pertama klik Start dan pilih Control Panel.

tutorial menyalakan wifi pada pc dan laptop

2. Kemudian kalian cari dan klik pada Windows Mobility Center.

tutorial menyalakan wifi pada pc dan laptop

3. Terakhir tinggal klik bagian wireless agar menjadi ON.

tutorial menyalakan wifi pada pc dan laptop

Layanan wifi siap untuk digunakan. Atau mudahnya : klik Pojokan icon sinyal wifi, dan pilih jaringan wifi.

Baca Juga: Mengatasi Wifi Limited Access.

4. Cara Mengaktifkan Wifi di Windows 8

Jika OS yang terinstall di laptop kalian adalah Windows 8, maka caranya akan cukup berbeda. Silahkan kalian ikuti panduan berikut ini :

Langkah pertama adalah klik pada menu Setting kemudian pilih Change PC Settings.

Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop OS Windows 7, 8 dan 10

Selanjutnya kalian klik pada opsi Wireless lalu nyalakan switch wifi dari off menjadi on.

Cara Mengaktifkan Wifi di Laptop OS Windows 7, 8 dan 10

Selamat sekarang fitur wifi di laptop tersebut sudah aktif dan siap untuk digunakan.

5. Cara Menyalakan Wifi di Windows 10

Terakhir adalah bagi laptop berOS Windows 10, sebagai sistem operasi terbaru maka ia memiliki fitur yang sangat mudah untuk diakses. Disini kalian bisa menghidupkan wifi melalui pengaturan yang telah disediakan, silahkan ikuti panduan berikut ini :

tutorial menyalakan wifi pada pc dan laptop

Nah untuk para pengguna OS terbaru yaitu windows 10, caranya malah lebih simple lagi. Silahkan perhatikan taskbar di bagian kanan bawah.

Disana nampak seperti logo sinyal ataupun wifi. Klik pada ikon tersebut, matikan mode pesawat dan kemudian aktifkan wifinya, selesai.

Jika tidak muncul, pastikan laptop anda sudah terinstall driver wifi, bisa membaca cara install driver laptop.

Cara Menyambungkan WiFi ke Komputer

Pada sebuah laptop, pada umumnya sudah tersedia komponen yang berfungsi untuk menangkap sinyal WiFi. Namun berbeda dengan komputer, biasanya komponen yang satu ini tidak tersedia di dalamnya. Tapi jika sudah ada bisa lewati tutorial berikut.

Oleh karena itu, kita membutuhkan sebuah adapter WiFi supaya komputer yang kita gunakan bisa tersambung ke jaringan WiFi. Nah untuk kamu yang masih kebingungan bagaimana cara menyambungkan WiFi ke komputer,

Maka di sini mastekno akan memberikan langkah demi langkah yang bisa kamu ikuti supaya komputer kamu bisa terhubung dan menggunakan jaringan WiFi.

1. Beli Adapter / USB WiFi

Perangkat yang satu ini memang bentuknya menyerupai sebuah flashdisk, dan sering disebut dengan Adapter / USB WiFi. Seperti namanya, perangkat yang satu ini berfungsi untuk menangkap jaringan WiFi yang sebelumnya tidak dapat di deteksi oleh komputer.

Untuk harganya sendiri sangat bervariasi, mulai dari 50 ribuan saja tergantung dari mereknya. Adapter / USB WiFi ini sangat mudah di temukan baik di toko komputer maupun di toko online. Biasanya merek yang sering dipakai oleh banyak orang yaitu TP-Link.

Untuk pemakaian WiFi dalam ruangan saja, maka kamu bisa menggunakan TP-Link dengan tipe TL-WN721N. Namun jika kamu menginginkan penangkapan jaringan WiFi yang lebih baik lagi maka kamu bisa menggunakan TP-Link versi terbaru dan asli.

2. Sambungkan Adapter

Jika kamu sudah membeli atau sudah mempunyai Adapter / USB WiFi yang di butuhkan. Maka kamu bisa langsung menyambungkan Adapter / USB WiFi tersebut ke komputer kamu. Jika Adapter / USB WiFi sudah berhasil terbaca, maka akan muncul lampu yang berkedip – kedip.

Untuk penggunaan Adapter / USB WiFi pada komputer, sangat di rekomendasikan memasangnya pada port USB yang terletak di bagian belakang. Karena power dari komputer akan lebih fokus ke port bagian belakang komputer.

3. Instal Driver Adapter

Sebelum Adapter / USB WiFi ini dapat digunakan, maka kita perlu melakukan instalasi driver Adapter / USB WiFi terlebih dahulu. Biasanya driver tersebut sudah disediakan secara langsung melalui DVD yang akan kamu dapatkan di paket pembelian.

Namun jika kamu tidak mendapatkannya, maka kamu bisa coba mencarinya di situs resmi dari merek Adapter / USB WiFi yang kamu beli. Cara instalnya juga cukup mudah layaknya melakukan instalasi pada software pada umumnya. Cukup ikuti saja perintahnya samai selesai.

4. Atur WiFi Sebagai Default Connection

Pada umumnya, pada sebuah komputer yang baru saja terinstal Adapter / USB WiFi, biasanya driver LAN masih di atur sebagai default connection, sehingga Adapter / USB WiFi yang sudah kita pasang pada komputer tidak secara otomatis bisa digunakan.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini :

  1. Langkah pertama buka Control Panel.
  2. Kemudian masuk ke menu Network and Internet.
  3. Berikutnya pilih opsi Change Adapter Settings.
  4. Selanjutnya klik kanan pada bagian Ethernet dan pilih opsi Disable.
  5. Terakhir pastikan bahwa koneksi WiFi pada komputer kamu sudah dalam kondisi Enable.

Jika sudah, maka nantinya koneksi WiFi yang tersedia di sekitar komputer kamu akan terdeteksi dan siap kamu gunakan.

5. Sambungkan WiFi ke Komputer

Untuk mulai menggunakan jaringan WiFi pada komputer sehingga bisa terkoneksi dengan internet, maka kita perlu menyambungkan komputer kita ke jaringan WiFi yang akan kita gunakan. Penasaran bagaimana caranya? Simak langkah – langkahnya berikut ini.

  1. Langkah pertama klik logo WiFi pada task bar komputer kamu, biasanya logo tersebut terletak di task bar bagian pojok kanan bawah.
  2. Kemudian, maka kamu akan melihat jaringan WiFi yang tersedia. Silahkan kamu pilih jaringan WiFi yang ingin kamu gunakan dan klik Connect.
  3. Selanjutnya, silahkan kamu masukan password WiFi terlebih dahulu dan klik Next.
  4. Berikutnya, tunggulah beberapa saat hingga proses penyambungan koneksi WiFi dengan komputer selesai.

Terakhir, jika jaringan WiFi berhasil terhubung dengan komputer, maka akan muncul status Connected. Kamu bisa langsung mengeceknya dengan browsing di internet.

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Konek Wifi

Kalian sekarang sudah tahu bagaimana cara menghidupkan wifi pada pernagkat laptop. Namun ada masalah lain yang sering menghampiri kita.

Salah satunya adalah ketika kita tidak bisa menyambungkan diri ke sebuah jaringan hotspot. Banyak orang yang sudah dipusingkan dengan error semacam ini.

1. Aktifkan Adapter Wifi

Ini adalah salah satu hal yang sering dilupakan oleh para pengguna laptop. Ketika mereka ingin konek ke sebuah jaringan wifi, mereka lupa bahwa adapternya sudah on atau belum. Bagaimana cara mengetahunya?

1. Silahkan klik start kemudian pergi ke Control Panel.

tutorial menyalakan wifi pada pc dan laptop

2. Kemudian pilih opsi Network and Sharing Center.

tutorial menyalakan wifi pada pc dan laptop

3. Dibagian samping kiri, pilih opsi Change Adapter Settings.

tutorial menyalakan wifi pada pc dan laptop

4. Terakhir klik kanan pada adapter yang mati, kemudian pilih Enable.

tutorial menyalakan wifi pada pc dan laptop

Selesai, sekarang ia sudah kembali dan siap untuk digunakan.

2. Install Wifi Driver

tutorial menyalakan wifi pada pc dan laptop

Salah satu hal yang paling sering menyebabkan wifi laptop tidak bisa konek adalah drivernya yang bermasalah. Jadi begini, wifi sendiri juga terdiri dari sebuah hardware yang berfungsi untuk menangkap sinyal hotspot.

Dan untuk mengintegrasikan antara hardware wifi dan software (OS) laptop, dibutuhkan yang namanya driver.

Nah kalian harus mencari driver untuk kemudian diinstal pada perangkat kalian. Tapi ingat, carilah driver yang cocok dan kompatible dengan laptop masing-masing.

3. Gunakan WiFi Adapter

Jika masalah masih berlanjut anda bisa menggunakan wifi adapter, apabila adapter anda rusak atau mungkin belum terpasang, ada banyak merk adapter seperti TP-Link. Harga yang kami rekomendasikan adalah tp link sekitar 80ribuan yang bentuknya hanya usb kecil.

4. Driver WiFi Tidak Cocok

Pada saat kita menginstal ulang laptop dengan versi Windows 7 ke atas, maka kita tidak perlu lagi untuk menginstal driver hardware pendukung komputer, seperti VGA, Sound, Touchpad, dan lain sebagainya termasuk driver wifi.

Namun terdapat beberapa kasus bahwa driver bawaan Windows corrupt atau tidak sesuai dengan hardware yang dipasang. Maka dari itu kita perlu menginstal lagi driver wifi bawaan laptop, yang biasanya diberikan dalam bentuk CD pada saat membeli laptop.

5. Router Bermasalah

Jika kamu sudah yakin bahwa laptop yang mampu gunakan tidak bermasalah, maka masalah wifi yang tidak dapat terhubung bisa jadi karena fungsi router yang bermasalah.

Maka dari itu untuk memastikannya, kamu dapat mengkoneksiak laptop kamu ke wifi router lain maupun mengkoneksikan dengan hotspot pada smartphone kamu. Jika dapat terkoneksi dengan baik pada router yang berbeda, maka dapat dipastikan bahwa router sebelumnya mengalami masalah.

6. IP Address Mengalami Masalah

Terkadang IP Address yang kita gunakan pada saat kita terkoneksi dengan jaringan wifi dapat mengalami konflik atau masalah, sehingga wifi pada laptop kamu tidak dapat terkoneksi ke internet dengan baik.

Maka dari itu kamu perlu mengatur ulang IP Address dan DNS Server pada laptop kamu dengan cara masuk ke Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Change Adapter > Wireless Network Connection > Properties. Jika kamu belum terbiasa, maka kamu perlu hati-hati dalam mengatur alamat ip ini.

7. Laptop Terkena Virus

Apabila laptop yang kamu gunakan terkena virus atau malware maka hal tersebut dapat menyebabkan laptop yang kamu gunakan tidak dapat terkoneksi dengan wifi. Maka dari itu untuk mengatasinya kamu dapat melakukan Winsock Reset.

Caranya yaitu buka Run dengan cara klik tombol Windows+R kemudian ketik cmd lalu klik OK. Jika Command Prompt telah terbuka, silahkan kamu ketikan winsock reset kemudian tekan Enter. Jika sudah silahkan restart laptop kamu.

Kesimpulan

Ada banyak penyebab kenapa laptop dan komputer tidak bisa konek wifi, jika masalah kerusakan serius bisa di perbaiki di official center merk laptop tersebut. Atau bisa pakai jasa perbaikan laptop yang terpercaya dan aman dari pencurian.

Jika masalah terus berlanjut bisa mencoba terlebih dahului cara mengatasi laptop tidak bisa konek wifi.

Tanya Jawab

Berikut ini telah mastekno rangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan oleh para pengguna dan mungkin ingin kamu tanyakan juga.

Bagaimana cara menyambungkan WiFi ke laptop?

Melalui task bar, melalui control panel, melalui tombol WiFi, menggunakan kombinasi tombol keyboard.

Bagaimana cara menyambungkan WiFi ke komputer?

Pada umumnya cara menghubungkan WiFi ke laptop maupun ke komputer sama saja. Namun yang membedakan adalah jika pada komputer membutuhkan tambahan hardware berupa Adapter / USB WiFi

Apa penyebab tidak bisa terhubung ke WiFi?

Driver tidak cocok, Router bermasalah, Laptop terkena virus, IP address bermasalah

Demikian cara mengaktifkan wifi di windows 7, 8 dan 10. Sekarang kalian tidak usah bingung lagi ketika harus menyalakan wifi dan ingin terhubung ke internet melalui sebuah jaringan wireless.

Tutorial diatas juga bisa digunakan untuk mengatasi wifi laptop yang tidak mau menyala lho. Jika ada yang ingin ditanyakan, kolom komentar selalu terbuka lebar.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Cara Menghitung Rata Rata di Excel
Cara Menghitung Rata Rata di Excel
Oleh Ayu Musfiroh
Cara Membuat Bootable Flashdisk
Cara Membuat Bootable Flashdisk
Oleh Danang Febriyandra
Cara Print Excel
Cara Print Excel
Oleh Danang Febriyandra
Cara Download Banyak File Sekaligus IDM
Cara Download Banyak File Sekaligus IDM
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengatasi USB HP Tidak Terbaca
Cara Mengatasi USB HP Tidak Terbaca
Oleh Danang Febriyandra
Cara Install VirtualBox
Cara Install VirtualBox
Oleh Shinta Marist
  1. Avatar Sutarno berkata:

    Sudah turn wireless on tapi dak ada akses internet gmn?

    1. Danang Febriyandra Danang Febriyandra berkata:

      jika sudah terhubung tapi tidak ada akses internet, coba gunakan fitur troubleshoot problems untuk mendeteksi masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *