Cara Menambah RAM Laptop PC

By

cara menambah ram laptop pc

RAM atau kepanjangan dari Rando Acces Memory adalah sebuah hardware yang berfungsi untuk menjalankan program-program di computer selama komputer sedang menyala.

RAM sangat mempengaruhi kinerja sebuah laptop dan apabila ukuran RAM besar secara otomatis program yang dijalankan pun akan lancer.

RAM sendiri memiliki ukuran yang beraneka ragam dari yang berukuran 1GB hingga mencapai 32GB dan apabila ada laptop yang lebih dari itu pastilah itu hanya sebuah rakitan atau spek khusus.

Memiliki kinerja laptop yang baik dan maksimal tentu menjadi impian banyak orang bukan? seperti yang sudah saya jelaskan cara menambah RAM laptop, dimana dapat meningkatkan kinerja laptop.

Cara Menambah RAM Laptop

cara menambah ram laptop

Disini saya akan membagikan cara menambah RAM dengan Mudah dan tetunya anda tidak harus menggunakan software.

Jika anda bisa menggunakan cara ini diharapkan anda bias menambah RAM laptop anda dan secara otomatis kinerja PC/Laptop pun akan meningkat. Berikut adalah cara menambah RAM simak baik-baik ya.

1. Masuk ke Control Panel

Yang pertama adalah klik start kemudian pilih “computer / this pc klik kanan” lalu pilih properties, maka akan muncul seperti gambar berikut.

cara menambah ram di pc laptop mudah 1

Langkah berikutnya adalah klik Advanced system settings.

cara menambah ram di pc laptop mudah 2

2. Pengaturan SWAP RAM

Untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya, kalian dapat klik pada tab Advanced, maka akan muncul tampilan berikut. Lalu klik settings.

cara menambah ram di pc laptop mudah 3

Jika sudah pada tab Advanced berikutnya pilih dan klik change.

cara menambah ram di pc laptop mudah 4

3. Mengatur Ukuan RAM

Langkah selanjutnya pada tulisan Automatically …. tanda checklist dihilangkan pilih harddisk mana yang akan dijadikan RAM Virtual lalu klik custom size.

Setelah itu isi initial size sebanyak 4000MB dan maximum size sebanyak 8000MB ( rekomendasi ) agar kinerja pc/laptop baik, kemudian klik OK. Lalu restart laptop.

cara menambah ram di pc laptop mudah 5

Syarat Mengubah Flashdisk menjadi RAM

Ada beberapa syarat yang harus kita penuhi untuk mengubah flashdisk kita menjadi sebuah ram external dengan mudah, adapaun syaratnya dibawah ini:

  • Flashdisk dengan ukuran kapasitas 4GB atau lebih, namun saya merekomendasikan penggunaan 4gb saja supaya lebih bagus karena untuk flashdisk sendiri maksimalnya ram akan bertambah 4GB saja. Supaya lebih optimal maka saya menggunakan flashdisk dengan kapasitas 4GB saja.
  • Format flashdisk haruslah NTFS, FAT16 atau FAT32
  • Pastikan flashdisk yang anda pakai benar-benar normal alias tidak rusak

Dengan memnuhi syarat seperti diatas tadi, maka anda akan dapat melakukan cara-caranya membuah ram menggunakan flashdisk yang dapat anda buat sendiri dirumah.

Cara Menambah RAM dengan Flashdisk

Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengubah fd alias flashdisk menjadi ram, ini tentu saja akan sangat menguntungkan jika mengingat harga flashdisk jauh lebih murah dibandingkan dengan harga ram.

Langkah pertama anda dapat memanfaatkan fitur dari sistem operasi atau OS di windows, selain itu ada pula cara memngubah flashdisk menjadi ram external dengan menggunakan aplikasi eboostr yang berjalan di sistem operasi windows.

Membuat RAM dari Flashdisk

1. Pertama-tama kita siapkan Flashdisk sesuai persyaratan diatas tadi.

2. Kemudian masukan flashdisk ke colokan atau port pada pc, pastikan juga memasukanya sesuai dengan tempat harusnya dicolokan.

cara upgrade flashdisk jadi ram

3. Jika flashdisk sudah dimasukan, maka anda selanjutnya membuka My Computer dan dilajutkan dengan klik bagian kanan pada flashdisk.

4. Jika anda sudah melihat bagian menu pada Removable Disk properties, maka anda pilih bagian ReadyBoost.

5. Setelah itu kita akan memilih “use this device” dan kemudian anda tinggal menentukan besaran atau berapa banyak memory flashdisk yang akan digunakan menjadi ram external maksimal 4000MB.

flashdisk ram

6. Kemudian anda akan melakukan klik OK untuk melanjutkan, jika sudah tekan ok maka dengan otomatis anda memiliki ram yang sudah anda pilih kapasitasnya.

Menambah RAM dengan Flashdisk + Aplikasi

Kemudian selain cara diatas tadi, kita juga dapat membuat flashdisk menjadi ram dengan menggunakan aplikasi secara gratis.

  1. Langkah utama yang perlu kita lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi atau softwarenya secara asli, anda dapat mengunjungi http://www.eboostr.com secara mudah.
  2. Ketika anda sudah mendownload aplikasi tersebut, maka anda tinggal menginstal software eboostr di komputer atau laptop anda.
  3. Jika semuanya sudah terinstal, maka kita tinggal memasukan flashdisk ke dalam lubang penguhubung atau port yang sesuai dengan flashdisk, jika sudah anda dapat menggunakan software tersebut untuk mengubah flashdisk anda menjadi sebuah ram external dengan praktis.

Kesimpulan

Cara ini adalah cara menambah RAM laptop yang sudah bias digunakan untuk mengetesnya silahkan anda jalankan aplikasi yang berat pasti akan terasa rebih ringan.

Baca Juga: Cara Cek RAM Laptop PC.

Tutorial ini lebih ke mengalokasikan space dari hardisk ke ram virtual atau swap memory, dimana jika ram tidak mampu mengolah program bisa berbagi resource / sumber daya.

F.A.Q [Pertanyaan Umum]

Untuk lebih menjelaskan tentang pembahasan kali ini, kami coba merangkum beberapa pertanyaan umum berikut.

Faktor apakah yang membuat Laptop cepat?

Kecepatan laptop tergantung dari hardware dan komponen aplikasi yang dipakai, jika hardware dibekali dengan spesifikasi yang bagus. Tentu performa akan lebih baik.

Apakah menambah RAM akan mempercepat Laptop?

Ya, jika sebelumnya memang resource ram terasa penuh, dengan menambah ram tentu akan membuat lebih baik.

Apakah menambah RAM dengan swap memory aman?

Aman karena kita hanya mengambil resource cadangan dan tidak keseluruhan dari storage.

Selamat mencoba dan semoga artikel cara menambah ram laptop pc ini bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah disediakan dibawah.


Shinta Marist Penulis dan Penyunting di MasTekno, hobi menulis hal tentang komputer dan gadget serta media sosial.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *