Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

By Danang Febriyandra -

Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini laptop merupakan salah satu benda yang hampir dimiliki oleh setiap orang. Sebab, dengan menggunakan laptop semua, pekerjaan yang kita lakukan akan terasa mudah dan lebih cepat selesai.

Namun bagaimana rasanya jika ada salah satu komponen hardware yang rusak? Tentu akan membuat kinerja perangkat secara keseluruhan menjadi terganggu kan? Hal ini pasti akan membuat kita tidak nyaman.

Apalagi jika kita sedang di kejar deadline pekerjaan, tentu masalah ini akan menghambat pekerjaan kamu. Selain itu juga pasti membuat pusing atau bahkan frustasi.

Nah biasanya, salah satu komponen laptop yang cukup rawan mengalami kerusakan adalah keyboard. Mulai dari tombol yang salah memasukan karakter, tidak berfungsi sebagian atau bahkan tidak berfungsi seluruhnya.

Dan untuk memperbaiki keyboard yang rusak, tentu kita harus mengetahui apa penyebabnya terlebih dahulu. Apakah terkena debu, tersiram air atau yang lainnya.

Namun tak jarang juga keyboard langsung tak berfungsi secara tiba-tiba. Sehingga penyebabnya pun tak jelas dan kita bingung apa solusinya. Nah jika sudah begitu, lantas apa yang harus kita lakukan demi mengatasi masalah ini?.

Untuk memperbaiki keyboard yang error atau tidak berfungsi, ada beberapa tips yg bisa dicoba. Bahkan pemula sekalipun bisa memakai cara ini untuk mengembalikan kondisi papan ketik menjadi normal lagi.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tak Berfungsi

Jika kalian juga sedang mengalami masalah yang sama, maka berikut ini ada beberapa solusi yang bisa kalian coba. Dengan melakukan beberapa pengecekan bisa mengetahui apa penyebab serta cara untuk mengatasi keyboard yang rusak.

1. Restart Laptop

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Saat papan ketik di perangkat laptop kalian rusak serta tak berfungsi dengan baik, maka ada baiknya jika coba melakukan restart laptop terlebih dahulu.

Sebab, dengan melakukan restart laptop maka dapat mengembalikan fungsi keyboard laptop dengan baik. Apalagi restart laptop juga bisa kamu lakukan dengan mudah.

Kalian hanya perlu klik menu Start, kemudian pilih opsi Restart. Selanjutnya, proses reboot akan berjalan dan kita hanya tinggal menunggu proses restart selesai dilakukan.

2. Matikan Num Lock

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Salah satu hal sepele yang seringkali menyebabkan keyboard error. Dimana kita secara tak sengaja mengaktifkan fungsi Num Lock. Apa akibatnya? Biasanya saat fitur ini aktif, apabila kita menekan tombol keyboard maka karakter yang muncul akan berbeda.

Hal tersebut tentu bisa membuat kita bingung karena hasil mengetik dan sesuai dengan apa yang kita tekan. Namun jangan khawatir, karena untuk mengatasinya sanggatlah mudah. Kita hanya perlu mematikan fungsi Num Lock yang aktif.

Bagaimana caranya? Silahkan coba tekan tombol Fn + NumLk kemudian tes apakah keyboard sudah kembali normal. Pada beberapa jenis laptop, kalian juga bisa mencoba kombinasi CapsLk + NumLk untuk mematikannya.

3. Cari Tombol yang Rusak

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Saat kamu mengalami permasalahan kerusakan pada keyboard laptop, maka tidak ada salahnya untuk kamu melakukan pengujian tombol mana yang tidak berfungsi. Karena biasanya hanya beberapa tombol saa yg error.

Pengujian ini bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling sederhana yaitu dengan melakukan pengetikan manual pada microsoft word atau notepad. Cobalah untuk menekan tombolnya satu per satu hingga ketemu yang tak berfungsi.

Dan untuk cara lain yang bisa kamu lakukan juga yaitu dengan melakukan pengujian keyboard menggunakan aplikasi. Atau bisa juga menggunakan layanan online seperti Keyboard Tester.

4. Cek Driver Keyboard

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Setiap komponen hardware pada laptop umumnya akan membutuhkan sebuah driver agar bisa berfungsi dengan baik, begitu juga dengan keyboard. Apabila driver yang kita gunakan tidak compatible dengan sistem maka akan membuat keyboard tak berfungsi.

Cobalah untuk mengeceknya lewat control panel > device manager. Kemudian pilih pada keyboard, disana akan ada driver yang sudah terinstall. Kita harus memastikan bahwa drivernya cocok atau sudah di versi terbaru.

Nah kalian bisa klik kanan pada salah satu driver, pilih update untuk memperbaruinya. Atau bisa juga pilih uninstall, kemudian restart laptop kalian agar drivernya terinstall otomatis kembali.

5. Restore System Laptop Kamu

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Jika dilihat, kerusakan pada keyboard laptop sebenarnya permasalahan yang cukup simple. Akan tetapi, hal itu juga dapat berimbas cukup besar pada kinerja kita. Mengapa demikian? Sebab bisa menghambat pekerjaan yang kamu lakukan.

Salah satu penyebab keyboard laptop yang rusak juga bisa diakibatkan oleh kesalahan pengguna. Sehingga mengakibatkan error pada sistem dan membuat keyboard tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika sudah seperti ini, apa yang harus kita lakukan? Salah satu tips yang paling mudah adalah melakukan system restore. Kenapa? Sebab dengan melakukan system restore, kita dapat mengembalikan kondisi sistem ke waktu sebelum mengalami error di keyboardnya.

Layaknya sebuah mesin waktu, kita bisa kembali ke masa dimana kondisi keyboard masih normal. Sehingga apabila ada kesalahan penggunaan yang terjadi bisa dikembalikan dengan sangat mudah menggunakan system restore.

6. Bersihkan Keyboard Secara Rutin

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Seperti yang kita tahu bahwa keyboard merupakan komponen penting pada laptop. Sebab dengan adanya keyboard, kamu dapat mengetik atau memasukan berbagai macam perintah dengan cepat.

Maka dari itu, kita juga harus melakukan perawatan untuk menjaga keyboard agar tidak cepat rusak. Salah satunya adalah dengan membersihkan keyboard secara rutin.

Ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan agar keyboard tetap berfungsi dengan baik. Apalagi membersihkan keyboard juga bisa kamu lakukan kapan saja ketika kamu memiliki waktu luang.

Selain itu, membersihkan keyboard juga bisa kamu lakukan hanya dengan menggunakan kain yang lembut atau tissue. Dengan begitu, debu atau kotoran lain yang menumpuk selama penggunaan bisa hilang.

Jangan sampai malas untuk merawat kebersihan keyboard karena jika banyak kotoran bisa menyebabkannya menjadi error. Kalau perlu bersihkan sampai ke bagian dalam agar semua debu yang masuk juga ikut hilang.

7. Periksa Konektor Keyboard

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Untuk tips yang selanjutnya ini butuh sedikit keahlian. Kita harus mengecek apakah konektor keyboardnya dalam kondisi baik dan sudah terpasang dengan benar. Bisa jadi masalahnya ada pada bagian konektor sehingga keyboard menjadi tak berfungsi.

Namun apabila kalian merupakan orang yang benar-benar awam, sebaiknya bawa saja ke tempat service. Karena untuk mengecek konektor kita harus membongkar laptop, dan hal tersebut juga beresiko apabila tidak tahu caranya.

8. Gunakan Keyboard On Screen

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Terkadang ada beberapa tombol di keyboard laptop kamu yang sudah tidak dapat berfungsi dengan baik. Meski kita sudah berusaha memperbaikinya namun memang komponen tersebut sudah rusak.

Akan tetapi, jika harus diganti dengan yang baru maka kita belum punya biaya. Lalu bagaimana solusinya? Gampang banget, kita bisa menggantikan fungsinya dengan menggunakan keyboard on screen yang terdapat pada laptop kamu.

Mungkin ada beberapa yang baru pertama kali mendengarnya. Memang apa sih fungsi keyboard on screen ini? Sama saja dengan papan ketik pada umumnya, namun bedanya ia terletak pada layar laptop kalian.

Kamu bisa menggunakannya sebagai alternatif untuk mengatasi tombol yang tidak bisa digunakan. Jadi, dengan menggunakan keyboard on screen ini, kamu bisa tetap menggunakannya sampai menunggu punya biaya untuk ganti komponen yang baru.

9. Pakai Keyboard External

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Apabila ada tombol pada laptop kalian yang tak berfungsi, maka bisa menggantikannya dengan menggunakan keyboard eksternal. Ini merupakan salah satu solusi paling mudah agar pekerjaan kalian tak terhambat.

Dengan menggunakan keyboard eksternal, kita tetap bisa melakukan pekerjaan dengan lancar dan tepat waktu. Kita bisa membelinya di toko-toko perlengkapan komputer dan langsung menyambungkannya menggunakan usb atau secara wireless.

Selain itu, keyboard external juga dapat kamu gunakan dan kamu pilih modelnya sesuai dengan keinginan kamu. Sehingga kitabisa memilih mana yang sekiranya nyaman untuk digunakan.

10. Ganti Komponen Keyboard

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Setiap komponen pastilah memiliki umurnya masing-masing. Apabila digunakan dalam waktu yang sudah cukup lama, maka sudah pasti suatu hari akan rusak. Apabila hal tersebut terjadi, maka yang bisa kita lakukan adalah menggantinya dengan komponen yang baru.

Kalian bisa langsung membawanya ke tempat service komputer/laptop. Disana kalian bisa meminta perbaikan serta pergantian komponen keyboard sekaligus. ini adalah cara terbaik untuk memperbaiki tombol-tombol yang tak berfungsi agar kembali normal.

11. Bawa ke Tempat Service

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak

Jika kamu sudah melakukan berbagai cara untuk memperbaiki tombol keyboard, namun masih belum berhasil. Maka cara terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu dengan membawa laptop kamu ke service center terpercaya di daerah sekitar kamu.

Tips yang satu ini sangat disarankan jika kalian termasuk orang awam. Kita bisa langsung menyerahkan perbaikan tombol laptop pada ahlinya. Karena jika orang awam membongkarnya secara sembarangan, bisa-bisa malah tambah parah.

Akan tetapi, kamu juga harus berhati-hati dalam memilih service center terpercaya. Lebih tepatnya kamu bisa datang ke service center resmi dari merk laptop yang kamu miliki.

Bagaimana, sangat beragam cara yang bisa kamu gunakan bukan? Nah itulah Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Rusak. Dengan begitu, tombol-tombol yang error bisa diatasi dan pekerjaan kalian tak terganggu dan bisa cepat diselesaikan.

Semoga tips-tips diatas bisa menjadi solusi dari masalah kita. Apabila ada yang punya kritik, saran atau pertanyaan seputar artikel diatas, silahkan tulis di kolom komentar.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Cara Merekam Layar Laptop PC
Cara Merekam Layar Laptop PC
Oleh Hanif Pramono
Cara Aktivasi Windows 7
Cara Aktivasi Windows 7
Oleh Mario Andris
Cara Mengubah MP4 ke MP3
Cara Mengubah MP4 ke MP3
Oleh Hanif Pramono
Cara Print Hitam Putih di Laptop PC
Cara Print Hitam Putih di Laptop PC
Oleh Shinta Marist
Cara Memotong Video di Laptop
Cara Memotong Video di Laptop
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Download File di Dropbox
Cara Download File di Dropbox
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *