Cara Memperbaiki Driver Audio Error

By Mochamad Alif Prayogo -

Driver dalam sebuah komputer atau laptop memiliki peranan yang sangat penting. Tanpa adanya driver kita tidak akan bisa memaksimalkan hardware yang ada pada komputer atau laptop kita.

Driver merupakan penghubung antara perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Jadi tanpa adanya driver kita tidak akan bisa memanfaatkan hardware yang ada dengan maksimal.

Kadang terjadi sebuah masalah pada perangkat komputer kalian dimana suara pada komputer kalian tidak keluar atau banyak noise nya yang muncul.

Jika kalian mengalami hal ini sebaiknya terlebih dahulu kalian menjalankan fitur dari windows yaitu sound trobleshooter.

Fitur bawaan Windows 10 ini akan mencari serta memperbaiki kerusakan-kerusakan umum sepuat audio. Jika tetap tidak berhasil, silahkan kalian install ulang driver audio kalian.

Namun sebelum kalian menginstall ulang driver audio kalian, alangakah baiknya jika kalian mengupdate terlebih dahulu driver audio tersebut ke yang paling baru. Jika setelah melakukan update driver kembali normali kalian bisa kembali ke driver yang lama.

Baca juga: Cara Memperbaiki Speaker Laptop Mati.

Namun jika masih bermasalah kalian tidak perlu khawatir. Kali ini Mastekno akan memberikan tutorial cara memperbaiki driver audio / suara error di windows 10. Okeh langsung saja kita menuju tutorialnya.

Sebelum kalian memulainya, silahkan kalian catat driver Realtek yang kalian pakai sekarang sebelum mulai menginstall ulang.

Hal ini dilakukan supaya kalian bisa mendownload versi yang sesuai nantinya. Kalian bisa mengecek serta melihat versi dari driver yang kalian pakai melalui Device Manager.

Install Ulang Driver

Cara pertama yang bisa kalian pakai untuk mengatasi driver audio yang error adalah dengan cara instal ulang driver audio di pc laptop kalian.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka Device Manager

Silahkan kalian buka Device Manager, caranya adalah dengan klik tombol Start yang ada di kemudian setelah itu silahkan pilih Device Manager.

2 cara memperbaiki driver suara error di windows 10 1

2. Pilih Sound, video and game controllers

Pada bagian manager, silahkan kalian lebarkan / klik gambar panah bagian Sound, video and game controllers (silahkan lihat gambar).

3. Uninstall High Definition Audio

Akan muncul sebuah sub menu driver yang namanya Realtek High Definition Audio, biasanya namanya seperti itu, pada beberapa laptop mungkin berbeda. Kemudian setelah itu klik kanan pada driver tersebut kemudian pilih Uninstall.

2 cara memperbaiki driver suara error di windows 10 2

Setelah itu akan muncul sebuah jendela pemberitahuan seperti gambar di bawah ini. Silahkan pilih Uninstall untuk melanjutkan proses uninstalling.

2 cara memperbaiki driver suara error di windows 10 3

4. Download Driver Terbaru

Jika sudah, silahkan kalian mulai ulang komputer kalian kemudian download driver terbaru untuk sound card yang cocok dengan komputer kalian.

Biasanya pada situs resmi dari merk komputer atau laptop yang kalian gunakan sudah disediakan. Jika tidak ketemu, silahkan kalian cari di google dengan kata kunci “NAMA_SOUND_CARD (spasi) driver” (tanpa tanda petik).

Jika masih tetap tidak ketemu, kalian bisa coba driver Realtek HD Audio Codecs karena biasanya driver ini digunakan di komputer dan laptop modern.

Jika tidak berhasil, coba juga install driver Realtek AC’97 Audios Codecs. Dalam paket audio tersebut terdapat dua jenis  driver yaitu untuk 32-bit dan 64-bit.

Baca juga: Cara Mengatasi Headset Tidak Terdeteksi.

Install Ulang Driver Audio Melalui Control Panel

Cara kedua untuk mengatasi driver audi yang rusak adalah dengan menginstal ulang driver audio tersebut namun melalui Control Panel.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Ketik Appwiz.cpl di Kolom Pencarian

Pada kolom pencarian yang ada pada menu Start atau Taskbar, silahkan kalian ketikkan Appwiz.cpl kemudian setelah itu tekan Enter, setelah itu akan muncul jendela Program and Features.

2 cara memperbaiki driver suara error di windows 10 4

2. Cari dan Uninstall Driver

Silahkan kalian cari pada bagian driver audio. Silahkan kalian klik kanan pada driver audio tersebut dan silahkan pilih Uninstall. Setelah itu akan muncul dialog konfirmasi, silahkan pilih Yes untuk melanjutkan proses uninstall driver audio.

3. Cek Driver

Selesai, silahkan kalain cek apakah driver audio kalian sudah normal atau belum.

Kesimpulan

Untuk mengatasi driver audio yang rusak atau error, kalian bisa coba uninstal driver audio tersebut dan kemudian ganti dengan driver audio terbaru. Karena mungkin driver yang kalian pakai itu sudah usang versinya.

Demikianlah tutorial yang bisa Mastekno berikan kepada kalian tentang cara memperbaiki laptop tidak keluar suara driver audio rusak semoga bermafaat. Dengan menggunakan panduan serta tutorial dari Mastekno ini diharapkan kalian bisa memperbaiki driver audio / suara yang rusak atau error pada perangkat komputer kalian yang menggunakan sistem operasi Windows 10.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Cara Merekam Layar Laptop PC
Cara Merekam Layar Laptop PC
Oleh Hanif Pramono
Cara Aktivasi Windows 7
Cara Aktivasi Windows 7
Oleh Mario Andris
Cara Mengubah MP4 ke MP3
Cara Mengubah MP4 ke MP3
Oleh Hanif Pramono
Cara Print Hitam Putih di Laptop PC
Cara Print Hitam Putih di Laptop PC
Oleh Shinta Marist
Cara Memotong Video di Laptop
Cara Memotong Video di Laptop
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Download File di Dropbox
Cara Download File di Dropbox
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *