Cara Memilih Printer

By Adi Catur Pamungkas -

Kegiatan cetak – mencetak  adalah salah satu kegiatan yang sering di lakukan oleh banyak orang pada saat ini. Karena pada saat ini, mencetak segala sesuatu sudah begitu mudah.

Hal tersebut di dukung dengan adanya teknogi dan alat yang dapat mencetak sesuatu dengan cepat seperti halnya Printer. Printer adalah sebuah perangkat keras output yang sering di gunakan untuk mencetak sebuah dokumen maupun gambar di atas kertas.

Baca juga: Cara Print dari HP ke Printer.

Karena itulah printer ini sangat penting dalam menjalankan sebuah perusahaan. Jenis printer ini sendiri ada banyak sekali dan harganya juga bervariasi. Ketika ingin membeli printer tentu kalian akan bingung bagaimana cara memilih printer yang bagus.

Nah, kali ini mastekno akan membagikan beberapa tips memilih printer yang baik. Langsung saja simak tips-tips berikut ini.

Cara Memilih Printer yang Bagus

Apalagi untuk para mahasiswa dan pekerja kantoran, tentunya dengan adanya printer akan membuat pekerjaan menjadi sangat cepat dan mudah untuk di kerjakan. Namun untuk membeli sebuah printer, kamu perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini.

1. Pilih Printer Merek Terkenal

Terdapat banyak sekali merek printer yang tersebar di pasaran. Mulai dari merek yang terkenal hingga merek yang jarang diketahui. Namun sangat di sarankan apabila ingin membeli printer, pilihlah merek yang sudah terkenal saja.

Karena biasanya merek printer yang terkenal memiliki kualitas yang bagus, serta merek – merek printer yang sudah lama terkenal juga telah teruji kualitasmya.

Beberapa merek printer yang mastekno sarankan untuk kamu beli yaitu seperti Canon, Epson, HP, dan beberapa merek printer lainnya yang sudah lama berkecimpung dalam dunia perprinteran.

Kamu dapat memilih salah satu dari merek printer yang telah mastekno rekomendasikan tadi. Namun kamu juga harus melihat spesiafikasinya apakah sesuai dengan kebutuhanmu apa tidak.

2. Beli Printer yang Masih Baru

cara memilih printer yang tepat 2

Untuk tips berikutnya kamu harus mengusahakannya, karena seperti yang telah kita tahu bahwa printer adalah hardware atau perangkat keras yang sering sekali mengalami kerusakan.

Apalagi jika tidak di rawat dengan baik. Maka dari itu sangat disayangkan apabila kamu membeli printer second atau bekas yang sudah tidak lagi memiliki kualitas yang baik.

Oleh sebeb itu mengapa kamu sangat di sarankan untuk membeli printer yag masih baru. Tidak perlu khawatir soal harga, karena pada saat ini harga printer sudah terjangkau dan tidak terlalu mahal.

Selain mendapatkan kondisi yang bagus, kamu juga akan mendapatkan garansi dari pabrik dan distributor yang memproduksi printer tersebut.

3. Beli Printer yang Bergaransi Lama

cara memilih printer yang tepat 3

Hal berikutnya yang perlu kamu perhatikan dalam membeli sebuah printer yaitu memperhatikan garansinya. Apabila garansi yang diberikan oleh distributor hanya sebentar, maka kamu dapat mencari printer lain yang memberikan waktu garansi yang lebih lama.

Dengan lamanya jangka waktu garansi yang di berikan, maka menunjukan keseriusan pabrik maupun distributor dengan kualitas produk yang mereka produksi dan jual.

4. Cek Dulu Kondisi Printer

cara memilih printer yang tepat 4

Melakukan pengecekan terhadap kondisi printer yang ingin kamu beli merupakan salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan. Meskipun kamu membeli printer yang masih baru, hal ini tetap saja harus kamu lakukan.

Karena printer baru juga dapat mengalami cacat produk maupun gangguan pada oprasionalnya. Kamu juga harus mengecek apakah printer yang akan kamu beli berjalan dengan baik atau tidak.

5. Beli Printer Sesuai Kebutuhan

cara memilih printer yang tepat 5

Berikutnya yaitu kamu harus memikirkan terlebih dahulu untuk kebutuhan apa kamu membeli sebuah printer. Jika kamu hanya membutuhkan printer untuk mencetak dokumen berupa Excel maupun Word saja dengan jumlah yang sedikit.

Maka kamu dapat membeli sebuah printer deskjet dengan cartidge. Karena jenis printer tersebut sangatlah mudah untuk di dawat dan lebih tahan lama.

Apalagi jika kamu menggunakan printer tersebut untuk mencetak dokumen dengan jumlah yang sedikit saja. Namun apabila kamu membutuhkan printer yang memiliki multifungsi, maka kamu wajib membeli printer  yang memiliki tipe laser dengan tinta yang berwarna.

Baca juga: Cara Print Hitam Putih.

6. Memperhatikan Layanan After Sales

cara memilih printer yang tepat 6

Jika kamu sudah mengecek kondisi dari printer yang ingin kamu beli, maka kamu juga perlu memperhatikan layanan after sales yang di berikan oleh distributor dari printer tersebut. Kamu harus memilih distributor yang memberikan layanan after sales yang baik.

Karena hal tersebut berhubungan eart pada saat kamu melakukan klaim garansi dan proses service printer kamu apabila terjadi kerusakan. Dengan layanan after sales yang baik, maka kamu kana semakin nyaman.

7. Kualitas Cetak Printer yang Bagus

cara memilih printer yang tepat 7

Ketika memilih sebuah printer, kalian juga harus memerhatikan kualitas dari cetakan printer. Sekarang ini sudah banyak printer yang memiliki kualitas biasa sampai dengan kualitas photo. Untuk yang kualitas bagus biasanya memiliki seri “Photo/Image”, contoh Epson Stylus Photo R2000.

Perbedaan antara printer biasa dengan kualitas photo ada pada saat mencetak gambar, yang mana printer photo itu memiliki hasil yang lebih bagus. Namun kalian tetap harus menyesuaikan dengan kebutuhan print kalian.

8. Kecepatan Mencetak

cara memilih printer yang tepat 8

Kalian juga harus memerhatikan kecepatan mencetak dari pinter yang akan kalian beli. Jangan sampai kecepatan mencetak dari printer tersebut sangat lambat, karena bisa menganggu pekerjaan kalian. Terlebih lagi untuk kalian yang ingin membuka usaha percetakan.

Namun jika kalian tidak terlalu memerlukan kecepatan mencetak yang cepat, point ini bisa kalian abaikan ketika akan membeli printer. Jika hanya digunakan sendiri tentu tidak perlu printer dengan kecepatan tinggi.

9. Tanyakan Ketahanan Printer

cara memilih printer yang tepat 9

Sebagai pembeli printer, kalian harus menanyakan usia ketahanan dari printer yang akan kalian beli. Karena ada beberapa printer yang cepat rusak, kerusakan tersebut biasanya ada pada catridge yang tidak tahan lama.

Harga catridge itu sendiri sangat mahal, jadi lebih baik kalian menanyakan terlebih dahulu ketahanan printer tersebut. Suapaya kalian tidak menyesal nantinya ketika sudah membeli printer tersebut.

10. Membeli Printer di Dekat Kita

cara memilih printer yang tepat 10

Ketika membeli printer, sebaiknya carilah terlebih dahulu di sekitar kita atau di kota tempat kita tinggal. Supaya jika terjadi kerusakan kalian bisa mengklaim garansi printer tersebut dengan mudah.

Jadi ketika ada masalah dengan printer yang kalian baru beli tersebut, kalian bisa komplain atau mengadukan ke tempat / toko kalian membeli printer tersebut dengan mudah.

Kesimpulan

Printer merupakan salah satu perangkat pendukung yang banyak digunakan, karena itulah kita tidak boleh asal dalam membeli printer. Nah, kalian bisa menerapkan beberapa tips di atas tadi ketika ingin membeli sebuah printer baru.

Jadi itulah artikel dari mastekno mengenai tips memilih printer yang bagus dan berkualitas yang dapat kamu jadikan refrerensi sebelum kamu memmbeli sebuah printer. Dengan beberapa tips yang telah mastekno berikan diatas, maka sekarang kamu dapat membeli sebuah printer yang bagus dan tentunya kamu akan membuat kamu merasa aman. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Ukuran Kertas A4
Ukuran Kertas A4
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Distro Linux
Distro Linux
Oleh Dian Ayu Fitriani
Ukuran Kertas A
Ukuran Kertas A
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Arti Bunyi Beep di Laptop PC
Arti Bunyi Beep di Laptop PC
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Bahaya Software Bajakan
Bahaya Software Bajakan
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Ukuran Foto R
Ukuran Foto R
Oleh Hanif Pramono
  1. Avatar OmAcuy berkata:

    Artikelnya cukup membantu saya dalam memilih jenis printer yang dibutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *