Cara Memilih Laptop

By Hanif Pramono -

Laptop merupakan sebuah evolusi dari komputer yang sangat praktis dan merupakan sebuah barang pokok bagi pelajar atau pekerja, laptop sendiri saat ini bukan merupakan lagi barang yang digolongkan sebagai kebutuhan tersier.

Hal seperti ini merupakan hal yang lumrah dan disebabkan karena tuntutan pekerjaan serta perkembangan zaman dengan berbagai kebutuhan dan juga pekerjaan.

yang mana ini sering dialami oleh seorang pekerja yang bekerja di depan laptop dan komputer dengan tujuan menyelesaikan pekerjaan agar lebih mudah juga efisien maka memiliki laptop dan komputer merupakan hal wajib.

Selain pekerja yang bertujuan untuk menyelesaikan pekerjaanya dengan baik, maka ada lagi nih yaitu pelajar yang penggunaan laptop untuk keperluan sekolah dengan harapan pekerjaan yang beruhubungan dengan komputer dapat terselesaikan tanpa masalah.

Adapun seorang gamer dan seorang yang ahli dalam desain grafis yang tentunya sangat memerlukan baik laptop maupun komputer namun yang berbeda dengan pekerjaan lainnya jika gamer dan desainer di wajibkan untuk memiliki pc dengan spesifikasi tinggi.

Baca juga: Cara Merawat Laptop.

Terkadang beberapa orang mengalami masalah ketika memilih dan membeli laptop yang mereka tentukan, tidak sedikit dari mereka yang terkecoh dan akhirnya menyesal telah membeli laptop tersebut.

Sebenarnya banyak sekali merek laptop yang beredar dipasaran, namun kembali ke pribadi tentang bagaimana cara memilih laptop yang bagus dan berkualitas yang anda pilih sendiri.

Sangat direkomendasikan untuk pemilihan laptop atau komputer sebaiknya memilihnya berdasarkan kebutuhan, hal ini dicermati dari segi spesifikasi dan segi keuangan alias harga.

Perbedaan Laptop, Notebook dan Netbook

perbedaan laptop notebook netbook

Terkadang kita harus jeli dalam memilihnya agar kita nantinya tidak menyesal telah membeli laptop tersebut sebab kita merasa puas, nah sekedar informasi agar nantinya sobat tidak keliru memahami perbedaan antara laptop, notebook dan netbook.

  • Laptop adalah sebuah perangkat komputer portable yang mudah dibawa dengan memiliki ukuran layar diatas 13 inchi, biasanya pada laptop lebih berat dari pada notebook dan netbook sebab selain ukuranya lebih besar serta laptop memiliki internal hard drive.
  • Notebook merupakan komputer jenis portbale yang memiliki ukuran layar kisaran 11 hingga 12 inchi.
  • Netbook termasuk jenis komputer yang mudah dibawa ke mana-mana dan memiliki ukuran layar lebih kecil dari laptop dan notebook, netbook sendiri memiliki ukuran layar dibawah 11 inchi.

Nah sudah tahu kan apa saja perbedaan dari ketiga hal tersebut, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai tips memilih laptop berkualitas yang dapat membantu anda untuk membeli laptop bagus dengan kriteria yang sesuai kebutuhan si pembeli.

Seiring perkembangan zaman dan tuntutan teknologi yang membuat teknologi selalu meingkat dan munculnya inofasi baru bagi pemegang teknologi pasaran, salah satu munculnya sistem operasi (OS) windows 8 yang berbeda dengan versi sebelumnya.

Pada versi windows 8 sangat cocok untuk sebuah laptop yang menggunakan layar sentuh namun jarang sekali orang memiliki laptop jenis ini.

Tips Cara Memilih Laptop Yang Bagus

cara memilih laptop yang bagus

pada dasarnya penggunaan windows 8 digunakan pada tablet dengan sistem operasi windows, oleh sebab itu kita perlu memperhatikan cara memilih laptop yang bagus dan berkualitas agar memberi kenyamanan tersendiri bagi anda.

1. Spesifikasi Laptop

Mengenai spesifikasi alangkah baiknya jika kita jadikan prioritas utama memilih laptop untuk dibeli nantinya. Bagi sebiah laptop yang berkualitas pasti memiliki spesifikasi yang bagus pula, anda harus cermat memilih laptop dan jangan sampai terkecoh dengan harganya.

Sebaiknya memilih laptop kalo bisa harganya murah tapi kualitas bagus dan jangan sampai terbalik, ya paling tidak untuk memilih sebuah laptop harga dengan spesifikasi imbang.

Dari spesifikasi data diatas menunjukan spesifikasi dari laptop yang kisaran harga IDR 5 jutaan, tentu saja dengan harga segitu cukup baik memiliki spesifikasi seperti data diatas tadi.

Atau jika anda menemukan yang lebih murah namun spesifikasi lebih baik maka pilih saja laptop tersebut.

Menurut pemilihan laptop dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri, ini akan membantu anda memilih sebuah laptop yang sesuai dengan kepeluan.

Bagi Pelajar: laptop yang cocok untuk pelajar biasanya hanya digunakan untuk mengetik dan bermain game yang memiliki ukuran ringan.

Laptop untuk pelajar tidak perlu memiliki spesifikasi sebuah laptop yang tinggi, Bagi pelajar dapat penggunakan spesifikasi sedang cukup menggunakan Processor Core i3 Generasi 3 yang Tanpa VGA.

Untuk Pegawai: biasanya bagi pegawai kantoran yang memakai laptop dalam pekerjaanya menggunakan spesifikasi sedang dengan menggunakan Processor Core i3 dan memakai RAM 2GB.

Pegawai pada umumnya menggunakan aplikasi untuk bekerja seperti Microsoft Office dan Untuk terhubung dengan internet menggunakan beberapa browser.

Gammer dan Desain Grafis: bagi seseorang yang gemar main game atau hobi desain grafis maka harus memiliki spesifikasi laptop yang lumayan tinggi.

Biasanya processor yang digunakan untuk aktifitas ngegame sama desain grafis memakai processor core i7 dan minimal menggunakan VGA GTX 680 serta memakai RAM minimal 4GB.

2. Harga Laptop

Pada bagian ini kita akan membaginya menjadi 2 bagian yaitu harga beli dan harga jual, Harga beli adalah sebuah harga yang dimana kita sebagai pembeli membeli sebuah laptop baru.

Yang saya maksud dengan harga jual yaitu ketika kita hendak menjual laptop tersebut dengan harga tertentu, Faktor yang satu ini terkadang orang jarang sekali untuk mencermati apa yang tadinya dibutuhkan.

Padahal mengetahui harga dari sebuah laptop itu sangat penting, dengan mengetahui harga tentu saja kita dapat mengetahui apakah uang yang kita miliki bisa untuk membeli laptop yang bagus.

Di sisi lain kita harus menghemat pengeluaran ya paling tidak kita memiliki laptop bagus dengan harga yang pantas.

Selanjutnya barangkali nantinya anda bosan dengan laptop yang dimiliki sekarang dan anda ingin menjualnya, maka kita harus memperhatika nilai jual laptop tersebut dikemudian hari sebelum anda membelinya.

Walaupun anda tidak berniat ingin menjual laptop nantinya dan tidak ada salahnya anda mengetahui nilai jual laptop tersebut.

3. Ukuran Laptop

Hal ke tiga yang perlu kita ketahui dan cermati ialah tentang portabilitas (portable) dari sebuah laptop, kita sebagai pembeli wajib menyesuakan kebutuhan anda terhadap penggunaan laptop itu sendiri.

Bagi sobat yang suka berpergian membawa laptop, maka alangkah lebih baik sobat memilih sebuah laptop dengan ukuran sedang dan mudah dibawa pastinya.

Namun jika sobat jarang berpergian membawa laptop alias sering menggunakan laptop di rumah maka bisa memilih laptop yang memiliku ukuran lebih besar.

Oleh sebab itu kita dapat mengetahui kriteria ukuran layar dan ukuran laptop yang cocok untuk kita dengan mengetahui data berikut ini:

  • Ukuran Laptop 11 hingga 13 inchi, ukuran ini sangat cocok bagi seseorang yang hobi berpergian yang selalu membawa laptop. Pemilihan ukuran laptop selain mudah dibawa nantinya dan juga tidak memakan tempat serta akan lebih ringan.
  • Ukuran Laptop 14 hingga 15 Inchi, laptop dengan ukuran seperti itu merupakan laptop dengan jenis laptop sedang yang artinya umum dimasyarakat dalam penggunaanya.
  • Ukuran Laptop 16 inchi sangat cocok untuk seseorang yang hobi dalam bermain game dan edit foto, namun masih kurang puas juga karena mungkin layarnya masih kurang besar.
  • Ukuran Laptop 17 inchi lebih, ini merupakan ukuran laptop yang sangat direkomendasikan untuk edit video atau pun bermain game. Penggunaanya sangat nyaman dengan layar yang lebih besar dan biasanya laptop dengan ukuran layar lebih besar memiliki spesifikasi serta harga lebih mahal.

Kita dapat menyesuakain ukuran layar yang sesuai dengan aktifitas keseharian kita agar tidak ada masalah nantinya dalam memakainya.

4. Perhatikan Pemilihan Keyboard

Anda harus memperhatikan tentang jarak suatu keyboard dan besaran dari tombol keyboard tersebut, faktor ini sangat berpengaruh pada kenyamanan dalam memakai laptop itu sendiri.

Sebaiknya anda memilih laptop dengan keyboard yang sesuai dengan ukuran jari anda, dan kemudian kita perlu perhatikan juga dari jarak antar tombol pada keyboard.

5. Touchpad Laptop

Selanjutnya aspek touchpad yang perlu kita perhatikan dalam pemilihan sebuah laptop, secara default dalam sebuah laptop tidak menggunaka mouse sebagai alat pengerak cursor.

Oleh sebab itu jika anda merasa sebaiknya memakai touchpad maka anda perlu memilih laptop dengan  kualitas touchpad yang mudah digunakan juga nyaman untuk dipakai.

Namun jika sobat merasa kesulitan dalam memakai touchpad maka tidak ada salahnya menggunakan mouse eksternal untuk menggerakkan cursor.

6. Hybrid atau Konvensional

Untuk saat ini telah hadir inofasi model laptop yang layarnya dapat dipisah dengan keyboard atau bisa di pasang serta lepas.

Sejak kemunculan sistem operasi windows 8 laptop dapat digunakan layaknya sebuah tablet dan juga bisa juga jadikan laptop dengan memasang kembali layar dengan keyboard.

Jika anda ingin membeli laptop dan tablet maka sebagai alternatifnya bisa membeli Laptop jenis Hybrid, namun jika sobat membutuhkan laptop konvensional saja, maka bisa membeli laptop biasa saja sebab harga dari laptop jenis Hybrid lebih mahal dari pada laptop konvensional.

7. Garansi Laptop dan Service Center

Kemudian yang selanjutnya kita perlu teliti sebelum membeli laptop yaitu tentang garansi yang diberikan terhadap laptop tersebut, sebuah laptop dapat diukur kualitasnya dari lama garansi yang diberikan.

Semakin lama garansi yang diberikan oleh pihak produsen kepada produksinya maka semakin bagus

Hal yang tidak boleh terlewatkan sebelum membeli laptop yaitu lokasi service center, alangkah lebih baik jika service center laptop yang hendak kita beli nantinya memiliki lokasi service center yang tidak jauh dari tempat tinggal anda.

Kenapa? Ini bertujuan agar lebih mudah menghubungi ketika laptop yang anda beli nantinya mengalami masalah.

8. Masa Hidup Baterai

Sebagai kelebihan laptop yang mudah dibawa-bawa dan mengunakan baterai sebagai sumber penyimpanan energi, yang jadi masalah ketika baterai yang digunakan sebagai penyuplai energi listrik untuk laptop mudah habis.

Pada laptop versi lama yang memiliki daya baterai yang terbilang rendah dan biasanya cepat habis dalam waktu sekitar 2 hingga 3 jam.

Untuk saat ini sebaiknya sobat membeli laptop model terbaru yang memiliki kelebihan yaitu daya hidup baterai lebih tahan lama dari pada laptop versi lama yang daya hidup baterai laptop model terbaru memiliki durasi sekitar 10 hingga 20 jam menyala.

Baca juga: Cara Mempercepat Laptop.

9. Sistem Operasi (OS)

Merupakan hal pokok yang perlu kita cermati sebelum membeli laptop, pemakaian sistem operasi untuk menjalankan sebuah komputer memang kita harus perhatikan kenyamananya.

Sebaiknya kita menggunakan sistem operasi yang sesuai dengan spesifikasi dan rekomendasi os. Kalaupun tidak dikasih os, tidak masalah bisa install sendiri.

10. Konektifitas

Melihat dari segi kemampuan koneksi sebuah laptop terhadap sambungan tertentu. Ada baiknya kita jeli dalam memilih laptop dan pastikan memiliki USB, HDMI, LAN, WiFi dan Hostspot. Oleh sebab itu kita harus memiliki sebuah laptop yang memiliki konektifitas dengan baik.

11. Merek / Brand Laptop

Anda sebagai konsumen harus pandai dalam memilih merek laptop yang nantinya akan dibeli sebab saking banyaknya laptop di pasaran dengan berbagai merek laptop, jika anda bingung dalam memilih laptop sebaiknya memilih laptop dengan merek terkenal yang asal usulnya jelas.

Bagi anda yang ingin memilih laptop namun tidak tahu mana merek yang bagus, maka anda dapat mencari sumber referensi kepada teman atau dapat langsung tanya ke penjual laptop.

12. Bonus Tambahan

Bagi seorang penjual peralatan elektronik termasuk laptop biasanya memberikan bonus bagi anda yang telah membeli laptop yang dijualnya dengan tujuan untuk menarik perhatian agar orang lain juga membeli.

Adapun bonus yang diberikan bermacam-macam dari mouse hingga pembersih lcd dan pokoknya yang berhubungan dengan laptop.

Jika anda seharusnya mendapatkan bonus dan kebetulan anda tidak diberi bonus maka alangkah lebih baik anda meminta bonusnya, penalaman saya ketika membeli laptop saya dikasih pembersih lcd dan cooling pad.

13. Memerhatikan Jenis Laptop

Ada banyak laptop yang tersedia di pasaran bisa dikelompokan jenisnya, harganya maupun spesifikasinya. Khusus jenis biasanya ada yang difungsikan untuk bekerja dan ada juga yang dfungsikan khusus untuk bermain game.

Dan kita semua pasti sudah tau biasanya laptop yang digunakan untuk bermain game spesifikasi nya lebih bagus dan top sehingga harganya pun lebih mahal.

Mengapa memilih jenis laptop harus diperhatikan sebelum membeli laptop ? hal ini karena sebelum membeli laptop tentukan dulu tujuan laptop nanti nya ingin digunakan untuk appa jika untuk bekerja maka beli lah laptop yang berspesifikasi standar ingin spesifikasi tinggi juga tidak masalah.

Namun jika ingin membeli laptop untuk bermain game maka beli lah laptop yang memiliki spesifikasi tinggi sehingga bermain game pun terasa lancar dan tentunya tanpa lag.

14. Memerhatikan Harga Jual Kembali

Memperhatikan harga jual kembali memang terdengar sepele namun sebenarnya ini juga hal yang perlu diperhatikan.

Bayangkan jika misalnya kita sudah membeli laptop dan sudah beberapa tahun kita merasa bosan dan ketika dijual kembali harganya sangat berbeda maka otomatis akan ada rasa kecewa kan ?

Oleh karena itu sebelum membeli laptop perhatikan juga harga jual kembali nya

Kesimpulan

Dalam memilih laptop yang akan dibeli sebaiknya kita lebih berhati-hati supaya tidak menyesal ketika sudah membeli laptop tersebut. Nah, anda bisa mengikuti beberapa tips cara memilih laptop yang bagus di atas ketika ingin membeli laptop baru.

Mungkin itu pembahasan kali ini mengenai Tips memilih laptop berkualitas bagus dan tepat, saya harapkan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan juga membantu sobat yang ingin membeli laptop.

Barangkali jika ada pertanyaan mengenai artikel ini bisa langsung disampaikan lewat kolom komentar yang sudah disediakan.

Hanif Pramono
Hanif Pramono
Mahasiswa Teknik Informatika yang gemar dalam dunia teknologi khususnya gadget, aplikasi dan internet.

Artikel Terkait

Cara Menghitung Rata Rata di Excel
Cara Menghitung Rata Rata di Excel
Oleh Ayu Musfiroh
Cara Membuat Bootable Flashdisk
Cara Membuat Bootable Flashdisk
Oleh Danang Febriyandra
Cara Print Excel
Cara Print Excel
Oleh Danang Febriyandra
Cara Download Banyak File Sekaligus IDM
Cara Download Banyak File Sekaligus IDM
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengatasi USB HP Tidak Terbaca
Cara Mengatasi USB HP Tidak Terbaca
Oleh Danang Febriyandra
Cara Install VirtualBox
Cara Install VirtualBox
Oleh Shinta Marist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *