Cara Membuka Word, Excel, PowerPoint di HP

By Mochamad Alif Prayogo-

HP android memang memiliki banyak kegunaan. Bukan hanya sebagai alat komunikasi, smartphone juga bahkan bisa digunakan untuk mengolah berbagai dokumen lho.

Membuka, mengedit dan membaca file Word (doc), Excel (xls), ataupun PowerPoint (ppt) di Android bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Apa kalian sudah tahu caranya? Jika belum maka berarti kalian ketinggalan jaman.

Untuk membuka file-file tersebut di android, kalian membutuhkan bantuan dari aplikasi pihak ketiga untuk bisa mengakses file berjenis office. Contoh aplikasinya adalah WPS Office, OfficeSuite Pro, Office Mobile, Polaris Office dan Docs To Go.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara membuka file pdf, powerpoint, excel dan word di hp android.

Disini saya akan memberikan panduan agar kalian bisa mengolah file berjenis dokumen melalui smartphone. Aplikasi ini merupakan APK yang bisa kalian gunakan untuk membuka, membaca ataupun mengedit file Office dan file pdf.

Saya memilih aplikasi ini karena ia tergolong ringan dan cepat saat digunakan untuk membuka dan mengedit file, dan kelebihan lainya yang sering digunakan.

Cara Membuka Word, Excel, PPT di HP Android

cara membuka word di hp android

Setelah mengetahui kelebihan aplikasi ini, maka lebih jelasnya kita bisa mencoba menerapkan cara membuka word, excel, powerpoint di hp android dengan wps office.

1. Download Aplikasi

Pertama silahkan kalian download aplikasinya terlebih dahulu, bisa ikuti link dibawah ini dan install di hp android.

2. Install Aplikasi

Setelah kalian mendownload aplikasi tersebut, silahkan install dan buka aplikasi tersebut kemudian buka file yang kalian inginkan.

cara membuka file pdf powerpoint excel dan word di hp android 1
  • PPT : Untuk file Microsoft PowerPoint
  • DOC : Untun file Microsoft Word
  • PDF : Untuk file PDF
  • XLS : Untuk file Microsoft Excel
  • TXT : Untuk file Text biasa

3. Membuka File

Karena disini saya memberikan tutorial cara membuka file PDF, jadi disini saya akan memilih file PDF. Silahkan kalian tunggu beberapa saat.

Secara otomatis WPS Office akan melakukan scanning ke memori kalian untuk menemukan semua file berjenis PDF yang ada di HP Android kalian.

4. Membuka Tampilan File

Selanjutnya kalian pilih file PDF yang ingin dibaca dan file PDF tersebut akan terbuka secara otomatis. Berikut ini adalah contohnya.

cara membuka file pdf powerpoint excel dan word di hp android 2

5. Memahami Tools

Ada banyak tools yang tersedia di wps, seperti menambahkan gambar, tulisan, dan lainya yang tersedia pada bagian tools.

Kesimpulan

Dikutip dari trestleontenth bahwa Sekarang kalian tidak lagi membutuhkan komputer ataupun laptop untuk bisa membuka file pdf dan file office yang ingin kalian buka, baca dan edit. Kalian bisa menggunakan android kalian dengan bantuan dari aplikasi WPS Office ataupun yang lainnya untuk mengolah file tersebut.

Demikianlah tutorial yang bisa saya berikan kepada kalian tentang cara membuka file pdf, powerpoint, excel dan word di hp android. Ada yang masih belum dimengerti? Silahkan mampir ke kolom komentar.

Mochamad Alif Prayogo
Mochamad Alif Prayogo
Mahasiswa S1 Teknik Informatika di Universitas Amikom Purwokerto. Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

Artikel Terkait

Cara Menggandakan Aplikasi Android
Cara Menggandakan Aplikasi Android
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menggunakan SHAREit
Cara Menggunakan SHAREit
Oleh Shinta Marist
Cara Mematikan Google Assistant
Cara Mematikan Google Assistant
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menghilangkan Suara Vokal
Cara Menghilangkan Suara Vokal
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant
Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant
Oleh Hanif Pramono
Cara Backup & Restore SMS
Cara Backup & Restore SMS
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *