Cara Membuat Link WhatsApp

By Adi Catur Pamungkas -

Pada sekarang ini, banyak sekali media sosial yang bermunculan, mulai dari Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya.

Banyak sekali kegunaan media sosisal baik hanya untuk memposting foto biasa sampai untuk melakukan bisnis online contohnya di Instagram.

Untuk memudahkan anda dalam berbisnis online, tentunya anda harus mencantumkan kontak WhatsApp agar para pelanggan dapat menghubungi anda dengan mudah.

Namun pada umumnya menilis kontak WhatsApp biasanya menggunakan nomor HP, sehingga para pelanggan anda akan di repotkan karena harus menulis nomor WhatsApp anda dan kemudian baru menulis pesan ke anda.

Maka dari itu untuk memudahkan para pelanggan anda dalam menghubungi anda, anda tidak perlu lagi menuliskan nomor WhatsApp anda di Instagram.

Anda cukup menambahkan link tautan saja, maka secara otomatis link tersebut akan mengarah ke Chat WhatsApp anda dan dapat langsung menghubungi anda tanpa harus menambahkan nomor HP terlebih dahulu.

Cara Membuat Link WhatsApp

Nah, pada kesempatan kali ini mastekno akan memberikan tutorial tentang cara membuat tautan link WhatsApp di instagram dengan mudah dengan menggunakan fitur Click to Chat.

Namun, apa sih fitur Click to Chat itu? Fitur Click to Chat merupakan sebuah fitur dari WhatsApp yang memunginkan para pengguna untuk menghubungi seseorang tanpa harus menulis dan menambahkan nomor HP sebagai kontak.

Maka dapat di katakan bahwa orang yang akan menghubungi kita secara otomatis langsung dapat menghubungi kita melalui WhatsApp.

Untuk cara menggunakan fitur tersebut anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut ini.

Baca Juga: Cara Membuat Link Undangan Grup WhatsApp.

1. Buat Link WhatsApp dengan Pesan

Pertama, silahkan gunakan tautan Link WhatsApp berikut ini cara membuat link wa dengan pesan, nantinya bisa disesuaikan dengan keinginan anda:

https://api.whatsapp.com/send?phone=123456789012&text=I’m%20interested%20in%20your%20house%20for%20sale

123456789012” Ganti nomor tersebut dengan nomor WhatsApp anda.

I’m%20interested%20in%20your%20house%20for%20sale” Ganti kata – kata tersebut dengan kata – kata yang anda inginkan, contohnya “Ready%20Stock%Gan?

buat link whatsapp

2. Membuat Link WA Me

Selanjutnya kita bisa membuat untuk versi whatsapp me. Disini link yang kita buat sangatlah simple dan sederhana. Selain itu dari baris lebih pendek dari pada menggunakan link yang pakai domain whatsapp, berikut ini cara membuat link wa me.

https://wa.me/6281234567890

Selanjutnya kita ubah 81234567890, menjadi nomer hp anda (contoh: 8321654987. Karena 62 adalah kode negara indonesia. Dan dimulai sesudah angka 0 pertama sendiri.

3. Membuat Link Whatsapp Sendiri

Selanjutnya ditahap yang ketiga ini kita bisa menggunakan nomer sendiri, baik itu membuat link wa whatsapp bisnis atau whatsapp biasa. Langsung saja copy paste link berikut dan disesuaikan sendiri.

https://api.whatsapp.com/send?phone=628123456789

Atau

https://web.whatsapp.com/send?phone=628123456789

4. Membuat Link WhatsApp Otomatis

cara membuat link wa

Untuk langkah yang satu ini kita hanya perlu membuka website berikut, tujuanya hanya tinggal memasukan nomer wa, dan memasukan pesannya. Berikut ini cara membuat link whatsapp otomatis.

  1. Langkah pertama buka website https://wa.wizard.id/
  2. Kemudian masukan nomer hp nya, pilih +62 karena negara indonesia.
  3. Lalu isikan pesannya, bisa di isi dengan huruf tebal dan huruf miring.
  4. Kemudian klik generate link, lalu tunggu prosesnya. Jika berhasil akan muncul tombol copy link untuk menyalin tautan.

Cara Membuat Link WA di Bitly

Jika sudah selesai mengganti kemudian perpendeklah link tersebut menggunakan layanan URL Shortner dari Bitly. Tujuanya yaitu memperpendek url, langsung saja simak cara membuat link wa bitly.

Pastekan link tersebut di Bitly dan kemudian lakukan shorten, maka tautan link WhatsApp anda akan di perpendek atau lebih singkat. Anda dapat melihat contohnya pada gambar berikut ini.

buat shortlink

Cara Membuat Link WA di Instagram

Jika anda sudah selsai melakukan shortlink atau memperpendek link, kemudian ada dapat meletakan shortlink tersebut ke profil Instagram yang anda miliki. Berikut cara membuat linki wa di bio ig.

Dengan cara masuk ke Profil Instagram > Sunting Profil > Pastekan shortlink tersebut di bagian “Website” kemudian klik icon centang atau Save.

masukkan link ke profil instagram

Baca Juga: Cara Menambahkan Link di Story IG.

Kesimpulan

Dengan melakukan metode ini, maka setiap pelanggan yang ingin menghubungi anda lewat WhatsApp akan lebih mudah. Hal ini bisa sangat membantu untuk cara membuat link wa untuk olshop, maka pelanggan bisa menghubungi langsung lewat wa.

Karena hanya klik tautan link WhatsApp yang ada di instagram, para pelanggan langsung dapat menghubungi anda tanpa harus menambahkan nomor WhatsApp anda terlebih dahulu.

Metode ini sangatlah cocok untuk anda para pebisnis online khususnya para online shop sehingga dapat memudahkan anda dalam berkomunikasi dengan pembeli atau bertanya – tanya melalui aplikasi WhatsApp.

Baca Juga: Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Dihapus.

Nah itulah artikel tutorial dari mastekno tentang cara membuat tautan link WhatsApp dengan mudah. Semoga tutorial di atas dapat bermanfaat dan membantu anda. sekian dari mastekno, selamat mencoba.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Ketahuan
Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Ketahuan
Oleh Ayu Musfiroh
Cara Blokir Kontak WhatsApp
Cara Blokir Kontak WhatsApp
Oleh Shinta Marist
Cara Menghilangkan Centang Biru WhatsApp
Cara Menghilangkan Centang Biru WhatsApp
Oleh Ayu Musfiroh
Arti Centang Satu, Dua Abu-Abu, Dua Biru di WhatsApp
Arti Centang Satu, Dua Abu-Abu, Dua Biru di WhatsApp
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Copy Paste Pesan WhatsApp di Grup
Cara Copy Paste Pesan WhatsApp di Grup
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *