2+ Cara Membuat Daftar Isi di Word 2007: Otomatis Lengkap

By

cara membuat daftar isi

Berbicara soal daftar isi atau table of content maka yang akan langsung terlintas di dalam diri kita adalah soal suatu elemen yang penting dari suatu buku yang memiliki tujuan yang penting juga. Tujuannya yaitu agar para pembaca bisa mengetahui dari keseluruhan isi buku dengan mudah.

Cara membuat daftar isi juga sangat mudah bahkan sebenarnya bisa dilakukan secara manual. Cara manual nya yaitu dengan cara menuliskan judul dan juga sub judul di bab buku yang saya tuliskan di halaman awal buku, dan apabila kalian bertanya apakah repot ? jawabannya tentu sangat repot.

Terlepas dari itu semua pembuatan daftar isi bisa dilakukan dengan mudah atau dalam artian mendukung pembuatan table of content di Microsoft word sangatlah mudah. Dan sebenarnya pembuatannya juga harus dilakukan dengan cara – cara tertentu dan cara inilah yang banyak orang belum mengetahuinya.

 

Langkah Membuat Daftar Isi Otomatis

Nah di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tutorial tentang membuat daftar isi atau table of content secara otomatis menggunakan micorosft word tahun 2007. Cara atau tutorial ini pun sangat mudah dilakukan dan bisa untuk membantu kalian dalam membuat majalah, jurnal, kliping, atau bisa juga untuk dokumen lainnya.

Suatu dokumen apabila memiliki daftar isi akan menjadi lebih enak dibaca selain itu juga dalam menemukan poin halaman yang diingikan akan langsung mudah ditemukan.

Hal itu karena apabila ada suatu daftar isi maka akan ada nomor halaman yang memudahkan para pembaca. Untuk Lebih jelasnya dan lebih detailnya langsung saja simak penjelasannya berikut dibawah ini ya sobat.

 

Pembuatan Heading dan Subheading

Sebelum masuk ke pembuatan daftar isi kita harus membuat Heading dan Subheading terlebih dahulu di dokumen yang ingin kita buat daftar isi. Hal ini karena heading dan juga subheading sangat berpengaruh saat ingin membuat daftar isi.

Pembuatan heading dan subheading tadi bukan tanpa alasan. Tujuannya adalah untuk menentukan mana yang judul nya dan mana yang menjadi subjudul nya.

 

Tujuan Heading di Daftar Isi

Tujuan lain dari pembuatan heading dan juga subheading untuk menandakan mana yang halaman untuk satu pembahasan supaya bisa lebih mudah juga untuk dibaca. Karena apabila bercampur aduk maka kita akan kesusahan dalam mengetahui mana judul dan kapan pembahasan sudah berganti.

Pemberian tentang heading dan juga subheading nya dengan dilakukan dengan cara di setiap pembahasan baru berikan heading dan apabila di pembahasan tersebut ada pembahasan yang berbeda berikan subheading.

contoh heading subheading

 

Gambar yang sudah dijelaskan diatas merupakan contoh, saya sangat sarankan untuk kalian sesuaikan dengan teks yang kalian miliki ya sobat. Jangan sampai salah dalam pemberian heading dan juga subheading nya karena akan berakibat fatal.

 

 

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word 2007

Setelah kalian telah memberikan heading dan juga subheading nya di teks yang kalian miliki selanjutnya kita akan membahas tentang cara membuat daftar isi otomatis.

Ada dua jenis atau dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat daftar isi secara otomatis. Apa saja caranya ? untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya berikut di bawah ini.

 

1. Membuat Daftar Isi Titik – Titik Otomatis Di Microsoft Word 2007

Cara yang pertama adalah apabila kalian ingin membuat daftar isi dengan melibatkan titik – titik di dalamnya. Biasanya ada orang yang yang ingin memiliki daftar isi titik – titik namun dibuat dengan cara manual.

Sebenarnya ada cara otomatis yang bisa kalian gunakan dengan menggunakan software Microsoft word 2007. Caranya pun mudah, simak penjelasannya berikut ini.

  • Yang pertama harus kalian lakukan adalah membuka dokumen yang kalian miliki
  • Selanjutnya pada halaman kosong di page 1 kalian klik references
  • Apabila sudah, langsung saja kalian pilih dan klik table of contets
  • Kemudian pilih dan klik manual table

cara membuat daftar isi otomatis 1

  • Lalu lihat ke laman kerja, maka table of contents atau daftar isi akan sudah terbuat secara otomatis

cara membuat daftar isi otomatis 2

Kalian sudah bisa melihat gambar diatas, daftar isi diatas terlihat belum rapi sama sekali dan pastinya belum sama dan belum sesuai dengan yang kalian inginkan.

Silahkan kalian ganti judul dan memberikan spasi sesuai dengan nama halaman yang kalian inginkan contohnya adalah seperti dibawah ini.

cara membuat daftar isi otomatis 3

 

2. Membuat Daftar Isi Dengan Fitur Automatic Table

Cara yang sebelumnya kita bahas adalah cara membuat daftar isi atau table of contents dengan titik – titik. Nah selanjutnya akan dibahas tentang daftar isi otomatis yang ada di Microsoft word 2007 di dalam fitur automatic table.

Automatic table adalah fitur yang akan kita gunakan untuk membuat daftar isi secara otomatis tadi, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

  • Yang pertama kalian buka aplikasi Microsoft word 2007 yang kalian miliki
  • Setelah itu pilih dan bukalah dokumen yang ingin kalian buat daftar isi di dalamnya yang mana sesuai dengan heading dan juga subheading
  • Setelah itu kalian klik di bagian yang kosong dimana kalian nantinya akan membuat daftar isi

cara membuat daftar isi otomatis 4

  • Apabila langkah diatas sudah dilakukan selanjutnya kalian cek di menu kemudian klik references lalu klik table of contents
  • Lalu kalian pilih mode table yang kalian inginkan
  • Ada dua model tabel yang bisa kalian gunakan yaitu automatic table 1 atau bisa memilih automatic table 2

cara membuat daftar isi otomatis 5

  • Selanjutnya kalian lihat, maka daftar isi otomatis sudah terbuat secara otomatis

cara membuat daftar isi otomatis 6

Sangat mudah, dan seperti yang kita lihat heading dan juga subheading yang kalian ketik dan sudah kalian atur tadi otomatis sudah masuk ke dalam daftar isi otomatis yang barusan kalian buat. Sangat praktis dan sangat memudahkan bukan ?

 

 

Cara Merapihkan Daftar Isi

Setelah kita mengikuti tutorial diatas, saatnya untuk merapihkan daftar isi yang sudah kalian buat tadi. Rapikan daftar isi sesuai dengan kebutuhan kalian dan supaya menjadi lebih rapi saat dilihat.

Daftar isi yang rapi akan membuat pembaca pun pasti akan semangat dalam membaca dokumennya. Cara merapikan daftar isi bisa dibilang sebagai suatu hal yang penting untuk dilakukan apabila kita membuat kliping, jurnal, atau dokumen yang sejenis lainnya.

 

Mengganti Judul Daftar Isi

update daftar isi otomatis 1

Pada tahapan merapikan ini kalian hanya perlu klik di tulisan content atau ke tulisan table of content selanjutnya sesuaikan dan ganti juga tulisannya seperti yang kalian inginkan.

 

Menggeser Judul Ke Bagian Tengah

update daftar isi otomatis 2

Apabila kalian ingin menggeser judul daftar isi ke bagian tengah kalian bisa blok di seluruh tulisan judul kemudian kalian tekan di keyboard CTRL + E.

 

Memberikan Bold

update daftar isi otomatis 3

Untuk memberikan bold atau menebalkan tulisan bisa kalian lakukan dengan cara pilihlah terlebih dahulu kalimat yang ingin kalian tebalkan kemudian blok. Pada keyboard kalian tekan tombol CTRL + B.

 

Mengupdate Table

update daftar isi otomatis 4

Apabila kalian ingin melakukan suatu perubahan penomoran pada halaman atau bisa juga melakukan perubahan heading atau perubahan pada subheading maka saya sarankan untuk mengupdate table.

Caranya pun sangat mudah, kalian tinggal klik Update Table kemudian klik Update Page Number atau halaman, bisa juga klik Update Entire Table yaitu tentang keseluruhan daftar isi

Setelah kalian melakukan cara diatas maka akan secara otomatis daftar isi yang kalian miliki akan berubah sesuai dengan yang tadi kalian telah ubah sebelumnya.

Catatan = apabila kalian melakukan update table dengan menggunakan update entire table maka penggantian judul heading, penggantian heading, dan juga bold yang sudah dilakukan tadi bisa hilang.

Kedua cara diatas bisa kalian gunakan untuk membuat daftar isi secara otomatis, silahkan pilihlah cara yang menurut kalian paling mudah untuk dilakukan dan juga untuk diterapkan. Dengan menggunakan aplikasi Microsoft word 2007 membuat daftar isi menjadi lebih otomatis, cepat, dan juga instan. Tidak lupa juga menjadi tidak ribet.

 

Demikian artikel tentang Cara Membuat Daftar Isi di Word 2007 semoga bisa menambah wawasan pengetahuan kalian soal cara membuat daftar isi yang bisa dilakukan secara otomatis.

Kedua cara diatas bisa dilakukan dengan mudah tinggal kalian pilih cara mana yang paling gampang. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan atau ada hal yang masih kurang jelas silahkan jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar yang sudah disediakan dibawah ini ya sobat.


Shinta Marist Penulis dan Penyunting di MasTekno, hobi menulis hal tentang komputer dan gadget serta media sosial.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *