Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

By Shinta Marist -

Instagram memiliki banyak sekali fitur, mulai dari fitur story di instagram, fitur untuk menyimpan postingan seseorang sampai fitur yang cukup menarik bagi para seseorang yang ingin mencoba berbisnis yakni fitur untuk menjadikan akun menjadi profil bisnis.

Saat membuat instagram banyak yang membuka lapak untuk menjual produk produk mereka, seperti berjualan baju, jam tangan, merchandise, aksesoris, dan lainnya. Berjualan di instagram tergolong online jadi saya pikir berjualan secara online justru lebih murah irit dan efektif.

Baca juga: Cara Membuat Akun IG di Laptop & HP.

Jika kalian seseorang yang tergolong berjualan secara online atau menekuni bisnis online shop maka kalian wajib mencoba gunakanlah akun instagram sebagai profil bisnis.

Sehingga akan lebih banyak konsumen yang bisa anda jangkau atau lebih luasnya media yang bisa digunakan sebagai media promosi.

Fitur Instagram Bisnis

Di profil bisnis sendiri ada fitur yang bisa kalian manfaatkan untuk berjualan yakni Wawasan, Promosi, dan juga keterangan kontak seperti alamat, email, dan penunjuk arah agar menunjukan lokasi si pembisnis tersebut.

1. Wawasan

Fitur ini berisi statistic yang bisa kalian cek berapa pengunjung yang melihat produk kita, berapa jumlah penjualan, berapa klik yang mengeklik situs website kita dan menampilkan postingan populer.

Fitur ini mampu menganalasis produk yang diinginkan konsumen seperti apa oleh karena itu kita bisa menyesuaikannya agar konsumen tertarik.

2. Kontak

Ini adalah fitur terpenting pada sebuah profil bisnis menurut saya, karena jika orang melihat kontak ini maka mereka sudah bisa tau email kita apa, nomor kita berapa dan letak usaha kita dimana.

Makanya saat mengisi kontak pada langkahnya nanti harus benar benar sesuai ya isikan sesuai dengan apa yang ada dan masukannlah kontak yang bisa dihubungi.

3. Promosi

Semua postingan yang kita upload di akun instagram kita nantinya akan bisa di promosikan agar bisa lebih mudah terjangkau oleh orang banyak, jika sudah ada postingan yang ingin di iklankan maka langsung saja pilih pelanggan mana yang akan kamu targetkan. Kemudian promosikan.

Fitur ini juga sangat mudah diaktifkan anda tidak kenai biaya alias gratis. Tidak ribet namun menguntungkan jika kalian mengubah nya ke akun profil bisnis. Oleh karena itu kalian coba saja ya!

Namun sebagai catatan akun instagram kalian harus sudah terhubung dengan fanspage yang ada di facebook, fanspage itu yang akan kalian gunakan untuk dijakdikan sebagai akun bisnis makanya sebelum membuat akun profil bisnis sebaiknya buat fanspage terlebih dahulu.

Cara Membuat Akun Bisnis di Instagram

Tidak lupa juga akun tidak boleh privat karena akun bisnis memang bersifat umum dan tidak privat. Daripada kalian semakin bingung oke langsung saja simak ya.

1. Buka Pengaturan di Instagram

Buka akun instagram kalian, kemudian klik ikon setting.

2. Pilih Swich to Business Profile

atur ke profil bisnis

Yang kedua scroll kebawah dan temukan Beralih ke Profil Bisnis jika sudah ketemu pilih dan klik tulisan itu.

Kemudian muncul tab Alat Bisnis Instagram, kalian klik Lanjutkan saja.

3. Hubungkan Instagram ke akun Facebook

Maka akan muncul tab seperti berikut, ini adalah perintah untuk menghubungkan instagram dengan akun facebook, maka kalian pilih dan klik Masuk Dengan Facebook saja

hubungkan dengan facebook

4. Pilih Fanspage

cara mengubah akun ig biasa menjadi bisnis

Setelah itu muncul beberapa fanspage yang sudah kalian buat di facebook sebelumnya. Silahkan pilih fanspage yang kalian inginkan, usahakan yang sesuai dengan nama ig kalian atau tujuan kalian dalam membuat akun bisnis instagram.

Baca juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Masuk Instagram.

5. Setting Profil Bisnis

7Jika di fanspage facebook sudah tersedia alamat email, nomor telepon, dan alamat maka otomatis semua yang ada di kolom tersebut sudah terisi, jika belum terisi kalian isi dulu ya.

Semua data diatas harus kontak yang masih aktif dan benar benar nyata ya jangan mengada ngada, karena kontak ini bisa orang gunakan untuk menghubungi anda nantinya. Jika sudah diisi semua klik tanda panah di pojok kanan atas

Keterangan:

No. 1: Diisi Email yang aktif

No. 2: Diisi Nomor HP aktif kalian

No. 3: Diisi dengan alamat kalian

6. Akun Bisnis Berhasil Dibuat

Jika sudah mengisi semua data di atas, silahkan klik Lanjutkan. Setelah itu kalian sudah berhasil mengubah akun instagram kalian menjadi akun bisnis instagram.

Kesimpulan

Bisnis Akun Instagram ini biasanya digunakan oleh para penjual di Instagram karena memiliki fitur yang lebih banyak dibanding akun instagram pribadi.

Jika berhasil maka aka nada tombol Email, Nomor Telepon, dan Penujuk Arah seperti pada gambar berikut. Namun semuanya tergantung apa yang kamu isikan pada kontak tadi. Jika hanya memasukan email maka email saja yang akan muncul.

Bagaimana mudah bukan ? jika kalian tertarik menjadi instagram sebagai peluang untuk berbisnis maka cara ini wajib kalian coba ya karena memang profil bisnis lumayan menguntungkan bagi saya dengan adanya kontak, wawasan, dan promosi dapat memperluas jangkauan kita.

Semoga tutorial Cara Membuat Akun Instagram Menjadi Profil Bisnis ini bermanfaat ya semoga membantu dan selamat mencoba, jika ada hal yang ingin ditanyakan atau ada yang masih bingung silahkan bertanya di kolom komentar yang sudah disediakan dibawah.

Shinta Marist
Shinta Marist
Penulis dan Penyunting di MasTekno, hobi menulis hal tentang komputer dan gadget serta media sosial.

Artikel Terkait

Cara Mengetahui Unfollow Instagram
Cara Mengetahui Unfollow Instagram
Oleh Shinta Marist
Cara Mendapatkan Centang Biru Twitter
Cara Mendapatkan Centang Biru Twitter
Oleh Danang Febriyandra
Cara Private Akun Instagram
Cara Private Akun Instagram
Oleh Shinta Marist
Cara Menghapus Followers Instagram
Cara Menghapus Followers Instagram
Oleh Danang Febriyandra
Cara Download Foto Instagram
Cara Download Foto Instagram
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto & Video Instagram
Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto & Video Instagram
Oleh Mochamad Alif Prayogo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *