3 Cara Mematikan Update IDM: Permanen & Lengkap

By

cara mengatasi idm yang tidak bisa download file

Mematikan Update IDM – IDM atau Internet Download Manager adalah salah satu aplikasi yang dap digunakan untuk mempermudah dalam mengambil suatu data dari internet atau yang biasa di sebut dengan Download. Dan masalah yang sering muncul pada IDM adalah fake serial number, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mematikan check update pada IDM.

Adapun beberapa cara yang dapat digunakan untuk mematikan pengecekan update otomatis yang terdapat di IDM seperti dengan cara mengubah pengaturan pada registry. Dengan cara mengubah pengaturan yang ada pada regedit maka IDM tidak akan lagi meminta kalian untuk melakukan registrasi secara terus menerus.

 

Cara Mematikan Update Otomatis pada IDM

rename file idm

Cara peram ayang dapat kalian gunakan dalam menonaktifkan update otomatis pada IDM adalah dengan cara melakukan pengaturan pada regedit. Berikut ini adalah cara yang dapat kalian lakukan untuk mematikan update Internet Download Manager pada Windows 8:

1. Langkah yang pertama adalah menjalankan Registry Editor pada komputer, caranya adalah dengan mengeklik start pada menu dan kemudian ketikan regedit pada kolom pencariaan.

2. Setelah jendela Registry Editor sudah terbuka, maka langsung buka HKEY_CURRENT_USER, dan kemudian pilihlah Sofware, dan kemudian pilih Download Manager.

regedit IDM

3. Setelah kalian sudah memilih LastCheck, lalu gantilah value tahun dengan nominal yang lebih besar. Salah satu contohnya adalah mengganti value tahun menjadi 9999 dan kemudian disingkat menjadi 99.

tahun IDM

4. Lalu klik OK dan kemudian Logoff komputer.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan IDM di Google Chrome

 

 

Rename File IDM

Selain cara pertama yang sudah dijelaskan di atas, kalian juga dapat menggunakan cara yang kedua ini. Cara kedua adalah memiliki tujuan untuk memblokir update pada IDM atau Internet Download Manager dengan cara mengubah nama file dari IDM. Berikut ini adalah cara untuk menghilangkan IDM Registration yang biasanya sering muncul:

ubah nama IDM

  • Langkah yang pertama adalah memastikan bahwa IDM yang terdapat di dalam PC kita sudah tertutup atau di Close.
  • Jika sudah bukalah folder instalasi IDM. Folder instalasi IDM sendiri biasanya terletak di folder C: > Program Files > Internet Download Manager.
    langkah yang selanjutnya adalah mencari file IDMGrHlp.exe kemudian rename file tersebut menjadi idmhelp-old.exe.
    jika sudah restart PC kalian.
  • Setelah di restart dan sudah menyala kembali, bukalah kembali folder instalasi Internet Download Manager.
  • Lalu cari kembali file yang memiliki nama idmBroker.exe dan jika sudah, rename file tersebut dengan nama IDMGrHlp.exe.
  • Setleah sudah selesai restart kembali PC kalian dan tunggulah hingga menyala kembali.
  • Dengan begitu IDM yang ada di PC kalian akan berubah menjadi IDM Full Version dan tidak akan lagi muncul pesan fake serial number pada IDM kalian.

Baca Juga : Cara Memunculkan IDM di Youtube

 

Cara Update Manual IDM

rename file idm

Setelah kalian menggunakan salah satu dari kedua cara di atas yang bertujuan untuk mematikan update IDM secara otomatis. Jika kamu ingin mengapdate IDM pada PC kalian, kalian juga masih bisa mengupdate IDM yang kalian miliki agar menjadi versi terbaru dengan cara manual. Berikut ini adalah cara mengupdate IDM secara manual setelah auto update pada IDM dimatikan :

  • Jalankan aplikasi IDM (Internet Download Manager) yang ada di dalam PC kalian.
  • Lalu klik Help pada menubar dan kemudian pilih Check for Updates.
  • Setelah itu maka IDM (Internet Download Manager) kalian akan langsung melakukan check pada versi IDM terbaru dan kemudian mengupdatenya.

 

Jadi itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan notifikasi fake serial number pada IDM yang ada di laptop kalian dan juga cara untuk mengupdate IDM secara manual setelah auto update pada yang ada di dalam IDM dimatikan. Cara yang kami share di atas dapat digunakan pada semua versi Windows seperti Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan juga Windows 10. Dan semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.


Hasif Priyambudi Mahasiswa Teknik Informatika di Yogyakarta, lebih suka dunia komputer, pemrograman dan aplikasi android.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *