Cara Mematikan Smadav

By

cara mematikan antivirus smadav

PC atau komputer memang terkenal sebagai sebuah barang yang serbaguna. Namun terlepas dari semua itu, benda yang satu ini tidak pernah lepas dari yang namanya berbagai ancaman.

Salah satu bentuk ancaman yang paling sering menyerang laptop adalah virus dan malware. Makhluk yang satu ini memang cukup berbahaya ketika sudah menjangkit ke perangkat PC kita. Oleh karena itu disarankan bagi setiap komputer agar dilengkapi dengan sebuah software antivirus.

Serangan serta ancaman virus ini juga menjadi perhatian khusus para developer aplikasi. Oleh karena itu sekarang sudah bermunculan berbagai software antivirus yang akan menjaga perangkat kita dari serangan malware.

Dari sekian banyak aplikasi antivirus mungkin kalian sudah tidak asing dengan nama Smadav. Ini merupakan salah satu aplikasi proteksi PC yang berasal dari Indonesia dan cukup populer terutama di tanah kelahirannya sendiri.

Saya yakin banyak dari kalian yang juga sudah menginstall Smadav di perangkat kalian. Dibandingkan dengan beberapa jenis antivirus lainnya, Smadav punya banyak kelebihan.

Salah satu yang paling mecolok mungkin adalah ia bisa “bekerja sama” dengan antivirus lainnya. Fitur seperti ini tidak dimiliki oleh kebanyakan software antivirus karena mereka dirancang untuk menjadi aplikasi utama.

Namun tidak pada Smadav, ia dirancang sebagai proteksi tambahan sehingga dapat berjalan beriringan bersama antivirus lain.

Kelebihan Antivirus Smadav

Untuk lebih jelasnya mengenai kelebihan yang dimiliki oleh antivirus dalam negeri ini, silahkan lihat beberapa fitur utama dari Smadav berikut ini :

1. Berperan Sebagai Proteksi Tambahan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa Smadav ini berperan sebagai proteksi tambahan dan bukan antivirus utama.

Hal ini menyebabkan dirinya bisa bekerja sama dengan berbagai antivirus lain seperti Avast atau Avira dalam mengamankan perangkat kalian. Tentu dengan adanya Smadav, komputer kalian akan lebih terasa aman karena proteksi tambahan yang dimilikinya.

Baca Juga: Antivirus Terbaik di Laptop PC.

2. Proteksi Terhadap USB Flashdisk

Bukan rahasia lagi jikalau perangkat flashdisk merupakan salah satu media penyebaran virus.

Karena sering dipindah-pindahkan ke berbagai perangkat, kita tidak bisa menjamin bahwa sebuah flashdisk bebas dari malware.

Namun jangan khawatir, Smadav akan menjalankan tugasnya dalam mengamankan perangkat kalian dari virus yang ada di flashdisk.

Jika suatu perangkat flashdrive ditancapkan ke PC atau laptop, maka Smadav secara otomatis akan melakukan scanning ataupun pengecekan apakah disana terdapat virus atau tidak.

Jika memang ada maka dengan sigap ia akan langsung membersihkannya sebelum virus tersebut masuk ke komputer kita.

Selain itu Smadav juga terbukti ampuh untuk mengembalikan berbagai jenis file di flashdisk yang sering disembunyikan oleh virus.

3. Kinerjanya yang Ringan

Tidak seperti kebanyakan antivirus lainnya, Smadav merupakan aplikasi yang sangat ringan. Ia hanya membutuhkan resourceyang  sangat kecil dari perangkat kalian.

Saat dijalankan Smadav hanya akan mengambil 5MB dari RAM dan kurang dari 1% CPU kalian. Hal ini tentu tidak akan memberatkan serta mengganggu kinerja lain yang sedang berjalan di laptop kalian.

Baca Juga: Mengatasi Disk Usage 100%.

4. Fitur Cleaner dan Penghapusan Virus

Meskipun berperan sebagai proteksi tambahan, fitur yang dihadirkan Smadav tidak perlu diragukan lagi. Ia akan menjaga perangkat kalian agar tetep bersih dari yang namanya malware.

Jikalau Smadav mendeteksi adanya program berbahaya, ia akan langsung memberi peringatan dan dengan sigap melakukan penghapusan jika diperlukan.

Nah sekarang kita sudah mengetahui beberapa fitur dan keunggulan dari antivirus yang satu ini. Smadav memang merupakan salah satu proteksi tambahan yang bisa dibilang wajib ada di setiap komputer.

Namun ternyata adakalanya kita “tidak membutuhkan” proteksi darinya. Nah, apa maksudnya? Smadav dikenal sebagai antivirus yang cukup ketat sehingga jika ada sebuah file yang nampak berbahaya ia akan langsung memblokirnya.

Namun kadang Smadav bisa salah mendiagnosis, ketika kita akan menginstall sebuah aplikasi, Smadav malah menganggapnya sebagai virus dan langsung memblokirnya.

Hal ini tentu akan mencegah kita untuk memasang software tersebut. Cara satu-satunya untuk mengatasi hal ini adalah dengan mematikan fitur layanan dari Smadav ini untuk sementara agar kita bisa menginstallnya.

Cara Mematikan Smadav

Ada tiga cara yang bisa kalian gunakan agar Smadav berhenti untuk sementara waktu. Silahkan ikuti panduan berikut ini untuk lebih jelasnya.

Cara Menonaktifkan Smadav Permanen

mematikan smadav

PadaCara yang pertama kita bsa mematikannya lewat aplikasi Smadav itu sendiri, berikut ni tutorialnya.

  1. Pertama silakan masuk ke aplikasi Smadav, kemudian pindah pada menu Protect lalu pilih Disable.
  2. Setelah itu layanan Smadav ini akan nonaktif untuk sementara waktu tidak dalam jangka waktu tertentu.

Jika smadav tidak di aktifkan kembali, maka tidak akan aktif lagi, Maka bisa untuk menonaktifkan smadav permanen di laptop pc.

Cara Mematikan Smadav Sementara

Untuk cara kedua bisa lebih simple karena kita akan mematikannya lewat system tray, berikut caranya :

1. Klik kanan pada ikon Smadav yang ada pada system tray kemudian pilih Nonaktifkan Proteksi (Sampai Restart).

2 Cara Mematikan Layanan Antivirus Smadav di Komputer

2. Jika ikon yang tadinya hijau berubah menjadi orange, maka itu artinya proteksi Smadav telah mati dan akan aktif kembali setelah komputer di restart.

2 Cara Mematikan Layanan Antivirus Smadav di Komputer

3. Mudah bangetkan caranya, tentu semua bisa melakukannya.

Cara Mematikan Smadav di Task Manager

mematikan antivirus smadav

Supaya dapat mematikan smadav di laptop pc lewat task manager, perlu melakukan beberapa langkah berikut.

  1. Buka task manage dengan mencari “Task Manager” di pencarian windows.
  2. Lalu klik saja toolsnya.
  3. Maka akan muncul daftar aplikasi yang sedang berjalan, cari smadav.
  4. Selanjutnya klik end task.

Demikian cara mematikan antivirus Smadav yang ada di komputer kita. Dengan menonaktifkan proteksi Smadav bisa menjadi solusi aplikasi yang diblokir olehnya. Jika ada yang masih tidak dimengerti dari tutorial kali ini silahkan bertanya di komentar.


Danang Febriyandra Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *