Cara Mematikan Getar Keyboard Android

By Adi Catur Pamungkas -

Android merupakan sesuatu yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sekarang ini pengguna android semakin banyak, berbeda dengan dulu yang mana orang-orang yang menggunakan android hanya orang-orang dari kalangan menengah ke atas. Tapi sekarang android sudah bisa dipakai oleh masyarakat menengah ke bawah.

Hal ini karena sekarang banyak sekali pabrik China yang membuat ponsel android dengan harga yang murah dan membuat banyak orang yang langsung membelinya. Dengan uang ratusan ribu saja, kita sudah bisa membeli sebuah smartphone cerdas ini dengan fitur yang lengkap.

Pada saat kita pertama kali membeli sebuah ponsel android pastinya tampilan dan pengaturan dari smartphone android tersebut masih default dan bawaan dari pabrik. Untuk para pengguna android yang baru pastinya akan bingung dalam melakukan kostumisasi fitur dan pengaturan yang ada di android. Salah satunya adalah fitur getar saat mengetikan sesuatu di android dengan menggunakan keyboard.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial cara mematikan / menonaktifkan getar saat mengetik di keyboard android. Saat mengetikan sesuatu entah itu pesan atau chat, pastinya sebagian orang ada yang merasa tidak nyaman dengan getaran yang terjadi saat mereka mengetik.

Baca Juga : Cara Mengubah Keyboard QWERTY

Hal ini jug bisa menyebabkan beterai lebih cepat habis dan bisa juga menyebabkan salah ketik. Yang perlu kalian lakukan hanyalah mematikan mematikan / menonaktifkan fitur getar pada keyboard tersebut. Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana caranya.

 

Cara Mematikan Getaran saat Mengetik di Keyboard Android

Setiap merk pada sebuah ponsel android seperti Lenovo, Samsung, Sony Xperia, Motorola, LG, Asus Zenfone, Advan, Oppo, Evercross, Smartfreen, dan sebagainya pasti memiliki sebuah tampilan serta fitur-fitur yang berbeda-beda. Untuk mematikan getaran pada keyboard saat mengetik kalian bisa mencoba beberapa cara yang akan saya berikan berikut ini untuk mematikan getaran tersebut.

  • Tekan Settings > Language & Input > Keyboard Setting > kemudian silahkan kalian unceklist ( jangan centang) pada Vibrate on keypress.
  • Tekan Settings > Language & Input > Samsung keyboard > tekan pada icon roda gigi > jangan centang pada Advanced > Key tab vibration.
  • Tekan Settings > Language and Input > Android Keyboard kemudian silahkan kalian tap icon setting disamping tab ini, unceklist (jangan centang) pada Vibrate on keypress.
  • Tekan Settings > Languange and Keyboard > Touch Input / Text Input, unceklist (jangan centang) pada Vibrate on keypress.

Selain cara diatas, kamu juga bisa menggunakan beberapa cara berikut ini yang lebih spesifik ke merek hp yang mungkin kamu gunakan. Untuk lebih lengkpanya, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

1. Xiaomi

Xiaomi

Xiaomi merupakan sebuah brand smartphone asal tirai bambu atau Tiongkok yang sangat terkenal dengan smartphone dengan harga yang terjangkau. Mempunyai spesifikasi yang menarik, namun Xiaomi mampu menjual dengan harga yang terjangkau. Nah untuk menonaktifkan getaran keyboard pada hp Xiaomi, langsung saja simak langkah – langkahnya berikut ini.

  • Langkah pertama masuk ke menu Settings atau Setelan pada ponsel Xiaomi kamu.
  • Kemudian, silahkan pilih opsi Additional Settings atau Setelan Tambahan.
  • Setelah itu, kamu bisa pilih menu Language & Input atau Bahasa dan Masukan dan pilih Google Keyboard atau keyboard yang kamu gunakan.
  • Selanjutnya, masuk ke menu Preferences atau Preferensi.
  • Berikutnya, silahkan nonaktifkan pada bagian Vibrate on keypress atau Getar jika tombol ditekan.
  • Terakhir, kamu bisa mencobanya untuk menulis pesan atau semacamnya.

2. Oppo

Oppo

Oppo merupakan salah satu brand smartphone yang sangat terkenal apalagi dengan kamera yang disematkan pada hp – hp yang mereka produksi. Nah untuk kamu yang ingin mematikan getaran pada keyboard hp Oppo saat mengetik, langsung simak caranya berikut ini.

  • Langkah pertama masuk ke menu Settings atau Setelan pada ponsel Oppo kamu.
  • Kemudian, silahkan pilih opsi Suara & Getaran.
  • Berikutnya nonaktifkan pada bagian Sentuh Getar.
  • Terakhir, kamu bisa mencobanya untuk menulis pesan atau semacamnya.

3. Vivo

Vivo

Tidak kalah dengan hp sebelumnya, Vivo ini juga salah satu merek smartphone android yang mempunyai kamera cukup bagus, apalagi untuk kamera depannya. Nah untuk kamu yang ingin mematikan getaran pada keyboard hp Vivo saat mengetik, langsung simak caranya berikut ini

Baca Juga : Fungsi Tombol Keyboard

  • Langkah pertama, buka aplikasi chatting apa saja yang akan menampilkan keyboard.
  • Kemudian setelah keyboard muncul, klik ikon Pengaturan pada keyboard.
  • Berikutnya, nonaktifkan pada bagian Bergetar.
  • Terakhir, kamu bisa mencobanya untuk menulis pesan atau semacamnya.

4. Samsung

Samsung

Samsung adalah salah satu brand smartphone yang tentu saja sudah kita ketahui mempunyai build quality kokoh dan layar yang cakep namun dengan harga yang lumayan mahal. Nah untuk kamu yang ingin mematikan getaran pada keyboard hp Samsung saat mengetik, langsung simak caranya berikut ini

  • Langkah pertama masuk ke menu Settings atau Setelan pada ponsel Oppo kamu.
  • Kemudian, silahkan pilih opsi Sounds & Vibration.
  • Berikutnya, kamu bisa pilih menu System sound and vibration.
  • Selanjutnya pada bagian System Vibration, silahkan nonaktfikan pada bagian Keyboard vibration.
  • Terakhir, kamu bisa mencobanya untuk menulis pesan atau semacamnya.

5. Asus

Asus

Selain mengeluarkan hp android biasa, Asus juga mengeluarkan sebuah hp gaming dengan spesifikasi yang gahar dan juga performa yang tinggi. Nah untuk kamu yang ingin mematikan getaran pada keyboard hp Asus saat mengetik, langsung simak caranya berikut ini.

  • Langkah pertama masuk ke menu Settings atau Setelan pada ponsel Asus kamu.
  • Kemudian, silahkan kamu pilih menu Sound & notification.
  • Setelah itu, scroll ke bawah dan pilih Other sounds.
  • Selanjutnya, nonaktifkan pada bagian Vibrate on touch.

Kesimpulan

Untuk sebagian orang mematikan getaran pada keyboard di hp android merupakan salah satu hal yang cukup penting, karena bisa mempengaruhi kenyamanan setiap pengguna pada saat mengetik pesan maupun tulisan lainnya. Selain itu, dengan mematikan getaran pada keyboard bisa menghemat baterai ponsel kamu.

Tanya Jawab

Berikut ini telah kami rangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dan mungkin pertanyaan yang ingin kamu tanyakan juga.

Apa manfaat mematikan getaran keyboard?

Bisa menghemat baterai.

Apakah cara diatas bisa dilakukan ke hp dengan merek lainnya?

Tentu saja bisa, karena pada dasarnya pengaturannya sama hanya beberapa langkah yang berbeda saja.

Apakah aplikasi keyboard tambahan bisa dimatikan getarannya?

Tentu saja bisa, kamu hanya tinggal memilih keyboard yang kamu gunakan pada menu pengaturan.

Demikianlah tutorial singkat mengenai bagaimana cara mematikan / menonaktifkan getar saat mengetik di keyboard android. Menurut sebagian orang getar saat menekan keyboard mungkin sangat membantu, tapi sebagian orang yang lain mungkin juga terganggu dengan getaran saat menekan keyboard ini, kalian tipe orang yang mana?

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Cek Pulsa XL
Cara Cek Pulsa XL
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Transfer Pulsa Axis
Cara Transfer Pulsa Axis
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Transfer Pulsa Telkomsel
Cara Transfer Pulsa Telkomsel
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Transfer Pulsa XL
Cara Transfer Pulsa XL
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Scan Barcode
Cara Scan Barcode
Oleh Adi Catur Pamungkas
Aplikasi Pemutar Video Android
Aplikasi Pemutar Video Android
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *