Cara Melacak HP

By

cara melacak hp hilang

Smartphone merupakan salah satu benda yang paling dibutuhkan di masa sekarang ini. Dengan berbagai fungsi dan layanan yang dihadirkan, ia menjadi benda penting yang selalu dibutuhkan.

Oleh karena itu, jikalau terjadi sesuatu pada smartphone seperti hilang atau dicuri, itu bisa berakibat buruk. Apalagi sekarang HP seperti android juga sudah difungsikan sebagai tempat menyimpan data-data penting.

Bagaimana jika hal ini terjadi kepada kalian? Smartphone yang hilang baik itu karena dicuri ataupun jatuh memang bisa menjadi masalah yang serius.

Bukan hanya kerugian materi, kita juga harus khawatir akan data-data yang ada didalamnya. Jadi dalam kesemptatan kali ini, Mastekno akan membagikan sedikit tips buat kalian yang ingin melacak perangkat android hilang atau dicuri.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa digunakan sebagai usaha untuk menemukan kembali HP android yang hilang. Kalian bisa menggunakan email, imei atau juga GPS.

Namun dalam kesempatan kali ini Mastekno akan membahas yang menggunakan gmail. Hal ini karena smartphone jaman sekarang kebanyakan sudah dimasukan sebuah alamat gmail di dalamnya.

Untuk bisa menggunakan tips dan panduan di bawah ini, ada beberapa hal yang harus dipenuhi. Pertama pastikan kalian ingat user dan juga password gmail yang ada di HP hilang tersebut.

Baca Juga: Cara Melacak Nomer HP.

Fitur tracker yang ada di smartphone tersebut juga harus aktif, seharusnya sudah ON secara default. Serta dibutuhkan koneksi internet agar bisa mentrack posisi dari dari perangkat tersebut. Silahkan ikuti panduan cara melacak hp yang hilang berikut ini :

Cara Melacak HP yang Hilang

Ada beberapa cara melacak HP Android yang hilang. Cara pertama yang bisa coba Anda gunakan adalah menggunakan akun Google Gmail yang sudah aktif di HP yang hilang tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Login Akun Gmail

Pertama kalian harus login terlebih dahulu menggunakan akun Gmail yang sudah aktif di smartphone yang hilang. Saya akan login menggunakan PC, tapi kalian tetap bisa mempraktekannya menggunakan smartphone. Disarankan untuk menggunakan browser Google Chrome.

Masuk ke Gmail kemudian masukkan username gmail kalian kemudian klik Berikutnya.

cara mengetahui posisi smartphone hilang dan dicuri tanpa internet

Selanjutnya masukkan juga kata sandinya dan klik Berikutnya.

cara mengetahui posisi smartphone hilang dan dicuri tanpa internet

2. Klik Akun Saya

Setelah berhasil masuk, klik pada bagian akun di pojok kanan atas kemudian pilih Akun Saya.

cara mengetahui posisi smartphone hilang dan dicuri tanpa internet

3. Klik Find My Device

Pada bagian Login & Keamanan (Login & Security) geser ke bawah. Di kolom Temukan Perangkat Saya (Find My Device) klik tombol Mulai.

cara mengetahui posisi smartphone hilang dan dicuri tanpa internet

4. Klik Nama HP yang Hilang

Setelah itu, klik pada nama perangkat yang akan kalian cari. Seharusnya muncul jika sudah login di smartphone yang hilang.

cara mengetahui posisi smartphone hilang dan dicuri tanpa internet

Untuk keamanan, silahkan ketikan kembali password gmail dan klik Next.

cara mengetahui posisi smartphone hilang dan dicuri tanpa internet

5. Klik Deringkan / Temukan

Klik pada bagian Deringkan untuk membuat perangkat berbunyi. Hal ini hanya untuk kasus yang lupa di rumah misalnya. Namun klik Temukan untuk melacak posisi smartphone.

cara mengetahui posisi smartphone hilang dan dicuri tanpa internet

Ia akan langsung berusaha mentrack dan mencari posisi HP android kalian. Selain itu juga ada fitur lain untuk membuat smartphone berbunyi, mengunci ataupun menghapus datanya.

cara mengetahui posisi smartphone hilang dan dicuri tanpa internet

Silahkan pilih sesuai kebutuhan dan semoga masih berfungsi.

Menggunakan Aplikasi Find My Device

cara melacak hp dan iphone yang hilang 1

Aplikasi Find My Device sesuai dengan namanya memiliki fungsi untuk menemukan perangkat kita yang hilang. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang diluncurkan Google.

Kalian jika ingin menggunakannya bisa mendownload secara gratis di Google Play Store karena bisa di download secara gratis.

Cara Menggunakan Aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mendownload aplikasi Find My Device pada Google Play Store
  2. Setelah itu pastikan aplikasi sudah terpasang, langkah selanjutnya adalah buka aplikasinya
  3. Kemudian kita diharuskan untuk login, sebaiknya login dengan menggunakan akun google yang terpasang pada hp kita yang hilang
  4. Jika sudah login maka kita sudah dapat melacak lokasi dari hp kita yang hilang
  5. Aplikasi ini tidak hanya menawarkan untuk dapat melacak hp yang hilang, selain itu aplikasinya juga bisa digunakan untuk menghapus semua data yang ada di hp kita, menyembunyikan hp kita, serta bisa juga untuk mengunci hp kita.

Cara Melacak HP dengan GPS

Siapa yang tidak tahu tentang Google Maps ? Google Maps merupakan suatu aplikasi yang bisa digunakan untuk melacak lokasi apabila perangkat sedang tersambung ke dalam jaringan internet.

Pada umumnya semua hp atau iphone di dalamnya sudah terpasang aplikasi Google Maps sehingga cara ini tergolong direkomendasikan.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, berikut adalah caranya:

  1. Langkah yang pertama adalah kita harus menyiapkan perangkat yang pastinya sudah terhubung ke dalam jaringan internet
  2. Setelah itu kita kunjungi situs https://www.google.com/android/find atau bisa juga ke google.com/android/devicemanager
  3. Jika sudah hal yang harus kita lakukan adalah login / masuk dengan menggunakan akun Gmail yang terpasang ( sama ) dengan akun Gmail di hp kita yang hilang
  4. Jika semua langkah diatas sudah dilakukan, langkah selanjutnya yang harus kita lakukan menunggu hingga proses pencarian device selesai
  5. Jika proses sudah selesai maka otomatis letak atau posisi dari hp kita yang hilang akan terlacak
  6. Fitur lain yang bisa digunakan antara lain adalah hapus perangkat, putar suara, dan yang terakhir adalah amankan perangkat.

Hapus Perangkat adalah fitur yang memiliki kegunaan jika terjadi perangkat yang kita cari sudah tidak bisa untuk kita mencarinya. Putar Suara adalah fitur yang bisa kita gunakan untuk menyembunyikan perangkat selama 5 menit, dan hp kita dalam keadaan diam.

Amankan Perangkat adalah fitur yang bisa kita gunakan untuk mengamankan atau mengunci hp android yang kita punya serta dapat untuk keluar dari akun google milik kita.

Baca Juga: Cara Membuka Pola HP yang Lupa.

Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Bagi Anda yang menggunakan HP Samsung dan hilang, Anda bisa memakai tutorial berikut ini untuk melacak HP yang hilang tersebut. Langsung saja berikut adalah langkah-lalngkahnya:

  1. Pertama – tama silahkan masuk ke situs web: samsung.com
  2. Selanjutnya login menggunakan akun Samsung kamu sesuai dengan akun yang terpasang di handphone yang hilang.
  3. Setelah itu, situs Find My Mobile akan mulai mencari keberadaan handphone kamu, tunggulah hingga proses selesai
  4. Apabila proses pencarian sudah selesai, maka akan ditampilkan posisi handphone kamu pada peta untuk bisa mencarinya dengan mudah
  5. Selain mendapatkan posisi handphone kamu, kamu juga bisa melakukan hal – hal seperti membunyikan speaker handphone, mengunci handphone agar tidak dapat digunakan orang lain dan menghapus seluruh data pada handphone

Catatan : Perlu kamu ingat bahwa cara diatas hanya bisa dilakukan jika kamu sebelumnya sudah mengaktifkan fitur Find My Mobile di handphone Samsung kamu.

Namun, jika kamu belum mengaktifkan fitur Find My Phone dan ingin handphone kamu bisa ditemukan dengan mudah jika hilang nanti, maka caranya seperti berikut ini.

  1. Langkah yang pertama, silahkan kamu buka menu penyetelan ponsel
  2. Kemudian masuk ke menu bagian Security lalu pilih Find My Mobile
  3. Setelah itu, login ke akun Samsung kamu di layar login yang ditampilkan
  4. Terakhir, jangan lupa pastikan fitur Remote controlsdan Google location service dalam keadaan aktif

Catatan : Fitur Find My Mobile hanya bisa berfungsi ketika handphone kamu dalam keadaan aktif dan memiliki koneksi ke internet. Jadi apabila handphone kamu yang hilang dalam kondisi tidak aktif atau tidak memiliki koneksi ke internet, maka handphone tidak akan bisa mengirimkan dan menerima data ke server Samsung.

Cara Melacak HP iPhone yang Hilang

Cara melacak iPhone yang hilang bisa dengan menggunakan dua cara yaitu bisa dengan GPS serta bisa menggunakan aplikasi Find My iPhone berikut akan saya jelaskan satu persatu, caranya adalah sebagai berikut:

Menggunakan GPS

Cara ini bisa digunakan untuk melacak iPhone kita yang hilang. Caranya adalah dengan kita memanfaatkan sebuah situs web. Berikut adalah caranya:

  1. Siapkan browser terlebih dahulu
  2. Setelah itu kunjungi situs https://www.icloud.com/find
  3. jika sudah kita harus login dengan menggunakan Apple ID yang terpasang ke dalam iPhone yang hilang
  4. jika sudah login langkah selanjutnya yang harus kita lakukan menunggu proses pelacakan
  5. jika proses pelacakan sudah selesai, maka lokasi iPhone akan terdeteksi

Fitur lain yang bisa kita gunakan adalah Lost Mode, Erase Iphone, dan juga Play Sound.

Menggunakan Find My iPhone

cara melacak hp dan iphone yang hilang 3

Aplikasi ini berbeda dengan aplikasi yang lainnya, untuk dapat menggunakan aplikasi Find My iPhone sebelumnya kita harus mengaktifkan aplikasi dan mengaktifkan GPS di iPhone sebelum terjadi kehilangan.

Cara mengaktifkannya pun mudah, yaitu dengan cara masuk ke menu Settings, kemudian Privacy, setelah itu pilih dan klik Location Services.

Setelah itu kita geser dari posisi off atau tidak aktif ke on atau aktif. Setelah itu kita juga harus memastikan apakah aplikasi Find My Iphone sudah terpasang dan apakah sudah diizinkan oleh GPS jika belum, maka harus di sesuaikan terlebih dahulu.

Nah setelah semua beres, berikut saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan aplikasinya, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Bukalah aplikasi Find My Phone
  2. Setelah itu kita harus login dengan menggunakan email yang terpasang ( sama ) dengan iPhone kita yang hilang
  3. Setelah itu klik perangkatnya supaya lokasi iPhone bisa terlacak
  4. Jika proses pelacakan berhasil maka lokasi nya akan muncul di Maps

Selain untuk dapat menemukan iPhone yang hilang fitur lainnya adalah menampilkan pesan khusus tertentu, menyembunyikan iPhone kita, serta mengunci iPhone kita.

Pesan Khusus artinya adalah jika iPhone kita sudah ketemu dan ternyata berada di orang lain, kita dapat mengirim pesan ke pencuri tersebut.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, jika HP Android Anda hilang tidak perlu terlalu khawatir karena masih bisa ditemukan dengan syarat dan ketentuan tertentu. Anda bisa menggunakan cara yang paling sesuai dengan kondisi Anda, seperti yang sudah saya jelaskan tutorialnya di atas tadi.

FAQ

Kami merangkum beberapa pertanyaan yang sering di tanyakan pengguna hp yang kehilangan ponselnya.

HP Apa saja yang bisa dilacak?

Bisa untuk melacak hp xiaomi, asus, samsung, oppo, vivo yang hilang, juga dengan merk hp lainya.

Apakah lokasinya akurat?

Jika lokasinya menentukan titik yang selalu bergerak, kemungkinan akurat.

Setelah menemukan apa yang perlu di lakukan?

Mengunjungi lokasi tersebut dan memastikan untuk melacaknya terus.

Demikian tutorial dan cara melacak lokasi HP android yang hilang dengan menggunakan Gmail. Tips diatas bisa kalian gunakan untuk mencari serta menemukan smartphone yang dicuri ataupun terjatuh.

Jika beruntung, kalian bisa kembali mendapatkan HP kesayagan kalian kembali. Jika masih ada yang belum dimengerti, silahkan bertanya di komentar.


Danang Febriyandra Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *