Cara Mengamankan WiFi

By Adi Catur Pamungkas-

Untuk kamu yang memasang wifi dan sering terjadi pembobolan oleh orang tidak bertanggung jawab, tentunya hal tersebut sangatlah mengganggu.

Apabila orang tidak bertanggung jawab tersebut menggunakan wifi kita dengan kecepatan tinggi maka akan sangat berefek untuk para pengguna wifi lainnya yaitu menjadi lemot.

Pada umumnya wifi tersebut sudah diamankan menggunakan password. Namun, walaupun diamankan dengan password ternyata masih saja terdapat orang-orang yang bisa membobol wifi tersebut.

Untuk mengetahui password wifi tersebut, biasanya orang tersebut hanya menggunakan perangkat android dan aplikasi tertentu saja.

Cara Mengamankan WiFi agar Tidak Di Bobol

Namun jika kamu sudah menggunakan password yang unik dan masih saja dapat dibobol, kamu dapat mencoba menggunakan Mac Address untuk mengamankan wifi yang kamu miliki.

Mac Address adalah sebuah kode unik yang terdapat pada sebuah hard ware atau juga dapat disebut dengan “Nama” dari sebuah hardware.

Perlu kamu ketahui bahwa setiap device atau hardware tentunya memiliki Mac Address yang berbeda-beda.

Maka dari itu kita dapat menggunakan Mac Address tersebut untuk mengamankan wifi yang kita miliki supaya tidak mudah untuk dibobol.

Kita dapat memasukkan Mac Address perangkat tertentu ke dalam pengaturan modem.

Dengan begitu, orang yang pernah membobol wifi kita tidak bisa lagi mengakses wifi kita karena kita tidak memasukkan Mac Address orang tersebut pada modem yang kita miliki.

Baca Juga: Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Konek Wifi.

Misalnya laptop yang kita gunakan memiliki Mac Address 0A:09:0D:0C:06 dan kita masukkan ke pengaturan modem, maka selain laptop kita tidak tidak dapat mengakses wifi yang kita miliki.

Cara Mengatur Mac Address Pada Modem Router Wifi

Pada artikel kali ini mastekno akan mengatur Mac Address pada modem IndiHome Telkom.

Perlu kamu ketahui bahwa setiap modem memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Maka dari itu kamu dapat menyesuaikan dengan modem yang kamu gunakan.

Pada intinya pengaturan ini akan membatasi pengguna dengan Mac Address. Pastikan Mac Address yang kamu masukkan itu benar.

Dengan begitu selain Mac Address yang diijinkan tidak dapat mengakses wifi lagi walaupun memasukkan password yang benar.

1. Masuk Pengaturan Modem

Berikutnya masuk ke pengaturan modem dengan cara mengetik kan Ip Address 192.168.1.1 (IP Default) atau mungkin IP lainnya yang terdapat pada modem pada browser.

Namun, jika kamu tidak mengetahui IP modem kamu, kamu dapat menanyakan pada teknisi Telkom IndiHome.

Baca Juga: Cara Cek MAC Address.

2. Tambahkan MAC Address

Jika kamu sudah berhasil login atau masuk ke pengaturan modem, silahkan kamu masuk menu Security > Firewall > lalu aktifkan Mac Filtering dengan cara klik Enable > Kemuadian tambahkan Mac Address yang telah kita tentukan untuk mengakses wifi dengan cara klik klik Add.

Terakhir silahkan kamu klik Apply dan restart modem kamu agar lebih sempurna.

cara melindungi wifi agar tidak mudah dibobol

Kesimpulan

Cara yang satu ini dapat dibilang berhasil 100%. Meskipun orang lain telah mengetahui password wifi yang kita miliki, mereka tidak bisa menggunakan wifi kita. Karena wifi kita telah terlindungi dengan adanya filter Mac Address.

Jadi itulah artikel dari mastekno mengenai cara mengamankan wifi indihome dirumah. Sekian dari mastekno semoga dapat bermanfaat.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Membersihkan Drive C Penuh
Cara Membersihkan Drive C Penuh
Oleh Hanif Pramono
Cara Menghubungkan Laptop ke TV
Cara Menghubungkan Laptop ke TV
Oleh Shinta Marist
Cara Mematikan Cortana
Cara Mematikan Cortana
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Mempercepat Download Chrome
Cara Mempercepat Download Chrome
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Membuat Folder Baru di Laptop
Cara Membuat Folder Baru di Laptop
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Mematikan Windows Defender
Cara Mematikan Windows Defender
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *