5 Cara Cetak Kartu NISN Online 2020: + Aplikasi Cetak NISN

By


Pada kesempatan kali ini kamu akan membagikan cara-cara yang dapat kamu gunakan dalam mencetak NISN secara Online dan juga aplikasi excel yang nantinya dapat digunakan untuk mencetak kartu NISN dengan edisi yang terbaru yakni tahun 2019/2020.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencetak kartu NISN akan tetapi hal yang paling mudah untuk dilakukan dalam mencetak NISN adalah secara Online yakni dengan memasuki situs resmi milik kemdikbud dengan alamat web http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.

 

Cara Cetak NISN Online

Dan bagi kalian yang ingin menggunakan cara cetak nisn yang satu ini, maka kamu dapat mengikuti langkah-langkah yang berikut ini.

1. Langkah yang pertama yang harus dilakukan adalah dengan klik link http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data. Dan setelah itu masukkanlah 10 digit NISN yang kamu miliki dan juga nama orang tua pada form yang telah disediakan.

Apabila kamu sudah mengisi form yang tersedia tersebut, kamu dapat langsung mengeklik tombol “Cari” seperti yang tertera pada gambar yang ada di bawah ini.

kemdikbud

 

2. Nah, jika kamu memasukkan NISN dan juga nama ibu kandung dengan benar atau valid, dengan keterangan tercatat di verval.

Langkah yang selanjutnya adalah tinggal tugas dari operator dari pihak sekolah untuk mencetak data NISN tersebut. Cara tersebut sangatlah mudah, karena kamu hanya perlu menekan tombol CTRL + P, dan setelah muncul halaman cetak dokumen kamu dapat menekan tombol print.

noinduk

print

Baca Juga: Cara Cek NISN.

 

Cetak Kartu NISN Secara Offline

Adapun aplikasi yang dapat digunakan untuk mencetak kartu NISN versi yang terbaru pada tahun 2019, kamu bisa mendapatkannya melalui tautan yang telah kami sediakan di bawah ini.

Download: KLIK DISINI.

Aplikasi mencetak kartu NISN yang tersedia di atas telah baik version hingga yang terbaru, sehingga kamu tidak perlu khawatir kartu tersebut telah expired.

Aplikasi yang telah kami bagikan tersebut dapat digunakan untuk mencetak kartu Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) mulai dari siswa yang masih SD, SMP, SMA, Bahkan hingga ke siswa SMK secara offline.

Lalu bagai mana cara untuk kartu NISN? Seperti yang sudah kita ketahui sendiri bahwa NISN merupakan sebuah identitas dari seorang siswa yang akan selalu berlaku atau bersifat nasional.

Nomor induk ini akan didapatkan oleh siswa pada saat masih di Sekolah Dasar (SD) dan kemudian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN ) tersebut akan tetap berlaku hingga siswa tersebut selesai menempuh pendidikan. NISN merupakan salah satu data yang sangat penting bagi para siswa. NISN juga sering digunakan untuk mengisi atau melengkapi identitas dari siswa tersebut pada saat akan mengikuti suatu kegiatan. Adapun fungsi dari NISN yang telah divalidasi sebagai berikut.

  • NISN merupakan salah satu persyaratan yang diperlukan oleh para siswa pada saat akan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi yang digunakan sebagai sebuah pendataan pada data dapodik sekolah.
  • Sebagai sebuah identitas pada rapor.
  • Sebagai sebuah identitas pada kartu pelajar.
  • Sebagai sebuah identitas pada kartu ujian.
  • Sebagai sebuah identitas pada buku induk.
  • Digunakan untuk keterangan siswa.
  • Sebagai sebuah data siswa pada suatu piagam ataupun penghargaan tertentu.
  • Sebagai sebuah identitas pada ijazah dan juga SKHU.

Tak jarang juga terjadi sebuah kekeliruan pada saat melakukan pengecekan nomor NISN. Terkadang antara identitas siswa dengan nomor induk siswa tidak terjadi kecocokan, contohnya adalah nomor induk siswa yang di inputkan di dalam aman cek NISN malah memunculkan identitas dari siswa lain.

Permasalahan tersebut tak jarang terjadi pada operator sekolah yang akan sinkronisasi data dapodik sekolah, kesalahan yang mungkin saja terjadi adalah kurangnya jumlah digit dalam nomor induk ataupun kesalahan dalam melakukan penulisan angka pada 10 digit NISN.

Baca Juga : Cara Daftar SBMPTN.

Dan cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara memastikan terlebih dahulu bahwa nomor yang di inputkan tersebut benar atau telah valid sebelum melakukan proses pencetakan agar nanti di suatu saat pada saat diperlukan akan menjadi lebih cepat dalam melengkapi data dan kemudian tidak perlu lagi menanyakan hal tersebut kepada operator sekolah hanya untuk memastikan apakah nomor NISN tersebut valid atau tidak.

 

Cara Cetak Kartu NISN Gratis

Adapun aplikasi yang dapat digunakan untuk mencetak kartu NISN dan dengan menggunakan aplikasi ini kamu juga akan mempermudah dan juga akan mengurangi permasalahan yang biasanya terjadi dalam melakukan proses pencetakan kartu NISN. Jangan lupa untuk download Aplikasi Cetak Kartu NISN Gratis (link).

Berikut adalah langkah langkah dalam menggunakan aplikasi yang telah kamu download pada link yang telah kami berikan di atas.

1. Langkah yang pertama adalah tentunya mendownload Aplikasi Cetak Kartu NISN Gratis (link). Aplikasi tersebut setelah di download akan menghasilkan sebuah file dengan format RAR. Jadi dengan demikian file tersebut haruslah di extract terlebih dahulu, caranya adalah dengan klik kanan dan kemudian pilih Extract here.

kartu nisn secara offline ekstrak

2. Lalu jika sudah berhasil di extract, langsung saja klik aplikasi tersebut sebanyak dua kali. Setelah kamu masuk ke dalam aplikasi, maka kamu akan untuk melakukan login terlebih dahulu. Kamu dapat memasukan user di dengan gurusd.net dan passwordnya adalah gurusd, jika sudah kamu dapat langsung klik login.

ksrtu nisn offline login

3. Langkah selanjutnya setelah kamu berhasil login adalah kamu akan memasuki halaman beranda dan kemudian kamu dapat klik tombol “Input data NISN” dan kemudian dilanjutkan dengan mengisi semua form yang telah tersedia di dalam halaman tersebut. Jika kamu sudah mengisi semua formnya, kamu dapat langsung menekan atau klik tombol OK.

kartu nisn offline data diri

4. Langkah yang terakhir adalah klik tombol “Kartu NISN” untuk mencetak kartu. Kamu dapat memilih peserta didik yang akan di cetak dengan cara menak tombol naik dan juga turun. Jika kamu sudah menemukan nama siswa uang akan di cetak kamu dapat menekan tombol dengan ikon “Printer” sehingga akan menghasilkan kartu NISN seperti yang di bawah ini.

kartu nisn offline print

 

Jadi itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mencetak kartu NISN baik secara Online maupun offline. semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan juga mempermudah pekerjaan kamu.


Hasif Priyambudi Mahasiswa Teknik Informatika di Yogyakarta, lebih suka dunia komputer, pemrograman dan aplikasi android.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *