Cara Cek Tarif Gojek

By Adi Catur Pamungkas -

Gojek adalah aplikasi layanan transportasi yang sekarang ini banyak digunakan. Dengan adanya gojek kita bisa bepergian kemanapun dengan mudah, asalkan di situ tersedia atau ada drive gojeknya.

Kita hanya perlu memesan gojek di rumah, kemudian driver gojek akan menjemput kita dan mengantar kita sampai ke tujuan. Jadi kita tidak perlu mencari pangkalan ojek atau pergi jauh ke pinggir jalan ketika mau bepergian.

Sedangkan untuk tarifnya sendiri cukup sebanding dengan apa yang kita dapat. Tarif dari gojek ini berbeda-beda tergantung dari jarak yang akan kita tuju. Nah berikut ini adalah cara cek tarif gojek yang kita tumpangi.

Baca juga: Cara Menggunakan Gojek.

Cara Mengecek Tarif Gojek

Seperti yang sudah dikatakan tadi, bahwa konsen utama para penumpang Gojek tarifnya. Mereka ingin mengetahui terlebih dahulu berapa ongkos ojek yang harus mereka bayarkan dari lokasi penjemputan hingga tempat tujuan.

Dengan mengetahui berapa tarif Gojek yang akan dibayarkan mereka. Maka para penumpang dapat memutuskan apakah dia ingin menggunakan Gojek atau mode transportasi lainnya.

Daripada kamu bingung dan pusing menghafalkan tarif Gojek yang sedang diberlakukan dan sering mengalami perubahan.

Maka dari itu mastekno akan memberikan artikel mengenai cara mengecek atau mengetahui tarif Gojek yang harus kamu bayar ketika kamu menggunakan layanan ojek online yaitu Gojek.

1. Buka Aplikasi Gojek

Sebenarnya melihat ongkos Gojek sangatlah mudah, yaitu hanya dengan membuat sedikit simulasi saja menggunakan aplikasi Gojek. Jadi silahkan buka aplikasi Gojek di HP kalian.

2. Tentukan Tujuan

ara mengecek atau mengetahui tarif gojek

Kemudian tentukan tujuan atau tempat yang ingin kalian tuju. Jika kamu memperhatikan aplikasi Gojek, maka di sana akan terlihat berapa tarif yang harus kamu bayar mulai dari tempat A menuju tempat B.

Pada simulasi ini kamu dapat memasukkan alamat kamu pada bagian Pickup Location, dan alamat tujuan pada bagian Destination.

3. Tarif Akan Muncul

Isilah kedua kolom tersebut dengan jelas dan sesuai dengan peta yang terekam pada aplikasi Gojek. Setelah kamu mengisi alamat tersebut maka kamu dapat melihat berapa tarif Gojek yang harus kamu bayar.

4 Selesai, Tinggal Berangkat

Jika harganya dirasa sesuai dengan budget kamu, maka kamu dapat melanjutkan proses order tersebut. Dengan begitu kalian bisa mengira-ngira uang yang dibutuhkan untuk sampai di tujuan.

Karena biasanya setiap kota memiliki tarif Gojek yang berbeda sesuai dengan tarif yang diberlakukan.

Cek Tarif Gojek Tanpa Aplikasi

ara mengecek atau mengetahui tarif gojek

Selain menggunakan simulasi pada aplikasi gojek, kalian juga bisa memperkirakan tarif gojek tanpa aplikasi. Karena memang sedikit rumit dengan adanya rush hour Gojek yang tarifnya berbeda pada jam tertentu.

Contohnya di wilayah Jabodetabek yang tarif minimumnya sudah ditetapkan, yaitu Rp7000. Kementerian menyatakan tentang besar tarif ojek online ditetapkan berdasarkan wilayah.

Ada dua hal yang diperhatikan dalam perhitungan, yaitu biaya langsung dan biaya tidak langsung. Tarif di atas tadi merupakan harga jasa yang sudah dipotong ongkos secara tidak langsung, yang berupa harga sewa untuk pengguna aplikasi.

Biaya ini merupakan biaya jasa untuk aplikator maksimalnya 20% dan 80% untuk pengemudi. Kementerian perhubungan menetapkan jasa minimal yang dibebankan ke penumpang untuk jarak tempuh paling jauh adalah 4KM.

Sedangkan biaya minimal untuk setiap zona berbeda-beda. Untuk Zona 1 adalah Rp7000-Rp10.000, Zona 2 adalah Rp8000-Rp10000, Zona 3 adalah Rp7000-Rp10000.

Itu merupakan biaya langsung saja, sedangkan besaran biaya tarif dibagi jadi 3 zona yaitu:

TarifZonasi I (Sumatera, Jawa non Jabodetabek, Bali)Zonasi II (Jabodetabek)
Zonasi III (Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, dan lainnya)
Nett per Kilometer

Tarif Batas Bawah

Rp 1.850Rp 2.000
Rp 2.100

Tarif Batas Atas

Rp 2.300Rp 2.500
Rp 2.600

Note: Tarif bisa berubah sewaktu-waktu, Order gojek di jam 23.00 – 05.00 WIB akan dikenakan tarif tambahan Rp3000.

Jika ada kenaikan tarif gojek biasanya akan diposting langsung lewat media sosial resmi gojek seperti instagram, twitter, dan media resmi lainnya.

Kesimpulan

Dengan adanya gojek, kita semakin dipermudah dalam bepergian dan tidak perlu capek untuk mencari pangkalan ojek. Kita tinggal buka Hp dan pesan ojek secara online lewat HP dengan menggunakan aplikasi gojek.

Nah itulah artikel dari mastekno mengenai Cara mengecek tarif gojek dengan mudah dan akurat. Semoga dapat perang bermanfaat.

Terutama bagi kamu yang masih bingung mengenai berapa tarif Gojek yang sedang berlaku dan yang harus kamu bayar nantinya. Sekian dari mastekno, selamat mencoba.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Mengatasi Penggunaan Data Penuh
Cara Mengatasi Penggunaan Data Penuh
Oleh Hanif Pramono
Cara Membuka Aplikasi Android Terkunci
Cara Membuka Aplikasi Android Terkunci
Oleh Hanif Pramono
Cara Menghapus Aplikasi Android
Cara Menghapus Aplikasi Android
Oleh Hanif Pramono
Cara Mengatasi Touchscreen HP Error
Cara Mengatasi Touchscreen HP Error
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Menstabilkan Sinyal 4G
Cara Menstabilkan Sinyal 4G
Oleh Adi Catur Pamungkas
Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop
Cara Menampilkan Layar HP ke Laptop
Oleh Danang Febriyandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *