Cara Membuat Stiker WhatsApp

By Adi Catur Pamungkas -

Tak ingin kalah dengan pesaingnya, pada tanggal 5 November 2018 lalu, WhatsApp akhirnya resmi merilis fitur baru yaitu fitur stiker ke dalam WhatsApp.

Selain itu, dengan fitur tersebut kita juga dapat membuat stiker menggunakan foto sendiri. Terdapat beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mrmbuat stiker WhatsApp sesuai dengan keinginan kamu.

Dengan adanya fitur stiker pada WhatsApp ini, maka chatting menggunakan WhatsApp akan lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Tapi sayangnya stiker yang tersedia di aplikasi WhatsApp masih sangat sedikit, sehingga kita akan mudah bosan karena menggunakan stiker – stiker yang itu – itu saja.

Namun jangan khawatir, karena kamu dapat mencoba memakai cara membuat stiker whatsapp dengan foto sendiri.

Cara membuatnya juga sangatlah mudah. Terdapat beberapa langkah yang dapat kamu gunakan untuk membuat stiker sesuai dengan keinginan kamu.

Sebenarnya kedua cara membut stiker wa tersebut hampir sama, namun hanya aplikasi pendukungnya saja yang berbeda.

Cara Membuat Stiker Whatsapp dengan Foto Sendiri

Ada beberapa proses yang perlu dilakukan untuk dapat membuat stiker whatsapp dari foto sendiri atau foto orang lain, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Menggunakan Stickers for WhatsApp

Cara yang pertama untuk membuat stiker WhatsApp yaitu dengan menggunakan aplikasi Personal Stickers for WhatsApp.

Selain itu kita juga membutuhkan aplikasi Background Eraser yang nantinya kita gunakan untuk menghapus background dari foto yang ingin kita jadikan stiker.

Terdapat satu aplikasi yaitu PicsArt yang dapat kamu gunakan jika ingin menambahkan teks pada stiker yang kamu buat.

Sebelum kita masuk ke tutorial, silahkan kamu siapkan terlebih dahulu aplikasi – aplikasi yang kita butuhkan untuk membuat stiker WhatsApp. Jika kamu belum memilikinya, kamu dapat mengunduh dan menginstallnya di Play Store.

Selain itu, kita juga harus menyiapkan minimal 3 gambar untuk dijadikan satu paket stiker. Jika semuanya sudah siap, langsung kita ke tutorialnya berikut ini.

1. Pertama, buka aplikasi Background Eraser kemudian buka foto yang telah kamu siapkan sebelumnya dengan menekan tombol Load a Photo.

2. Hapuslah background dari foto tersebut dengan menggunakan opsi Magic atau Manual. Caranya yaitu kamu hanya perlu usapkan jari ke bagian yang ingin kamu hapus.

2 cara membuat stiker whatsapp menggunakan foto sendiri

3. Jika penghapusan background foto telah selsai, klik Done dan Save gambar tersebut.

4. Jika kamu ingin menambahkan teks atau kata – kata. Kamu dapat buka aplikasi PicsArt.

5. Kemudian klik ikon + lalu pilihlah foto yang telah kamu hapus backgroundnya tadi.

6. Selanjutnya pilih opsi teks kemudian tuliskan kata – kata yang kamu inginkan.

7. Setelah selsai memasukkan teks, silahkan kamu Simpan atau Save foto tersebut.

Ualngi langkah – langkah diatas hingga kamu minimal memiliki 3 foto atau lebih yang sudah siap untuk dijadikan stiker WhatsApp.

Setelah kamu memiliki 3 foto atau lebih. Langkah berikutnya buka aplikasi Personal Stickers for WhatsApp. Pada aplikais tersebut, maka kita dapat melihat foto – foto yang telah kita edit sebelumnya. Langkah selanjutnya klik opsi Add untuk menambahkan foto tesebut ke stiker WhatsApp.

Terkahir buka aplikasi WhatsApp kamu dan lihatlah pada bagian stiker. Jika berhasil, maka stiker yang telah kamu buat tadia akan muncul pada aplikasi WhatsApp.

2. Menggunakan Sticker Maker

Jika cara yang pertama kita membutuhkan aplikasi Background Eraser untuk menghapus background foto yang ingin kita jadikan stiker.

Maka cara yang kedua ini kita tidak membuthkan aplikasi tambahakan untuk menghapus background foto yang ingin kita jadikan stiker.

Karena pada aplikasi ini sudah tersedia fitur untuk menghapus background atau latar belakang foto.

1. Pertama download dan install aplikasi Sticker Maker via Google Play Store kemudian buka aplikasinya.

2. Selanjutnya klik Create a new stickerpack. Beri nama stikerpack dan nama author.

2 cara membuat stiker whatsapp menggunakan foto sendiri

3. Maka nantinya akan muncul menu dengan nama yang telah kita berikan tadi. Silahkan kamu klik menu tersebut untuk mulai membuat stiker.

4. Nantinya akan muncul dua pilihan pengambilan foto, yaitu baik dari kamera atau foto dari galeri kamu. Jika kamu ingin menggunakan foto yang sudah ada, maka pilih Galeri.

2 cara membuat stiker whatsapp menggunakan foto sendiri

5. Setelah kamu memilih foto yang ingin kamu jadikan stiker, selanjutnya silahkan kamu hapus background dari foto tersebut. Caranya yaitu usapkan dua jari kamu pada bagian yang ingin kamu hapus. Jika semuanya sudah, klik tombol Yes, Save My Sticker.

6. Silahkan kamu ulangi cara diatas hingga minimal kamu membuat tiga stiker. Jika sudah, maka kamu dapat klik tombol Publish Sticker Pack. Maka akan muncul popup notifikasi, pilihlah Yes Publish. Terakir klik Add.

2 cara membuat stiker whatsapp menggunakan foto sendiri

7. Untuk mengetesnya, buka aplikasi WhatsApp kemudian lihat pada bagian stiker. Jika stiker yang kamu buat berhasil, maka secara otomatis stiker yang kamu buat sebelumnya akan muncul di aplikasi WhatsApp yang kamu gunakan.

Cara Membuat Stiker WhatsApp

Ada beberapa langkah yang perlu kalian lakukan untuk membuat stiker whatsapp dengan foto kalian sendiri, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Download Aplikasi Background Eraser

cara membuat stiker whatsapp dengan foto sendiri termudah 1

Pertama-tama silahkan kalian download terlebih dahulu aplikasi yang bernama Background Eraser.

Apliikasi ini nantinya akan digunakan untuk menghapus background dari foto yang ingin kalian jadikan sebagai stiker. Kalian bisa mendownload aplikasi ini di Google Play Store, atau kalian juga bisa mendownloadnya.

2. Download Personal Sticker for WhatsApp

cara membuat stiker whatsapp dengan foto sendiri termudah 2

Yang kedua kalian juga harus mendownload dan menginstall aplikasi Personal Sticker for WhatsApp untuk dapat membut stiker whatsapp di hp android.

Kalian bisa download aplikasi Personal Sticker ini di Google Play Store dan Appstore, atau kalian juga bisa mendownload aplikasi Personal Sticker ini.

3. Pilih Foto untuk Stiker

Selanjutnya silahkan kalian pilih foto yang ingin kalian gunakan untuk dijadikan sebagai stiker di WhatsApp kalian.

Disini kalian bisa memilih mau menggunakan foto apapun baik itu foto objek tertentu atau kalian juga bisa menggunakan foto selfie kalian atau orang tertentu. Silahkan pilih foto yang menurut kalian bagus untuk dijadika stiker di WhatsApp.

4. Ubah Background Foto jadi Transparant

Setelah kalian menentukan foto yang akan dijadikan stiker di WhatsApp, selanjutnya silahkan kalian buat background dari foto tersebut menjadi transparent.

Untuk membuat background foto menjadi transparent kalian bisa menggunakan aplikasi Background Eraser yang sebelumnya sudah kalian download dan install. Kalian juga bisa menggunakan aplikasi lain yang memiliki fungsi sama.

5. Buka Aplikasi

Setelah kalian membuat background foto menjadi transparan, silahkan buka aplikasi Personal Sticker for WhatsApp yang sudah kalian install. Maka secara otomatis hasil editan foto yang kalian buat tadi akan terdeteksi secara otomatis.

Disini kalian harus memiliki minimal foto 3 buah supaya bisa digunakan sebagai sticker. Supaya lebih mudah, jadikan foto-foto tersebut kedalam satu file.

6. Tekan Tambahkan

Setelah kalian kalian memilih ketiga buah foto yang akan dijadikan stiker, silahkan tekan tombol add / tambahkan maka secara otomatis akan terdownload ke aplikasi WhatsApp kalian.

Setelah terdownload maka kalian bisa langsung coba menggunakan stiker dari foto yang sudah kalian buat tadi untuk berkirim pesan di WhatsApp.

Cara Membuat Stiker Whatsapp di PC

Selain memakai hp android bagi kalian pengguna komputer bisa mencoba langkah ini, berikut cara membuat stiker whatsapp di pc laptop dengan mudah.

1. Buka Aplikasi Photoshop

cara membuat stiker

Langkah pertama adalah buka aplikasi photoshop, lalu buka foto yang ingin kita buat sticker.

2. Aktifkan Mode Edit

aktifkan gembok

Untuk dapat mengeditnya, jika di pojok kanan bawah layer foto terdapat gambar gembok. Maka klik 2 kali pada gembok dan klik ok.

3. Pilih Polygonal Lasso

membuat sticker whatsapp di laptop pc

Pada menu tool urutan ketiga (lasso), klik kanan dan pilih polygonal lasso. Tujuanya untuk menyeleski objek dengan menghapus bakcground di photoshop.

4. Seleksi Foto

cara membuat stiker whatsapp di photoshop

Selanjutnya seleksi dengan tool tersebut, sambungkan ujung sampai ke ujung seperti gambar berikut.

5. Hapus Background

cara menghapus background whatsapp

Selanjutnya klik tombol dan tahan CTRI+SHIFT+I > klik backspace. Maka background akan terhapus.

6. Simpan Foto

Kemudian untuk dapat menyimpan foto klik File > Save for Web dan akan muncul tampilan selanjutnya.

7. Atur Format File

cara membuat stiker wa

Langkah terakhir untuk membuat bahan untuk stiker whatsapp adalah dengan klik PNG-24 > klik save > atur tempat penyimpanan.

8. Mengirim Stiker

cara membuat stiker di pc tanpa aplikasi

Supaya dapat menginstall stikernya di whatsapp perlu kita mengirimkan terlebih dahulu.

  • Daftar akun / Sign Up anda di website tersebut menggunakan email.
  • Klik link diatas lagi dan isikan form yang tersedia.
  • Semisal Judul Stiker, Media sosial anda, icon stiker, sampul stiker.

9. Upload Bahan Stiker

Selanjutnya tinggal upload bahan stiker yang sudah di edit, minimal untuk upload adalah 3 stiker. Kalian harus upload 3 stiker atau libeh, jika tidak maka tidak bisa. Kemudian klik Create Stiker Pack.

10. Stiker Siap Di Install

cara membuat stiker di pc laptop

Pada link yang ada tanda merah, itu bisa dibuka dan dibagikan supaya dapat di install di whatsapp.

Maka mudah kan? cara membuat stiker whatsapp di pc laptop, sebenarnya untuk menghapus background bisa tanpa aplikasi yaitu dengan edit foto online.

Bagi kalian yang merasa ukuran foto terlalu besar, maka bisa menyimak cara mengecilkan ukuran foto.

Cara Menggunakan Stiker Whatsapp

Namun, jika kamu sudah mengupdate aplikasi whatsapp dan kamu salah satu orang yang beruntung karena sudah berhasil mencoba fitur whatsapp sticker ini, tentu sangat menyenangkan bukan? Tapi emangnya kalian bisa menggunakan fitur tersebut?.

Baca Juga: Cara Memperbesar Resolusi Foto.

Nah, bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara menggunakannya, berikut ini telah saya tuliskan cara menggunakan sticker terbaru dari whatsapp dan bagaimana cara menambah kan sticker favorit kamu.

1. Langkah yang pertama silahkan kamu buka aplikasi whatsapp dan pilih salah satu orang yang akan kamu chat dengan mengirimkan stiker terbaru ini.

2. Selanjutnya pilih ikon emoji di kolom bawah keyboard kamu, setelah itu dibagian bawah akan tampil beberapa deretan ikon emoji yang siap dikirimkan.

begini cara menggunakan fitur terbaru whatsapp stiker 1

3. Deretan ikon emoji itu berisi ikon emoji orang tersenyum, GIF, dan stiker terbaru WhatsApp yang berada disebelah ikon GIF yang berbentuk seperti kotak dengan sedikit terlipat.

begini cara menggunakan fitur terbaru whatsapp stiker 2

4. Jika kamu sudah melihat ikon yang menyerupai kotak terlipat, maka silahkan klik ikon tersebut dan akan tampil beberapa stiker menarik terbaru dari WhatsApp.

begini cara menggunakan fitur terbaru whatsapp stiker 3

5. Kemudian, kamu tinggal memilih stiker mana yang akan kamu kirimkan. Dan untuk cara mengirimkannya pun sangat mudah, kamu hanya tinggal mengetuk stiker yang kamu pilih maka secara otomatis stiker pilihan kamu akan terkirim dengan sendirinya.

begini cara menggunakan fitur terbaru whatsapp stiker 4

Nah, melihat stok stiker terbaru Whatsapp yang masih sedikit, WhatsApp berjanji akan menambahkan berbagai stiker baru dari pihak ketiga nantinya.

Cara Menambah Koleksi Sticker Favorit

Dengan adanya fitur terbaru whatsapp sticker ini, para pengguna dapat menambah koleksi stiker nya dengan mengunduh beberapa stiker dari toko stiker. Bagaimana caranya?

1. Caranya silahkan klik tombol ikon tambah di sebelah pojok kanan sub-menu stiker, selanjutnya semua koleksi stiker yang kamu inginkan akan ditampilkan sesuai dengan kategori,  seperti ekspresi senang, jatuh cinta, sedih, maupun marah.

begini cara menggunakan fitur terbaru whatsapp stiker 5
begini cara menggunakan fitur terbaru whatsapp stiker 6

2. Kemudian, jika kamu sudah memilih beberapa stiker yang akan kamu favoritkan, maka kamu bisa langsung mengunduh stiker tersebut dan selanjutnya silahkan favoritkan dengan cara menekan dan tahan stiker lalu akan muncul seperti gambar di bawah ini, silahkan kamu pilih tambah.

begini cara menggunakan fitur terbaru whatsapp stiker 7 1

3. Dan jika kamu ingin melihat-lihat daftar stiker yang sudah kamu favoritkan, maka kamu hanya cukup mengetuk ikon bintang di pojok kiri lalu stiker yang kamu inginkan sudah tersedia semua disana.

begini cara menggunakan fitur terbaru whatsapp stiker 8

Kesimpulan

Dengan tutorial diatas sekarang kamu bisa membuat stiker whatsapp sesuai dengan keinginan kamu dan sekreatif kamu menggunakan berbagai macam foto termasuk foto kamu sendiri.

Jadi demikianlah artikel yang dapat mastekno berikan mengenai cara membuat stiker whatsapp foto sendiri. Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Adi Catur Pamungkas
Adi Catur Pamungkas
Mahasiswa teknik telekomunikasi di salah satu kampus di jawa tengah, sangat senang dengan hal berkaitan gadget mobile.

Artikel Terkait

Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Ketahuan
Cara Melihat Status WhatsApp Tanpa Ketahuan
Oleh Ayu Musfiroh
Cara Blokir Kontak WhatsApp
Cara Blokir Kontak WhatsApp
Oleh Shinta Marist
Cara Menghilangkan Centang Biru WhatsApp
Cara Menghilangkan Centang Biru WhatsApp
Oleh Ayu Musfiroh
Arti Centang Satu, Dua Abu-Abu, Dua Biru di WhatsApp
Arti Centang Satu, Dua Abu-Abu, Dua Biru di WhatsApp
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Copy Paste Pesan WhatsApp di Grup
Cara Copy Paste Pesan WhatsApp di Grup
Oleh Mochamad Alif Prayogo
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus
Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *