Cara Install Game PSP di HP Android

By Danang Febriyandra-

Sekarang ini kita bisa bermain game psp di hp android dengan bantuan emulator PPSSPP. Ini tentu akan lebih praktis daripada kita harus membeli console PSP itu sendiri.

Di tengah terjangan perkembangan dunia game, nampaknya game-game PSP tidak pernah lekang oleh waktu. Banyak game seru yang bisa kalian coba dan mainkan secara gratis di HP. Ingin tahu bagaimana caranya?

Saat ini memang tersedia emulator PPSSPP yang bisa dibilang sudah cukup stabil untuk memainkan banyak game PSP. Kita bisa mendapatkan baik emulator maupun rom game nya secara mudah dan gratis di internet.

Tapi ternyata masih banyak yang tidak tahu bagaimana cara untuk memainkan game PSP di android. Beberapa juga bingung karena ketika mencoba malah mengalami lag dan tidak lancar.

Namun jangan khawatir, dengan tips dari Mastekno berikut ini, semua masalah tersebut akan teratasi. Lalu apa syarat agar smartphone android kita bisa bermain game PSP?.

Cara Instal Game PSP di Android

Untuk spesifikasi mungkin RAM 1GB sudah lebih dari cukup. Dan untuk ruang penyimpanan tergantung dari game apa yang ingin kalian mainkan. Daripada makin penasaran, yuk langsung saja simak panduannya berikut ini :

1. Install PPSSPP

cara memasukkan dan bermain game psp di hp android

Pertama silakan download dan install emulator PPSSPP di playstore atau lewat situs resminya.

2. Download ISO Game

Setelah itu kalian bisa mencari ROM game yang ingin dimainkan melalui situs download gratis seperti www.freeroms.com, www.coolrom.com, www.emuparadise.me, www.portalroms.com dsb.

cara memasukkan dan bermain game psp di hp android

3. Ekstrak File

Biasanya ROM game yang kalian download tersebut akan berbentuk zip atau rar, kalian bisa menggunakan aplikasi.

4. Masukan Game

Jadi kalian harus mengekstraknya terlebih dahulu agar nantinya berformat .ISO atau .CSO, Cara memasukan game ke ppsspp sebagai berikut.

  • Buka PPSSPP
  • Klik Game lalu Klik icon +
  • Masukan folder dimana tempat game berada, lalu pilih file isonya untuk dimasukan.
cara bermain game psp di android

5. Mainkan Game

Setelah semuanya siap, silahkan buka aplikasi emulator PPSSPP nya, kemudian cari dimana kalian menyimpan ROM game tersebut dan klik.

cara memasukkan dan bermain game psp di hp android

Tunggu proses loadingnya hingga ia masuk ke dalam game sepenuhnya. Dan sekarang kalian bisa langsung memainkannya secara gratis.

6. Konfigurasi Game

Jika terjadi lag atau semacamnya, silahkan pergi ke setting yang ada di PPSSPP. Dan lakukan eksperimen terhadap pengaturan yang ada disana. Masing-masing HP memerlukan setting yang berbeda, jadi silahkan coba sendiri.

Cara Bermain Game PSP di HP Android

Kali ini saya akan menuntun kalian untuk mengikuti tutorial cara bermain game PSP di hp android dengan menggunakan emulator PPSSPP, berikut caranya.

  1. Pertama yang harus kamu lakukan yaitu mengunduh atau mendownload terlebih dahulu emulator PSP untuk android di PlayStore bisa (Klik Disini).
  2. Setelah di download install seperti biasa, disini saya tidak mengajari karena menginstall sangatlah mudah, lalu buka aplikasinya.
  3. Download terlebih dahulu game PSP untuk dijalankan di Emulatornya. Kamu bisa memilih game favorit dan mendownloadnya (Klik Disini).
  4. Setelah kamu download game yang kamu sukai, langsung extrack file yang sudah kamu download tadi menggunakan RAR untuk mobile Android (Klik Disini).
  5. Kembali ke Emulator Android, pilih tab Game lalu cari tempat file yang formatnya .ISO yang sudah kamu extrack tadi.

Catatan: Tidak semua HP Android lancar menjalankan emulator ini biasanya smartphone akan mengalami lag ketika sedang bermain game PSP di android.

Kemungkinan besar itu karena RAM yang terlalu kecil. Maka direkomendasikan untuk menjalankan game yang ringan jika yang game lain terasa berat.

Baca Juga: Cara Cheat Game PPSSPP.

Spesifikasi Minimal

Untuk dapat lancar bermain game psp di hp android menggunakan emulator ppsspp. Hal ini bertujuan supaya mengatasi ppsspp force close atau kelur sendiri. Maka dibutuhkan minimum spesifikasi hp kalian.

  • RAM : 1Gb
  • Sisa Storage : 3Gb
  • OS Versi : Android 4.0 + atau lebih baru

Kesimpulan

Ada banyak game yang bisa dimainkan di ppsspp, umumnya semua game dengan format iso untuk psp bisa terinstall dan berjalan dengan baik. Ketika mengalami lag atau force close, bisa diakali dengan settingan low atau download dengan file baru.

Demikian pembahasan mengenai cara install game PSP di HP android. Semoga dengan tips tutorial diatas bisa membantu kalian yang belum tahu bagaimana cara memasukkan game ke emulator PPSSPP.

Jika masih ada yang belum dipahami dari panduan diatas, silahkan bertanya di kolom komentar.

Danang Febriyandra
Danang Febriyandra
Mahasiswa teknik informatika yang suka akan dunia komputer dan mobile, eksplore hal baru adalah minatku.

Artikel Terkait

Cara Menggandakan Aplikasi Android
Cara Menggandakan Aplikasi Android
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menggunakan SHAREit
Cara Menggunakan SHAREit
Oleh Shinta Marist
Cara Mematikan Google Assistant
Cara Mematikan Google Assistant
Oleh Danang Febriyandra
Cara Menghilangkan Suara Vokal
Cara Menghilangkan Suara Vokal
Oleh Danang Febriyandra
Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant
Cara Mengaktifkan Ok Google Assistant
Oleh Hanif Pramono
Cara Backup & Restore SMS
Cara Backup & Restore SMS
Oleh Adi Catur Pamungkas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *