Cara Mengatasi HP Android Lag Saat Main Game

By

cara mengatasi hp lag saat main game

Sekarang ini banyak sekali gamers yang mulai beralih dari komputer atau laptop ke Smartphone Android. Yah seperti yang kalian ketahui bahwa bermain game di HP terlihat lebih mudah dan simple.

Selain bermain game di HP juga bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun kalian berada. Berbeda dengan bermain game di Komputer, karena komputer tidak bisa dibawa-bawa dengan mudah.

Jika bisa itu pun akan sangat merepotkan. Oleh karena itulah banyak sekali gamers yang bermain game di Android mereka.

Namun untuk bermain game di Android, kita memerlukan spesifikasi yang bagus jika ingin memainkan game berat dengan grafis yang HD.

Oleh karena itulah diperlukan HP Android yang spesifikasinya memumpuni untuk digunakan bermain game. Selain itu supaya dapat mengatasi hp lag saat bermain game.

Namun terkadang meskipun kita sudah menggunakan Android yang bagus, jika digunakan terus menerus kadang Android yang kita gunakan tersebut menjadi lambat dan bahkan lag ketika digunakan untuk bermain game.

Hal ini sangat wajar terjadi, karena semakin lama data game yang ada pada HP Android kalian akan semakin berkembang dan membesar.

Jika hal ini dibiarkan maka akan membuat HP kalian menjadi lambat, selain itu ada juga beberapa faktor lain yang membuat HP Android kalian menjadi lambat ketika digunakan untuk bermain game.

Supaya HP Andriod kalian tidak lagi lag ketika digunakan, kalian bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

Cara Mengatasi Lag Saat Bermain Game

cara mengatasi lemot saat bermain game

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan supaya HP Android kalian tidak lagi lag dan lemot ketika digunakan untuk bermain game. Berikut ini adalah cara hp android tidak lag saat bermain game.

1. Bersihkan Cache Aplikasi

Cache merupakan sebuah data file yang sengaja dibuat untuk menyimpan data sementara di HP kalian. Cache ini berguna untuk mempercepat loading loading pada sebuah halaman atau untuk mempercepat transfer data pada sebuah aplikasi.

Hampir semua aplikasi yang ada di HP kalian memiliki cache, namun terkadang terdapat aplikasi yang tidak bisa berjalan normal karena adanya cache lama.

Oleh karena itulah kita harus menghapus cache android lama tersebut. Berikut adalah tutorialnya:

  • Buka menu Settings / Setelan.
  • Kemudian masuk ke menu Aplikasi terinstall
  • Pilih aplikasi yang ingin kalian hapus cache nya.
  • Kemudian setelah itu silahkan kalian pilih Hapus data.
  • Pilih Hapus cache.

Ketika kalian sudah melakukan langkah di atas, maka kalian akan merasakan game tersebut akan menjadi lebih ringan.

Meskipun data cache kalian ini terhapus, kalian tidak perlu khawatir karena data-data game kalian seperti data pribadi, preferensi, dan sebagainya tidak akan ikut hilang.

Menghapus cache tidak mempengaruhi data dalalm game kalian, jadi tidak perlu khawatir.

2. Menggunakan Aplikasi Pembersih

Jika kalian merasa memberihkan cache secara manual seperti cara pertama tadi itu merepotkan, maka kalian bisa menghapus cache yang ada di HP kalian dengan menggunakan bantuan aplikasi tambahan.

Kalian bisa menggunakan aplikasi khusus yang digunakan untuk membersihkan data cache yang ada di HP kalian.

Dengan aplikasi ini kalian bisa menghapus data cache, file sampah, dan mematikan aplikasi yang membuat HP kalian cepat panas. Baca Juga: Aplikasi Pembersih Sampah.

Ada banyak sekali aplikasi pembersih yang memiliki fungsi seperti itu, kalian bisa mencari aplikasi-aplikasi pembersih tersebut di Google Play Store. Contoh salah satu aplikasi untuk membersihkan file-file sampah di Android adalah Clean Mater.

Aplikasi ini dapat membershikan junk file pada HP kalian, mematikan aplikasi-aplikasi yang membuat HP cepat panas dan lemot, aplikasi ini akan membuat RAM di HP Android kalian lebih longgar. Hanya dengan satu klik saja kalian dapat meghapus file cache pada Anadroid kalian.

3. Selalu Mengupdate Game

Supaya game yang kalian mainkan tidak lemot, kalian harus memastikan bahwa game yang kalian mainkan tersebut selalu terupdate.

Jika kalian tidak mengupdate game kalian maka bisa jadi game yang kalian mainkan akan menjadi lambat. Hal ini karena kadang versi yang sebelumnya sudah tidak tersedia, akibatnya game yang kalian mainkan terhambat.

Jadi kalian harus mengupdatenya di Google Play Store dan kalian harus sering-sering mengecek versi terbaru dari game tersebut.

Bagi yang tidak bisa update aplikasi dan game android, bisa membaca cara mengatasi tidak bisa update game.

4. Menutup Aplikasi yang Sedang Aktif

Penyebab lain yang mengakibatkan game kalian lemot ketika dimainkan adalah karena ada aplikasi lain yang sedang aktif selain game yang kalian mainkan, terlebih lagi bukan cuma satu yang aktif, banyak aplikasi yang aktif.

Hal ini akan mengakibatkan game yang kalian mainkan menjadi lemot karena HP kalian menanggung beban yang berlipat.

Bukan cuma RAM kalian yang akan termakan oleh aplikasi-aplikasi tersebut, baterai HP kalian juga akan menjadi lebih cepat habis dari biasanya.

Oleh karena itu disarankan untuk tidak membuka banyak aplikasi sekaligus, apalagi ketika kalian sedang bermain game. Ketika mau bermain game, alangkah baiknya menutup aplikasi lain yang sedang aktif supaya ketika bermain game tidak lomot dan lag.

5. Restart Game yang Dimainkan

Namun setelah kalian melakukan cara-cara di atas tadi dan HP kalian tetap lag untuk bermain game, maka kalia bisa coba merestart game yang kalian mainkan.

Dengan merestart game tersebut, maka kalian akan meringankan beban HP ketika bermain game. Setelah kalian merestart game, diamkan HP selama kurang lebih 10 menit sampai keadaan HP normal dan tidak panas.

Jika dirasa HP sudah tidak panas lagi maka kalian bisa memainkan game tersebut kembali.

6. Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Banyak orang yang tidak peduli dengan apliaksi yang tidak digunakan pada HP mereka, padahal sebenarnya apliaksi yang tidak digunakan ini bisa memberatkan HP kalian ketika bermain game.

Terlebih lagi aplikasi yang tidak digunakan tersebut memiliki ukuran yang besar, tentunya akan semakin memberatkan HP kalian.

Jadi jika terdapat aplikasi yang memang tidak digunakan sebaiknya dihapus saja. Berikut ini adalah cara menghapus aplikasi android yang tidak digunakan di HP Android:

  • Silahkan kalian masuk ke menu Settings / Setelan.
  • Buka menu Settings / Setelan.
  • Kemudian masuk ke menu Aplikasi terinstall
  • Pilih aplikasi yang ingin kalian hapus atau uninstall.
  • Setelah itu silahkan kalian pilih Uninstall / Hapus Installasi.

7. Menghapus File Tidak Penting

Salah satu penyebab hp android lag saat bermain game, adalah karena penyimpanan tidak mencukupi lagi karena sudah penuh. Hal ini yang menyebabkan hp terasa lemot, solusinya adalah dengan menghapus file yang tidak dipakai lagi.

Seperti video, foto dan file lainya yang memang tidak dipakai lagi, apalagi jika ukuran filenya besar dan banyak. Tentu itu sangat sia-sia, adapaun jika dirasa penting tapi terlalu besar, bisa di upload di google drive.

Jika belum tahu bagaimana cara upload file di google drive, bisa menyimak artikel mastekno yang sudah dipublikasikan.

8. Gunakan Jaringan Tecepat

Supaya dapat bermain game secara lancar, maka pelru menggunakan jaringan internet yang memiliki koneksi stabil dan cepat. Karena jika jaringannya buruk maka saat game tidak maksimal, biasanya orang menyebutnya dengan istilah ping.

Solusinya pilihlah jaringan yang tercepat, baik menggunakan wifi, atau jaringan seluler 4G. Ping yang normal ketika game adalah dibawah 70ms itu sudah lancar.

9. Baterai HP Tersisa Banyak

Pastika ketika bermain game sisa baterai masih banyak, jika baterai hp hampir habis akan menyebabkan hp ngelag, sekaligus jika di pakai untuk bermain akan menyebabkan hp lag saat main game.

Solusinya pastikan ketika baterai hp 20% segera di charge dan mainkan kembali ketika sudah penuh.

10. Tutup Aplikasi yang Sedang Berjalan

Langkah terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan menutup aplikasi yang berjalan ketika saat bermain game. Karena ini yang menyebabkan hp lag saat bermain game, hal ini disebabkan karena RAM dan prosesor juga menjalankan aplikasi tersebut.

Jadi yang seharusnya resource maksimal untuk bermain game, ikut diambil juga oleh aplikasi. Jadi akan kurang optimal dan lancar ketika ngegame.

Kesimpulan

Namun sebelum kalian menghapus aplikasi tersebut, pastikan dalam aplikasi tersebut tidak ada data ataupunu dokumen penting. Jika ada dokumen dan data penting, silahkan kalian backup terlebih dahulu dan barulah kalian uninstall aplikasi tersebut.

Jadi jika kalian sewaktu-waktu ingin menggunakan aplikasi itu lagi, kalian masih memiliki data-datanya. Dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan ini penyimpanan HP kalian menjadi lebih longgar dan HP menjadi lebih ringan ketika bermain game.

Demikianlah tips trik serta tutorial yang bisa Mastekno sampaikan kepada kalian tentang cara mengatasi hp android tidak lemot & lag saat bermain game.

Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa membuat HP kalian jadi tidak lemot dan lag saat bermain game.


Mochamad Alif Seorang yang hobi dalam dunia teknologi, khususnya jaringan komputer dan berbagai hal yang berhubungan dengan aplikasi.

   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *